Thursday, March 19, 2020

Cara Memeriksa Oli Mesin Mobil


Meski rutin mengendarai mobil, jujur saya belum memeliki kesadaran dalam merawatnya. Untuk urusan kebersihan, sudah ditangani sama Jav. Dia sendiri yang selalu bersemangat mencuci mobil, masa saya larang, hihihi.... Sedangkan untuk urusan perawatan mesin, saya masih mengandalkan suami. Salah satunya memeriksa oli mesin.

Padahal oli mesin adalah darah kehidupan mesin mobil. Memeriksa secara teratur merupakan bagian penting dari menjaga mesin agar bisa berjalan dengan baik. Oli melumasi bagian-bagian yang bergerak di dalam mesin, menjaganya agar enggak bergerak terlalu cepat. Oli juga membantu menjaga mesin tetap bersih, dengan mencegah penumpukan kotoran, dan membantu menjaga agar enggak terlalu panas. 

Memeriksa oli mesin mobil sebenarnya adalah pekerjaan yang cepat dan mudah. Akhirnya, beberapa waktu yang lalu, suami mengajarkan kami (saya dan Jav) bagaimana cara memeriksa oli mesin mobil. Yang dibutuhkan hanyalah lap atau handuk kertas, dan manual mobil jika ada pertanyaan. 

Cara Memeriksa Oli Mesin Mobil 

Pertama, periksa manual mobil dan ikuti rekomendasi pembuat mobil. Beberapa mobil baru memiliki monitor oli elektronik dan enggak memiliki dipsticks tradisional untuk inspeksi manual. Jika memeriksa oli sendiri, pastikan mobil diparkir di permukaan tanah dan, pada sebagian besar mobil, mesinnya dingin, jadi terhindar dari membakar diri sendiri pada bagian mesin yang panas. Pada beberapa mobil, pembuatnya merekomendasikan agar oli diperiksa setelah mesin dihangatkan. Setelah mematikan mesin, buka kap mobil dan temukan dipstick. Tarik dipstick keluar dari mesin dan bersihkan oli dari ujungnya. Kemudian masukkan dipstick kembali ke dalam tabungnya dan dorong kembali sepenuhnya. 

Tarik kembali, dan kali ini lihat kedua sisi dipstick untuk melihat di mana oli berada di ujungnya. Setiap dipstick memiliki beberapa cara untuk menunjukkan level oli yang tepat, apakah itu dua lubang kecil, huruf L dan H (rendah dan tinggi), kata-kata MIN dan MAX, atau hanya area crosshatching. Jika bagian atas "goresan" oli berada di antara dua tanda atau di dalam area yang saling silang, levelnya baik-baik saja. 

Jangan lupa, periksa juga warna oli. Seharusnya terlihat cokelat atau hitam. Tetapi jika memiliki penampilan yang ringan dan warnanya seperti susu, ini bisa berarti ada pendingin yang bocor ke mesin. Perhatikan baik-baik partikel logam apa pun, karena ini bisa berarti ada kerusakan mesin internal. Apabila teman-teman melihat salah satu dari kondisi ini, bawa mobil ke montir untuk diagnosis lebih lanjut. Jika teman-teman mencurigai ada kebocoran cairan pendingin, minta mobil untuk ditarik. Dan jika semuanya baik-baik saja, bersihkan dipstick lagi dan masukkan kembali ke dalam tabungnya, pastikan sudah terpasang sepenuhnya. Tutup kapnya dan selesai. 

Cara Menambahkan Oli 

Gunakan kelas oli yang direkomendasikan dalam manual mobil. Biasanya akan memiliki sebutan seperti 0W-20 atau 5W-30. Teman-teman dapat membelinya di bengkel atau toko onderdil, serta di supermarket atau toko grosir. Untuk menambah oli, lepaskan tutup pengisi oli, biasanya terletak di atas mesin. Karena pengisian berlebihan dengan oli buruk untuk mesin, teman-teman harus menambahkan oli sedikit demi sedikit. Mulailah dengan menambahkan sekitar setengah liter. Menggunakan corong membantu menghindari tumpahan. Tunggu sekitar satu menit dan periksa lagi dipstick. Jika levelnya masih di bawah atau di dekat tanda minimum, tambahkan sisa quart. Kecuali jika mesinnya bocor atau terbakar, teman-teman jarang perlu menambahkan lebih dari satu liter. Namun, jika kuart kedua diperlukan, tambahkan juga secara perlahan, sambil terus diperiksa. Terakhir, pasang kembali tutup pengisi oli dengan aman, dan selesai. 

Begitu cara memeriksa oli mesin mobil. Kunjungi mobil.co.id agar teman-teman bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Terima kasih telah membaca, semoga mobil teman-teman selalu dalam kondisi prima ya.

1 comment :

  1. Hihi, jadi cek oli mobil di rumah pun sebenaranya bisa ya. Bahaya kan kalau tau-tau mogok trus ribet sendiri jadinya

    ReplyDelete