Monday, November 14, 2016

Ketika Layar ZenFone 2 Berubah Hitam Putih


Sebelum menulis review tentang ZenFone 3, saya mau bercerita tentang masalah layar pada ZenFone 2 dulu ah. Kejadiannya berlangsung beberapa hari sebelum saya berangkat ke acara Zenvolution, bulan September yang lalu. Saat itu, ayah saya melaporkan kondisi terbaru ZenFone 2-nya pada saya. Katanya, setelah bersih-bersih pakai Clean Master, layarnya tiba-tiba berubah menjadi hitam putih.

Sejak setahun yang lalu, saya dan ayah saya memang menggunakan ponsel yang sama, ZenFone 2. Bedanya, punya ayah saya warna merah 4GB/32GB hadiah ulang tahun dari istri dan anak-anaknya. Sedangkan punya saya warna abu 2GB/16GB hadiah buat ngeblog dari suami. 

Makanya, kalau ada apa-apa dengan ponselnya, ayah saya pasti meminta bantuan pada saya. Hmmm bukan hanya ayah saya saja sih. Meskipun bukan pengguna ZenFone 2, namun sebagai sesama pemakai Android, ibu saya juga selalu begitu. Padahal saya kan enggak jago otak-atik ponsel. Modalnya hanya mengandalkan Google, hihihi....

Begitu pula ketika masalah layar ini terjadi. Yang saya lakukan pertama kali yaitu mengecek Themes dan Display-nya. Jangan-jangan pengaturannya enggak sengaja diubah ketika sedang dipinjam oleh cucu-cucunya. Tapi ternyata problemnya bukan di situ. Apalagi ketika saya cek kamera, gambar yang muncul di balik lensa rupanya sama hitam putih juga. Lebih tepatnya bukan hitam putih sih, tetapi seperti gambar negatif di klise. Hiks, kenapa oh kenapa....

Karena bingung, saya pun mencari solusinya di Google. Dan taraaa... setelah mengembara di beberapa situs tentang ponsel, saya pun mendapatkan jawabannya. Jadi, seharusnya saya mengecek pengaturan Accessibility juga. Di sana terdapat pilihan Color Inversion. Color Inversion tersebut semestinya berada dalam posisi 'off'.


Maka, selanjutnya saya pun segera mengecek pengaturan Accessibility pada ZenFone 2 ayah saya. Rupanya betul, Color Inversion-nya berada dalam posisi 'on'. Lalu setelah dimatikan, layar ponsel ZenFone 2 ayah saya akhirnya kembali normal. Kembali berwarna, enggak hitam putih lagi. 

Ternyata simpel ya. Siapa tahu nanti ada teman yang layar ponsel ZenFone 2 atau ponsel Android lainnya mengalami hal yang sama, tiba-tiba berubah hitam putih, enggak perlu khawatir. Bisa mencoba cara yang sudah saya praktikkan di atas ;)

27 comments :

  1. oh, kayak klise gitu. Kalau hp saya grafisnya pernah error gambarnya pecah2, menghambur. Tapi ya mau gimana lagi, emang udah tuwir hapenya, butuh baru -__-

    ReplyDelete
  2. duh kirain rusak mbak, ternyata emang bisa gitu ya, baru tauuu, da gak punya asus.. hehe

    ReplyDelete
  3. wah untung googling ya kalau di bawake tempat servis hp langsung kena cash ...

    ReplyDelete
  4. buat pengalaman nih, belum pernah pke Zenfone, makasih mbak sharenya

    ReplyDelete
  5. ooh jangan2 di HP lainnya juga ada nih tapi ga ngeh hihi.. mupeng liat Zenfone yg kece bingit

    ReplyDelete
  6. Hape suamiku iniii. Jadi noted kalo terjadi sesuatu.

    ReplyDelete
  7. di Zenfone 3 mestinya ada ya mbak natalie

    ReplyDelete
  8. wah kemaren nyari tutor tuk benerin hape tementapi gak ketemu,, akhirnya saya recovery saja hihihi

    ReplyDelete
  9. Oalah, pas baca judulnya, aku kira rusak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga awalnya takut rusak, ternyata cmn masalah settingan :D

      Delete
  10. Oalah, aku sempat deg2 an. kupikir rusak. Aku juga pakai zanfone soalnya

    ReplyDelete
  11. Ulala,hp ku tak kunjung berubah setelah membaca blog anda dari zaman ke zaman

    ReplyDelete