Wednesday, January 28, 2015

Arisan Ilmu KEB: Things You Can Do with Your Article

Hari Minggu tanggal 18 Januari 2015 yang lalu, Kumpulan Emak Blogger (KEB) menggelar acara Arisan Ilmu di Bandung. Arisan yang merupakan kerjasama antara KEB dan IDBlognetwork ini adalah arisan yang ketiga, setelah dua kali arisan sebelumnya diadakan di Jakarta.

Namanya arisan enggak seru dong yah kalau tanpa acara kocok-mengkocok. Alhamdulillah  nama saya termasuk ke dalam daftar 35 emak beruntung yang namanya terpilih menjadi peserta Arisan Ilmu kali ini. Tapi, semua emak yang ingin ikut hadir, boleh datang kok. Bisa sama-sama dapat ilmu juga, hanya enggak dapat merchandise saja.

Arisan di KEB tentunya bukan sembarang arisan. Judulnya saja Arisan Ilmu, pasti ada ilmu yang dibagikan dong. Apabila tema Arisan Ilmu sebelumnya tentang personal branding dan etika job review, maka tema kali ini yaitu tentang apa saja yang bisa kita lakukan terhadap artikel-artikel di blog kita.

Acara yang diadakan di GraPARI Digilife ini dimulai pada pukul sembilan pagi. Setelah disambut oleh Mak Tian dan Mak Efi untuk melakukan registrasi dan mendapatkan merchandise, para emak dengan dress code berwarna merah pun berkumpul di bagian belakang gedung. Tempatnya terbuka, namun tetap nyaman dengan rumput sintetis dan dekorasi yang cerah.

Kaos dari @uteesme (Dok. Pribadi)
Jamu dari @gendhis_id (Dok. Pribadi)
Mak Meti--Srikandi Blogger Persahabatan 2014--dengan pembawaannya yang menyenangkan, membuka acara ini. Setelah itu Mak Mira Sahid--founder KEB--menyampaikan sedikit sambutannya.

Mak Meti (Dok. Pribadi)
Mak Mira (Dok. Pribadi)
Sebelum sharing ilmunya dimulai, agar suasana semakin akrab, maka para emak pun berkenalan terlebih dahulu. Secara bergantian, semua emak yang duduk dengan formasi melingkar, menyebutkan nama, domisili, alamat blog, dan sejak kapan bergabung dengan KEB. Seru! Beberapa emak sudah ada yang saya kenal, tapi sebagian besarnya belum. Oh, ternyata blog favorit saya ditulis sama emak ini. Atau, Ya ampun, ini emak yang sering memberi komentar di blog saya. Hohoho....

Kemudian, sekitar pukul setengah sepuluh, baru deh Mak Alaika--Srikandi Blogger 2013--sebagai narasumber, mulai membagikan ilmunya.

Mak Alaika (Dok. Pribadi)
Artikel merupakan nyawa blog, sementara template merupakan raga blog.
So, hal yang bisa kita lakukan terhadap artikel-artikel di blog kita, yaitu:
  • Back up secara manual. Untuk berjaga-jaga agar artikel di blog kita--yang sudah banyak itu--enggak hilang, maka kita harus secara rutin melakukan back up. Cara manual bisa dilakukan dengan menyalin artikel-artikel tersebut ke bentuk .doc di Word. Keuntungannya, kita bisa membuka artikel tersebut kapan pun kita mau. Atau kita juga bisa mencetak dan menjadikannya sebagai koleksi pribadi.
  • Back up menggunakan tools yang sudah tersedia di blogspot atau wordpress. Yaitu dengan mengekspor artikel di blog ke bentuk .xml. Kelebihannya, komentar di artikel juga ikut ter-back up
  • Menyusunnya menjadi sebuah e-bookE-book merupakan bentuk pdf dari sebuah dokumen. Bisa dijual ataupun dibagikan kepada teman-teman.
  • Submit ke media cetak (koran atau majalah). Artikel yang sudah pernah di-publish secara online, bisa diolah lagi. Apabila artikel pada blog lebih terasa personal, maka artikel untuk media harus dikemas dalam bentuk feature, yaitu yang memiliki unsur berita.
  • Menerbitkan buku. Selain melalui penerbit mayor, kini, menerbitkan buku bisa lebih mudah dengan melalui penerbit indie. 
  • Memasarkannya. Untuk memasarkan e-book, salah satu caranya yaitu bisa menggunakan aplikasi Qbaca dari Telkomsel.
Saat sesi tanya jawab, bukan hanya Mak Alaika yang memberikan pencerahannya. Mak Indah Juli juga turut membagikan berbagai pengalamannya mulai dari tips blogwalking, cara mengirim surat pengantar ke media, sampai trik SEO.

Mak Indah (Dok. Pribadi)
Kebetulan waktu itu saya ikut bertanya. Enggak disangka, ternyata yang bertanya dapat hadiah. Asyik! Hihihi….

Pembagian hadiah (Sumber: Mak Dwi Wulan)
Pukul sebelas, acara yang bertabur ilmu ini harus segera diakhiri, karena masih ada acara lain yang enggak kalah serunya. Acara syukuran ulang tahun KEB yang ketiga! Yeay! Mau tau bagaimana keriaan sekaligus keharuan yang terjadi selama perayaan tersebut? Tunggu cerita selanjutnya ya ;)

19 comments :

  1. Salam kenal,

    Artikel memang menjadi nyawa buat blog Mbak....keep blogging

    ReplyDelete
  2. uwaaa senengnyaaa....itu yang back up xml gimana caranya mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dashboard: settings - other, blog tools - export blog - download blog, trus save deh ;)

      Delete
  3. wah alhamdulillah dapat hadiah mak, berkah, ilmu dapet, hadiah dapet :D

    ReplyDelete
  4. Makasih ya mbak udah ngingetin, ga kepikir seblmnya kalo blm backup :)

    ReplyDelete
  5. asik yah bisa kumpul dengan emak-emak beda dengan laki-cuma adanya kumpul pas BlogNus9blogger Nusantara)

    ReplyDelete
  6. senengnya yg bisa kumpul di acara ultah KEB

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... padahal saya jarang2 ikut acara beginian :D

      Delete
  7. kalo saya backupnya pake email mbak.. lalu dikumpulin jadi satu folder tulisan2nya..
    btw, itu nama jamunya persis sama nama blog daku haha

    ReplyDelete