Tuesday, July 26, 2016

Serunya Menjelajahi Luar Angkasa di Astro Adventure

astro adventure
Waktu kecil dulu, saya pernah bercita-cita ingin menjadi astronot. Sepertinya asyik sekali bisa melihat bumi, awan, dan matahari terbit dari luar angkasa. Akan menjadi pengalaman tak terlupakan juga dapat menikmati ruang tanpa gravitasi sambil dikelilingi jutaan bintang.

Sayangnya, saya kurang menganggap serius cita-cita tersebut. Tapi bukan berarti saya sudah melupakannya. Sampai sekarang, saya masih berharap bahwa suatu saat akan tersedia paket wisata ke luar angkasa. Jadi bisa tetap pergi ke luar angkasa tanpa perlu jadi astronot, hihihi....

Makanya jangan heran kalau saya suka melihat foto-foto luar angkasa dan hobi menonton film-film bertema luar angkasa. Senang saja melihat pemandangannya. Tentu saya pun ingin mencoba mengintip luar angkasa melalui teropong di planetarium. Tapi ya belum kesampaian juga.

Nah, musim liburan sekolah kemarin, saya mendapatkan informasi dari teman di ITBMotherhood bahwa Ilmuwan Muda Indonesia sedang mengadakan kegiatan pemutaran film bertajuk Astro Adventure di Plaza Trans Studio Bandung. Mulai tanggal 17 Juni sampai 17 Juli 2016, setiap hari dari pukul sepuluh pagi hingga sepuluh malam.

Saya yang baru mengetahui acara tersebut di minggu terakhir liburan, langsung mengajak Jav untuk pergi ke sana keesokan harinya. Ceritanya mengajak Jav jalan-jalan sebelum mulai masuk sekolah lagi, padahal saya juga antusias banget, hohoho.... Kebetulan adik sepupunya Jav juga mau ikut. Maka kami pun pergi berempat.

Karena khawatir tempatnya penuh, kami berangkat sepagi mungkin. Namun ternyata ketika tiba di lokasi pukul sepuluh lebih sepuluh menit, suasananya masih sepi loh. Entah ya, apa karena kurang promosi, kurang peminat, atau mungkin peminatnya banyak tapi harga tiketnya kemahalan. Yup, menurut saya pribadi sih, harga tiket Rp 60.000 per orang itu kemahalan, heuheu....

Film yang tersedia terdiri dari dua judul, yaitu Waiting Far Away tentang alam semesta dan Space Exploration tentang tata surya yang diputar secara bergantian. Kami memutuskan untuk menonton satu film saja. Pilihan pun jatuh pada Waiting Far Away.

Sambil menunggu waktu pemutaran film, kami foto-foto dulu. Lumayan heboh foto sama anak-anak, susah mengaturnya, fiuh.... Selain itu, ada ruang pameran juga. Tapi irit banget, kurang menarik.

astro adventure
astro adventure
astro adventure
astro adventure

astro adventure
Setelah puas berkeliling kami dipanggil oleh petugasnya, karena filmnya akan segera dimulai. Wuih, pas banget. Kami pun diminta untuk membuka alas kaki dan masuk ke dalam mobile planetarium, ruangan seperti balon besar hitam berbentuk kubah. Adem, jadinya terasa sangat nyaman. Apalagi yang menonton hanya kami berempat. Aih, serasa penonton VVIP deh, hihihi.... Leluasa, bisa menonton sambil telentang (layarnya bukan di salah satu sisi dinding, tapi di semua permukaan kubah).

Tadi kan Jav dan adik sepupunya sudah mencoba jadi astronot, melayang di dalam pesawat luar angkasa, serta mendarat di bulan. Langsung dilanjut dengan menjelajahi alam semesta ditemani suara teteh narator. Mulai dari melihat Aurora dan Nebula, melihat proses kematian dan terbentuknya bintang, serta masuk ke dalam partikel Stardust.

Efek 3D-nya asyik banget. Kami seakan-akan sedang berada di Kutub Utara ketika menyaksikan fenomena langit Aurora Borealis. Begitu juga ketika masuk ke dalam partikel mikroskopis Stardust, seolah-olah kami sedang berada di dalam pesawat luar angkasa (dengan ukuran superkecil kali ya). Filmnya juga interaktif. Ketika proses pembentukan bintang baru sudah selesai, anak-anak diajak menangkap bintang menggunakan bayangan tangannya.

Pengalaman yang seru dan menyenangkan! Sayang kurang lama, hanya 20 menit saja. Saya dan Jav sih belum puas, heuheu.... Kepingin menonton film Space Exploration juga....

astro adventure

30 comments :

  1. hahahha...iya kurang lama, waktu itu aku pas kesana pas antri panjaaaang, kirain ada apa? ternyata bikin penasaran sambil menanti bukber :v

    Tapi lumayan seru laah :)

    ReplyDelete
  2. mahal karena 3-D ya mak? aduuuh pingin lihaaat. saya mah sukanya nonton di tipi aja. itupun kalo pas ada hehe...selebihnya langganan ke situs info astronomi sama gabung ke grup di fb.

    ReplyDelete
  3. wah pastinya seru ya, anak-anak pasti bergembira dan antusias di sana

    ReplyDelete
  4. Keren juga itu tempat...
    Sekali-kali liburan ke tempat saya Mbak Pulau Seribu,,, Ok loh tempatnya hehehheehe

    ReplyDelete
  5. wah bagus juga ya, sangat mendidik terutama untuk anak-anak sekolah bagus juga buat pelajaran astronomi :D

    ReplyDelete
  6. Well, pertanyaannya.. apakah program2 spacecraft itu nyata? atau akal2an aja? heee.. #flatearth

    ReplyDelete
  7. Wih keren juga programnya mbak..serasa beneran,,,tjakep mbak

    ReplyDelete
  8. Kalau tempatnya begitu mah tidak hanya anak anak saja mbak yang suka, kalau boleh jujur saya juga mau dong ih ke sana mah. Ahi hi hi.

    ReplyDelete
  9. wah lihat potonya jav, Jadi penginn nonton sayangnya saya ndak tinggal di bandung.

    ReplyDelete
  10. seruuu, banyak pengetahuannya buat anak :)

    ReplyDelete
  11. Konsepnya bagus itu, jadi seperti terbang ke bulan beneran..

    ReplyDelete
  12. Kayaknya seru bisa ngenalin dunia luar angkasa buat anak, sayang nggak tinggal di bandung :(

    ReplyDelete
  13. wuaaah serunyaaa, anak-anak pasti seneng nih kalo diajak ke sini. Seperti terbang beneran :D

    ReplyDelete
  14. Cuma begitu aja mba? Macsm museum aja, tapi versi mahal. 20 menit pula.. Hihihii cukup sekali ini mah

    ReplyDelete