Friday, July 16, 2021

Serunya Liburan ke Planet Mochi

liburan planet mochi

Selama pandemi ini, Rashya mempunyai kebiasaan baru. Berhubung ayahnya ada di Bandung terus karena Work from Home (WFH), setiap malam habis menyikat gigi, Rashya selalu minta ditemani melihat bulan dan bintang sebagai reward.

Yup, selain menyukai hewan laut (hiu dan semua keluarga paus), Rashya juga sangat tertarik pada benda-benda langit. Bahkan buku tentang luar angkasa yang sebenarnya saya belikan untuk Jav pun, seringnya malah dibuka-buka sama Rashya.

Makanya, ketika mengetahui kalau Paddle Pop membuat acara Main Yuk Liburan ke Pulau Mochi, saya langsung mendaftar. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu selama libur sekolah, sejak 25 Juni. Tapi saya baru sempat mendaftar untuk yang tanggal 10 Juli kemarin.


Cara mendaftarnya mudah sekali kok, gratis pula. Cukup menginformasikan data diri ke nomor Whatsapp melalui link yang ada di akun Instagram Paddle Pop. Setelah mendaftar, selanjutnya peserta diberi Joining Instruction yang berisi link Zoom, serta bahan dan alat yang harus dipersiapkan, termasuk link printable berisi gambar matahari, planet-planet, Singa Paddle Pop, roket, dan lain-lain.


Saat baru melihat hasil print-nya saja, Rashya sudah sangat antusias. Dia langsung menggunting gambar planet-planet, sambil meminta saya menyebutkan nama-namanya. Padahal acaranya baru akan dilaksanakan beberapa hari lagi. Jav yang tadinya cuek pun, jadi ikut semangat juga, hihihi....

Liburan ke Pulau Mochi

Hari yang dinanti-nanti pun akhirnya tiba. Jav dan Rashya yang biasanya susah disuruh mandi, kali itu lebih semangat karena mau diajak liburan ke Pulau Mochi. Yeay!


Acaranya dimulai pukul 10 pagi. Dipandu oleh Bu Guru Azka (Mungilmu), didampingi Kak Arina (Mungilmu), serta diramaikan Mommy Nana Mirdad dan keluarga.

Hari itu, Bu Guru Azka mengajak anak-anak bermain dan berpetualang melalui story telling.


Jadi, awalnya anak-anak kedatangan tamu, ternyata Pak Pos Jerapah. Dia membawa surat dari Singa Paddle Pop, isinya undangan untuk liburan ke Planet Mochi. Wuih, menarik sekali.

Supaya bisa berlibur ke Planet Mochi, anak-anak diminta untuk menyusun planet-planet berdasarkan urutannya dalam Tata Surya. Jav dan Rashya pun semangat menunjukkan gambar planet yang disebutkan satu per satu oleh Bu Guru Azka, kemudian meletakkannya pada playmat yang sudah disiapkan sebelumnya sesuai dengan garis orbitnya.


Permainan ini sebenarnya direkomendasikan untuk anak berusia di atas 5 tahun. Berhubung Rashya (3 tahun) ditemani Jav (10 tahun) dan tentu saja didampingi bundanya, jadi ya enggak masalah. Manfaatnya, anak-anak dilatih bekerjasama dalam keluarga serta belajar mengenai sistem tata surya.


Lanjut lagi. Playmat Tata Suryanya sudah rapi. Namun untuk berlibur ke Planet Mochi, anak-anak membutuhkan roket sebagai kendaraan. Bu Guru Azka pun mengajak anak-anak membuat roket dari sedotan.

Cara membuatnya sangat mudah:
  1. Buat selongsong dari kertas
  2. Tempelkan di bagian belakang gambar roket
  3. Tutup bagian atas selongsong
  4. Masukkan sedotan ke dalam selongsong


Tiup deh sedotannya, roket pun langsung terbang ke angkasa. Wush...! Rashya senang banget. Jangan lupa, pakai juga helm astronotnya ya, hihihi.... Permainan yang sederhana, namun bisa melatih motorik halus dan meningkatkan kreatifitas anak.


Nah, roketnya sudah beres, anak-anak pun siap untuk liburan ke Planet Mochi. Tapi, Planet Mochi tuh yang mana ya? Anak-anak pun diajak berkeliling ke planet-planet di Tata Surya dan mencari petunjuknya di sana. Kali ini, kami dibantu aplikasi Assembler. Dengan teknologi Augmented Reality, anak-anak mengumpulkan informasi mengenai Planet Mochi dari tiap planet yang dikunjungi.


Petunjuk tentang Planet Mochi:
  1. Namanya berasal dari Dewa Langit Yunani
  2. Merupakan planet ketujuh dari Matahari
  3. Mempunyai 27 satelit alam
  4. Dingin
  5. Ditemukan tahun 1781 oleh astronomer Willian Herschel
  6. Warnanya biru
  7. Bersama Planet Neptunus, sering disebut sebagai Raksasa Es


Planet Mochi itu ternyata... Planet Uranus! Jav sudah bisa menebak jawabannya setelah mendapatkan petunjuk kedua (di Planet Venus). Tetapi enggak ada Planet Uranus tuh di playmat. Jadi harus bikin sendiri nih Planet Uranusnya. Anak-anak pun langsung berkreasi membuat Planet Uranus menggunakan Paddle Pop Mochi, sama-sama dingin, hohoho.... Bisa dihias dengan pewarna makanan, sprinkle, meises, atau apa saja sesuai bahan yang tersedia di rumah.

Saatnya pulang. Tapi ups! Roketnya rusak. Tenang, enggak perlu bingung, bikin lagi saja. Sekarang anak-anak diajak berkreasi membuat roket dari Paddle Pop Mochi yang ditumpuk. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih kemampuan kognitif dan kreatifitas anak. Selain itu, aroma, rasa, tekstur, dan suhu dingin dari Paddle Pop Mochi pun bisa menjadi stimulus sensori yang penting bagi anak.


Seru banget kan? Kegiatannya interaktif. Sambil mendengarkan cerita, anak-anak juga belajar:
  • Mengenal Tata Surya
  • Mengetahui ciri-ciri Planet Uranus
  • Membuat roket, dan
  • Berkreasi dengan Paddle Pop Mochi

Cara Daftar Liburan ke Planet Mochi

Saking senangnya diajak jalan-jalan ke Planet Uranus, Sabtu besok, Jav dan Rashya mau jalan-jalan lagi ke Planet Jupiter. Teman-teman ikutan juga yuk! Untuk pendaftaran, langsung saja kunjungi akun Instagram @paddlepop.idn ya.


50 comments :

  1. WHuaaa seru pisan liburannya ke Planet Mochi, jauuh bener yaaa.
    Jalan2 virtual yang sekalian edukasi bisa sambil mengisi kegiatan dir rumah jadi ga mati gaya.
    Apalagi berlibur ke Planet Mochi, anak-anak diminta untuk menyusun planet-planet berdasarkan urutannya dalam Tata Surya.PAti seneng pisan dengan DIY hasil mereka bikin anak kreatif pula yaa.

    ReplyDelete
  2. Seru ya yang mau ikutan main ke planet uranus gampang tinggal beli paddle pop aja. Main ke planet mochi bareng paddle pop sekaligus belajar mengenal planet & tata surya lainnya. Bikin rojet sedotan kreatif banget sih ide yang dikasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, uranus dan es krim mochi sama-sama dingin dan seru ;)

      Delete
  3. Aiiih mainnya jauuuh yaaaa!
    biasanya dulu mentok ke kolam renang waterboom, sekarang dah sampe ke planet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Iya dong, lagi pandemi begini harus move on dari waterboom dll :D

      Delete
  4. Yihaa! Super duper FUN kalo ikutan acaranya Paddle Pop!

    Bener2 membuat anak jadi makin kreatif, bisa belajar dan bermain dgn cara yg menyenangkan.

    Aaakk, mupeng ikutan jugaaa :D

    ReplyDelete
  5. Asiknya krucils maen ke Planet Mochie dan bebikinan playmate Galaksi :) Tante kok ga diajak? Hihihihihi :D Senangnya ya meskipun di rumah aja anak2 makin kreatif malah. Mengenal tata surya sambil mamam es krim Mochie dari Paddle Pop dong yaaaa.

    ReplyDelete
  6. Seruuu ya, Kemaren Narend juga ikutan liburan ke planet mochi tuh. Abis liburan kenyang makan mochi deh. Pengen ikutan lagi ya. Permainannya seru sih.

    ReplyDelete
  7. Wuaaah seru banget liburannyaaaa. Meskipun virtual, petualangan ke Planet Mochi-nya berasa kayak beneran yaaaa. Serunya dapat, asyiknya juga dapat. Bermain dan belajar jadi bisa dilakukan sekaligus.

    Keren banget Paddle Pop punya ide sekece ini.

    ReplyDelete
  8. Seru banget sih liburan ke planet mochi dan planet lainnya. apalagi ditemani Paddle pop, makin seru... kegiatan kayak gini nih yang bikin anak makin kreatif ya...

    ReplyDelete
  9. Wah... kalau anakku demen banget itu disuruh bebikinan kayak gitu. Karena mungkin sering diy di rumah dan sekolahnya jadi dia selalu happy kalau disuruh bikin apapun. Ini seru banget ya kegiatannya, selain anak jadi belajar juga bikin happy selama di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, enggak perlu mainan mahal, anak tuh happy kalau diajak bebikinan gitu ya :)

      Delete
  10. Paddle Pop emang juara siy, acaranya beneran keren bermanfaat banget khususnya buat anak-anak. Anakku ikutan yang ke saturnus kemarin dan happy banget

    ReplyDelete
  11. aku ikut mencari planet uranus! sempat bingung juga kok enggak ada si uranus padahal kayaknya udah rapi simpan printable planet. Wah ternyata kita bisa membuat planet uranus dari mochi. Sama-sama dinginnya. hihi ...

    ReplyDelete
  12. Akhirnya terjawab juga ya Planet Mochi ternyata Planet Uranus, senang banget nih ikutan acaranya bertiga kelihatan semangat apalagi saat membuat mainan.. Asyik!

    ReplyDelete
  13. Jadi menyenangkan sekali belajar mengenal planet seperti ini mba. Aku juga dapat cara menyenangkan juga. Mochi ice cream enak kesukaan anakku.

    ReplyDelete
  14. Wahh ternyata planet mochi itu planet uranus ya.. Seru banget ya belajar tata surya dan planet2nya dengan cara menyenangkan begini..kreasi roketnya juga cakep, kapan waktu mau coba juga buat anak anak dirumah 😍

    ReplyDelete
  15. Wah, Rashya bertualang ke Planet Uranus bareng keluarganya tante Nana Mirdad ya. Seneng bangeeet hehehe. Jadi pengen nyobain Paddle Pop Mochi nih semoga segera muncul di minimarket dekat rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, anak yang sulung seneng banget playdate sama anak artis :D

      Delete
  16. Seruu jg tyt diy yg inii. Aku kebagian oas ke planet saturnus aj nih kemarin. Gak bs ke uranus krn penuuuh. Haha. Untung ad link youtubenya nih bs ditonton jg. Jd pengen jg bikin diy nya

    ReplyDelete
  17. Seru banget ya bisa belajar sambil bermain bareng Paddle Pop. Planet Mochi itu ternyata planet Uranus, ya. Jadi tahu deh tentang fakta planet Uranus. Anakku juga ikut liburan bareng ke Planet Uranus. Dia juga excited banget

    ReplyDelete
  18. Jadi klo mau jalan jalan ke planet uranus tinggal beli paddle pop aja ya mbak...
    bermain seperti ini adalah hal yang menyenangkan bagi anak ya mbak
    habis main segerin lagi dengan makan es krim paddle pop

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu kalo planet Mochi itu adalah Planet Uranus, lucu juga ya ternyata planet yang paling dingin. Pas deh dijadikan nama untuk ice cream Paddle Pop yang enak rasanya

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah,
    Dapat informasi mendaftar dan bergembira bersama Paddle Pop di saat PPKM begini..
    Anak-anakku super happy pas bikin kreasi. Rindu sekali rasanya sesama anak-anak bermain bersama dengan riangnya seperti saat virtual meeting bersama Paddle Pop ke Planet Mochi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, meski 'jauh' tapi anak-anak seneng ya bisa main bareng :)

      Delete
  21. Nama planetnya unik nih. Aku penasaran seperti apa virtual petualangan nya. Kapan lg paddle pop adain event seru kyk gni mba?

    ReplyDelete
  22. Anak-anak ku juga ikutan nih liburan ke planet Mochi. Meskipun print nya tinggal yang ga berwarna, jadi planetnya pada hitam putih gitu. Haha. Terus diwarnai deh sama anak2. Alhamdulillah mereka happy. Seru katanya kegiatan nya

    ReplyDelete
  23. Wuaa seru pastinya bisa terbang ke planet mochi bareng papa mana... mau dong ikutan. :-)

    stimulasi seperti petualanga luar angkasa ini bisa banget membantu cara pikir dan imajinasi anak ya mba, bagus dan selalu keren deh ide acara paddle pop

    ReplyDelete
  24. Wuaaa..serunya..ànak2 paling senang dknk diajak main bergembira...paddle pop juga keren..tetep ada nilai edukasi buat anak..2

    ReplyDelete
  25. Seru ya mba. Aku dan anakku ikut event yang ke Planet Jupiter. Solusi buat ngisi liburan kemarin yang dirumah aja jadi gak bosen..

    ReplyDelete
  26. AKu juga ikutan loh yang sama Nana Mirdad ini..seneng deh liat keseruannya anak-anak bikin kreasi mochi yang gampang banget.. Suka juga sama aneka gambar printablenya

    ReplyDelete