Friday, March 4, 2016

Ulang Tahun Jav: Berbagi Bersama Morinaga Chil-Go! [2]


Morinaga Chil-Go

 Berbagi di Sekolah Jav 
Jadi, setelah saya menyiapkan bingkisan ulang tahun bersama Jav, kami pun siap untuk mulai berbagi. Hari itu saya mengantar Jav ke sekolah seperti biasa. Baru pada pukul setengah sepuluh, saya kembali lagi ke sekolah Jav sambil membawa bingkisan-bingkisan tersebut. Teman-teman Jav dan orang tuanya tidak ada yang tahu mengenai bingkisan tersebut. Saya hanya sempat berkoordinasi dengan guru dan salah seorang koordinator orang tua saja.

Morinaga Chil-Go

Ketika saya datang, anak-anak baru saja selesai mengerjakan kegiatan sesuai tema. Kemudian ibu guru menjelaskan kepada seluruh murid bahwa Jav baru saja bertambah usianya, dan pada hari tersebut dia akan berbagi kepada teman-temannya.

Morinaga Chil-Go

Tidak ada acara tiup lilin. Kegiatan dimulai dengan acara bernyanyi bersama. Lagunya pun bukan lagu Selamat Ulang Tahun, Panjang Umur, atau Happy Birthday, tetapi lagu khusus yang biasa dinyanyikan di sekolah tersebut.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berbagi bingkisan. Jav pun mulai memanggil nama teman-temannya satu per satu. Kemudian Jav memberikan bingkisannya dengan ikhlas, dan teman-temannya mengucapkan "Terima kasih" dengan gembira. Saya memperhatikan kegiatan tersebut sambil terharu, karena Jav terlihat sangat menikmati kegiatan berbagi ini, meskipun dia pulang dengan tangan kosong.

Morinaga Chil-Go

 Manfaat Berbagi 
Iya, berbeda dengan acara pesta ulang tahun di mana biasanya teman-teman yang diundang akan datang sambil membawa kado, tentu saja hari itu tidak ada teman-teman Jav yang membawa kado. Tetapi Jav tetap mendapatkan hadiah istimewa kok, yaitu doa yang banyak dan tulus dari teman-temannya. Jadi, ibu guru meminta setiap anak agar bergantian memberikan doa untuk Jav.

"Karena usianya sudah bertambah, yuk kita doakan semoga Jav menjadi anak yang saleh. Semoga apa lagi? Ayo siapa yang mau mendoakan Jav?"

Seorang anak perempuan yang putih, gendut, dan lucu mengacungkan tangannya, lalu berdiri sambil berkata "Semoga Jav jadi anak yang pintar."

"Aamiin.... Semoga apa lagi?"

Seorang anak perempuan bertubuh mungil mengacungkan tangannya, lalu berdiri sambil berkata "Semoga Jav jadi anak yang baik."

Begitu seterusnya, sampai semua anak mendapat giliran. Memunculkan berbagai macam perasaan di hati saya. Bahagia, terharu, sekaligus geli juga mendengarkan doa-doa tulus dan polos dari teman-teman Jav.

Alhamdulillah, tidak sia-sia perjuangan saya dan Jav menyiapkan bingkisan untuk acara tersebut. Selain mendapatkan banyak doa, Jav juga bisa merasakan indahnya dan manfaat dari kegiatan berbagi.


 Melatih Anak untuk Berbagi 
Memang tidak mudah mengajarkan anak untuk terbiasa berbagi. Apalagi Jav merupakan anak pertama, sekaligus cucu pertama baik dari keluarga saya maupun keluarga suami. Meskipun kami berusaha untuk tidak memanjakannya, tetapi tetap saja Jav merasa dia bisa memiliki semuanya. Oleh karena itu, sejak kecil, saya melatihnya untuk berbagi, sehingga dapat menumbuhkan rasa empatinya.

Pertama, memberikan penjelasan mengenai pentingnya berbagi. Mulai dari membacakan buku-buku cerita, maupun melalui diskusi-diskusi. Saya juga melatih rasa empati Jav dengan memperlihatkan hal-hal yang menunjukkan bahwa tidak semua orang bisa seberuntung dia. Di perempatan jalan misalnya, ketika ada anak yang harus berjualan tisu, saya menjelaskan pada Jav bahwa anak tersebut harus berjualan supaya bisa mendapatkan uang untuk membeli makanan.

Kedua, memberikan contoh cara untuk berbagi. Anak adalah peniru ulung. Tanpa perlu dijelaskan panjang lebar, anak akan terbiasa untuk berbagi apabila orang dewasa di sekitarnya juga sering berbagi. Tidak perlu diawali dengan berbagi hal-hal yang besar dan muluk, cukup dengan hal-hal kecil saja, misalnya berbagi makanan. Contohnya ketika saya mencoba makanan yang enak, saya akan menawari Jav untuk mencicipinya juga. Saya juga memperlihatkan pada Jav bahwa kita sebaiknya berbagi hal-hal yang baik dan kita sukai, bukan yang buruk dan tidak kita sukai.

Ketiga, tidak memaksa. Apabila Jav mempunyai makanan, saya tidak pernah mengambilnya tanpa izin darinya. Saya pasti meminta terlebih dahulu. Kalau dia tidak mau memberi, ya sudah. Tetapi kalau dia mau memberi, saya akan memberikan penghargaan dengan cara mengucapkan terima kasih dan memujinya.

Keempat, setelah anak terbiasa untuk berbagi, jangan lupa untuk menjelaskan juga bahwa tidak semua hal dapat dijadikan bahan untuk berbagi. Contohnya seperti gelas minum, sendok makan, handuk, dan barang-barang pribadi lainnya.


 Berbagi yang Baik dan Disukai 
Ketika acara selesai, ibu guru mengucapkan terima kasih kepada saya. Beliau mengapresiasi usaha saya untuk berbagi makanan yang sehat dan bergizi. Saya hanya menanggapinya dengan senyum. Niat saya berbagi yang baik bukan untuk gaya-gayaan, tetapi hanya ingin Jav terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Supaya usaha tersebut berhasil, tentu harus didukung dengan lingkungan yang terbiasa mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi juga.

Selain itu, isi bingkisan untuk berbagi kali ini juga memang makanan dan minuman yang disukai Jav. Puding cokelat, muffin cokelat keju, macaroni schotel, dan Morinaga Chil-Go! adalah camilan kesukaan Jav. Sejak awal, Jav sudah senang berbagi Morinaga Chil-Go! pada saudara dan tetangganya.

Makanya, dia bersemangat sekali ketika saya menyampaikan rencana untuk berbagi Morinaga Chil-Go! pada teman-teman di sekolahnya. Dia ingin teman-temannya juga merasakan bagaimana enaknya rasa Morinaga Chil-Go!

 Tentang Morinaga Chil-Go! 
Morinaga Chil-Go! merupakan susu cair pertumbuhan untuk anak usia 1-12 tahun. Bukan hanya enak, tetapi juga mengandung nutrisi yang lengkap dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak-anak. Morinaga Chil-Go! mengandung nutrisi yang mendukung perkembangan otak anak terutama fungsi kogitifnya, seperti:
  • Kolin dan Inositol yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar.
  • Vitamin B KompleksZat Besi, dan Yodium yang merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam sistem saraf dan konsentrasi anak.
Dan dilengkapi dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh seperti:
  • Prebiotik Inulin 1000 mg yang merupakan prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  • Zink yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Kalsium yang tinggi untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitamin AC, dan E yang melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Morinaga Chil-Go

Morinaga Chil-Go! dipersembahkan oleh Kalbe Nutritionals. Kalbe Nutritionals (PT Sanghiang Perkasa) merupakan bagian dari PT Kalbe Farma, Tbk. Kegiatannya fokus pada pengembangan produk nutrisi, dalam rangka mempertajam komitmennya di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. Kalbe Nutritionals memastikan bahwa dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan manusia, produk Kalbe Nutritionals dapat hadir menemani konsumennya agar bisa menikmati hidup melalui produk-produk nutrisi yang berkualitas.

Rangkaian produknya di antaranya seperti Prenagen dan Lovamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Milna, Morinaga dan Zee untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal buah hati. Entrasol, Nutrive Benecol dan Fitbar untuk meningkatkan kualitas hidup kaum dewasa dan kaum senior, serta Diabetasol untuk kenyamanan hidup kaum Diabetisi.


Kalau melihat antusias Jav, jadi semangat nih membuat rencana untuk berbagi bersama Morinaga Chil-Go! lagi ;)

22 comments :

  1. Wah masi ada sambungannya ya mb nath
    Jangankan anak anak, klo ditawari ni susu aku juga mau hehe

    ReplyDelete
  2. Indahnya berbagi... ini akan menjadi dasar untuk Jav k dpnnya nanti. Senang berbagi dan baik hati :)

    ReplyDelete
  3. Bagus nanget nih Mba sejak dini mengajarkan cara berbagi kepada Jav.. Melatih dan memupuk empati kepada sesama..

    ReplyDelete
  4. jalan-jalan lagi ke blog shobat, suasananya penuh ceria, anak-anak paling suka ngumpul bareng. jadi kejenuhan anak berkurang. taman bermain paling ocok buat mereka.

    ReplyDelete
  5. bagus sekali mbaa,, acara ulang tahun tapi dikemas dgn baik dan mengajarkan anak2 bukan yg pesta2 semata.. Jav, semoga makin pinter ya dek :)

    ReplyDelete
  6. berbagi itu memang sangat mulia, bisa mendidik anak jd penyayang ya :-)

    ReplyDelete
  7. morinaga chil-go ini rasanya memang enak Mbak, pantas saja bila anak-anak suka :)

    ReplyDelete
  8. selain kandungan gizi nya yang melimpah morinaga child kid juga banyak disuka anak2 karena rasanya :)

    ReplyDelete
  9. JAV pinter dari kecil sudah berbagi, memang sebagai sosok ibu Mbak Lia sangat antusias dalam mendidik anak sehingga sang anak dapat mencontoh hal2 baik dari orang tuanya.. Hehe

    ReplyDelete
  10. Selamat ulang tahun, Jav. Duhh ikutan senang deh lihat senyum anak-anak yang memeriahkan acara miladnya Jav

    ReplyDelete