Tuesday, October 15, 2013

Cantik yang Halal

"Dandan sedikit dong, biar enggak terlalu pucat," perintah komentar ibu saya jika kami akan pergi bersama.
Ya, sejak dulu saya memang tidak suka dandan. Kosmetik andalan yang saya gunakan sehari-hari hanya pelembab, bedak, dan lipgloss. Lebih dari itu? Rasanya ribet. Selain membutuhkan tambahan waktu sebelum pergi, saya juga malas apabila harus men-touch up make up yang sudah luntur karena keringat atau terkena air wudhu. Lagipula, daripada membeli kosmetik, saya lebih suka membelanjakan uang saya untuk membeli buku hihihi... Makanya, saya hanya dandan pada saat-saat tertentu saja, kalau ada undangan misalnya. Itupun rasanya tersiksa sekali *lebay* :D

Setelah menikah, hubungan yang tidak harmonis antara saya dan kosmetik ternyata didukung juga oleh suami saya. Dia pernah berkata bahwa dia tidak suka melihat perempuan dengan make up yang tebal dan menor. Wah, cocok dong dengan saya, begitu pikir saya. Maka saya pun tetap tampil minimalis meskipun sudah berubah status menjadi seorang istri.

Untungnya, saya segera diberi kesadaran sebelum semuanya terlambat. Wajah saya ini pas-pasan, jauh berbeda dengan wajah Keira Knightly yang tetap cantik meskipun tanpa polesan make up. Wajah saya kusam. Bibir saya pun kering dan berwarna gelap. Wajar kalau ibu saya sering menceramahi putrinya ini untuk berdandan.

Saya ingin bisa tampil lebih cantik...

Semenjak menggunakan jilbab, saya mulai lebih selektif terhadap makanan atau barang yang saya konsumsi. Dulu saya tidak peduli apakah makanan yang saya konsumsi sudah mempunyai sertifikat halal atau belum. Selama kelihatannya tidak mengandung babi dan alkohol, saya santap saja. Tapi kini berbeda. Sebagai seorang muslim, tentu saja saya harus menjalani gaya hidup yang halal. Halal is my life. Saya menjadi semakin peduli dan selalu mencari tahu dulu kehalalan makanan atau barang yang saya konsumsi.

Begitu juga dengan kecantikan. Saya tidak hanya ingin untuk bisa tampil lebih cantik. Saya ingin cantik yang halal. Lalu bagaimana sih cantik yang halal itu?

Niat yang Halal
Sebagai seorang istri, saya ingin menjadi istri yang shalehah. Ciri istri yang shalehah salah satunya adalah menyenangkan ketika dipandang suami, seperti keterangan yang diberikan Rasulullah SAW berikut ini:
"Yang menyenangkan suami ketika dipandang, taat kepada suami jika diperintah dan ia tidak menyalahi pada dirinya dan hartanya dengan yang tidak disukai suaminya.” (Isnadnya hasan)
Jleb! Saat itu saya benar-benar introspeksi diri. Sudah wajah pas-pasan, waktu itu saya juga masih sulit mengendalikan emosi dan sering sekali memasang wajah cemberut apabila ada perlakuan suami yang tidak berkenan di hati. Bagaimana bisa menyenangkan hati suami ketika dipandang? Hihihi...

Maka selain memperbaiki sikap dan tutur kata, saya juga lebih peduli pada penampilan saya. Untuk mengatasi wajah yang kusam, saya biasa menggunakan masker alami. Sedangkan untuk bibir yang kering, saya biasa menggunakan madu.

Masker alami untuk mengatasi wajah yang kusam:
  • Masker putih telur: Pisahkan putih telur dengan kuningnya. Oleskan putih telur pada wajah. Setelah mengeras, basuh dengan air hangat.
  • Masker yoghurt: Campur yogurt tawar dengan oatmeal, lalu oleskan pada wajah. Setelah agak kering, lakukan pijatan dengan gerakan memutar yang lembut, lalu bilas dengan air hangat.
  • Masker tomat: Haluskan tomat, kemudian campur dengan susu bubuk. Oleskan pada wajah, lalu bilas dengan air hangat.
Madu untuk mengatasi bibir yang kering:
Campur madu, minyak zaitun, dan gula pasir. Oleskan pada bibir, kemudian pijat secara perlahan. Lalu bilas dengan air bersih.

Dengan melakukan perawatan yang teratur, wajah saya menjadi tampak lebih cerah dan bibir saya pun menjadi lebih lembut. Meskipun ketika sedang berada di rumah saya tidak menggunakan make up, namun saya bisa tetap tampil cantik untuk suami. Insha Allah cantik yang halal, karena diniatkan untuk menyenangkan hati suami :)

Kosmetik yang Halal
Setelah saya pikir-pikir lagi, perkataan suami saya sebelumnya tentang dia yang tidak suka dengan wanita dengan make up yang tebal dan menor bukan berarti saya harus tampil polos tanpa make up. Saya bisa tampil lebih cantik ketika keluar rumah dengan gaya make up yang natural. Meskipun berdandan keluar rumah, niat saya tetap untuk kebaikan suami. Apalagi sebagai seorang istri, saya merepresentasikan suami saya. Jangan sampai orang-orang mengasihani suami saya karena penampilan istrinya yang kucel :D

Lalu, karena saya ingin cantik yang halal, maka kosmetik yang saya gunakan juga harus halal. Pilihan kosmetik halal saya jatuh pada produk Wardah.

Kenapa saya memilih Wardah? Karena produk Wardah mengandung bahan baku yang aman dan halal, sehingga menjamin kenyamanan dan ketenangan wanita yang meggunakannya. Dalam proses produksinya, produk Wardah menyatukan konsep teknologi terbaru, formulasi yang sesuai dengan international dermatologist standard, serta menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas serta aman.

Logo halal dari MUI pada salah satu kemasan produk Wardah (dok. pribadi)
Selain itu, produk Wardah ini diciptakan khusus untuk kulit wanita Indonesia. Dan setelah saya coba, memang terasa sangat cocok di kulit saya.
  • Lembut. Saat digunakan, produk Wardah terasa halus dan lembut di kulit.
  • Ringan. Ketika saya menggunakan produk Wardah, wajah saya tidak terasa seperti menggunakan make up. Terasa ringan dan menyatu dengan kulit. Berbeda dengan kosmetik merk lain yang membuat saya seakan memakai topeng :p
Kini produk Wardah menjadi kosmetik andalan saya. Selain karena cocok dengan kulit saya, produk kosmetik halal ini juga harganya cukup terjangkau sehingga tidak mengganggu anggaran untuk belanja buku *teuteup* :D

Gaya make up natural sesuai kesukaan suami (dok. pribadi)
Setelah mengetahui ilmunya, dandan itu ternyata enggak ribet loh. Supaya lebih lengkap, dalam artikel blog saya kali ini, saya share ya tutorial make up natural ala saya.
  • Usapkan Wardah Cleanser ke seluruh wajah sambil dipijat ringan ke arah atas selama +/- 30 detik, lalu bersihkan dengan kapas. Kemudian tepuk-tepuk ringan kapas yang sudah dibasahi dengan Wardah Hydrating Toner pada seluruh wajah.
  • Oleskan Wardah Moisturizer Cream tipis merata pada wajah.
  • Sapukan Wardah Lightening Two Way Cake dengan warna yang sesuai dengan warna kulit.
  • Gunakan Wardah Eye Shadow warna tua di bagian kelopak mata. Lalu gunakan Wardah Eye Shadow dengan warna yang lebih muda tepat di bawah alis agar membentuk kelopak mata lebih indah. Setelah itu sapukan kuas di kelopak mata agar eye shadow terlihat menyatu.
  • Gunakan Wardah Eye Liner Pencil untuk menegaskan bentuk mata. Aplikasikan eye liner tipis-tipis saja.
  • Gunakan Wardah Blush On untuk membuat pipi lebih merona.
  • Terakhir, gunakan Wardah Lip Balm agar bibir tetap lembab dan Wardah Matte Lipstick agar bibir terlihat segar.
Bagaimana, cantik yang halal itu mudah kan?

Referensi:
http://akhwat.web.id/muslimah-salafiyah/munakahat-keluarga/sepuluh-wasiat-untuk-istri
http://inkesehatan.blogspot.com/2013/09/mencerahkan-wajah-kusam-masker-alami.html
http://manfaat-madu-alam.blogspot.com/2013/05/manfaat-madu-untuk-bibir-agar-lembut.html
http://wardahbeauty.com

~~~




7 comments :

  1. Cantik mbak, baru keliatan fotonya yang paling jelas :D

    ReplyDelete
  2. cantik tp gak berlebihan make upnya. Natural :)

    ReplyDelete
  3. Cantik dan natural ... :) saya perlu tutoria ini karena saya pada dasarnya tidak suka dandan ...

    ReplyDelete
  4. cantik mbak :) btw sepupunya memang tinggal di pondok hijau juga ya?

    ReplyDelete
  5. Enaknya wardah itu aman ya mbak, saya paling suka lipstik sm lipbalmnya. apalagi kalo di kantor, mejaku pad deketan sm AC.

    ReplyDelete
  6. Yap, kosmetik Wardah memang banyak jadi pilihan, yang penting juga memilih pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit..

    ReplyDelete