Thursday, October 13, 2016

Survei Sekolah Dasar Swasta di Bandung [1]


Ada teman-teman yang tahun depan anaknya masuk SD? Galau enggak? Saya sih jujur galau banget. Seandainya masuk ke SD negeri sih, di komplek ada SD negeri yang lumayan oke. Enak, dekat.... Dan saya juga dulu sekolahnya di sana. Tapi kalau mau ke SD swasta? Duh, bingung banget. Apalagi ketika kualitas yang diharapkan berbenturan dengan jarak dan biaya. 

Beberapa waktu yang lalu saya dan suami menyicil melakukan survei singkat ke dua SD swasta di sekitar rumah. Yang pertama, SD Tulus Kartika. Dan yang kedua, SDIT Al-Fitrah. Siapa tahu ada yang mencari informasi mengenai SD swasta di Bandung Selatan, khususnya dua SD tersebut, ini hasil yang sudah saya dapatkan.

SD Tulus Kartika
Sekolah dasar swasta yang berada di Jalan Rancabolang No. 140 ini memiliki akreditasi A (Amat Baik). Visinya yaitu mewujudkan sekolah berwawasan keunggulan, membentuk siswa yang berbudi pekerti luhur, berprestasi, cerdas dan berakhlak mulia menuju insan mandiri.

Di setiap kelasnya berjumlah rata-rata 25 siswa. Waktu belajarnya setiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 7.30 hingga 15.00 WIB dan hari Jumat pukul 7.30 hingga 11.00 WIB. Adapun materi yang diberikan berdasarkan Kurikulum Pendidikan Nasional ditambah dengan Kurikulum Yayasan seperti Baca Tulis Al-Quran, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, dan lain-lain. Jadi meskipun nama sekolahnya enggak mengandung nama yang Islami, namun kegiatannya Islami banget. Oiya, SD Tulus Kartika ini merupakan salah satu sekolah piloting kurtilas di Kota Bandung bersama 13 SD lain. 

Berikut rincian biaya masuknya untuk tahun ajaran 2016-2017:
  • Pendaftaran: Rp 300.000
  • Pengembangan Bangunan: Rp 4.250.000
  • SPP dan Ekskul: Rp 400.000
  • Tes Akademik: Rp 250.000
  • Dana Kesiswaan: Rp 250.000
  • Studi Luar Sekolah: Rp 300.000
  • Seragam: Rp 650.000
  • Atribut: Rp 100.000
  • Buku Raport, Penghubung, Iqro, Prestasi: Rp 150.000
  • Pengembangan KBM: Rp 300.000
  • Tes Psikologi: Rp 250.000
  • Buku Paket: Rp 500.000
  • ATK: Rp 100.000
Total: Rp 7.800.000

Oiya, SPP belum termasuk biaya katering (wajib) sekitar Rp 200.000 per bulan.

SDIT Al-Fitrah
Sekolah dasar swasta yang berada di Jalan Merkuri Timur No. 1 Margahayu Raya ini juga memiliki akreditasi A (Amat Baik). Visinya yaitu menjadi lembaga pendidikan Islam percontohan berbasis dakwah yang berwawasan lingkungan dan berorientasi global.

Jumlah siswa per kelas maksimal 30 orang. Waktu belajarnya setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 7.00 hingga 13.45 WIB untuk kelas 1-3 dan pukul 7.00 hingga 14.15 WIB untuk kelas 4-6. Adapun materi yang diberikan berdasarkan Kurikulum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ditambah dengan Kurikulum Khas SDIT Al-Fitrah yang menekankan pada pencapaian visi dan misi sekolah.

Berikut rincian biaya masuknya untuk tahun ajaran 2016-2017:
  • Pendaftaran dan Psikotes: Rp 350.000
  • SPP: Rp 690.000
  • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan: Rp 3.350.000
  • Dana Pengembangan Pendidikan: Rp 8.650.000
Total: Rp 13.040.000

Rencananya, minggu depan mau lanjut survei ke SD swasta lain. Semoga mendapatkan yang terbaik :)

19 comments :

  1. Aamiin... 3 tahun lalu saya survei hampir semua SDIT di Bandung Timur. Sekarang Vito udah kelas 2. hehehe

    ReplyDelete
  2. jav udah gedhe ternyata, Moga jav nantinya menjadi anak yang berbakti pada orang tua dan berguna bagi nusa dan agama. Buat mamanya moga dapat yang terbaik untuk pendidikannya Jav hehehe

    ReplyDelete
  3. Indonesia yang katanya hampir menyebut diri sebagai negara maju, dan BOS pun sudah jadi bagian dari pendidikan kita dan bahkan mengklaim bahwa sekolah gratis, kok ya...kalau dijumlah jambleh, jatohnya jadi mahal banget ya?

    pantesan kalau stiker di bak mobil truk sering kita baca...MASIH KEPENAK JAMAN KU TO.....(diatas tulisan tersebut ada gambar PAK HARTO)

    ReplyDelete
  4. Siap2 mau SD ya JAv..moga dapat yang terbaik ya

    ReplyDelete
  5. Wow, biaya masuk SD aja udah segitu, ya, Teh? Semoga dapat yang terbaik buat ananda, ya! Dulu waktu Intan mau SD, juga saya melakukan survey yang sama lho, hehe.

    ReplyDelete
  6. Gak nyoba ke Al Irsyad Kota Baru Parahyangan? Bagus lho. *"Mengandung promo* :)) =

    ReplyDelete
  7. kisaran sdit sekarang memang kisaran segitu, diatas 5 sampai dibawah 20. jadi inget waktu si sulung mau masuk sd, survey sana-sini akhirnya dapat yang pas, sekolah islam - pas visi misinya dengan kita dengan biaya pas di kantung :) dua tahun lagi adiknya sd, sepertinya mau sekolah yang sama dengan kakaknya aja

    ReplyDelete
  8. wow biaya anak masuk sd harganya heboh deh. fantastik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, ngalahin biaya kuliah saya dulu, hihi...

      Delete
  9. Eh Spp anak SD aja udah 690 rebu yaaa, ternyata sekolah sekarang mahal ihik ihik

    ReplyDelete