Monday, April 11, 2016

Kegiatan Baru Jav: Taekwondo

Sejak setahun yang lalu, saya mempunyai keinginan untuk mencarikan kegiatan ekstra bagi Jav. Seperti musik, olahraga, dan lain-lain. Apa saja yang penting Jav suka, energinya dapat tersalurkan, dan bermanfaat. Saya sih prinsipnya, perkenalkan dan tawarkan semua jenis kegiatan. Kalau suka ya diteruskan, tapi kalau enggak suka ya sudah enggak apa-apa, cari lagi kegiatan yang lebih cocok. Syukur-syukur kalau ternyata Jav malah menemukan passion-nya. Kan enak tuh, bisa diasah sejak usia dini.

Saya pernah ngobrol sama seorang psikolog, menurut beliau salah satu olahraga yang baik untuk anak enggak bisa diam aktif seperti Jav yaitu berkuda. Sayangnya, di tempat latihan berkuda yang sudah saya survei rupanya hanya menerima anak di atas usia delapan tahun. Jadi, terpaksa ditunda dulu. Dan juga nabung dulu, karena biayanya ternyata lumayan banget T_T Saya juga ingin memberikan kursus renang untuk Jav, supaya enggak takut air seperti bundanya, hihihi.... Tapi sampai sekarang malah belum serius mencarinya.

Nah bulan Maret kemarin, salah satu orang tua teman Jav di sekolah mengadakan latihan privat taekwondo. Beliau kenal sama pelatihnya. Makanya mengajak Jav dan teman-teman yang lain yang tertarik untuk bergabung. Daripada Jav enggak ada kegiatan, saya ikutkan Jav pada latihan tersebut. Kebetulan Javnya juga mau.

Latihannya seminggu sekali, tiap Sabtu pagi, di rumah salah satu teman Jav. Karena privat, pesertanya pun terbatas, delapan anak saja. Sebulan pertama sih masih menggunakan pakaian bebas, baru bulan selanjutnya kompakan pakai seragam. Biar keren dan semakin semangat latihannya.

Keren, enggak? :p
Selama ini, saya selalu mendampingi ketika Jav sedang latihan. Pertama, karena saya malas bolak-balik, latihannya kan hanya satu setengah jam. Kedua, karena saya memang ingin melihat bagaimana latihannya, apakah Jav suka atau enggak, serius atau enggak, bisa mengikuti atau enggak. Dan yang ketiga, tentu saja karena saya harus mendokumentasikan kegiatan tersebut :D

Rupanya kalau saya perhatikan, olahraga taekwondo ini (dan mungkin semua jenis olahraga juga) bagus banget untuk menstimulasi tumbuh kembang balita. Jadi, niat saya yang awalnya mengikutkan Jav latihan taekwondo hanya agar energinya tersalurkan, malah mendapat lebih banyak manfaat.

Selain melatih fisiknya, manfaat lainnya diantaranya sebagai berikut:
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Memang sih, beberapa anak merupakan teman yang sudah lama dikenal Jav. Namun ada juga beberapa teman yang baru Jav kenal. Selain itu, Jav mengenal guru baru juga tentunya. Panggilannya sabeum.

Hari pertama latihan, perkenalan dulu....
  • Belajar berhitung. Setiap gerakan, pelatih meminta anak-anak untuk berhitung secara bergantian, baik ketika pemanasan, latihan inti, maupun pendinginan.
Satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan....
  • Belajar mengikuti aturan. Anak-anak belajar untuk mengikuti aturan dalam latihan seperti duduk rapi, berbaris, maupun antri dan bergantian menunggu gilirannya tiba. 
Belajar antri
  • Melatih kemampuan mengikuti perintah. Kadang pelatih memberikan contoh, namun kadang juga hanya memberikan instruksi. Misalnya untuk berbaris, duduk, telentang, tengkurap, dan lain-lain.
Back-up.... Pelatihnya hanya memberi instruksi, enggak memberi contoh. 
  • Melatih konsentrasi. Anak-anak harus fokus agar dapat mendengarkan dan melakukan instruksi yang diberikan oleh pelatihnya.
Lomba lari, kalau enggak konsentrasi, bisa ketinggalan....
  • Meningkatkan kemampuan membedakan kanan dan kiri. Gerakan tendangan yang diajarkan oleh pelatih dilakukan bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri.
Belajar menendang dengan kaki kanan
  • Melatih koordinasi antara tangan dan kaki. Kalau yang memukul tangan kanan, berarti yang di depan adalah kaki kanan. Begitu juga sebaliknya.
Maju, mundur, balik, dan seterusnya.
  • Melatih ketangkasan. Anak-anak bukan hanya diajarkan gerakan memukul dan menendang, tetapi juga lomba berlari ataupun mengambil target secepat-cepatnya.

Lari bolak-balik mengambil target yang dilempar pelatih
  • Melatih daya ingat. Anak-anak diajarkan rangkaian gerakan ke kiri, balik kanan, ke depan, ke belakang. Namanya Basic 1, Basic 2, dan seterusnya. Dalam satu rangkaian, terdapat enam belas gerakan yang harus diingat.
Sementara ini sih begitu hasil pengamatan saya. Alhamdulillah, setelah selama satu bulan setengah Jav latihan, dia memang tampak dapat mengikuti instruksi dari pelatih. Namun suka ada saja enggak fokusnya. Main-main sama temannya, duh.... Mudah-mudahan seiring dengan berjalannya waktu, Jav bisa lebih serius dan fokus.

59 comments :

  1. Wah keren. Jav bisa jadi bodyguard mama nih...

    ReplyDelete
  2. Jav nanti bisa jadi olahragawan ya kalo ditekuni taekwondo-nya..

    ReplyDelete
  3. bagus banget mbak anaknya dikasih aktivitas bermanfaat kayak taekwondo kan olahraga dampak positifnya banyak banget apalagi buat anak kecil :)

    ReplyDelete
  4. bagus sekali nih kalau anak dikasih kegiatan taekwondo

    ReplyDelete
  5. keren nih anak-anak kalau main taekwondo

    ReplyDelete
  6. Adek Rani mau juga dong latihan taekwondo kayak kk Jav :)

    ReplyDelete
  7. Marwah juga pengen banget nih les taekwondo, namun saya masih was - was aja hehe, Jav keren ih bisa taekwondo

    ReplyDelete
    Replies
    1. was2 knp? krn perempuan? dl saya wkt smp ikut karate :D

      Delete
  8. wah keren Jav, ciattttt... bener banget, ekstra kurikuler yang ditekuni dg baik, termasuk martial art itu melatih banyak hal positif :-) saya dulu, nari jawa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren! klo tari daerah, saya lebih suka nari bali :)

      Delete
  9. bang Jav kayanya beda tipis dengan Geo ya bu..PAUD kan?
    wah bang Jav bakalan jago Taekwondo, sementara Geo tak masukin berlatih Karate, pengennya sih masuk Jiujitshu, sayangnya di kampung mah adanya karate...
    mereka udah pada gede kita aduin yu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tk a...
      klo ayahnya pgn masukin boxer, tp nanti klo udah sd :D

      Delete
  10. bagus banget, sudah dilatih taekwondo, menumbuhkan kepercayaan diri anak

    ReplyDelete
  11. Semangat ya Jav... Farras waktu TK ikut Karate, sekarang pindah ke Pencak Silat :)

    ReplyDelete
  12. wah keren ya jav...kecil2 udah ikut taekwondo..

    raffa juga rencana mau ikutan..biar energinya yang banyak itu tersalurkan

    ReplyDelete
  13. ciaaaat, lawan Jav ah hehehe. Aku kalah pasti

    ReplyDelete
  14. JAV bisa menjadi aktor laga, kalo kamu tekun belajar dan berlatih, kalo sudah besar mungkin JAV bisa mengantikan iko uwais ...

    ReplyDelete
  15. Hmm ada penerus jackie chan nih hebat lanjutkan dek.

    ReplyDelete
  16. Pokonya mah jav jagain dan sayangi ibu yah ... hehehehe..

    ReplyDelete
  17. Wah... kereeeen.... jadi pengen ikutkan jagoanku ke kelas taekwondo nih. TFS ya Mbak

    ReplyDelete
  18. whuaa Jav keren niy, semangaat yaa..!
    jadi bodyguardnya mama niy..

    ReplyDelete
  19. mantap nih dengan taekwondo, bisa melatih anak anak juga :D

    ReplyDelete
  20. lucunya liat anak-anak antusias mengikuti latihan taekwondo

    ReplyDelete
  21. Waaah semangat ya. Anakku yg sulung jg taekwondo. Sudah ikut macam2 kejuaraan tp blm pernah dapat emas heheee

    ReplyDelete
  22. Menyenangkan sekali ya kayaknay ikut-ikut kaya gini

    ReplyDelete
  23. Wih ada sabeum Dentje tnyata ��

    ReplyDelete
  24. Waaahhh, ijin share bolehkah? Sabeum dentje kebetulan suami saya

    ReplyDelete
  25. kalo ditekuni nanti bisa jadi pro nih si kakak, bis aikut kejuaraan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... iya, tapi yg penting sih fun aja dulu :)

      Delete
  26. Lucu banget, unyu2 Jav & temen2 taekwondonya. Ternyata banyak manfaatnya ya buat pembelajaran anak2 :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pas teriak, hihi, semuanya ngegemesin :D

      Delete
  27. Sayangnya di sini belum ada taekwondo untuk anak-anak. Sepertinya beladiri buat anak-anak juga gak ada. :( Padahal kan penting juga

    ReplyDelete
  28. Emamg paling seruuyahh ama anakanak :'D btw manfaatnya banyak jgy

    ReplyDelete