Sunday, April 5, 2015

IndiHome Fiber: Solusi Praktis untuk Keluarga Modern


Saya tidak bisa hidup tanpa internet.

Berlebihan ya?

Hmmm… sebenarnya tidak sebegitu juga sih :D

Tapi jujur, bagi saya, hidup tanpa internet itu rasanya hampa….

Tidak ada satu hari pun dalam kehidupan saya, yang dilewati tanpa kehadiran internet. Sebagian besar kegiatan sehari-hari saya selalu berkaitan dengan internet. Memang ibu rumah tangga pakai internet untuk apa? Paling hanya untuk main Facebook. Ih, tentu tidak :p
  • Bangun tidur biasanya saya mengumpulkan nyawa sambil blogwalking di toilet :))
  • Tidak lupa, cek email, siapa tahu ada tawaran job review ;)
  • Teringat ada saudara atau teman yang hari itu sedang berulang tahun, saya langsung mengucapkan selamat dan doa kepada mereka melalui BBM.
  • Setelah salat Subuh, lanjut senam zumba atau belly dance menggunakan panduan dari video di Youtube.
  • Baca review buku yang asyik, langsung beli deh bukunya secara online.  
  • Jav tidur siang, saatnya menikmati me time dengan menambah wawasan dan pengetahuan tentang agama, keuangan, pengasuhan anak, kesehatan, dan lain-lain dari situs kesayangan. 
  • Sore hari, ingin mencoba menu camilan baru, browsing dulu resepnya di blog masak favorit.
  • Kalau suami sedang di luar kota, sebelum tidur, mengobrol dulu dong sama suami lewat Whatsapp.
  • Nge-blog sih sudah jelas. Setiap ada ide dan waktu luang, pasti saya sempatkan untuk menulis dan mengeposkannya di blog tercinta ;)

Alhamdulillah, suami saya memahami kebiasaan istrinya ini. Sudah sejak beberapa tahun terakhir, dia memasang jaringan internet di rumah kami. Semua anggota keluarga bisa ikut menikmatinya. Saya, suami, dan Jav. Manfaatnya sangat besar. Bukan hanya untuk komunikasi, tetapi juga untuk pendidikan, pekerjaan, hiburan, dan sosialisasi.

Sayangnya, internet di rumah kami kurang dapat diandalkan, sering mati di waktu-waktu tertentu. Biasanya ketika cuaca sedang buruk, atau kadang ketika sedang dilakukan pemeliharaan. Menyebalkan, karena waktunya selalu tidak tepat. Misalnya, ketika saya sedang menulis artikel lomba blog--menjelang deadline--bersamaan dengan ketika Jav sedang asyik menikmati video Syamil dan Dodo di Youtube. Kalau sudah seperti itu, jadi gegana deh. Gelisah, galau, merana :D

Faktanya, internet di Indonesia rupanya memang masih 'tertinggal'. Dari segi waktu, kecepatan rata-rata internet Indonesia hanya 1,9 Mbps dan menempati urutan ke-122 di dunia. Sedangkan dari segi pemanfaatan, hanya 16% masyarakat Indonesia yang menggunakan internet. Itupun 85%-nya mengakses internet melalui jaringan nirkabel.


Untungnya nih, Telkom baru saja meluncurkan IndiHome Fiber. Akhir-akhir ini, saya memang sering melihat poster IndiHome di sekitar rumah. Ternyata, suami pun sudah mencari informasi mengenai produk teranyar dari Telkom ini.



IndiHome Fiber menjanjikan pelayanan yang sangat istimewa bagi para pelanggannya.
  • Praktis. Merupakan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet, Telepon Rumah, dan Usee TV Cable. Jadi, dalam sekali registrasi, pelanggan bisa langsung menikmati tiga layanan utama tersebut.
  • Cepat. Dalam pelaksanaannya, IndiHome dilayani dengan menggunakan 100% Fiber. Artinya kabel Fiber Optic dipasang sampai ke rumah pelanggan.


1. Akses Internet Kecepatan Tinggi
Bagi daerah yang belum dilayani jaringan Fiber To The Home (FTTH), bisa menikmati layanan High Speed Internet dengan pilihan kecepatan 1-5 Mbps. Sedangkan di daerah yang sudah dilayani jaringan FTTH, dapat merasakan internet super cepat mulai dari 10-100 Mbps. Mantap ya….

Dibandingkan dengan Coax atau Copper, selain menghasilkan internet yang lebih cepat, Fiber Optic juga memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya:
  • Lebih stabil. Walaupun akses internet digunakan secara bersamaan.
  • Lebih andal. Tahan dalam kondisi cuaca apapun dan relatif lebih aman dari serangan petir.
  • Lebih canggih. Merupakan teknologi penghantar data terbaru dalam layanan fixed broadband.


2. Telepon Rumah
Keunggulan dari layanan komunikasi ini yaitu lebih murah dengan kualitas suara yang lebih jernih. Pelanggan bebas melakukan panggilan telepon rumah selama 1000 menit per bulan, baik lokal maupun interlokal.

3. Usee TV Cable
Usee TV Cable adalah layanan televisi yang menggunakan teknologi IPTV (internet protocol). Dengan teknologi tersebut, pelanggan dapat menikmati 99 channel secara interaktif dan personalized, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Fitur-fiturnya sangat canggih, seperti TV On Demand, Video Recorder, Video On Demand, Karaoke, dan Pause and Rewind.

Keren sekali ya layanan Triple Play dari Telkom ini. Ya cepat, ya lengkap juga.


Saat ini, di rumah saya belum dipasang telepon. Kebetulan, saya memang berencana untuk memasangnya. Sebelum ini, ketika orang tua memutuskan untuk memasang kembali telepon di rumahnya, saya merasa agak skeptis. Kan sudah ada ponsel, untuk apa telepon rumah? Setelah dialami, ternyata menghubungi mereka melalui telepon rumah memang lebih efektif daripada melalui ponsel. Karena apabila ada panggilan masuk, bisa didengar dan diangkat oleh siapa saja. Hal-hal darurat dan penting juga bisa langsung sampai, tidak akan terhambat oleh ponsel yang mati karena sedang dicas.

Nah, kalau TV kabel, saya memang sudah berlangganan. Menurut saya, kebiasaan menonton TV akan mempengaruhi cara berpikir kita. Oleh karena itu, saya merasa lebih nyaman menyediakan tontonan dari Pay TV dibandingkan dari FTA (Free To Air) TV untuk Jav. Selain bisa memilih tayangan yang lebih mendidik, Pay TV juga aman dari iklan-iklan jajanan yang menggoda. Tapi, TV kabel yang sekarang sudah dipasang di rumah belum dilengkapi dengan fitur-fitur asyik seperti Usee TV Cable-nya IndiHome. Saya penasaran sekali dengan fitur TV on Demand dan Pause and Rewind-nya :D

Yang lebih seru lagi nih, ternyata IndiHome juga mengembangkan layanan Triple Play-nya menjadi Octuple Play. Menyediakan pilihan layanan tambahan bagi para pelanggan IndiHome.

1. IndiHome Telkomsel Mania
Untuk pelanggan IndiHome, bisa menikmati panggilan unlimited dari telepon rumah ke nomor Telkomsel. Praktis dan mudah, karena cukup satu kali melakukan registrasi. Harganya pun ekonomis, sebesar Rp 68.000 per bulan. Pas banget nih, suami saya kan pakai Telkomsel :D

2. IndiHome Global Call
Bagi pelanggan IndiHome yang sering melakukan panggilan ke luar negeri, bisa berlangganan paket ini sesuai dengan kebutuhannya (negara tujuan). Tetap praktis, mudah, dan ekonomis. Menggunakan sistem kuota, sehingga tagihan tidak akan membengkak.

3. Wifi.id Seamless
Apabila kita dikenakan biaya Rp 50.000 per bulan untuk dapat menikmati akses internet ke jaringan wifi.id, maka bagi pelanggan IndiHome, hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per bulan. Gratis pula di bulan pertama. Koneksi akan terhubung secara otomatis tanpa perlu memasukkan username dan password berulang-ulang. Kuotanya tidak terbatas, cara pembayarannya praktis, dan dapat digunakan di device yang berbeda.

4. MelOn
Sekarang, sudah tidak zaman lagi dong ya mendengarkan lagu bajakan. Nah, untuk para penyuka musik, dengan berlangganan IndiHome maka bisa mendengarkan musik dari MelOn, gratis selama 12 bulan.

5. Home Automation
Meninggalkan rumah akan terasa lebih nyaman dengan memanfaatkan layanan ini. Mulai dari memantau kondisi rumah hingga mengatur perangkat rumah, semuanya otomatis dan berbasis koneksi internet. Tidak perlu lagi deh khawatir rumah gelap, ketika pulang kemalaman. Begitu juga saat lupa mematikan AC ketika berangkat ke luar rumah.

Saya sih ngiler melihat berbagai layanan yang disediakan IndiHome. Cocok sekali untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga saya. Apalagi, sekarang ini sedang ada promo juga.
  • Apabila melakukan registrasi melalui web in (indihome.co.id atau shop.telkom.co.id), phone in 147), dan walk in (Plasa Telkom), maka pelanggan akan mendapatkan IndiHome Movie Card secara gratis. Dengan saldo perdana sebesar Rp 150.000, kartu tersebut dapat digunakan di seluruh jaringan 21. Mau!
  • Apabila melakukan registrasi melalui blanja.com, maka pelanggan akan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 50.000 dari situs tersebut.
  • Bagi yang bisa mengajak saudara atau teman untuk berlangganan IndiHome juga, akan mendapat reward yang hadiahnya bisa dipilih sendiri. Nama programnya Society Leader. Mau gadget atau paket jalan-jalan? Bebas :)

Perihal harga sih, bersaing. Setiap kota mempunyai harga yang berbeda-beda. Untuk mengetahui apakah daerah tempat tinggal atau tempat kerja kita sudah dilayani jaringan IndiHome atau belum, serta untuk mengetahui harga per paketnya, langsung saja cek di website-nya ;)


IndiHome
Website: www.indihome.co.id
Facebook: TelkomPromo dan Telkom Care
Twitter: @TelkomPromo dan @TelkomCare

Referensi:
  • http://cnnindonesia.com/teknologi/20150326165003-185-42142/internet-indonesia-lebih-lelet-dari-penilaian-akamai/#14281581346161&height:204
  • http://tekno.kompas.com/read/2015/03/25/15000017/Kecepatan.Internet.Indonesia.Anjlok.Nomor.122.Dunia
  • http://tekno.kompas.com/read/2015/03/30/08090037/Di.Asia.Tenggara.Penetrasi.Internet.Indonesia.Terbelakang.
  • http://www.indihome.co.id

24 comments :

  1. Waah, boleh juga niih. makasih mbak infonya...

    ReplyDelete
  2. Indihome? Sepertinya perlu dicoba nih. Akhir2 ini aku jarang ngenet di rumah karena modem sekarat :(

    ReplyDelete
  3. Kalau sudah menetap, kayaknya mantap mau pasang IndiHome Mbak Nath :)

    BTW, kemarin kita sempat ngobrol gak sih? :D

    ReplyDelete
  4. wah,asik banget ya...jadi pingin,tapi di Siak ada g ya..

    ReplyDelete
  5. Sama mba Zwan... di Gorontalo ada ga ya, belum pernah dengar disini

    ReplyDelete
  6. Keren ya... Jadi pengen masang Indihome kalau sudah punya rumah :)

    ReplyDelete
  7. Internet memang penting tapi bagi saya penggunaannya tidak sebegitunyalah cukup pada waktu luang saja. Bahkan bbm ataupun whatsup saja suka terlambat membacanya.

    ReplyDelete
  8. perlu di tinjau lebih dalam lagi ni, penasaran soalnya :D

    ReplyDelete
  9. kirain label indie :) . ini sodara tirinya speedykah?

    ReplyDelete
  10. Akses internet kecep[atan tinggi... ini neh kelebihan yang josss banget bagi blogger, hehehe

    ReplyDelete
  11. Waaahhh... Joss banget kayaknya nich... Mau ikutan pasang Indihome juga di Ketapang udah ada belom ya?.. :)

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) pojok Bumi Kayong, Ketapang-Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  12. Kapan ya ada internet cepat harga bersahabat indihome mungkin salah satu solusinya.Sudah bosan nih internet lelet

    ReplyDelete
  13. saya pake fasilitas kaya gini, tapi bukan dari Indihome :)

    ReplyDelete
  14. internet memang suatu kebutuhan dan bisa juga dibuat sebagai media pembelajaran bagi kita dan anggota keluarga lainnya. selebihnya melalui internet kita juga bisa berusaha mencari uang tambahan....asal kita tidak lupa untuk menggunakannya dengan bijak....ok makasih mbak infonya.

    ReplyDelete
  15. indi home lagi gencar di komplek saya. Agak kepikiran juga buat pndah ke lain hati :)

    ReplyDelete
  16. Di Medan kayaknya belom ada, Mbak.. Atau aku yang kudet.. Hahah.. :D

    ReplyDelete
  17. Huahaha, saya sudah kapok sm pelayanan Telkom. Ndak mau lagi x))

    ReplyDelete
  18. Wooo ada yg baru ya bwt internetan.
    Lancar jaya ga ya, Mak?

    ReplyDelete
  19. mau banget pasang internet pakai micro fiber, yang kabarnya tahan cuaca.. tapi kalau pasang indihome kayaknya bakal mubazir :D

    ReplyDelete
  20. Akupun tak bisa hidup tanpa internet nih mbak. Dan alhamdulillahnya udah 4 tahunan dirumah pakai speedy. dan 1 bulan terakhir ini sudah berubah ke indihome :)

    ReplyDelete
  21. Aku pakai indihome. Sempat sebulan kesel waktu pemasangannya karena stock receiver useetvnya habis, sementara CS & operator 147 nggak komunikatif. Alhamdulillah sekarang lancar, nggak repot langganan macem2,

    ReplyDelete
  22. wah mantap nih mbak,kayaknya perlu di coba nih tapi ntar deh pikir-pikir lagi :D

    ReplyDelete
  23. Untuk yang tertarik pasang indihome, untuk pemasangan wilayah Bogor, Depok, bisa menghubungi 082215070809

    ReplyDelete