Tuesday, November 1, 2016

5 Kuliner Pedas Favorit di Bandung

kuliner pedas bandung

Apakah teman-teman suka makanan pedas? Saya sih suka banget. Mau cuaca sedang panas atau dingin, juga perasaan lagi senang atau sedih, makanan pedas selalu menjadi favorit. Untungnya, di Bandung banyak sekali kuliner pedas yang enak. Kali ini saya ceritakan lima kuliner pedas di Bandung kesukaan saya. Yup, sementara lima dulu ya.

1. Ayam Gorowok
Mari kita mulai dari hidangan ayam, yaitu Ayam Gorowok. Ayam Gorowok ini lokasinya berada di area Gedung YPK Jalan Naripan (seberang kantor pusat BJB). Makanya disebut Ayam Gorowok, karena dulu sebelum ditertibkan dan pindah ke tempat yang sekarang ini, lokasinya berada di kaki lima depan kantor BJB. Saat itu pegawai BJB biasa berteriak (atau dalam Bahasa Sundanya ngagorowok) ketika menyebutkan pesanan dari kantor mereka. Hehe, menarik ya asal usulnya....

Cara memesannya, kita langsung saja pilih sendiri menu yang diinginkan. Bisa pilih ayam bagian dada atau bagian paha. Selain itu disediakan juga menu pelengkapnya seperti tahu, tempe, sate ati ampela, dan sate usus. Setelah selesai, maka pesanan kita akan digoreng lalu disajikan bersama nasi hangat, selada air, dan sambal.

ayam gorowok

Ayam gorengnya renyah di luar dan lembut di dalam. Apalagi ayamnya merupakan ayam pejantan, jadi enggak bau amis dan rasanya lebih gurih. Nah, dicocol sambal khas Ayam Gorowok, makin nikmat lagi deh. Pedas sambalnya nendang banget nih, soalnya pakai cabai rawit domba dari Garut. 

2. Bebek Garang
Pemilik Bebek Garang ini senior saya di Planologi ITB loh. Ceritanya bangga, hohoho.... Dulu, outlet pertamanya berlokasi di Jalan Sulanjana. Sekarang sih sudah bertambah, ada yang berada di Braga dan Surapati juga. 

Tau enggak Bebek Garang itu artinya apa? Jadi, Garang itu singkatan dari seGar meRangsang. Lucu ya.... Menu favorit saya di sini yaitu Bebek Debus (sambal cabai merah) dan Bebek Grinpis (sambal cabai hijau). Selain karena daging bebeknya yang lembut dan gurih, pedas sambalnya memang betulan bikin segar merangsang. Apalagi ditambah kol goreng yang kriuk-kriuk. Yummy....

bebek garang

Tempatnya juga asyik karena disediakan berbagai permainan seperti monopoli, ular tangga, ludo, dan lain-lain. Jadi kita bisa bermain sambil menunggu pesanannya siap.

3. Ceker Setan
Saya mengenal Ceker Setan ini sejak mereka belum mempunyai outlet resmi. Jadi jualannya via online gitu. Kalau sekarang sih sudah membuka outlet di Jalan Dipatiukur. 

Bagi saya, ceker itu enak banget. Ceker yang biasa saja sudah suka, apalagi ceker pedas dari Ceker Setan, cinta banget. Varian rasanya ada beberapa macam. Yang menjadi favorit saya yaitu Ceker Setan dan Ceker Saus Padang.

ceker setan

Daging cekernya empuk sekali, begitu mudah lepas dari tulangnya. Bumbu pedasnya pun nampol banget. Meskipun enggak keruan karena rasanya seperti dicakar-cakar setan, tapi enggak cukup deh kalau hanya makan satu porsi. 

4. Reds Dipo
Kali ini kita beralih ke hidangan ikan laut. Lokasinya berada di Jalan Dipatiukur juga. Saya sudah sering makan di Reds Dipo sejak tempatnya masih berupa warung tenda di Jalan Diponegoro. 

Menu yang disediakan di Reds Dipo ini cukup bervariasi. Ada berbagai jenis ikan, cumi, udang, hingga capcay dan sapo tahu. Favorit saya yaitu cumi, ikan bawal, dan ikan kerapu. Diolahnya yaitu dengan cara digoreng bakar. Loh, digoreng atau dibakar? Jadi digoreng dulu sebentar, kemudian dibakar deh. 

reds dipo

Hasilnya unik. Garing di luar dan lembut di dalam karena digoreng, ditambah rasa dan aroma khas karena dibakar juga. Kemudian jangan lupa tambahkan sambal Tyson yang aroma bawang putihnya sangat menggoda dan pedasnya nonjok banget.

5. Tulang Jambal
RM Tulang Jambal ini juga sudah cukup lama menjadi favorit saya, sejak lokasinya masih berada di Jalan Ternate. Setelah beberapa kali pindah tempat, sekarang lokasinya berada di Jalan Tirtayasa.

Teman-teman pasti tau ikan asin jambal dong? Dagingnya dalam bentuk fillet gitu kan ya, bisa dipotong kecil-kecil. Nah, tulang sisanya lah yang diolah dan menjadi menu andalan di tempat ini. Enggak betul-betul tulang sih, ada sisa dagingnya juga sedikit. 

tulang jambal

Kalau makan tulang jambal ini kita enggak bisa jaim, soalnya dimasak dengan bumbu pedas yang juara banget. Entah pakai cabai jenis apa, warna bijinya hitam gitu. Cocok banget dimakan bersama nasi hangat, kerupuk, dan tempe bacem.

Hmmm, menulis ini, saya jadi lapar sendiri, hihihi....

Hotel yang Murah di Bandung
Adakah teman-teman yang tertarik dengan lima kuliner pedas favorit saya tersebut? Main ke Bandung aja yuk. Enggak perlu khawatir tentang akomodasinya. Kalau butuh menginap dan mencari hotel murah di Bandung, booking saja kamar di Airy Rooms.

hotel murah di bandung
Airy Citarum Riau Junction Bandung
Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki Airy Rooms:
  • Murah. Harga kamar hotel Airy Rooms di Bandung yaitu mulai dari Rp 190.000.
  • Bebas. Bisa leluasa memilih menginap di mana saja, karena Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak. Di Bandung saja ada 62 hotel yang menjadi partner Airy Rooms.
  • Nyaman. Meskipun murah, namun setiap kamar Airy Rooms dijamin memiliki tujuh fasilitas seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. Lengkap ya.
  • Mudah. Kamar di Airy Rooms bisa dipesan melalui website, Android Apps, dan iOS Apps.
  • Fleksibel. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank transfer dan juga kartu kredit.

hotel murah di bandung

So, tunggu apa lagi? Yuk booking hotel Airy Rooms dan nikmati lima kuliner pedas favorit di Bandung ;)

64 comments :

  1. Hihi.. beneran unik tuh asal usulnya ayam ngagorowok.. eh..gorowok :D

    ReplyDelete
  2. Ooo kalau ayam pejantan itu tidak amis dan rasanya lebih gurih tho, baru tahu saya. Sippp... pedes...pedes...

    ReplyDelete
  3. Kayanya kudu di coba nih mkn2nya mak...aku suka pedas soalnya 😊😊

    ReplyDelete
  4. Jadi makin kangen mudik ke bandung ini mah. Di rumah saya suka bikin seblak ceker seuhah, buat ngilangin kangen ceritanya mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya jg lbh sering bikin sendiri, klo beli terus bs bangkrut :D

      Delete
  5. Kalau saya mah belum pernah nyoba yang hayam gorowok teh karena kalau ditempat saya mah belum ada yang buka rumah makannya jadi masih penasaran nih, apa kalau nanti makan hayam gorowok semua seisi rumah makan akan ngagorowok teh ?

    ReplyDelete
  6. Pedas adalah selera saya , Apalagi lihat Ceker setan hadehhhgg bikin kesetanan lidah saya ingin ku kremus aja ceker ayam itu.

    ReplyDelete
  7. Wah... aku belom nyoba semuanya nih. Wajib banget lah untuk penggemar pedas. Btw, Airy Rooms ini bersih dan nyaman, ya. Kudu nyoba nih sesekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok cobain teh, makanan pedasnya sm airy roomsnya jg :)

      Delete
  8. Tulang jambal favorite akuuuu , enaaaak banget. Soalnya kalau masak sendiri di rumah baunya kemana - mana jadi mending beli aja haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masak sendiri, saya mah ga bs mirip sm yg di rm tulang jambal ini

      Delete
  9. semuanya belum coba, duuuh harus seedia air di meja makannya ya biar ga kepedesan

    ReplyDelete
  10. rekomendasi top mukitop ini, sajian kuliner pedes + nginep murah dan adanya map nya juga

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya saya demen banget sama pedas,, cuma habis makan biasanya sariawan :-(

    ReplyDelete
  12. pernah makan di reds dipo, cozy tempatnya

    aku kepingin nyoba ayam gogorowok, pesen hiji ateuh mak

    ReplyDelete
  13. Suka dengan Reds Dipo dan Tulang Jambal, pengen nyobain Ayam Gorowok asli kayaknya jadi jojorowokan

    ReplyDelete
  14. Kamarnya terlihat nyaman banget yah,, rekomended bnaget nih mbk kalau mau maen kesana. Akhir tahun siap-siap..
    Makasih mbk review nya nih..

    ReplyDelete
  15. hmmm,,, semuanya suka pedas pedas pedas, nice infonya boleh deh jadi rekomendasi nginep di Airi hotel

    ReplyDelete
  16. Walah, semuanya bikin ngiler euy! Aku suka yang pedas-pefas. Nggak peduli ada ambeien yang penting santap habis. Itu cakarnya penasaran rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama atuh saya jg ada ambeien tp suka bgt sm makanan pedas :D

      Delete
  17. Eta namana meuni ayam gorowok. Pas makan jigana gogorowokan ... wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  18. Dimana-mana bebek jadi makanan favorit ya. Meskipun konon kolesterolnya tinggi, nyatanya saya suka makan nasi bebek, apalagi dapat sambal yang pedas, hmmm..

    ReplyDelete
  19. Cekernya enaaakk. Penasaran ceker rasa saus Padangnya..

    ReplyDelete
  20. Menggiurkan, Mbak. Bacanya sambil hah-ho-hah kepedesan :D


    Anyaway, font di gambar judulnya cantik ^^

    ReplyDelete
  21. ayam gorowok? ayam nangis dong :)
    hehehe

    kalo ke bandung belom pernah pake airyrooms, tapi waktu ke bogor, yogya, n jakarta, udah pernah. harganya kompetitif dengan kualitas bintang 3 ke atas

    ReplyDelete
  22. Salam kenal mba, makanan pedasnya top mba, walaupun baru icip-icip 3 tempat diatas ^_^

    ReplyDelete
  23. tulang jambal kayanya menggoda, ikan jambal itu nikmat dimakan sama nasi panasss

    ReplyDelete
  24. aduh itu ayam gorowok, yang ngagorowok teh ayamnya, yang masaknya, atau yang makannya? ahaha

    ReplyDelete
  25. nah ini dia yang bikin lidah seakan-akan putus seketika. Bandung mah urusannya kuliner memang paling jago. Bebek garang favoritee aku mba hehe :)

    ReplyDelete
  26. Kulineran di Bandung enaknya emang 3d atau 2d lah 😀 kebetulan ada hotel murah juga ya

    ReplyDelete
  27. Ceker setan nya juara, udah lebih dari 10x makan disana

    ReplyDelete
  28. wuuh jadi ngiler bacanya, memang deh kuliner pedes bandung emang juara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lumayan bgt buat para pecinta pedas seperti saya ;)

      Delete
  29. Wah itu ceker setan gambarnya menggiurkan banget......lokasi tepatnya di mana tuh Mba.....pingin juga nyobain

    ReplyDelete