Friday, September 25, 2015

Cerita Idul Adha Jav Tahun Ini

Selamat Idul Adha 1436 H ya teman-teman :)

Bagaimana lebarannya? Kalau saya sih, selain menjadikan momen ini sebagai acara berkumpul dengan keluarga, tentu juga menjadikannya sebagai ajang untuk menanamkan keimanan pada Jav.

Alhamdulillah, sejak ada Jav, ilmu agama saya jadi bertambah. Tadinya enggak pernah ngeuh mengenai proses ibadah haji (teori-teori yang diajarkan ketika sekolah dulu entah menguap ke mana), sekarang jadi ingat lagi karena sambil menceritakan kepada Jav, sambil sayanya belajar juga. Tadinya paling malas melihat penyembelihan hewan kurban (datang ke tempat penyembelihan hewan kurban kalau ikut kurban saja), sekarang ikut kurban atau enggak tetap datang supaya Jav bisa ikut melihat dan belajar.

Untungnya, tugas saya tahun ini enggak terlalu berat, karena dibantu oleh guru-guru Jav di sekolah. Di rumah, saya hanya tinggal mengulang lagi apa yang sudah diajarkan oleh gurunya.

Manasik Haji
Hari Selasa kemarin, Jav ikut manasik haji di sekolahnya. Saya yang biasanya langsung pulang setelah mengantar Jav, kali itu ikut nangkring dulu di sekolah, supaya bisa mendokumentasikan kegiatan Jav. Senangnya, Jav bisa mengikuti semua kegiatan dengan tertib. Sebenarnya Jav sudah sering melihat video tentang ibadah haji dari video Syamil dan Dodo, plus tahun kemarin sudah pernah ikut manasik haji juga. Jadi Jav sudah familier dengan kegiatannya.

Calon haji... Aamiin :)
Membuat karya dengan tema Idul Adha
Di sekolah, Jav dan teman-temannya membuat miniatur kandang hewan yang bisa dijadikan kurban. Ada kambing, sapi, dan unta. Tapi, sepulangnya dari manasik haji, Jav melihat kakak kelasnya membawa miniatur kabah. Dia langsung merengek ingin membuat kabah juga. Jadi lah pulang sekolah kami langsung bercengkerama dengan kertas, gunting, dan lem, membuat kabah dari kotak bekas.

Hasil karya di sekolah

Hasil karya di rumah
Kurban
Tadi pagi, Jav dan teman-teman sekolahnya membeli beberapa ekor kambing. Dipandu ibu guru, mereka bersama-sama memilih kambing yang bagus dan layak untuk disembelih hari Sabtu besok. Sayangnya, besok Jav enggak bisa ikut karena kami harus menghadiri undangan pernikahan. Tapi enggak apa-apa, toh Jav sudah sering melihat penyembelihan hewan kurban sejak usianya 2 tahun.

Perihal mengajak anak (balita) melihat proses penyembelihan kurban ini, tentu ada yang setuju dan ada juga yang enggak. Ya lihat saja dulu bagaimana karakter anaknya. Kalau Jav sih, walaupun suka histeris setiap melihat darah sendiri, tapi tenang saja tuh ketika melihat hewan kurban disembelih. Yang penting, kita sebagai orang dewasa memberi penjelasan terlebih dahulu. Mulai dari menceritakan kisah tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Serta menegaskan bahwa menyembelih hewan kurban bukan berarti membunuh atau menyakiti, tapi merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah.

Memberi makan kambing kurban

Penjelasan seperti itu bukan hanya bertujuan agar anak enggak trauma, tetapi juga untuk menghindarkan anak berbuat jahat kepada binatang. Soalnya pernah nih, saya mendengar cerita ada anak kecil yang menyilet leher anak ayam karena terinspirasi dari kegiatan menyembelih kurban, huhuhu.... Makanya pendidikan agama sejak dini itu penting sekali ya.

43 comments :

  1. Dulu waktu aku masih kecil, ya lihat disembelihnya. Sekarang gak berani. Mungkin kalau sudah punya anak, kaya Mbak Lia kali ya? Jadi tergerak ikut karena anak... :D jadi mengulang hal-hal yang lama sekali tidak dilakukan.

    Wahh ittuu Kabahnya bagus!

    ReplyDelete
  2. Wah ka'bahnya bagus jav...dari kecil diajarjan hakikat berkurban ya

    ReplyDelete
  3. Kegiatannya Jav seru-seru. Dapet banyak pengalaman seru nih

    ReplyDelete
  4. Saya do'akan semoga bisa sampai ke Haji beneran mbak :-)

    ReplyDelete
  5. jav sekolah dimana mba? bagus2 kegiatan nya

    ReplyDelete
  6. haji kecil, besar nanti jadi haji beneran ya Jav

    ReplyDelete
  7. nice story.. semoga kelak beroleh kesempatan untuk berhaji ke tanah suci, insya Allah :)

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Di skolah jav? Ada... Habis nyembelih dilanjut bakar & mkn sate... Tp saya & jav ga bisa ikutan :(

      Delete
  9. Sangat penting banget supaya sudah besar nanti anak-anak tidak menjadi anak yang durhaka atau tidak tahu etika :)

    ReplyDelete
  10. bener sih. Agar anak tidak trauma tapi bukan berarti sama semua jenis hewan dia jadi kebablasan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhubung gak bisa diedit saya tambahin aja deh... Moga2 anaknya paham ya maksud dari penyembelihan hewan untuk korban ini dalam kaitannya dengan agama.

      Delete
    2. Smoga... Makanya sebelumnya hrs dkasih penjelasan dulu...

      Delete
  11. Jarang ada sekolah yang seperti itu,,, sekolahan adik saya malahan cuma teori saja,, tidak ada prakteknya #ironis

    ReplyDelete
  12. Saya juga terbiasa melihat penyembelihan qurban dari kecil lalu terbiasa sampe skrng hehe

    ReplyDelete
  13. Kegiatan di sekolah Jav bagus dan kreatif, nggak sekedar iuran utk qurban ya.

    ReplyDelete
  14. asik ya mak kegiatan disekolahnya,apalagi beli kambing bareng2 hehehe

    ReplyDelete
  15. Semoga Jav, jadi anak yang yang sholeh. Aamiin YRA

    ReplyDelete
  16. Hebat euy Jav udah terbiasa lihat hewan qurban yang disembelih. Semoga jadi anak yang shaleh ya, Jav.

    ReplyDelete
  17. Sekarang banyak sekolah yang mengadakan kegiatan ini ya mbak, sangat mendidik. mengenal lebih dekat tentang agama melalui latihan praktik. kalau saya dulu, hanya teori saja.

    ReplyDelete
  18. Wah, dengan hadirnya si kecil semakin semangat memperdalam agama, ya :) Kalau aku dari kecil sampai sekarang gak bisa lihat hewan disembelih. Padahal sudah diberi pengertian sama ortu dan guru. Tapi tetep trauma sampai jadi vegetarian, hahaha :))

    ReplyDelete