Wednesday, November 15, 2017

Indomilk UHT Plain: Gurihnya Alami


Siapa yang suka minum susu? Jav (6,5 tahun) suka banget minum susu. Dia biasa mengkonsumsi susu dua kali sehari. Yaitu pagi hari setelah sarapan dan sebelum berangkat ke sekolah. Serta sore hari pulang sekolah untuk menemani makan camilan.

Saya sudah mulai memberi Jav susu tambahan selain ASI sejak usianya 1 tahun. Memang, pada usia tersebut sumber utama nutrisi anak bersumber dari makanan padat. Fungsi susu hanya sebagai pelengkap saja. Namun karena kandungan nutrisinya yang sempurna, saya selalu menyediakan susu untuk Jav.

Yup, susu merupakan sumber pangan dengan kandungan gizi yang paling lengkap. Diantaranya sebagai berikut:
  • Karbohidrat yaitu laktosa.
  • Lemak yaitu fosfolipid (kolin dan spingomyelin). Merupakan sumber energi serta pelarut vitamin A, D, E, dan K. 
  • Protein yaitu kasein dan whey. Merupakan zat pembangun.
  • Vitamin yang terdiri dari 12 macam vitamin.
  • Mineral yang terdiri dari 13 macam mineral.

Susu yang saya pilih untuk Jav adalah susu Indomilk UHT (Ultra High Temperature) 1L. Kenapa? Karena proses pengolahannya dengan suhu pemanasan 140° C selama 4 detik membuat semua bakteri dan spora mati, enggak ada yang tersisa. Namun kandungan gizinya bisa tetap terjaga, sehingga enggak perlu diberikan tambahan nutrisi yang difortifikasi. Selain itu, cara penanganannya pun sangat mudah. Bisa disimpan pada suhu ruang hingga 9 bulan apabila kemasannya belum dibuka. Dan disimpan di lemari pendingin sampai 3 hari apabila kemasannya telah dibuka.

Meskipun Jav sudah bisa mengkonsumsi gula dan garam, sampai usianya 3 tahun, saya selalu meminimalkan jumlah gula dan garam yang terdapat pada makanan dan minumannya. Jadi kalau masak sayur, takaran garamnya lebih sedikit dari anggota keluarga yang lain. Makanya saya biasa memisahkan porsi khusus untuk Jav dari masakan yang saya buat. Repot? Lumayan. Enggak apa-apa demi anak.

Apabila membuat kue pun, saya selalu mengurangi takaran gulanya. Kebetulan saya dan ayahnya Jav memang enggak suka kue yang terlalu manis. Nah, begitu juga susu. Saya memilih susu UHT plain. Meskipun disebut bahwa rasanya tawar, tapi sebetulnya terasa gurih loh. Alhamdulillah, Jav terbiasa dengan rasa gurih susu asli hingga sekarang.


Namun sebagai orang tua, kita harus teliti nih. Karena enggak semua susu UHT plain merupakan susu tanpa tambahan garam. Jadi gurihnya susu tersebut enggak alami. Oleh karena itu, saya selalu menyediakan stok susu Indomilk UHT 1L plain di rumah untuk Jav dan ayahnya, serta memasukkannya ke dalam daftar belanja mingguan. Kenapa? Karena susu Indomilk UHT 1L plain terbuat dari susu segar asli, tanpa tambahan garam. Rasa gurih pada susu segar asli disebabkan karena adanya kandungan garam mineral serta gula laktosa di dalam susu tersebut. Sehingga gurihnya benar-benar alami.

Coba lihat deh, video social experiment berikut ini.


Jadi, sekelompok orang diberi minuman segelas susu Indomilk UHT 1L plain. Karena gurihnya alami dan tanpa tambahan garam, maka susu Indomilk UHT 1L plain enggak bikin tenggorokan kering dan cepat haus. Padahal mereka sambil olah raga lari loh. Tapi air beningnya enggak ada yang menyentuh. 

Saking penasarannya, saya sampai bertanya pada Jav kenapa setiap habis minum susu dia enggak minum air bening lagi. Malah kadang kalau sore langsung dilanjut main sepeda. "Enggak haus?" tanya saya. "Enggak," jawab Jav. Tuh, terbukti kan, gurihnya susu Indomilk UHT 1L plain itu alami.

Yuk, buka kebaikan dalam sekotak susu Indomilk UHT 1L plain, dan nikmati gurihnya susu segar asli.

161 comments :

  1. Aku selama hamil nyetok ini juga, dan beberapa kali UHT Plain ini dipake buat masak bikin saus keju juga cocok makin enyaak

    ReplyDelete
  2. anak pertama saya gak doyan susu, tapi anak kedua doyan banget hehe... minum susu itu enaknya ada gurih2nya itu ya... :)

    ReplyDelete
  3. marwah suka banget sama susu Indomilk ini, gurihnya pas

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Baik dong, nutrisinya lebih alami dan terjaga drpd susu bubuk ;)

      Delete
  5. Ma kasih infonya. Nambah pengetahuan banget Teh...

    ReplyDelete
  6. aku suka banget indomilk plain ini ketimbang sama merk lainnya karena rasanya pas, meskipun aku lactose intolerant jadi ngga bisa minum susu banyak-banyak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh tp msh bisa minum ya kalau sedikit? Baru tau hehe... Syukur atuh :)

      Delete
  7. Waah ini sih selalu ada di kulkasku. Bukan untuk langsung dikonsumsi sih, tapi kebanyakan untuk bikin saus bechamel 😄

    ReplyDelete
  8. Susu yang yang baik justru yang rasanya tawar (gurih). Boleh juga nih susu.

    ReplyDelete
  9. Anakku lagi suka uht nih sejak berhenti konsumsi susu bubuk

    ReplyDelete
  10. Paling suka indomilk yang rasa coconut delight. Manisnya passs ^^

    ReplyDelete
  11. Mending emang indomilk uht sih. :D Kualitas susunya emang bagus. Rasanya enak.

    ReplyDelete
  12. Fathan juga suka banget minum susu UHT Indomilk, kadang suka nggak sisain buat adiknya

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen minum susu lagi. Udah lama gakk ada di kulkas. Ntar cobain ah

    ReplyDelete
  14. Susu UHT Indomil memang rasanya enakjadi anak-anak suka nih, di rumah juga selalu sedia

    ReplyDelete
  15. belum pernah minum susu UHT, denger namanya aja jarang²

    ReplyDelete
  16. Ini salah satu susu UHT favorit aku dan si partner nih. Selalu sedia susu ini di kulkas. Jadi, tiap pulang dari luar dan merasa ingin minum susu yang dingin dan segar, tinggal buka tutupnya, lalu tuang deh.

    ReplyDelete
  17. jadi pengen coba, saya biasanya minum yang cokelat atau yang vanila. itupun ngincip kepunyaan anak, hihihih

    ReplyDelete
  18. Susu UHT di rumah selalu sedia meski resikonya lebib cepat habis karena lebih mudah tinggal tuang tanpa harus repot.. Apalagi UHT Indomilk emang enak, berasa lebih gurih dan kental buat campuran minum kopi hehe

    ReplyDelete
  19. aku juga paling suka yang plain, soalnya gurihnya pas trus ga terlalu manis juga

    ReplyDelete
  20. Kalo anakku yg bungsu udh 2 thn mau aku ganti susunya jd uht jg. Coba deh ntr pelan2 dicobain indomilk ini :) . Kalo kakanya susu cair jg, tp udh telanjur suka merk lain :)

    ReplyDelete
  21. Ini susu yang dikonsumsi keponakan-keponakanku :) aku sesekali icip, tapi yang rasa cokelat ^^

    ReplyDelete
  22. Favoriitt banget mbak indomilk, favorit sayaa yg coconut sama coklaaat. so yummy :D

    ReplyDelete
  23. Duh, memang ga perlu garam ya. Kan susu asli udah gurih :)

    ReplyDelete
  24. Saya udah coba Indomilk ini. Saya suka kemasannya yang ramping, nggak makan tempat saat disimpan di kulkas.

    ReplyDelete
  25. anakku masih 11 bulan jadi masih belum pakai susu tambahan. indomilk bisa jadi pertimbangan nih nanti kalau dia sudah 1 tahun. sekalian buat bahan masak emaknya juga :)

    ReplyDelete
  26. Ini susu favorit aku dan suami di rumah...gurihhh

    ReplyDelete
  27. Belum pernah coba nih...
    Baru tahu kalau gurihnya susu uht juga ada yang ga alami...
    Makasih sharenya mbak.. ^_^

    ReplyDelete
  28. Iyah yah. Biasanya abis minum susu pasti haus. Ternyata efek ada garam di dalamnya. Untung indomilk murni, saya juga suka banget...

    ReplyDelete
  29. Aku suka beli Indomilk. Selain diminum anak-anak, juga buat bikin kue. gurihnya pas

    ReplyDelete
  30. kalo aku sih suka ama susu ini. tapi anakku ga suka, kalo belanja kadang suka ngotot2-an dulu mau pilih susu. hahaha

    ReplyDelete
  31. Pas masih kecil dulu aku juga banyak minum susu dibanding ari putih, hehe. Soalnya ngobatin haus sekaligus bikin berenergi. Aku suka susu ini yang coklat, padahal bagusan yang plain ya kadar gulanya. Mau coba yang plain juga ah sekalian bisa buat bahan campuran bikin2 camilan apa gitu :D

    ReplyDelete
  32. Enaak...jadi ingat mau beli ini buat bikin makaroni panggang..

    ReplyDelete
  33. susu UHT memang enak dan banyk sekali yang suka dengan UHT ini

    ReplyDelete
  34. Anak saya minum susunya UHT. Gak tiap hari cuma sesekali aja. Sayanya juga ikutan kebawa minum susunya. Wuenak & seger apalagi klo disajikan dingin. Hehe.

    ReplyDelete
  35. aku doyan banget sama susu, tapi aku belum pernah coba susu ini, wah bakalan aku cobain deh

    ReplyDelete
  36. Jangankan anak-anak, saya aja suka mba... haha. terutama yang rasa coklat, selalu nyetok di rumah, apalagi pas hamil ini, banyak minum susu UHT daripada susu bubuk yang diseduh :)

    ReplyDelete
  37. Selain sehat, susu UHT juga praktis ya mbaaaa.... tinggal tuang :)

    ReplyDelete
  38. Ini susu kesukaan papa. Buat campuran di kopi beliau. ^_^ kalau saya sih biasanya pakai buat campuran bikin puding atau minuman buah yang saya buat sendiri.

    ReplyDelete
  39. anak keduaku suka yang merek ini nih... punya 3 anak dan pada beda-beda selera. anak keduaku itu hidup sehat oriented gitu deh

    ReplyDelete
  40. wah aku baru ngeh juga kalo ternyata ga bikin haus ya.. cocok jd pengganti minuman isotonik juga atuh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski ga bikin haus, kalau saya sih tetep minum air bening harus minimal 2l :D

      Delete
  41. Jangankan Jav, saya saja masih suka susu apalagi UHT :)

    ReplyDelete
  42. Saya termasuk yang nggak doyan susu putih. Baru doyan kalau udah diolah jadi pudding atau bahan campuran schotel. Rasanya jadi gurih-gurih gimana gitu

    ReplyDelete
  43. Anak saya juga udah saya kenalkan dia dengan UHT karena sebentar ladi. Erysha belajara di sapih menyusuinya 😃

    ReplyDelete
  44. Sampe sekrang masih suka nih minum indomilk, memang enak rasanya, jadi banyak yang suka juga. Terlebih jg anak kecil..

    ReplyDelete
  45. hmm aku suka susu uht plain. ga manis banget n rasanya segarr

    ReplyDelete
  46. Kalo ke alfa yang dilirik pertama saat milih susu pasti UHT ini nih, gurihnya nagih

    ReplyDelete
  47. aku juga seneng indomilk UHT ini, meskipun yaaa harganya sedikit lebih mahal tapi rasanya entah kenapa lebih enak hehehee

    ReplyDelete
  48. Susu kesukaanku ini Mbak. Anak-anak biasanya enggak mau susu putih, tapi dikasih UHT Indomilk langsung habis segelas bahkan nambah

    ReplyDelete
  49. Susu favoritku sama suami ini mba, rasanya memang enak dan gurih. :)

    ReplyDelete
  50. Baru tau kalo susu UHT yang gurih itu ga ada tambahan garamnya. Kebanyakan anak2 suka karena memang gurih. Jadi sering berburu kalo ada promonya

    ReplyDelete
  51. Jav, doyan banget sih minum susunya. Btw, aku juga belum pernah coba Indomilk yang olain ini mba, penasaran jadinya. :)

    ReplyDelete
  52. anak saya yg kedua hanya suka susu UHT seperti ini :)

    ReplyDelete
  53. Yang plain enak nih buat campuran sereal.

    ReplyDelete
  54. saya suka susu tapi tidak dipagi hari, soalya sering mules,, tapi gak tau kalo susu Indomilk UHT 1L bikin mules dipagi hari g yah

    ReplyDelete
  55. baru paham kalo enggak bagus dikasih garem ya..dulu suka kasih garam pas beli susu kambing seger hehe

    ReplyDelete
  56. Duh, ini susu kesayangan. Tiap pagi aku juga pasti minum susu, tapi harus makan sesuatu dulu biar nggak mules. Dan instead of snack ringan, aku nyemilnya susu sambil nulis hehe

    ReplyDelete
  57. Anak sulungku nih yang suka susu UHT Indomilk plain, kalo adik-adiknya suka yang rasa cokelat.

    ReplyDelete
  58. sama mbak, saya juga selalu pilih susu Indomilk UHT 1 L untuk anak anak dan suami. Cocok banget soalnya buat sarapan pagi kalo di camur cereal

    ReplyDelete
  59. anak2 juga saya kenalkan dengan UHT plain sejak kecil... alhamdulillah, gak gemuk, gak karies.

    ReplyDelete
  60. Wah selalu nyetok nih, rasanya pas, untuk campuran minuman atau bikin saus bechamel, semua sedapppp...😊😊😊

    ReplyDelete
  61. Aku beberapa kali minum Indomilk. Soalnya harganya terjangkau hehehe. Kemasannya juga langsing, gak ngabisin tempat di kulkas :D

    ReplyDelete
  62. selalu jadi andalan disela-sela tugas dinas :)

    ReplyDelete
  63. Beruntung akhirnya 'nemu' susu ini. Yabg gurih dan rasanya asli susu. Gak pake tambahan zat lain...

    ReplyDelete
  64. Bekal paling mudah mba klo pas ada acara jalan2. Aku suka bawain anak2 uht..

    ReplyDelete
  65. Indomilk uht ini lagi diminum sama anakku mbak, varian apa aja suka, terutama cokelat

    ReplyDelete
  66. Jadi penasaran sama gurihnya susu Indomilk yang plain soalnya aku biasa minum yang coklat heheh

    ReplyDelete
  67. Aku rutin beli uht tapi buat bikin cemilan spt puding atau schootel.

    ReplyDelete
  68. Indomilk disukai anak-anakku juga neh

    ReplyDelete
  69. Waaa... anakku juga paling suka indomilk, sebenarnya ibunya yang suka belikan tapi anak-anak jadiketagihan, soalnya saya cari yg nggak terlalu manis sih

    ReplyDelete
  70. Aku termasuk yang suka minum susu. UHT juga aku doyan. Hihi...

    ReplyDelete
  71. Kalau utk diminum aku pake susu murni tapi indomilk nyetok juga buat bikin schootel & puding.

    ReplyDelete
  72. Ak gak begitu suka loh mba sama susu putih. Ini mungkin ya yg bikin badan aku kirang tinggi :D

    ReplyDelete
  73. Anakku jg sukaaaa sama indomilk. Buat bikin kue jg enak :D

    ReplyDelete
  74. Ini susu kesukaanku :9

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete