Saturday, February 27, 2016

Bakso Urat yang Lembut di Bakso Semar

Bagaimana kondisi cuaca di tempat teman-teman? Sekarang di tempat saya setiap hari pasti hujan. Kalau sedang hujan, paling enak itu ya ngemil bakso. Bakso dengan kuah yang panas, gurih, dan pedas. Setuju enggak? ;)

Kalau membicarakan soal bakso, banyak banget bakso yang enak dan terkenal di Bandung. Salah satunya yaitu Bakso Semar. Apabila teman-teman googling nama bakso yang enak di Bandung, Bakso Semar ini pasti selalu muncul. Sebagian besar teman-teman dan saudara-saudara saya yang berasal dari luar kota pun selalu menyempatkan untuk mampir ke Bakso Semar ini apabila berkunjung ke Bandung.

Tapi, saya yang sejak lahir tinggal di Bandung, malah belum pernah loh mencoba kelezatan Bakso Semar ini. Soalnya lokasinya jauh banget dari rumah saya. Kasihan banget ya, hihihi....

Eh, rupanya Bakso Semar ini mengerti masalah saya. Sekarang ada cabangnya loh di Komplek Margahayu Raya. Awalnya agak curiga, ini cabang asli Bakso Semar atau jangan-jangan Bakso Semar versi KW. Tapi di bagian depannya ada tulisannya tuh, Bakso Semar cabang Cihampelas. Asyik....

Seminggu yang lalu, saya dan suami mencoba untuk menjajal Bakso Semar ini. Lokasinya cukup strategis, berada di rute jalan pintas antara Komplek Margahayu Raya depan (Metro) dan Komplek Margahayu Raya belakang. Posisinya pun tusuk sate gitu, jadi mudah untuk dicari. Tempatnya memang enggak terlalu besar, tapi cukup lah untuk ukuran komplek mah. Di dalamnya terdapat sekitar enam set meja dan dan kursi, serta dua set meja dan bangku panjang.

Daftar menu
Ketika kami datang, suasana di sana sedang cukup ramai, soalnya pas waktu makan siang. Saya pun langsung memesan dua porsi bakso. Tapi ternyata harus menunggu agak lama karena dari yang saya lihat saat itu hanya ada dua orang pegawai yang melayani kami. Satu orang meracik bakso, dan yang satu lagi membuat minuman. Mangkuk dan gelas kotor di meja sebelah pun sampai enggak sempat dirapikan.

Yamin
Beberapa menit kemudian, pesanan kami pun sampai, yaitu satu porsi Yamin Bakso seharga Rp 21.000 untuk saya dan satu porsi Yamin Bakso Urat seharga Rp 22.000 untuk suami. Bedanya, kalau Yamin Bakso terdiri dari yamin serta satu buah bakso urat dan empat buah bakso kecil. Sedangkan kalau Yamin Bakso Urat terdiri dari yamin serta dua buah bakso urat.

Bakso
Minya enak, enggak terlalu lembut, jadi crunchy gitu. Bakso kecilnya sih biasa saja. Nah, bakso uratnya memang spesial, lembut banget. Tapi bagi saya sensasi makan bakso uratnya jadi kurang terasa. Terakhir kuahnya, enak juga. Gurihnya pas, apalagi ditambah sambal dan kerupuk. Hmmm, segar. Namun sayang, saya lupa, enggak pesan tanpa bawang goreng dan seledri :(

Potongan bakso urat
Kesimpulannya, enak sih, tapi enggak persis seperti yang saya bayangkan. Menurut saya masih ada bakso lain yang lebih enak. Namun secara keseluruhan sih, tentu saja saya senang sekali karena akhirnya bisa kesampaian mencicipi Bakso Semar yang tenar ini. Meskipun saya belum sempat mencoba tulang rusuknya. Iya, di sini kan yang terkenal yaitu bakso urat dan tulang rusuknya. Kapan-kapan lagi deh ;)

~~~

Bakso Semar cabang Cihampelas
Jalan Saturnus Selatan No. 6A 
Komplek Margahayu Raya Bandung
Buka 24 jam

31 comments :

  1. hujan-hujan memang enak makan berkuah kayak bakso, untungnya lagi, di rumah saya ada tetangga yang jualan bakso

    ReplyDelete
  2. wanita memang krajingan terus sama makanan ini,kenapa ya??

    ReplyDelete
  3. Aku suka mba makan bakso. Apalagi kalau sambalnya banyak. Enaknyaa ... :)

    ReplyDelete
  4. klo kebandung, gw mah bakso Akung lebih nyooooos,

    tapi boleh juga nie, 24 jam kan yak

    ReplyDelete
  5. Wuahhh bakso itu makanan favorit keluargaku. :D Gak ada cabangnya di Malang? Penasaran ma rasanya.

    ReplyDelete
  6. Bakso urat memang enak.
    Tapi sekarang saya gak makan bakso lagi, Mbak. Harus membatasi makanan sekarang.

    ReplyDelete
  7. biasanya memang gitu... Yang tinggal di kota tempat makanan enak itu malah blm pernah nyobain... Antara lain karena males dan tempatnya di sebelah manaaaa ya... Waks, bakso uratnya mengundang banget tuh keliatan dari foto ^_^

    ReplyDelete
  8. Dekat rumah ada juga cabang bakso semar tapi belum pernah nyoba dan setelah baca ini jadi ngiler pengen buru-buru nyoba, udah ngumpul ludah diujung lidah alias ngeces. hahahaha

    nuhun teh lia sharing nya

    ReplyDelete
  9. suruhbuka cabang di Bekasi nih ,biar aku bisa nyobain

    ReplyDelete
  10. ya ampun.....jam segini nemu blog isinya makanan begini bikin laper xD
    itu mie yamin-nya keknya enak banget dah...sampe ngeces nih. udah lama ga makan yamin.

    ReplyDelete
  11. Kalo bakso semar , aku mah seneng yang pake tulang rusuk.. deuh...jadi pengen :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, kemarin saya belum sempet nyoba tulang rusuknya...

      Delete
  12. Bakso uratnya enak ya, teksturnya terlihat empuk

    ReplyDelete
  13. Kalau lagi kurang enak body, makan bakso panas ditambah sambel yang banyak lumayan entengin badan. Lebih enak lagi kalau iratnya lembut kayak bakso semar ini.

    ReplyDelete
  14. Widih muantappp nih kayaknya makan bakso apalagi kalau di yamin makin muantappp.

    ReplyDelete
  15. Waduuhhh.. ngiler nih jadinya mbak, sudah puasa makan bakso dan mie, incip2 dikit boleh lah ya mba bumil makan bakso hehe

    ReplyDelete
  16. Baso semar emang enak, tapi kalau saya lebih suka bakso kampung hihih, lebih nikmat menurut saya

    ReplyDelete