Saturday, May 30, 2020

Mencegah Gigi Berlubang Menggunakan Sasha yang Mengandung Siwak Asli

sasha pencegah gigi berlubang siwak asli

Setelah pandemi ini berakhir, tempat mana yang ingin teman-teman kunjungi pertama kali? Kalau saya, dokter gigi.

Sejak pandemi, masyarakat memang dianjurkan untuk menunda dahulu berkunjung ke dokter spesialis, kecuali dalam keadaan darurat. Termasuk dokter gigi. Jadi, kalau bukan keadaan darurat seperti perdarahan yang enggak berhenti, infeksi/bengkak yang menyebabkan sulit bernafas, gigi lepas secara mendadak, atau sakit gigi yang enggak tertahankan, sebaiknya ya enggak perlu terburu-buru ke dokter gigi.

Jujur, dulu sih saya enggak terlalu rajin berkunjung ke dokter gigi, kecuali ketika sedang mengenakan kawat gigi. Namun semenjak Jav harus melakukan perawatan gigi. Saya mulai rutin membawa anak-anak memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali. 

Pada awalnya, Jav enggak pernah mengalami masalah gigi. Karena sejak bayi, saya selalu menjaga asupan makanannya. Tanpa gula sebelum usianya satu tahun. Setelah satu tahun, makanan dan camilannya pun dibuat dengan takaran gula yang minim. Selain ASI, minum susunya yaitu UHT plain. Sikat gigi juga rajin.

Tapi setelah masuk TK, makanannya mulai enggak terkontrol. Dia mengenal cokelat, permen, minuman manis, dan lain-lain dari teman-temannya. Ditambah mulai malas sikat gigi, plus sayanya juga lalai, akhirnya pas kelas satu--dua tahun yang lalu, Jav pun merasakan yang namanya sakit gigi karena giginya berlubang. Kasihan deh, makan enggak enak, tidur enggak nyaman. 

Tentunya hampir semua orang pernah merasakan sakit gigi akibat gigi berlubang, baik anak-anak maupun orang dewasa. 92% gigi berlubang dialami oleh anak-anak dan 88% gigi berlubang dialami oleh orang dewasa.

Sakit gigi yang dialami Jav cukup parah karena sampai bengkak. Enggak bisa ditambal biasa di klinik, harus perawatan di rumah sakit. Fiuh, lumayan banget menghabiskan banyak waktu dan energi. Soalnya harus bolak-balik ke rumah sakit setiap seminggu dua kali selama sekitar tiga bulan. Untung dokternya menyenangkan. Beliau menyemangati kami, "Niatnya jangan cuma untuk perawatan, tapi silaturahmi, biar dapat pahala juga," hohoho....

Makanya, sejak saat itu saya memperhatikan betul kondisi gigi anak-anak, jangan sampai giginya kembali berlubang. Enggak mau terulang lagi. Selain mengingatkan Jav untuk rajin menyikat gigi , saya juga rutin membawanya ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk diperiksa.

Tapi dengan adanya pandemi, kini kami menahan diri dulu untuk enggak ke dokter gigi. Padahal terakhir dicek itu bulan November. Berarti seharusnya dicek lagi bulan Mei ini kan, huhuhu.... Akhirnya, hanya bisa berdoa semoga gigi anak-anak baik-baik saja. Tentunya sambil berusaha merawat gigi mereka semaksimal mungkin, agar jangan sampai berlubang lagi.

Gigi berlubang berawal dari plak, yaitu zat lengket di mulut akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri yang mengubah makanan menjadi asam. Selanjutnya, asam pada plak bisa merusak enamel perlindungan gigi sehingga membuat gigi berlubang.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi berlubang:
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis atau asam.
  • Penggunaan rutin obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herbal yang mengandung gula.
  • Jarang menyikat atau membersihkan gigi.
  • Enggak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

sasha pencegah gigi berlubang siwak asli

Makanya berikut usaha saya merawat gigi keluarga di rumah: 
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Jav suka banget makan makanan yang manis seperti cokelat, es krim, brownies, biskuit cokelat, dan lain-lain. Dalam masa pandemi ini, saya meminta Jav agar "wayahna kurangi dulu makan makanan manisnya". Alhamdulillah anaknya mengerti, mau membatasi konsumsi makanan manis. Kasihan sih, tapi ini kan demi kebaikan dia juga. Enggak berhenti total kok, sekali-kali masih boleh. 
  • Rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur. Tugas beratnya sih mengajak Jav sikat gigi sebelum tidur. Bilangnya masih mau ngemil dulu, eh lima menit kemudian malah sudah ketiduran, heuheu.... 
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. 

Teman-teman Muslim pasti enggak asing ya dengan siwak. Siwak adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, dan rupanya siwak merupakan salah satu bahan yang mengandung fluoride. 

Sebelum mengenal sikat dan pasta gigi, orang-orang zaman dulu menggunakan siwak untuk menjaga kerbersihan gigi dan mulutnya. Siwak ini diperkirakan sudah digunakan sejak zaman peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno. 

Bagi kaum Muslim, hukum bersiwak adalah sunnah muakkadah karena sesuai dengan anjuran Rasulullah. Bersiwak merupakan pekerjaan yang ringan namun memiliki manfaat yang banyak baik untuk di dunia maupun untuk di akhirat. Manfaat di dunia diantaranya yaitu membersihkan gigi, menyehatkan gigi, memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan lain-lain. Adapun manfaat di akhirat yaitu mengikuti anjuran Rasulullah dan mendapatkan keridhaan dari Allah. 

Siwak mengandung resin, fluoride alami, klorida, dan kalsium. Keempat zat ini berfungsi menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies, mencegah gigi berlubang, serta memperkuat enamel atau permukaan gigi secara berkelanjutan. Melihat banyaknya manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut, maka sejak tahun 1987 World Health Organization (WHO) telah menyetujui siwak sebagai agen oral hygen. 

Saya sempat mendapat oleh-oleh siwak dari saudara yang baru pulang umroh. Namun karena sudah terlanjur terbiasa menggunakan sikat dan pasta gigi, siwaknya enggak terpakai deh. Daripada mubazir, kami berikan saja untuk pengurus DKM di masjid komplek. 

Untungnya sekarang sudah ada Sasha Pencegah Gigi Berlubang. Lebih praktis. Teman-teman tahu Sasha kan? Sasha adalah pasta gigi pilihan keluarga Muslim. Nah, sekarang ada varian barunya nih, ya itu tadi Sasha Pencegah Gigi Berlubang. 

sasha pencegah gigi berlubang siwak asli

Produk ini mengandung siwak asli yang dapat melawan bakteri penyebab plak dan bau mulut, juga merawat kesehatan gigi dan gusi. Serta mengandung fluoride dan kalsium yang dapat merawat kekuatan gigi. 

Termasuk produk syariah karena memiliki sertifikat halal, serta enggak mengandung alkohol dan bahan yang berasal dari hewan. Sebagai umat Muslim, tentunya saya lebih memilih produk syariah seperti Sasha karena dapat meningkatkan ketakwaan. Sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk menggunakan sesuatu yang halal dan menghindari hal-hal yang belum jelas kehalalannya. 

Sekarang enggak bingung lagi deh karena sudah ada Sasha Pencegah Gigi Berlubang yang dapat digunakan sehari-hari untuk seluruh anggota keluarga, termasuk Jav dan Rashya. Yup, produk ini bisa juga digunakan oleh Rashya yang usianya masih di bawah 6 tahun. Namun penggunaannya cukup seukuran biji jagung saja ya. 

Berbeda dengan Sasha varian sebelumnya yang didominasi warna emas-hijau dan putih-hijau, kemasan Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini didominasi warna putih dan merah. Informasi yang tercantum di kemasannya sangat lengkap, seperti ingredients, tips menjaga kesehatan gigi, saran penggunaan, expired date, dan lain-lain, serta tentu saja logo halal dari MUI. 

Warna pastanya putih bersih. Aromanya segar layaknya pasta gigi pada umumnya. Tapi rasanya enggak terlalu pedas, makanya anak-anak juga nyaman mengenakannya. Setelah menggunakan pasta gigi ini rasanya gigi terasa lebih bersih dan mulut terasa lebih segar. 

sasha pencegah gigi berlubang siwak asli

Harga pasta gigi berlubang ini bervariasi sesuai dengan ukuran kemasannya. Untuk kemasan tube 150 gr, harganya yaitu Rp 10.500. Adapun untuk kemasan tube 65 gr, harganya yaitu Rp 4.500. Berhubung sedang masa pandemi, teman-teman bisa membelinya secara online di https://bit.ly/SashaHalalPencegahGigiBerlubang.

sasha pencegah gigi berlubang siwak asli

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai Sasha Pencegah Gigi Berlubang, bisa cek di akun Sasha Indonesia ya: 
Instagram: @sashaindonesia

108 comments :

  1. Yeayyyy keluarga aku juga pakai Sasha. Allhamdulillah cocok dong ama keluarga aku. Biasanya itu ya suami aku itu suka nggak cocok-cocokan ama produk. Eh ama sasha allhamdulillah cocok. Ke akunya jadinya lega. Apalagi kandungannya halal ya. Jadi tenang deh kita makenya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama... *tosss* seneng ya nemu pasta gigi yang halal dan cocok...

      Delete
  2. Waaa.. aku jatuh cinta ama foto fotonya!
    Paduan warna merahnya dan Sasha nge-blend ya, keren ih!

    AKu juga sekarang pake Sasha mbak, daripada sakit gigi melulu ya, ke dokter gigi itu muahal mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, makasih mbak :)
      Bener banget, ke dokter gigi itu mahal, lebih baik mencegah daripada mengobati...

      Delete
  3. Makanan manis sebenarnya nggak apa sih, kan nggak tiap hari ya. Yang penting rajin sikat gigi aja kalo habis makan yang manis-manis. Apalagi Mba Inna udah sedia pasta gigi Sasha yang manfaatnya untuk mencegah gigi berlobang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, anak saya tuh sukanya bukan tiap hari, tapi tiap waktu ngemil... Makanya harus dialihkan nih hehe...

      Delete
  4. Eh maaf salah manggil nama ya, kok aku nulisnya mba Inna, hihii..
    Harusnya makan yang manis-manis nggak apa sih, asal rajin sikat gigi setelahnya. Apalagi udah sedia pasta gigi Sasha juga di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, enggak apa-apa mbak :D
      Iya, harus rajin sikat gigi pakai sasha...

      Delete
  5. wah mengandung siwak ya. mau ah pake sasha. mengikuti sunah nabi yg membersihkan gigi pakai siwak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Bener seneng ya nemu pasta gigi yang ada siwaknya. Karena manfaatnya udah kita tahu dari zaman nabi dulu ya mba. MasyAllah ilmu dari dulu ini ya

      Delete
    2. Asyik ya bisa mengikuti sunah nabi dengan cara yang lebih praktis...

      Delete
  6. Kami juga pakai Sasha, Math, beda ya ada siwaknya, mau ke dokter masa gini takuut..adekku sampai Konsul gigi online deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya masih bisa konsultasi online ya, bukan yang masalah yang gawat...

      Delete
  7. Aku mau juga periksa gigi. Tapi karena ada Pandemi jadi urung deh. Bisa ya pakai Sasha buat menjaga kebersihan mulut dan gigi

    ReplyDelete
  8. Siwak emang bagus yaa, dan sekarang udah ada yg versi pasta giginya jadi lebih praktis dan dijamin kehalalannya yaa,jadi nyaman juga klo sikat gigi pake Shasa

    ReplyDelete
  9. Pengin nih cobain pasta gigi Sasha varian ini. Di supermarket langganan tadi aku cek adanya masih Sasha yg varian anti bakteri dan whitening.
    Penting sekali ya jaga kesehatan gigi apalagi saat pandemi sekarang ini, jangan sampai deh sakit gigi.

    ReplyDelete
  10. Setelah tau kandungan dari pasta gigi Sasha, akhirnya akupun gunakan Sasha, aromanya pas, rasa mint nya pas, dan kandungan Siwaknya juga terhirup samar. Sukaa!

    ReplyDelete
  11. Saya pakai Sasha juga mbak tapi blm makai yang varian ini. Saya pakai yang Gold. Jd pengen juga nih makai varian ini., Bagus ya buat mencegah gigi berlubang?
    Zaman skrng jangan sakit gigi dulu deh, krn masih cemas jg kalau ke dokter gigi. Makanya perlu banget pencegahan dgn merawat gigi baik2 yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mengandung siwak asli yang bisa mencegah gigi berlubang :)

      Delete
  12. Penting banget jaga kesehatan gigi dan mulut. Bersyukur nemu pasta gigi yang cocok ya mbak. Trimksh infonya!

    ReplyDelete
  13. Mbkkk, Jav udah gede banget ya... ^^
    Aku punya gigi betlubang, nggak nyaman dan lumayan nyiksa banget sih.. Jadi sekarang udah rutin jaga makanan, terutama yang manis manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senasib sama aku. Alhamdulillah ini udah hampir gak pernah sakit lagi karena ngurangi yang manis. Cukup aku yang manis, hahaha

      Delete
    2. Berarti memang terbukti ya mengurangi makanan yang manis bisa meminimalkan sakit gigi...

      Delete
  14. Wah kalo flouride alami gini rasanya pake nya juga tenang ya. Apalagi halal dan memang sesuai kebutuhan kita yaitu mencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  15. Aku juga mulai mengurangi dan cemilan manis buat anak-anak, mbak. Juga suruh mereka rajin sikat gigi. Secara sejak kecil, mereka udah mulai keliatan nggak sehat giginya. Jangan sampai pas besar nanti, menyesal krn ga jaga kesehatan giginya

    ReplyDelete
  16. Aku cocok nih pakai Sasha, biasanya pakai yang kemasannya coklat.. yg putih ini belum pernah nyobain :)

    ReplyDelete
  17. Sejak pake sasha siwak. Anak saya rajin banget sikat gigi malam dan suka menghembuskan hawa segar mulutnya. Dan selalu bilang. Enak rasanya pake pasta gigi ini

    ReplyDelete
  18. Aduh, tadi banget deh aku nyari lagi di minimarket deket rumah. Belom ada aja Sasha varian ini. Padahal kebetulan pasta gigi lagi habis. Kudu ke kota dikit deh kayaknya. :(

    ReplyDelete
  19. Coba ya dari dulu pake Sasha ini. Ngerasain ga enaknya akar gigi merapuh dan ada lubangnya. Kalau dirawat menggunakan pasta gigi yang ada kandungan siwaknya kan bisa terjaga tuh kesehatannya, ga sampai berlubang gitu.

    ReplyDelete
  20. Wah teteh aku kok ngeri bayangin itu gigi Jav sampe bernanah dan bengkak duh Gusti kebayang da ngilunya hahaa toss teh aku jua pake sasha juga yg ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kasian, pas perawatan dicocolin obat yang pedes pula, heuheu...

      Delete
  21. Harganya terjangkau banget ya hanya Rp 10.500 untuk tube yang kemasan besar. Dan ada kemasan kecil juga jadi bisa dibawa saat traveling. Simpel nggak banyak makan tempat kalau disimpan di pouch.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya saya suka yang simpel-simpel apalagi kalau jalan jauh dan traveling, bahkan barang printilan kecil-kecil seperti odol pun harus diperhatikan.

      Delete
    2. Betul, lumayan kan bisa menghemat tempat ;)

      Delete
  22. uuuh gak enak banget deh kalau sampai gigi berlubang. saya dah alami jd gak mau lagi. makanya bersyukur dah kenal shasa, jd kan bs ikhtiar jaga kesehatan gigi mulut makin maksimal

    ReplyDelete
  23. Saat ini menggunakan siwak untuk membersihkan gigi bisa dialihkan menggunakan pasta gigi Sasha yaa... Dan salut sama konsistensi Sasha memasukkan bahan siwak dalam produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sulit banget niih...merubah kebiasaan suka makan makanan manis.
      Padahal efeknya kalau kebanyakan makanan manis itu uda jelas banget.
      Cocok banget menggunakan Sasha sebagai pasta gigi, tinggal merutinkan sikat gigi setela habis makan, agar gigi sehat.

      Delete
    2. Tekstur Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini berbeda yaa...
      Putih bersih. Persis seperti Sasha yang putih, yang varian Whitening.

      Delete
    3. Yup, sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur ya teh ;)

      Delete
  24. Wah mantap kih aki mau beli online ah. Sama belanja bulanan sekalian. Aku giginya sekarang suka linu linu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semangat mbak, semoga giginya enggak kenapa-kenapa ya :)

      Delete
  25. Sasha siwak memang bagus apalagi harga pas dikantong . Mporatne memilih siwak biar dapat bonus pahala menjalankan perintah sunah nabi

    ReplyDelete
  26. Aku juga pernah dioleh2in siwak sama keluarga yg pulang haji. Tp ga tau aku pakenya yg ga bener atau gimana, berasa kurang bersih aja gt hasilnya. Hehehe..
    Btw Jd penasaran sama pasta gigi ini 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu, hihihi... Udah lah yang praktis aja ya pakai sasha, hehehe...

      Delete
  27. Sasha ada yang baru juga ini ya? AKu baru ngeh karena taunya yang siwak itu. Tapi memang memilih pasta gigi untuk perawatan keluarga tuh harus yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga pakai siwak mbak, tapi varian baru pencegah gigi berlubang ;)

      Delete
  28. Aku senang dengan brand Sasha ini mbak apalagi banyak yang sudah pakai. Semoga kita terus bisa merawat gigi biar jauh dari gigi berlubang. Apalagi si kecil saya sekarang sudah kurangi makanan yang manis di samping merawat gigi dengan pasta gigi terbaik.

    ReplyDelete
  29. Paling nggak enak banget sakit gigi memang. Meranaa..haha.. Kalau udah begini baru sadar buat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Aku baru-baru saja pakai Sasha nih Mbak. Pasta gigi halal dan mengandung siwak ya..semoga menjadi bagian ikhtiar kesehatan yang baik.

    ReplyDelete
  30. Ahh aku banget ini suka makan manis dan seeing mengalami penyakit gigi macam sariawan dan nyeri belakangan ini.

    Btw kandungan Sasha ini banyak yah bun pastinya manfaatnya juga jauh lebih maksimal.

    ReplyDelete
  31. Benar swkali ya mbak..
    Kesehatan gigi harus selalu dijaga..
    Salah satunya dgn memilih pasta gigi terbaik ya, spt sasha ini

    ReplyDelete
  32. lagi bawel-bawelya sama anakku buat rajin sikat gigi terutama di malam hari dan setelah makan, biar kesehatan giginya terjaga

    ReplyDelete
  33. Aku termasuk yang paling cerewet urusan sikat gigi, apalagi sama anakku. Pengalaman punya gigi berlubang jadi agak parno. Alhamdulillah Sasha ada varian baru. Nanti mau coba pas belanja bulanan

    ReplyDelete
  34. Setuju banget nih, selalu jaga kesehatan gigi jangan sampai sakit, ga enak banget dah jika sakit gigi tuh, pilih pasta yang memiliki komposisi baik

    ReplyDelete
  35. Sikat gigi ini pentiiinggg pake banget.
    Karena banyak penyakit degeneratif yg bermula dari kondisi mulut dan gigi yg sakit

    ReplyDelete
  36. Sekilas kayak pepsodent ya, warnanya. Aku ada beberapa Gigi yg ditambal akibat berlubang akibat kebiasaan makan manis pas kecil, nih

    ReplyDelete
  37. Sekarang seneng banget deh ada produk yang emngandung siwak, bersiwak kan salah satu sunnah nabi ya mba.

    Jadi bisa melakukan sunnah dengan cara yang mudah. Aku belum pernah coba sasha ini sih, tapi next kalau belanja bulanan lagi aku mah coba ah

    ReplyDelete
  38. tidak takut lagi gigi berlubang asalkan rajin sikat gigi dan menggunakan odol dari sasha

    ReplyDelete
  39. Aduh paling gak enak deh kalau sakit gigi, apalagi ada gigi yang berlubang bikin makan jadi gak nyaman. Nah, aku juga selalu memberikan perawatan kesehatan gigi dengan pasta gigi terbaik.

    ReplyDelete
  40. Yang bengkak itu sebenarnya gusinya ya, pasti sakit ya sampai bernanah gitu. Tapi sekarang udah pakai pasta gigi Sasha kan, semoga jadi rajin sikat giginya dan nggak bakal sakit gigi lagi

    ReplyDelete
  41. Nailah dan Alde hobi makan yang manis noh aku sekarang ribut suruh sikat gigi sebelum tidur biar lebih disiplin..sasha juga pilihan keluargaku..

    ReplyDelete
  42. Sekarang ada varian baru dari Sasha untuk pencegah Gigi berlubang
    Wah, semakin lengkap dalam memenuhi dan menjaga kesehatan gigi sekeluarga. Kandungan siwaknya juga banyak mengandung manfaat

    ReplyDelete
  43. Gigi memang sebaiknya dijaga banget kesehatannya. Kalau udah sakit tuh gak enak banget, deh. Senangnya pasta gigi Sasha tuh halal dan mengandung siwak

    ReplyDelete
  44. Oh baru ngeh, jadi Sasha yang baru ini lebih khusus untuk mencegah gigi berlubang, ya.. iya nih anak-anak kalau udah kenal makanan manis coklat dkk susah ngeremnya.. akhirnya yang kita usahain ya harus rajin sikat gigi sih yaa :)

    ReplyDelete
  45. Aku semasa kecil dan juga menurun ke anak-anak, alhamdulillah gak bermasalah dengan gigi yg karies. Mungkin krn memang dari kecil asupan manis udah dibatesin. Cuma justru ketika makin dewasa, makin ke sini, aku meras gigiku mudah berlubang, padahal udah rajin gosok gigi. Mungkin kudu coba Sasha nih

    ReplyDelete
  46. Aku pengguna setia sasha dong. Tapi biasanya pakai yang putih hijau itu. Kalau yang ini belum nemu di toko deket rumah. Ntar nyoba beli online aja ah.

    ReplyDelete
  47. kai juga pake sasha mba, ini enaknya juga anak aku yang masih SD nyaman pakenya, biasanya ia pake pasta gigi khusus anak sih, jd ngak perlu beli beda2 pasta gigi lagi

    ReplyDelete
  48. Aku juga gak rutin ke dokter gigi tapi buat bersihin karang gigi sesekali paling. Anak-anak juga kalau udah goyang gigi susunya & gigi lain udah mau muncul. Teratur sikat gigi bisa mencegah gigi berlubang ya apalagi sekarang sasha jug amengelurkan pasta gigi baru pencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  49. Aku jg pake ini mba. Emang beea ha kalo kandungan siwak itu. Buat gusi bengkak pun ngefek loh. Untung stok pasta giginya msh ada.. Kemarin mau beli dkt sini tyt gak ada

    ReplyDelete
  50. Penasaran bnget mau coba pasta gigi shasa formula nya Aman Dan Halal lagi ya...

    ReplyDelete
  51. Tugas berat juga bagi saya mengingatkan anak-anak untuk menyikat gigi sebelum tidur, seringnya saya duluan yang tertidur dibanding mereka.

    ReplyDelete
  52. Wah, ternyata Sasha juga mengeluarkan pasta untuk gigi berlubang.
    Jadi ingin nyoba utk melindungi gigi keluarga di rumah, soalnya pada suka makan coklat, es krim, dan yg manis lainnya.

    ReplyDelete
  53. Kalau yang ada siwaknya ini berasa beda memang. Ke mulut itu jadi nggak gampang bau. Nggak tau sih bener mujarab atau memang efek ke saya saja.

    ReplyDelete
  54. Gak salah ya, kalau banyak keluarga yang memilih Sasha sebagai pasta gigi keluarganya. Karena kandungannya bebas alkohol dan pastinya mengandung siwak yang bagus untuk gigi

    ReplyDelete
  55. Oh buat anak2 aman ya Mbak. Kupikir ini pasta gigi kesehatan khusus orang dewasa dan harganya mahal. Ternyata setelah membaca tulisan Mbak, jadi tau deh soal Sasha.

    ReplyDelete
  56. Penasaran sama pasta gigi anti lubang dengan kandungan siwak kayak sasha ini. Nanti kalau waktunya belanja bulanan mau coba ah..

    ReplyDelete
  57. Sasha memang bagus banget karena punya bahan siwaknya. Cocok buat yang rentan gigi berlubang dan sakit gigi. Buat yang sehat giginya juga perlu dong... mencegah lebih baik dari pada mengobati kan..

    ReplyDelete
  58. Aku cocok make sasha mba, tapi masih make yang siwak wwhitening
    baru tahu ada yang baru dari sasha mau coba juga kalo yang atu udah abis

    ReplyDelete
  59. Harga pasta gigi ini cukup terjangkau ya. Perlu banget pakai pasta gigi, utk mencegah sakit gigi. Kalo lagi sakit gigi, nggak enak banget deh rasanya

    ReplyDelete
  60. Kalau sudah ada sasha. Auto banget merasa aman karena kesehatan gigi dan mulut sudah terjaga dengan paripurna, bersihnya bikin senyuman bahagia

    ReplyDelete
  61. saya selesai perawatan gigi awal bulan Maret. pas banget deh soalnya setelah itu dokter gigi nya tutup karena nggak menerima pasien lagi selama wabah (kecuali darurat). ngomongin pasta gigi saya juga pakai Sasha. enaknya Nggak ada sensasi pedas jadi nyaman dipakai nya.

    ReplyDelete
  62. Ini nih yg saya cari pasta gigi yg bnyk fungsinya..
    Jadi pengn belu sasha siwaknya kak dna hargana pun terbilang murah..

    ReplyDelete
  63. Hadirnya pasta gigi Sasha ini bisa menjawab kekhawatiran dari umat muslim yang menginginkan kandungan pasta gigi yang aman dan halal pastinya, apalagi pasta gigi ini mengandung siwak asli, mantap banget deh!

    ReplyDelete
  64. Menurut ku memang sasha lebih fresh dan juga memberikan rasa segar tersendiri yaa

    ReplyDelete
  65. Aga tu kalau sikat gigi suka pengen ikut-ikutan pakai pasta gigi dewasa, tapi kan Aga belum 6 tahun dan pasta gigi yang kami pakai sekarang tu pedes. Kasihan kan kalau kepedesan. Jadi pengen beli Sasha deh, biar Aga juga bisa ikutan pakai.

    ReplyDelete
  66. Kena ongkir ga ya kalo belanja online, apa produknya ready di marketplace shopee atau tokped? Wahh, mau banget coba pasta gigi yang ada siwaknya. Keren artikelnya mba, salam kenal dari Pontianak btw :)

    ReplyDelete
  67. untung dokter gigi anak anak udah mulai bisa buka, walau dibatasiiiin bangeeeetttt

    ketemu kayak dokter luar angkasa,
    masuk pake kaos kaki aja, disemprot dan cuci tangan segala macam, tapi bersyukur dokter gigi udah buka

    perawatannya sehari hari? pake sasha dong!

    ReplyDelete
  68. Jaman sekarang rentang banget kena gigi berlubang aplg jika suka mengkonsumsi yang manis - manis. Btw q penasaran pengen cobain varian terbaru Sasha nih

    ReplyDelete
  69. pasta gigi kami udah ganti shasa. unik ya rasanya, ada siwaknya sih. jd makin suka gosok gigi pakai shasa deh jadinya. biar gigi gak bolong lagi juga

    ReplyDelete
  70. Gigi berlubang jadi masalah banget mbak, krn ku pernah alami dan gak nyaman banget.

    ReplyDelete