Wednesday, November 15, 2017

Indomilk UHT Plain: Gurihnya Alami


Siapa yang suka minum susu? Jav (6,5 tahun) suka banget minum susu. Dia biasa mengkonsumsi susu dua kali sehari. Yaitu pagi hari setelah sarapan dan sebelum berangkat ke sekolah. Serta sore hari pulang sekolah untuk menemani makan camilan.

Saya sudah mulai memberi Jav susu tambahan selain ASI sejak usianya 1 tahun. Memang, pada usia tersebut sumber utama nutrisi anak bersumber dari makanan padat. Fungsi susu hanya sebagai pelengkap saja. Namun karena kandungan nutrisinya yang sempurna, saya selalu menyediakan susu untuk Jav.

Yup, susu merupakan sumber pangan dengan kandungan gizi yang paling lengkap. Diantaranya sebagai berikut:
  • Karbohidrat yaitu laktosa.
  • Lemak yaitu fosfolipid (kolin dan spingomyelin). Merupakan sumber energi serta pelarut vitamin A, D, E, dan K. 
  • Protein yaitu kasein dan whey. Merupakan zat pembangun.
  • Vitamin yang terdiri dari 12 macam vitamin.
  • Mineral yang terdiri dari 13 macam mineral.

Susu yang saya pilih untuk Jav adalah susu Indomilk UHT (Ultra High Temperature) 1L. Kenapa? Karena proses pengolahannya dengan suhu pemanasan 140° C selama 4 detik membuat semua bakteri dan spora mati, enggak ada yang tersisa. Namun kandungan gizinya bisa tetap terjaga, sehingga enggak perlu diberikan tambahan nutrisi yang difortifikasi. Selain itu, cara penanganannya pun sangat mudah. Bisa disimpan pada suhu ruang hingga 9 bulan apabila kemasannya belum dibuka. Dan disimpan di lemari pendingin sampai 3 hari apabila kemasannya telah dibuka.

Meskipun Jav sudah bisa mengkonsumsi gula dan garam, sampai usianya 3 tahun, saya selalu meminimalkan jumlah gula dan garam yang terdapat pada makanan dan minumannya. Jadi kalau masak sayur, takaran garamnya lebih sedikit dari anggota keluarga yang lain. Makanya saya biasa memisahkan porsi khusus untuk Jav dari masakan yang saya buat. Repot? Lumayan. Enggak apa-apa demi anak.

Apabila membuat kue pun, saya selalu mengurangi takaran gulanya. Kebetulan saya dan ayahnya Jav memang enggak suka kue yang terlalu manis. Nah, begitu juga susu. Saya memilih susu UHT plain. Meskipun disebut bahwa rasanya tawar, tapi sebetulnya terasa gurih loh. Alhamdulillah, Jav terbiasa dengan rasa gurih susu asli hingga sekarang.


Namun sebagai orang tua, kita harus teliti nih. Karena enggak semua susu UHT plain merupakan susu tanpa tambahan garam. Jadi gurihnya susu tersebut enggak alami. Oleh karena itu, saya selalu menyediakan stok susu Indomilk UHT 1L plain di rumah untuk Jav dan ayahnya, serta memasukkannya ke dalam daftar belanja mingguan. Kenapa? Karena susu Indomilk UHT 1L plain terbuat dari susu segar asli, tanpa tambahan garam. Rasa gurih pada susu segar asli disebabkan karena adanya kandungan garam mineral serta gula laktosa di dalam susu tersebut. Sehingga gurihnya benar-benar alami.

Coba lihat deh, video social experiment berikut ini.


Jadi, sekelompok orang diberi minuman segelas susu Indomilk UHT 1L plain. Karena gurihnya alami dan tanpa tambahan garam, maka susu Indomilk UHT 1L plain enggak bikin tenggorokan kering dan cepat haus. Padahal mereka sambil olah raga lari loh. Tapi air beningnya enggak ada yang menyentuh. 

Saking penasarannya, saya sampai bertanya pada Jav kenapa setiap habis minum susu dia enggak minum air bening lagi. Malah kadang kalau sore langsung dilanjut main sepeda. "Enggak haus?" tanya saya. "Enggak," jawab Jav. Tuh, terbukti kan, gurihnya susu Indomilk UHT 1L plain itu alami.

Yuk, buka kebaikan dalam sekotak susu Indomilk UHT 1L plain, dan nikmati gurihnya susu segar asli.

18 comments :

  1. Aku selama hamil nyetok ini juga, dan beberapa kali UHT Plain ini dipake buat masak bikin saus keju juga cocok makin enyaak

    ReplyDelete
  2. anak pertama saya gak doyan susu, tapi anak kedua doyan banget hehe... minum susu itu enaknya ada gurih2nya itu ya... :)

    ReplyDelete
  3. marwah suka banget sama susu Indomilk ini, gurihnya pas

    ReplyDelete
  4. Ma kasih infonya. Nambah pengetahuan banget Teh...

    ReplyDelete
  5. aku suka banget indomilk plain ini ketimbang sama merk lainnya karena rasanya pas, meskipun aku lactose intolerant jadi ngga bisa minum susu banyak-banyak hehehe

    ReplyDelete
  6. Waah ini sih selalu ada di kulkasku. Bukan untuk langsung dikonsumsi sih, tapi kebanyakan untuk bikin saus bechamel 😄

    ReplyDelete
  7. Susu yang yang baik justru yang rasanya tawar (gurih). Boleh juga nih susu.

    ReplyDelete
  8. Anakku lagi suka uht nih sejak berhenti konsumsi susu bubuk

    ReplyDelete
  9. Paling suka indomilk yang rasa coconut delight. Manisnya passs ^^

    ReplyDelete
  10. Mending emang indomilk uht sih. :D Kualitas susunya emang bagus. Rasanya enak.

    ReplyDelete
  11. Fathan juga suka banget minum susu UHT Indomilk, kadang suka nggak sisain buat adiknya

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen minum susu lagi. Udah lama gakk ada di kulkas. Ntar cobain ah

    ReplyDelete
  13. Susu UHT Indomil memang rasanya enakjadi anak-anak suka nih, di rumah juga selalu sedia

    ReplyDelete
  14. belum pernah minum susu UHT, denger namanya aja jarang²

    ReplyDelete
  15. Ini salah satu susu UHT favorit aku dan si partner nih. Selalu sedia susu ini di kulkas. Jadi, tiap pulang dari luar dan merasa ingin minum susu yang dingin dan segar, tinggal buka tutupnya, lalu tuang deh.

    ReplyDelete