Monday, July 4, 2011

Cerita ASIX-nya Jav

Alhamdulillah, akhirnya lulus juga ASI Eksklusifnya Jav. Meskipun ga bener-bener 'eksklusif' soalnya waktu Jav lahir gagal IMD dan seminggu awal campur Sufor.

Cita-cita sebelum melahirkan inginnya Jav bisa IMD dan ASIX. Mencoba berpikir positif bisa melahirkan normal, plus usaha juga tentunya (rajin nungging waktu posisinya masih sungsang, rajin ngepel waktu kepalanya belum turun, rajin senam hamil dan jalan kaki biar lahirannya lancar, rajin massage perineum biar nanti perineum lentur jadi ‘sobeknya’ ga banyak, rajin breastcare biar IMDnya lancar). Tapi ternyata ketuban pecah duluan tanpa ada pembukaan (padahal udah induksi segala). Terpaksa caesar tanpa pengetahuan sedikit pun tentang proses dan hal-hal pasca caesar. IMD gagal, tapi alhamdulillah besoknya Jav udah bisa nyusu (masih bisa dapet colostrum 3 hari pertama).

Biarpun keliatannya gampang, tapi ternyata cukup berat juga buat saya. Tiap saat selalu harap-harap cemas mudah-mudahan ASI bisa lancar terus. Perjuangan saya untuk memberikan ASIX buat Jav bukan soal repot nyetok ASIP atau puting lecet, tapi berhubungan dengan kepercayaan diri.

Dari sebelum melahirkan aja, kepercayaan diri saya udah diuji. Waktu pertama kali senam hamil di Borromeus, saya juga sekalian nyobain breastcarenya. Namanya juga breastcare, ya topless lah. Duh, engga pede liat PD ibu-ibu lain yang pada montok, sementara punya saya masih imut-imut. Tapi ternyata, biar imut-imut, cuman punya saya yang waktu itu udah keluar colostrumnya, padahal usia kehamilan waktu itu baru 7 bulan. Kepercayaan diri saya meningkat lagi, dan makin semangat lah saya breastcare tiap hari di rumah.

Setelah lahiran, kepercayaan diri saya tambah oke waktu dokter kandungan meriksa kondisi saya, dan dia bilang ASInya udah keluar. Biar kondisi belum pulih banget (gara-gara engga ada persiapan caesar plus muka bengkak-bengkak gara-gara alergi anestesi), tapi saya semangat ngasih ASI walaupun masih campur Sufor.

Kembali ke rumah, kepercayaan diri saya mulai menurun. Iya, orang-orang terdekat yang katanya harus mendukung ibu buat ngasih ASIX untuk bayinya, justru kurang mendukung. Mamah taunya Sufor itu mengandung berbagai kandungan yang lebih bagus dari kandungan ASI. Saya kasih tau kalau engga ada sumber lain yang bisa menyamai kandungan dalam ASI apalagi lebih bagus dari ASI, beliau engga percaya. Setelah saya liatin bahan bacaan tentang ASIX dan denger komentar dari kerabat-kerabat yang nengok: “Dikasih ASI? Oiya bagus..”, akhirnya Mamah ngerti juga.

Tapi cerita engga cuman sampai disitu. Mamah dan suami engga yakin dengan produksi ASI saya. Mungkin karena ngeliat PD saya yang imut-imut, Mamah dan suami tetep ingin ngasih Sufor buat tambahan. Saya tau mereka engga bermaksud untuk engga mendukung saya untuk ngasih ASIX buat Jav, tapi lebih karena sayang dan kasian sama Jav takut ASInya kurang. Nyobain mompa, cuman dapet 20 ml. Sementara liat pengalaman ibu-ibu lain kalau sekali mompa bisa sampai ratusan ml, jatuh lah kepercayaan diri sampai tingkat paling bawah. Ditambah pertanyaan kerabat-kerabat yang nengok: “ASInya banyak?”, bikin saya jadi stres.

Suami akhirnya nyariin info klinik laktasi dari temen-temennya. Tapi saya percaya usaha yang saya lakuin udah maksimal, mulai dari asupan makanan yang non stop sayur dan buah, breastcare dan massage biar produksi ASI lancar, sampai cara pelekatan yang saya yakin udah sesuai aturan.

Sempet nangis berderai-derai dan hampir nyerah. Tapi alhamdulillah masih dikasih semangat sama Allah. Browsing sana sini, dapet pencerahan bahwa pada produksi ASI itu prinsipnya supply-demand, engga ada istilah banyak atau sedikit, tapi pasti cukup/sesuai dengan kebutuhan bayi (karena kebutuhan tiap bayi engga sama). Lapor sama suami tentang penemuan ini, bahwa semakin banyak disedot, produksi ASI semakin banyak, akhirnya suami setuju untuk ngurangin pemberian Sufor secara bertahap.

Biar begitu, dalam hati saya masih ketar-ketir juga. Tau darimana ASI saya cukup? Akhirnya nanya ke DSAnya Jav pas imunisasi. Katanya, indikator ASInya cukup kalau peningkatan berat badan minimal 500 gr/bulan dan pipis minimal 8 kali/hari. Alhamdulillah, berat badan Jav naik 400 gr hanya dalam 10 hari pertama, dan pipisnya bisa sampai 14-16 kali/hari. Untungnya DSAnya Jav ngedukung saya buat selalu ngasih ASI, apalagi waktu baru lahir Jav sempet kuning (meskipun ga harus sampai disinar) dan harus digenjot ASI biar cepet normal lagi. 

Tapi saya masih penasaran dengan hasil pompa ASI yang irit banget. Nanya dokter kandungan waktu kontrol luka caesar, katanya memang pompa itu engga seefektif mulut bayi. Dilanjut browsing lagi sana sini, tau tips n trik mompa biar efektif. Caranya nunggu saat LDR (Let Down Reflect: saat dimana ASI sedang mengalir deras). Jadi saya sih caranya kalau sebelah disedot Jav, sebelah lagi mompa. Alhamdulillah hasil pompa bertambah dan bisa nyetok ASIP buat jaga-jaga kalau saya pergi keluar rumah.

Sampai sekarang, masih banyak kerabat-kerabat yang meragukan produksi ASI saya. Sodara, tetangga, sampai pembantu banyak yang komentar menandakan engga yakin dengan produksi ASI saya (mungkin Mamah mertua juga punya pikiran yang sama, tapi engga diomongin).
“Ko PDnya keliatan engga penuh yah..” komentar bibi waktu ngeliat PD saya yang imut-imut.
“Emang banyak banget gitu teh ASInya sampai disumpel gitu?” komentar tetangga waktu ngeliat saya pakai breastpad (biar imut tapi beneran ga boong, suka ngucur, LDR itu loh).
Biarian lah, masuk telinga kanan keluar telinga kiri aja. Inget-inget prinsip supply-demand.

So, pelajaran berharga yang didapat, dukunglah ibu menyusui (istri/anak/kakak/adik/keponakan/cucu/sepupu/teman anda) dengan cara:
  1. Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI
  2. Kosongkan payudara setelah anak selesai menyusui
  3. Hindari pemberian susu formula
  4. Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya
  5. Datangi klinik laktasi
  6. Mengkonsumsi makanan bergizi
  7. Lakukan perawatan payudara    
  8. Yang tidak kalah pentingnya : ibu harus dalam keadaan RELAKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif
Sumber: bayidananak
 
So, jangan pernah ngasih komentar yang menjatuhkan kepercayaan diri. You are what you think, kalau si ibu engga yakin bisa menyusui, ya jadi beneran engga bisa menyusui.

1 comment :