Monday, August 31, 2020

Mabar ROBLOX Meski di Rumah Aja

roblox

"Jav, main yuk!"

Terdengar suara teman-teman Jav memanggil dari depan rumah. Yup, walaupun pandemi belum selesai, anak-anak di lingkungan komplek sudah diberi kebebasan oleh orang tuanya untuk bermain di luar bersama teman-temannya. Enggak memakai masker pula. 

Di Rumah Aja

Saya? Meski PSBB sudah selesai, tapi virusnya kan masih ada ya. Memang kelihatannya aman, tapi saya enggak ingin menyesal. Sesuai saran IDAI, jelas saya enggak mengizinkan Jav bermain di luar bersama teman-temannya. Apalagi teman-temannya tersebut enggak menggunakan masker. 

Memangnya enggak jenuh? Ya pasti lah. Jangankan anak-anak, saya aja yang sudah dewasa merasa jenuh. Namun alhamdulillah, Jav mau menurut. Padahal teman-temannya begitu rajin datang menjemput.

Sebelum pandemi ini, ada beberapa teman yang rutin bermain dengan Jav. Biasanya mereka main sepeda, main bola, main pasir, atau main apa aja yang bisa dimainkan bersama, termasuk main bareng (mabar) game online. 

Jujur, sebenarnya saya enggak ingin mengizinkan Jav bermain game online. Tapi daripada dianggap sebagai orang tua yang enggak asyik, lalu dia malah main diam-diam tanpa sepengetahuan saya, ya lebih baik saya bolehkan.

Eits, tapi ada syaratnya. Pertama, saya harus tahu Jav dengan teman-temannya bermain game apa. Meski teman-temannya senang bermain game Mobile Legends dan Free Fire, Jav sih belum saya izinkan. Kedua, mainnya hanya ketika akhir pekan dan ada batasan waktunya, maksimal satu jam aja. Ketiga, mabarnya di rumah kami, sehingga saya bisa mengawasi. 

Makanya, sudah biasa ada pemandangan anak-anak duduk berkumpul di salah satu pojok rumah. Semua sibuk dengan smartphonenya masing-masing. Tetapi sebenarnya sedang bermain game bersama di dunia virtual. 

Sejak dulu, saya selalu berharap anak-anak dan teman-temannya betah bermain di rumah. Dengan akses WiFi dan stok camilan, alhamdulillah kesampaian, hohoho.... 

Mabar ROBLOX Meski di Rumah Aja

Supaya masih bisa bersosialisasi dengan teman-temannya di masa pandemi ini, saya sarankan pada Jav untuk sesekali mengajak teman-temannya mabar game online. Tetapi di rumah masing-masing dong, hehehe.... 

Game online yang biasa dimainkan Jav bersama teman-temannya yaitu Minecraft dan ROBLOX. Tetapi sekarang ini mereka lebih senang memainkan ROBLOX.


Teman-teman tahu ROBLOX? ROBLOX merupakan akronim dari kata "robot" dan "block. Mirip seperti Minecraft, game ini adalah game sandbox di mana pemainnya bisa membangun dunia virtualnya sendiri sesuai dengan imajinasi masing-masing.

Meski saya baru mendengar nama game ini sekitar setahun yang lalu, sebenarnya ROBLOX sudah rilis sejak tahun 2006 loh. Bahkan per Agustus 2019, ROBLOX telah memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, lebih populer dari Minecraft. Termasuk Top Games juga di Google Play. Memang sayanya aja yang kudet, hihihi.... 

ROBLOX bisa diunduh secara gratis di Google Play. Setelah membuat akun, pemain bisa bebas berkreasi menciptakan avatar sendiri. Selanjutnya, tinggal pilih deh ingin memainkan game yang mana.


Ada 15 genre yang tersedia, seperti RPG, Fighting, FPS, Platformer, dan lain-lain. Katanya sih, sekarang sudah ada lebih dari 69 juta game yang diciptakan oleh lebih dari 2 juta developer di ROBLOX. Wow!

Berikut beberapa game yang sering dimainkan oleh Jav bersama teman-temannya.

Homestead
Permainan rumah-rumahan, hihihi.... Mulai dari membeli tanah, membangun rumah, dan mengisi dengan perabot. Semakin banyak uangnya, bisa semakin mewah rumah yang dibangun. Ada televisi, mesin cuci, kolam renang, dan lain-lain.


Vehicle Tycoon
Kalau ini, ceritanya pemain membangun dealer mobil. Cara bermainnya kurang lebih sama lah dengan Homestead. Mulai dari membeli tanah, membangun gedung, lalu mengumpulkan mobil. Untuk mendapatkan uang agar bisa membeli lebih banyak mobil, pemain harus sering jalan-jalan mengendarai mobil.


Zombie Attack
Dalam game ini, pemain menjadi pemburu zombie. Sebelumnya, pemain harus mengumpulkan senjata dulu. Setelah itu, mulai bertahan dari serangan zombie dan menyerang juga. Apabila berhasil melawan bosnya zombie atau membunuh zombie yang langka, rewardnya semakin besar.


ROBLOX ini boleh dimainkan oleh anak di atas usia 7 tahun. Meski begitu, karena sifatnya open-world, saya mewanti-wanti Jav bahwa dia hanya boleh mengobrol dengan teman-teman yang memang sudah dia kenal di dunia nyata. 

Oh iya, yang spesial dari ROBLOX. Melalui ROBLOX Studio, pemain bisa menciptakan game sendiri loh, untuk kemudian bisa dimainkan juga oleh pemain lain. Seru ya. Dalam rangka melatih kreativitas, saya mendorong Jav agar mau mencoba membuat game juga. 

Membeli Robux di ROBLOX Menggunakan GoPay

Walau permainan ini bisa diunduh dan dimainkan secara gratis, tetapi ada juga item berbayarnya. Nah, Robux merupakan mata uang virtual untuk membeli semua item berbayar di ROBLOX. Misalnya untuk upgrade avatar, membeli bahan, atau menambah kemampuan. Dengan memiliki Robux, pemain bisa menjadi lebih leluasa dalam menuangkan kreativitas dan imajinasinya.

Robux bisa dibeli menggunakan mata uang nyata. Pilihan nominalnya mulai dari $0.49 untuk 40 Robux. Pembayarannya bisa dilakukan dengan beberapa macam cara. Tetapi kalau saya sih lebih senang melakukan pembayaran via GoPay. 

Berikut cara aktivasi GoPay di Google Play, sangat mudah kok.
  1. Masuk ke Google Play Store dan klik "Metode Pembayaran".
  2. Pilih "Tambahkan GoPay" sebagai metode pembayaran.
  3. Klik "Lanjut".
  4. Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang.
  5. Yeay! GoPay sudah terpasang.

gopay di google play

Saya sudah cukup lama menambahkan fitur GoPay di Google Play. Soalnya lebih praktis dan nyaman. Serta enggak ada tambahan biaya admin. Dengan GoPay, top up game di Google Play lebih murah dong.

Nah selanjutnya, untuk membeli Robux di ROBLOX, caranya juga enggak kalah mudah.
  1. Klik ikon "Robux" di bagian kanan atas.
  2. Pilih nominal Robux yang diinginkan.
  3. Klik "OK" untuk orang tua atau pemain di atas 18 tahun.
  4. Klik "Buy".
  5. Beres deh.

gopay di google play

Promo GoPay di Google Play

Sekarang, top up game dan beli aplikasi di Google Play memang sudah bisa menggunakan GoPay. Seperti top up game Mobile Legend, Free Fire, PUBG Mobile, dan lain-lain, atau berlangganan aplikasi seperti VIU, VSCO, Google Drive, dan lain-lain.

Selain lebih praktis dan enggak ada biaya admin, membayar menggunakan GoPay juga sering ada promonya. Selama bulan Agustus ini, ada Promo Google Play Cashback 75% untuk semua pengguna GoPay loh. Asyik, jadi semakin hemat lagi kan.

117 comments :

  1. Yuk main Roblox bareng Alvin di sini juga suka pada main nih. kadang mabar sam asepupunay di rumah masing-masing seru banget ribut sendiri di rumah

    ReplyDelete
  2. Saya jg kurang sreg kalau anak saya main dg teman2nya yg gak pakai masker. Walau bagaimanapun karena virus itu gak keliatan, kita kudu waspada kan ya

    Btw suami saya yg demen topup pakai gopay. Praktis sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kita kan enggak tau orang tua anak-anak itu abis dari mana, ketemu siapa...

      Delete
  3. Wah ini game yang lagi disukai dirumah nih hehe kadang suami aku sama anak anak main game ini juga hehe aku sih bagian liatin aja dan seneng aja kalo games nya positif

    ReplyDelete
  4. wah, ada aja ya game baru atau aku yang kurang update ya haha...iya sih amannya pandemi gini mending main game online jadi masing-masing dari rumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tau kok mbak, padahal rilisnya dari tahun 2006 :D

      Delete
  5. Daebak! Coba ada promo buat beli buku juga di Google Books 😍 pasti ku tambah suka nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini promonya untuk semua pengguna gopay di google play kok mbak, harusnya beli ebook juga termasuk

      Delete
  6. Main roblox atau game lainnya dengan memanfaatkan sejumlah fitur premium jadi lebih mudah karena bisa bayar dengan GoPay yaa mbak. Selama ini tahunya cuma bisa pakai kartu kredit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, jadi praktis banget kan ya pakai gopay, terutama untuk yang enggak punya kartu kredit kaya saya :D

      Delete
  7. Dari namanya terlihat seru nih, roblox dan buat anak-anak pasti jadi anteng asal ada wifi ya. Betul nih, payment sekarang lebih mudah juga karena ada gopay

    ReplyDelete
  8. Saya termsuk emak yang ludet ttg game ini, tapi sepertinya anak kami yang cowok juga blm main game ini. Kalau tahu game robox ini, waaah bisa langsung eksekusi download deh.

    ReplyDelete
  9. Anak saya juga pada main Roblox. Malah sering mantengin channel roblox gamers, kayak pandu gaming atau si bocil atau apalah, gak hapal. Saya pernah main roblox, sulit juga, mungkin karena gak terbiasa. Masih enakkan main Minecraft... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, pasti anaknya udah canggih banget nih main robloxnya ;)

      Delete
  10. Kalau anakku suka main minecraft dan MLBB. Roblox ini belom lama aku liat ada kasus dr anak cewek di LN. Sedih banget.

    Aku setuju kalau main mending sama yg udah kenal di dunia nyata. Aku suka blg gitu kalo anak2 mabar game online. Karena saya gamers juga jd lebih aware sama hal2 gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sempat baca juga beritanya, makanya harus didampingi sama orang tua...

      Delete
  11. Walaupun diperbolehkan main di rumah krn kita kebanyakan di rumah, tetap harus diperhatikan ya pemakaian gadgetnya untuk anak, jangan sampai setengah hari cuma buat main game aja ya.
    Enak ini bisa pakai Gopay ya buat upgrade and beli ini itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, jav sih enggak pernah sampai setengah hari gitu, satu jam aja maksimal...

      Delete
  12. Aku waktu tahu roblox ini gra2 ada yg pesen dekor roblox temanya. Kupikir ini modelan lego gt. Semirip sih ya. Di sini ga main hape anaknya 😂

    ReplyDelete
  13. Roblox ini game baru ya? Maklum kurang begitu mengikuti dunia game online. Tapi saya perhatikan banyak anak muda yg main game ini

    ReplyDelete
  14. Oh Roblox teh yang seperti ini ya, saya baru tahu mbak, anak-anak saya yang hapal pisan main game yang beginian :-)

    ReplyDelete
  15. Lucu main Roblox
    Sayangnya saya sudah ga punya waktu
    Jadi pengen coba nego waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga penasaran nih..roblox tuh kayak gimana ya? Temannya anak-anak banyak yang demen banget mainin soalnya~

      Delete
    2. Iya, jav juga kenal roblox dari teman-temannya...

      Delete
  16. waaaaah una abang juga suka banget nih main roblox. udah sampe member premium juga mereka. wehehheheee. Jav, ikutan mabar bareng doooonggg

    ReplyDelete
  17. Anakku juga main Roblox ini loh. Tapi kayaknya udah bosen, mbalik lagi ke Mobile Legend. Duuh kalau pas mabar itu ramenyaaa... Padahal ya cuma pegang handphone, tapi mabarnya sambil kayak teriak-teriak gitu. :(

    ReplyDelete
  18. 𝘈𝘬𝘶 𝘬𝘰𝘬 𝘣𝘦𝘶𝘮 𝘱𝘦𝘳𝘯𝘢𝘩 𝘪𝘯𝘴𝘵𝘢𝘭𝘭 𝘳𝘰𝘣𝘭𝘰𝘹 𝘪𝘯𝘪 𝘺𝘢. 𝘔𝘢𝘶 𝘬𝘦𝘱𝘰𝘪𝘯 𝘥𝘪 𝘗𝘭𝘢𝘺𝘚𝘵𝘰𝘳𝘦 𝘢𝘩. 𝘚𝘰𝘢𝘭𝘦 𝘢𝘬𝘶 𝘮𝘢𝘪𝘯 𝘨𝘢𝘮𝘦𝘴 𝘱𝘭𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘪𝘯 𝘸𝘬𝘸𝘬𝘸𝘬𝘬

    ReplyDelete
  19. wah aku baru tahu ini, thx ya kak, di saat mengisu waktu luang boleh nih main ini, banyak tip dan tricks untuk mencapai hasil maksimal

    ReplyDelete
  20. memang, Mbak. Kita harus terus hati-hati dengan covid ini. Soalnya banyak yang baik-baik saja, tapi ternyata malah kena. Apalagi anak-anak rawan kena.
    Saya juga melarang krucil keluar rumah. Makanya memang perlu ada pengusir rasa bosan untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  21. Kalau Rumi dan Bumi di rumah sama, Mbak, kami batasi juga soal permainan game. Lebih-lebih saat pandemi memang tantangan berat buat ga kasih izin mengingat mereka tentunya bete di rumah terus. Untungnya ga ada teman mereka datang buat ajak-ajak sih. Masih kami peram aja. Karena di rumah TV dah error, sesekali paling main game mirip minecraft gitu sama nonton Kamen rider yang udah kami unduhin. Ternyata GoPay bisa dipakai buat topup game online ya, praktis nih. Gausah ke mana-mana. Aku juga andalkan GoPay banget Mbak Nab buat isi pulsa, listrik, transfer ke rekening bank lain. Pokoke uasyik, sayang belum masuk GoFood dan GoJek. Nunggu masuk ke Lamongan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak di Lamongan belum masuk, Mas GoFood dan GoJek nya?

      Ah iya jadi inget, mau transfer saldo gopay ke bank buat bayar perpanjangan domain. hihihi

      Delete
    2. Wah, semoga gofood dam gojek segera masuk lamongan juga ya...
      Praktis ya gopay bisa dipakai untuk bayar apa aja ;)

      Delete
  22. Soal game, aku juga suka ngintip game di hape anak bungsuku. Dia yang suka main game. Pokoknya, emak kudu tahu deh :D

    ReplyDelete
  23. Anakku juga online gaming mulu nih ama temen2nya
    Bisa bayar pakai Gopay juga, jadi sip sip markosippp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, asal waktunya dibatasi dan gopaynya enggak jebol ya :D

      Delete
  24. Masalah game aku tu cupu bgt. Ga ada game sama sekali di hp sama lepi.. jadi pinisirin sama roblox.wahahha namanya unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik, tapi awalnya sempat bikin dahi saya mengernyit, game macam apa nih, hehehe...

      Delete
  25. Serunya ngegame bareng Roblox, pilihannya pas buat anak-anak, juga emaknya.

    Jadi bisa sabar buat di rumah dulu aja. Sampai benar-benar yakin, di luar sama efek Coronanya sudah teredam.maksimal.

    Aamiin

    ReplyDelete
  26. Game sekarang unik dan bagus-bagus ya. Btw, penting sekali untuk tetap mengawasi anak-anak di masa penggunaan internet semakin masif ya. Lebih baik terpantau daripada dilarang tapi diam-diam main di luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih baik diizinkan tapi masig dalam pengawasan orang tua :)

      Delete
  27. Mau di rumah aja, mau bisa ke mana-mana, yang penting tetep bisa mabar deh. Malah kalau mabar gini, asyiknya di rumah, kayak adikku. Sukanya mabar, ramai sendiri.

    Kondisi sekarang ini, yang penting kita sehat-sehat selalu ya..

    ReplyDelete
  28. orang tua jaman sekarang memang harus mengikuti perkembangan si anak agar semakin asik saat mabar robloox dan tetap harmonis

    ReplyDelete
  29. Wah say baru tahu, Roblox ini game untuk anak2 yang udah usia 7 tahun ke atas ya. Menarik juga nih, karena gak bisa keluar rumah tapi masih bisa mabar dengan teman2 ya lewat game ini.

    ReplyDelete
  30. Kalau anakku main Minecraft, sempet beli versi aslinya untuk Android dan PC. Belum sempet nyoba main robloox. Agar mirip sepertinya ya.

    ReplyDelete
  31. Aku kok jadi pengen ikutan main Roblox ya. Udah lama gak nge-game sih. Ponakanku yang cowok, gak tahu deh main ini apa gak

    ReplyDelete
  32. Mbak Liaa, dua anak saya juga suka main Roblox. Sama, gak suka sebenarnya mereka main game online tapi ... takutnya dari orang tua gak asyik wkwkwk. Untungnya mereka main berdua di rumah, sembari ngoceh terus main sama teman2 online-nya. Btw bisa beli robus ya pakai GoPay, kekinian banget ya dan memudahkan pemainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mending main di rumah aja biar kita bisa memantau ya mbak :)

      Delete
  33. Anak saya juga tetap bisa bersosialisasi dengan teman-temannya melalui game online. Tetapi, karena dia udah remaja, jadi mainnya PUBG

    ReplyDelete
  34. Membaca judulnya tadi saya bingung apaan, Mabar Roblox. Oh rupanya main game bersama-sama. Maklum Mbak saya sudah tidak punya anak kecil jadi enggak kenal mainan seperti ini. Memang sih sosialisasi anak-anak bisa dilakukan secara virtual seperti main game bareng-bareng seperti ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, selain video call sama teman sekolahnya lewat WA atau zoom ;)

      Delete
  35. Anak2ku nih suka banget main roblox dan mabar. Tiap awal bulan mereka dapat jatah robux juga. Hehehe..

    ReplyDelete
  36. Ini tuh kayak anakku deh, sama teman-temannya main Roblox. Padahal mereka belum pernah saling jumpa tapi pas break kelas online ada temannya yang nanya ada yang main Roblox gak? Semangat dong anakku kalau urusan Roblox.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ya, sama teman baru juga makin kompak karena mabar roblox :D

      Delete
  37. Wah yang bikin anteng Jav ini yaa tatkala di rumah aja. Beneran Lia, meski udah AKB, tetep waspada dan memberi edukasi sama anak2 yang massih kecil buat memahami sikon kenapa ga boleh main keluar rumah .
    Solutip yaa, Roblox, makin mageer, Jav.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jav mah masih boleh sih teh main keluar, tapi di depan rumah dan berdua aja sama adiknya... Kalau ada temen langsung masuk, hihihi...

      Delete
  38. Baru dengar game Roblox ini, saya kalau anak main game harus tahu dulu dia main game apa dan waktunya juga dibatasi.

    ReplyDelete
  39. Anakku belum main Roblok ini baru Minecraft saja, ternyata seru juga ya Roblok, coba kucolek dia tertarik nggak

    ReplyDelete
  40. wah seru banget ya mabar roblox. anakku yang suka mainan kayak ginian nih, cuma kalau keseringan juga jadi gak belajar deh dia hihihi

    ReplyDelete
  41. Sebagai mama, kita sekarang dituntut untuk tau game online ya,mbak. Anakku juga suka mabar di rumah, jadi saya rasa tenang karena bisa sambil ngawasin gitu.
    Sekarang makin mudah ya untuk beli item-item game via GoPay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, jadi enggak khawatir berlebihan, tapi masih bisa memantau ;)

      Delete
  42. Aduh keknya aku n anakku ketinggalan banget nih. Ketika aku tanya dia tau sm roblox gak.. Dan dia geleng2.. Hihi.. Mungkin sesekali boleh nih main berdua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya enggak apa-apa kalau enggak tau, bagus malah enggak main game, mending main yang lain aja anak-anak mah :D

      Delete
  43. Roblox ini games favorit anak saya. Bahkan dia sering mabar dengan temannya. Saya diceritain ini itu juga tetap nggak ngerti soalnya nggak pernah main. tapi anak saya malah pintar banget mainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, meski enggak ngerti, tetap respon dengan antusias dan pura-pura ngerti aja mbak :D

      Delete
  44. Kyaaa~
    Roblox ini mainan fave anak-anak. Aneh yaa...kok gak bosen-bosen gitu..
    Memang mainannya beragam tapi kaan...hehehe...

    Tapi sekarang pembelian jadi lebih mudah menggunakan gopay yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bisa main macem-macem...
      Beli robuxnya juga praktis kalau pakai gopay ;)

      Delete
  45. Meski sudah jadi orang tua, biar enggak ketinggalan, kita juga perlu mabar. Selain itu kita jadi tahu, anak kita doyan banget ngegame, emang apanya ya game itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, saya juga pengen ikut mabar, tapi hapenya penuh, hehehe...

      Delete
  46. wohooo bakalan seru banget ya bisa mabar sama temen. apalagi gamenya kece-kece begini ya. Dengan 15 sseries gamenya bakal manjain banget dan jadi bikin ga bosan ya..

    ReplyDelete
  47. Mba kan mantau ya kalo Jav main Roblox ini. Tapi untuk gamenya sendiri, tau cara main dsbnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngeliat aja sih tau, soalnya jav suka nunjukin, misal "liat bunda, aku lagi bikin kolam renang" dll

      Delete
  48. Wih seru nih :D Walau sebenarnya kau lbh suka roblox fisik tp sesekali main game gini kyknya perlu, bisa ajak anak bahkan suami main :D
    Gampang pula ya beli aplikasinya pakai gopay pun bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, praktis banget bayar pakai gopay...
      Roblox mah jav aja yang main, saya cuma ngawasin :D

      Delete
  49. mau ikutan dong mabar roblox, ketemu di mana nih? tower of hell apa loomian legacy? hihi

    ReplyDelete
  50. Anak2 di kompleksku juga gitu lho, pada santai amat main diluar tanpa masker gitu, nggak jaga jarak pula. Sementara emaknya malah ngumpul rumpi2 di taman kompleks dong. Aku sih di rumah aja ngedrakor di viu yang bayarnya pake gopay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu usaha kita memotong penularan covid-19 ya nonton drakor di viu ya, bayarnya pakai gopay, hohoho...

      Delete
  51. Aku pengen coba install tapi takut keterusan mainnya
    Jadinya lupa sama urusat IRT haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak usah mbak, saya juga enggak kok, cukup pubg aja, hihihi...

      Delete
  52. Waah anakku banget nih. Dia suka banget main Roblox. Sering banget beli Robux nih. Udah kayak punya harta karun aja kalau punya banyak Robux.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Beli robuxnya pakai apa mbak? Pakai gopay aja biar praktis ;)

      Delete
  53. Seru ya mabar sama teman teman di rumah. Disediain wifi sama camilsn juga hehe.Makin praktis download aplikasi berbayar pakai GoPay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru... Tapi itu dulu sebelum tatanan hidup berubah karena pandemi, hiks...

      Delete
  54. Aku sering batal langganan aplikasi karena males masukin data kartu debit/kredit. Ternyata bisa bayar pakai gopay ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, sekarang langganan aplikasi di google play bisa bayar pakai gopay ;)

      Delete
  55. Wah ini referensi bagus buat anakku game Roblox soalnya dia pencinta games bngt disela2 istirahat sekolah online kpengen coba karenaka kayaknya asyik buat dimainin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kalau di sela-sela istirahat enggak keterusan ya mbak?

      Delete
  56. Seru juga mabar di rumah bareng keluarga. Btw asik dapat cashback samlai 70% bayar pakai Gopay ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mabar bareng keluarga belum pernah mbak :D
      Iya promonya menarik banget :)

      Delete
  57. Wah, seru juga ya mabar gini. Biar tetap bersosialisasi. Yang penting harus diawasi dan dibatasi ya mb, biar ga ketagihan...

    ReplyDelete
  58. untuk kondisi saat ini, main hape jadi lebih baik ketimbang main sama temen2 ya, mbak. anak2ku juga aku larang keluar, jadi ya udah mainnya di rumah ajaa

    ReplyDelete
  59. Aku kudet masalah game online gini. Sekilas seru ya mba, yang penting harus tetep diawasin.

    ReplyDelete