Sunday, May 17, 2015

World Baking Day: Jelly Cookie untuk Jav



Sejak Jav memasuki masa MPASI, saya yang tadinya paling anti masuk ke dapur, mulai rajin mengoleksi berbagai resep makanan untuk Jav. Membuat sendiri kue dan masakan untuk Jav rasanya memberi kepuasaan tersendiri bagi saya. Kenapa? Karena makanan yang saya buat terjamin menggunakan bahan alami dan berkualitas. Selain itu, saya juga bisa mengatur komposisinya, misalnya porsi gula dan garam yang minimalis.

Ketika Jav mulai masuk playgroup, saya semakin bersemangat membuat sendiri bekal makanan untuk Jav. Apabila sedang rajin, saya juga menyajikannya dengan bentuk yang lucu-lucu. Rupanya teman-teman Jav menyukai bekal yang dibawa Jav. Tidak jarang, mereka meminta orang tuanya untuk memesan makanan pada saya. Lumayan, bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, hohoho....

Berawal dari sana, kini tetangga dan teman-teman lain pun mulai memesan makanan pada saya. Akhirnya, yang terjadi beberapa bulan terakhir ya adegan-adegan seperti di bawah ini. 

Jav menghampiri saya yang sedang memarut keju.
Jav: "Bunda lagi bikin apa?"
Saya: "Bikin schotel."
Jav: "Jav mau…."
Saya: "Ini buat Habil. Umminya Habil pesan schotel sama Bunda."

Jav menghampiri saya yang sedang menuang vla vanila di atas puding cokelat.
Jav: "Jav mau vla."
Bunda: "Iya, nanti kalau ada sisanya ya."

Saya: "Besok Jav mau bekel apa ke sekolah?"
Jav: "Mau mi goreng."
Saya: "Yah, bahan-bahannya habis. Bekel jeli aja ya?"

Ya, saya sudah jarang menyediakan makanan yang memang khusus dibuat untuk Jav. Kalau tidak disesuaikan dengan pesanan, ya disesuaikan dengan bahan yang ada. Apabila tidak ada sisa atau sedang malas, saya belikan saja makanan yang praktis seperti roti atau biskuit untuk bekal ke sekolah. Saya pun merenungkan kembali adegan-adegan tersebut. Kenapa saya lebih memprioritaskan pesanan orang lain ya daripada anak sendiri, hiks….  

Makanya di hari yang spesial ini, saya sengaja membuat makanan khusus untuk Jav. Ketika saya bertanya pada Jav ingin dibuatkan apa, Jav katanya kepingin chocolate cookie. Ups, saya memang sudah lama sekali tidak membuatkan cookie untuk Jav, malas mencetaknya, hehehe.... Kebetulan, saya baru menemukan resep jelly cookie yang bahan dan cara pembuatannya sangat praktis.



Berhubung saya tidak mempunyai mixer *curcol*, maka saya mengganti gula kastor dengan gula tepung. Sedangkan margarinnya, saya menggunakan produk berkualitas kesayangan keluarga, yaitu Blue Band Cake and Cookie. Seperti kita ketahui bersama, dibandingkan dengan mentega yang terbuat dari lemak susu, margarin yang terbuat dari lemak nabati cenderung lebih sehat karena tidak mengandung lemak trans dan bebas kolesterol. Nah, yang spesial dari Blue Band Cake and Cookie ini, walaupun terbuat dari lemak nabati, namun mempunyai aroma harum dan rasa yang lembut seperti mentega.



Saya membagi adonan menjadi dua bagian. Adonan yang pertama, saya bentuk dengan cetakan beruang. Sedangkan adonan yang kedua saya bentuk bulat pipih biasa dan diberi taburan chocolate chip.



Memang, setelah selesai dipanggang, kuenya masih agak lembek. Tapi setelah didinginkan dalam suhu ruang, tidak lembek lagi kok. Teksturnya renyah, aromanya harum, dan rasanya full cokelat. Alhamdulillah.... Jav menyukai kuenya, apalagi dinikmati bersama sebotol susu.   

Happy world baking day! Hari ini teman-teman membuat kue apa untuk orang tersayang? ;)


35 comments :

  1. kreatif banget mak, bubuk jelly bisa buat bikin kue ya ternyata..ga pake air ya...rasanya kaya apa ya, penasaran. yg jelas sih coklat ya. jelly nya itu kaya gimana jadinya :)

    ReplyDelete
  2. Kayaknya enak ya kuenya. Bikin ah :3

    ReplyDelete
  3. bentuknya cantik, anak past demen banget

    ReplyDelete
  4. Saya gak bikin apapun mak, anak2 mkn katrung disekolah... *pdhl emaknya gak bisa baking :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. world baking day-nya kan hr minggu mak, hihihi :D

      Delete
  5. Wiiiihhh.. Kayaknya enak dan bikinnya praktis ya, Lia :)
    Jav habis berapa potong? :)

    ReplyDelete
  6. Lah udah lewat ya :( . Nyontek resepnya aja deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut nyicip, mba. Kayaknya enak. Ada choco chipnya pula :3

      Delete
  7. Bahan-bahannya sedikit dan cara membuatnya memang praktis ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. aku belum bisa bikin kue-kue macamgini mbak, paling masak buat makan suami aja. mumpung punya oven baru bakal aku coba resep2 dari kamu mbak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kue2 yg saya bikin mah pasti yg simpel2, soalnya sayanya jg ga jago hihihi...
      selamat mencoba yah ;)

      Delete
  9. ya ampuuun.... tulisannya cantiiik banget

    ReplyDelete
  10. Pake bubuk jelly? :D Waah, boleh dicoba nih, buat lebaran, hihihi. Puasa aja belon, udah mikirin lebaran ya mbak... ^^

    Ceritanya mengalir banget, saya suka. Jav juga suka tuh kayaknya (sama jelly cookienya, hehe). makasih ya resepnya, mbak Lia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah nunggu lebaran atuh, sekarang aja :p
      sama2 ya mba :)

      Delete
  11. Wih keren bikin cookies. Aku nggak mampu Mbak kalau udah urusan panggang memanggang :3

    ReplyDelete
  12. itu yang winnie the pooh ada cetakannya sendiri ? atau buat sendiri ? baguuus :D

    ReplyDelete
  13. Kayaknya enak tuh, nanti suruh nyokap buat ah

    ReplyDelete
  14. enak bener di celup pake susu :)
    Terimakasih mba atas sharingnya :)

    ReplyDelete