Tuesday, August 18, 2020

ASI, Wujud Kasih Sayang Bunda untuk Jav dan Rashya


Happy World Breastfeeding Week!

Bulan Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi ibu menyusui. Yup, karena setiap tahun di bulan ini, WHO menggelar kampanye World Breastfeeding Week. Alhamdulillah ya, meski berada di tengah pandemi Covid-19, dukungan untuk ibu menyusui tetap diserukan.

Dalam masa seperti ini, saya suka terbawa suasana, jadi kepingin mempunyai bayi lagi deh. Kangen ditatap penuh cinta sama bayi ketika dia sedang menyusu. Melihat bayi yang sedang menyusu itu sepertinya nikmat banget....

Ah, bagi saya menyusui adalah momen kebersamaan dengan anak yang paling sakral dan paling indah. Karena menyusui bukan hanya soal memberikan nutrisi dari seorang ibu untuk anaknya. Tetapi juga memenuhi hak anak akan rasa aman dan nyaman, sebagai wujud kasih sayang ibu untuk buah hatinya.

Pengalaman Menyusui Jav dan Rashya

Alhamdulillah, saya bisa menyusui Jav dan Rashya hingga usia keduanya 2 tahun. Lebih malah, bonus, hihihi.... Meski enggak sama, dalam proses menyusui, semua ibu tentu mengalami tantangannya masing-masing. Saya juga begitu kok. Tapi tenang, selama ibu yakin, semua tantangan tersebut pasti bisa dilalui. Apalagi jika mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat.

Saya mau cerita tentang Jav dulu ya. Sebagai calon ibu baru, sejak hamil saya sudah mulai belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bayi, termasuk belajar tentang ASI. Walau di awal kelahirannya Jav gagal IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dan dikenalkan dengan susu formula karena lahir melalui operasi caesar, akhirnya seminggu kemudian dan seterusnya saya bisa memberikan ASI Eksklusif untuk Jav.

Tapi di balik itu? Sebenarnya saya enggak percaya diri. Karena payudara saya kecil, lingkungan sekitar meragukan kecukupan ASI saya. 

“Kok payudaranya kelihatan enggak penuh yah...” komentar seorang bibi saat melihat payudara saya yang imut-imut. 

"Memang banyak banget ya Teh ASI-nya, sampai disumpel begitu?” komentar tetangga ketika melihat saya memakai breastpad. Padahal, walaupun imut tapi ya suka mengucur kalau sedang LDR (Let Down Reflect).

Selain menjengkelkan, komentar seperti itu membuat saya sempat ragu dan khawatir kebutuhan nutrisi Jav enggak terpenuhi. Untungnya, suami terus menyemangati saya. Dia mengingatkan saya bahwa faktanya (frekuensi BAK dan berat badan Jav) menunjukkan bahwa ASI saya memang mencukupi. Jadi ya yakin saja lah.

Tantangan selanjutnya yaitu ketika saya sakit tifus saat usia Jav 8 bulan. Saya terpaksa berhenti menyusui selama 2 minggu karena alergi antibiotik yang aman untuk ibu menyusui, makanya hanya bisa mengonsumsi antibiotik lain yang enggak aman untuk bayi. 

Rasanya sedih banget. Untungnya keluarga selalu memberikan dukungan. Suami, orang tua, dan mertua begitu sabar memberikan ASIP dan susu formula (waktu itu saya enggak banyak menyetok ASIP) dengan gelas dan sendok, bukan botol dot. Agar ketika saya sudah sembuh, Jav enggak bingung puting. Meski sempat mengalami nursing strike, alhamdulillah saya bisa lanjut menyusui Jav hingga usianya 2 tahun.

Kalau menyusui Rashya, berbeda lagi ceritanya. Saya sudah lebih percaya diri. Payudara saya memang kecil, tapi so what gitu loh, hehehe....

Saya ingat ketika kontrol dan imunisasi ke dokter anak 10 hari setelah kelahiran. Saat saya masuk ruangan, dokternya berkomentar, ”Ibunya kurus banget, ada ASI-nya enggak?"

Kemudian ketika kontrol dan imunisasi saat usia Rashya 3 bulan, beliau komentar lagi, ”Umur 3 bulan kok seperti 6 bulan? Campur susu formula ya?" Hahaha..... Dokternya memang suka ceplas ceplos, tapi baik banget dan seru diajak konsultasi.

Menyusui, momen paling indah (2017)

Meski begitu, tetap saja muncul tantangan lain. Saya sakit lagi. Kali ini konstipasi. Walau tampak remeh, tapi begitu menyiksa. Berhari-hari perut terasa mulas ingin BAB, tetapi sulit dikeluarkan. Apabila dianalogikan, rasanya mirip seperti proses persalinan saat pembukaan belum lengkap. Ingin mengejan, tapi enggak bisa. Berhari-hari tidur enggak nyaman, makan enggak enak, keringat dingin bercucuran, huhuhu....

Rashya pun jadi ikut rewel. Gara-gara ketika sedang menyusu sering terganggu karena saya tiba-tiba merasa mulas. Akhirnya Rashya, saya, dan suami jadi kurang tidur, serta sama-sama sempat ketiduran di ruang tunggu dokter, hehehe.... Memang ya, ibu tuh harus benar-benar menjaga kesehatan, jangan sampai sakit. Apalagi ibu menyusui, sekalinya sakit, semua anggota keluarga ikut repot.

Tantangan menyusui Rashya berikutnya yaitu ketika usianya 3 bulan muncul ruam di wajah, leher, dan lipatan tangannya. Sampai berdarah-darah karena digaruk sama Rashya, padahal sudah dipakaikan sarung tangan. Kata dokter kulit, Rashya mengalami Dermatitis Atopik. Akhirnya hingga usia Rashya 1 tahun, saya harus puasa makan telur, ayam, seafood, susu, dan dairy food. 

Awalnya terasa berat sekali. Soalnya makanan favorit saya pasti mengandung telur, susu, dan keju. Sedih, padahal ibu menyusui harus happy kan supaya ASI-nya lancar. Bingung juga mau makan apa, sehingga pastinya memengaruhi nutrisi yang terkandung di dalam ASI.

Namun akhirnya saya sadar dan bersyukur karena sebenarnya masih banyak makanan lain yang enggak menyebabkan alergi, bergizi, tetap enak, dan bikin happy. Nah, untuk menjaga kesehatan supaya enggak sakit lagi, dan meningkatkan nutrisi yang terkandung di dalam ASI, saya juga mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG)


Tips Lancar Menyusui

Semua ibu, tentu ingin memberikan nutrisi terbaik melalui ASI untuk buah hatinya. Namun namanya hidup, terkadang ada hambatan dan tantangan yang harus dilalui. Saya sendiri, selain mengalami beberapa tantangan yang sudah disebutkan sebelumnya, mengalami juga kesulitan-kesulitan lain dalam proses menyusui Jav dan Rashya. Babyblues, ASI enggak lancar, mastitis, dan lain-lain.

Makanya, meski kelihatannya mudah dan alamiah, seorang ibu harus memiliki persiapan agar bisa menyusui dengan lancar. Berikut sedikit tips dari saya agar ibu bisa menyusui dengan lancar. Ada lima amunisi yang bisa dipersiapkan sejak ibu mulai hamil.

Pertama, persiapkan diri dengan ilmu yang memadai mengenai ASI dan menyusui. Caranya banyak, pilih yang paling mudah dan nyaman. Bisa dengan membaca buku, datang ke seminar, ikut forum, bergabung dalam komunitas, dan lain-lain. Insya Allah, kalau sudah tahu ilmunya, ibu bisa menyusui dengan lebih bahagia dan percaya diri.

Buku andalan, isinya lengkap banget

Kedua, persiapkan support system. Ilmunya jangan disimpan sendiri saja ya. Bagikan juga kepada suami dan orang tua/mertua (apabila masih tinggal bersama). Pinjamkan bukunya atau ajak datang ke seminar. Karena pada prosesnya nanti, ibu menyusui sangat membutuhkan dukungan dari keluarga. Jangan seperti saya, baru sibuk membagikan artikel tentang ASI dan menyusui ke keluarga setelah anak lahir.

Ketiga, persiapkan payudara. Payudara perlu rutin dibersihkan dan dipijat. Dulu sih saya belajar breastcare sekalian senam hamil di rumah sakit. Bisa saja sih belajar sendiri melalui buku atau video. Tapi kalau saya lebih senang praktik langsung dengan ahlinya supaya lebih afdal.

Keempat, persiapkan nutrisinya. Setiap tetes ASI begitu berharga. Apa saja yang menjadi asupan ibu akan memengaruhi kualitas ASI. Makanya harus rutin makan makanan dengan gizi seimbang. Usahakan tetap semangat meski mual dan malas makan. Lebih bagus lagi apabila dilengkapi dengan suplemen seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG).


Kelima, terakhir tetapi yang paling penting, yakin bahwa ASI merupakan nutrisi terbaik yang disediakan Tuhan untuk bayi. Cairan ajaib ini memiliki kandungan nutrisi yang enggak selalu sama, karena disesuaikan dengan usia dan kebutuhan bayi.

Mudah-mudahan, dengan amunisi yang cukup, ibu bisa menyusui dengan lebih percaya diri dan keras kepala. Apabila ada masalah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan konselor laktasi ya. 

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG)

Seperti yang tadi sudah beberapa kali sempat saya singgung, selain makan makanan dengan gizi seimbang dan cukup minum air putih, saya juga mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG).


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) merupakan produk unggulan dari Kalbe Blackmores Nutrition. Yaitu suplemen dengan kandungan lengkap, 17 nutrisi esensial, bantu penuhi nutrisi ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati. Produk ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu selama kehamilan dan menyusui, serta memenuhi kebutuhan nutrisi untuk  tumbuh kembang bayi di 1000 hari pertama kehidupannya. 


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Di antaranya yaitu:
  • Tinggi asam folat, yang dapat membantu menjaga ibu dari risiko anemia.
  • Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati, serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.
  • Zat besi, untuk membantu menjaga energi ibu supaya enggak mudah sakit. Tapi enggak perlu khawatir, karena enggak akan menyebabkan konstipasi.
  • Omega 3/DHA, yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata buah hati. Tenang, enggak berbau kok sehingga enggak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
  • Vitamin dan mineral lainnya, yang dibutuhkan oleh ibu.

Makanya, saya rutin mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) sebanyak 2 kali sehari. Ternyata memang benar loh, produk ini enggak bau amis sehingga enggak bikin mual. Plus, meski bentuknya hitam dan besar, namun sangat mudah ditelan.

Hasilnya, ASI menjadi lebih bernutrisi. Dapat dilihat dari konsistensi dan warnanya, yaitu kental berwarna kekuningan atau putih pucat, serta memiliki kandungan lemak yang cukup. Very recomended! Apalagi jika sudah dikonsumsi sejak masa kehamilan.

Hasil LDR (Let Down Reflect) yang ditampung (2017)

Untuk ASI bernutrisi, ASI berkualitas, lancar menyusui, teman-teman bisa mendapatkan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) di Blackmores Official Store di Tokopedia, Blibli, Lazada, atau Shopee. 

Dukungan Kalbe Blackmores Nutrition untuk Ibu Menyusui

Nah, di bulan Agustus ini, dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020, Kalbe Blackmores Nutrition memberikan serangkaian edukasi di media sosial mengenai pentingnya ASI dan masa menyusui serta pemenuhan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi. Karena Kalbe Blackmores Nutrition sadar betul mengenai pentingnya dukungan dari berbagai pihak agar dapat menyukseskan pemberian ASI.

Kalbe Blackmores Nutrition juga bekerjasama dengan Yayasan Bumi Sehat, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.


Kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation merupakan komitmen berkelanjutan dari Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung semua ibu di Indonesia untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Hal ini dibuktikan melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Wah, salut!

Semoga tulisan saya ini membuat teman-teman yang sedang hamil dan menyusui semakin semangat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hatinya ya. Yuk, lengkapi kebutuhan nutrisi saat menyusui dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, agar menghasilkan ASI bernutrisi, untuk ibu dan bayi yang istimewa.


~~~


Blackmores
Website: Blackmores
Instagram: @blackmoresid

129 comments :

  1. Pengalaman menyusui yang indah ya. Butuh persiapan menyusui itu, terutama ASI bernutrisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, persiapan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati :)

      Delete
  2. Menyusui momen terindah banget yan Lia. Tiap anak pun beda-beda rasanya, hahhaa kesel banget itu ada yang bilang payudaranya imut, ga penuh wkwkkwkw.
    Kalo aku paling kesel, nenennya besar tapi ko ga ada putingnya kasian bayi,blabla..
    Yang terpenting memang ASI yang melimpah dan berkualitas didapatkan dari Ibu yang mengkonsumi makanan yang bernutrisi plus blackmores ya. Ahh makin nikmat deh pengalaman menyusuinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lah melanggar privacy (liat-liat payudara orang), komentarnya menyebalkan pula ya :D
      tapi betul, yang penting ASI melimpah dan berkualitas :)

      Delete
  3. Wah jadi kangen punya baby n menyusui lagi.. anak ke 4 siap? Siap 😁

    ReplyDelete
  4. Ih memang ya ucapan orang-orang itu bisa bikin down ibu menyusui. Orang Indonesia di mana-mana adaaa saja yang begitu. Untungnya Mbak Lia gak terpengaruh walau sempat galau ya. Dan memang sih ya butuh suplemen selama menyusui.

    ReplyDelete
  5. Saat menyusui terasa banget bonding Sama anak. Itu sebabnya saya juga nggak buru2 nyapih anak walau usianya udah 2 tahun, biar tanek sekalian, hehe. Cuman gelinya ada aja yg komen "kasian anaknya udah 2 tahun kok masih minum Asi, kan udah basi tu asinya". Cuman bisa ketawa dalam hati aja 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, memang kita lemari, tempat penyimpanan susu, terus susunya bisa basi :D

      Delete
  6. Iiih itu dokter matahin semangat banget ya. Bikin down deh. Mbo ya di motivasi gitu.. kok malah bilang ibunya kurus banget, ada asi apa ga? Tapi bersyukur efeknya jadi positif yaa langsung cari nutrisi terbaik buat ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokternya baik kok, cuma memang ngomongnya suka ceplas-ceplos :D

      Delete
  7. Luar biasa pengalamannya saat jadi pejuang asi mom. Sangat menginspirasi 😘

    ReplyDelete
  8. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) ini sangat direkomendasikan oleh SpoG ya Mba. Dulu jaman aku meng-ASI-hi Sidqi, beberapa SpoG juga menyarankan pakai produk ini.
    Selamat berbahagia tatkala menyusui buat ibu2 di kolong langiiittt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya taunya malah dari sosmed, bukan dari dokter, huhuhu...

      Delete
  9. momen menyusui itu emang episode terbaik dalam hidup setelah hamil dan melahirkan

    ReplyDelete
  10. Kadang-kadang pendapat orang membuat kita "agak" meragukan diri sendiri ya Mbak. Untungnya kekuatiran itu tak terjadi. Walau payudara kecil tapi asi anak bisa tercukupi. Apa lagi ditambah supplement ya, mestinya makin mantap memberikan nutrisi terbaik untuk anak-anak kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kalau tau cara kerja produksi ASI dan ciri kecukupan ASI jadi enggak perlu khawatir lagi ;)

      Delete
  11. Pengalaman pertama menyusui dan memberi ASI bunda diajarin sama Perawat RS, hehe... susah emang kalo puting susu kita mendelep, harus rajin memencet-mencet ketika menyusui dan saat-saat ketika menyusui terasa banget bunda itu sebagai makhluk Allah yang sempurna. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, senang ya perawatnya perhatian...
      Iya betul, Allah yang membuat bayi bisa mendapatkan nutrisi dari ASI melalui ibunya :)

      Delete
  12. Anak keduaku 2 bulan lagi usianya 2 tahun, mulai berat bayangin proses menyapih nanti, hihi. Tapi seperti Kakaknya dulu yang baru berhenti menyusui di usianya yang 2 tahun 10 bulan, aku pun gak mau buru2 dalam proses menyapih kali ini, tetap ingin menerapkan metode Weaning With Love. Dan Blackmores menemani perjalanan kehamilan dan masa menyusuiku juga, bantu jaga staminaku :)

    ReplyDelete
  13. Kondisi psikologis juga mempengaruhi ya ketika menyusui. Terutama ketika ada judgement di sana sini, duuuhh... bukannya mendukung tapi malah menghakimi.
    Selain itu, yang paling penting ya nutrisi untuk sang ibu ya. Harus diperhatikan banget kalau ingin ASI mengalir deras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selain memperhatikan nutrisi, harus happy juga supaya ASInya mengalir lancar :)

      Delete
  14. wah, komitmen Blackmores total ya...ada pula pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Keren! memang ASI wujud kasih sayang bunda yang mesti diperjuangkan agar full didapatkan ananda sesuai waktunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, senang deh ada Blackmores yang mendukung ibu menyusui...

      Delete
  15. Kangen masa-masa mengasihi deh, jadi ingat waktu pas hamil aku memang sudah keras kepala sekali untuk memberikan anakku asi dan alhamdulillah diberi kelancaran.

    ReplyDelete
  16. Blackmores ini emang pilihan banget. Dan senang ya ada yang membantu untuk mencukupi masa pemenuhan ASI ya

    ReplyDelete
  17. Kandungan nutrisi yang terdapat di Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold ini lengkap banget yaa.. Insya Allah kebutuhan nutrisi ibu hamil maupun menyusui dapat terpenuhi

    ReplyDelete
  18. Jadi kangen ke masa masa menyusui yang penuh drama haha. Tapi kepuasan setelah berhasil menyusui ekslusif itu tiada Tara ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mbak, puas sudah berusaha memberikan yang terbaik...

      Delete
  19. Aku jadi teringat momen menggunakan(ASI)hi anakku mbak, ternyata gak semudah yang aku bayangkan sebelumnya dukungan orang terdekat sangat berguna banget bagi kesuksesan menyusui. Kebetulan aku juga konsumsi Blackmores ketika menyusui produksi asi lebih berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, dukungan orang terdekat memang penting banget... Ditambah dengan nutrisi yang tepat juga ;)

      Delete
  20. Setuju mbk, membersihkan payudara saat menyudui ini nggak kalah penting. Hampir tiap hari waktu menyusui dulu payudara aku bersihkan.
    Blackmores ini suplemen wajib busuo dan bumil ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun ada kendala saat menyusui Jav, alhamdulillah akhirnya bisa tuntas menyusui Jav sampai 2 tahun :)

      Delete
    2. Iya mbak, alhamdulillah... Yang penting tau ilmunya dan keras kepala ;)

      Delete
  21. Pastinya dg mengonsumsi suplemen begini saat menyusui kita jd kurang worriednya sama asupan ASi buat si kecil ya mom. Aku jg kadang konsumsi suplemen. Tp kadang jg suka lupa minum. He

    ReplyDelete
  22. I am always salute with mom who effort give ASI for her baby. Specially if she work too. Thanks BlackMores to support them to do it easy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, saya juga salut banget... Rutin mompa, saya aja ngebayanginnya cape :D

      Delete
  23. Membaca-baca tentang meng-ASI-hi jadi seperti diingatkan masa-masa yang sudah lewat hehehe. Bersyukur saat itu nggak banyak drama dalam meng-asi-hi. Dramanya pas masa menyapih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu memang sadis ya sampai bilang PD-nya imut segala. Tapi ya, kita memang sering nggak bisa mengontrol orang. Yang bisa kita kontrol adalah respon kita :)

      Delete
    2. Hihihi... Kalau enggak ada drama enggak seru :))

      Delete
  24. Menyusui emang banyak tantangannya ya mbak?
    Makanya kudu keras kepala saat mengasihi tapi tentu dengan cara yang benar.
    Wah itu buku ttg menyusuinya seperti bukuku, karya mbak FB Monica ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buku karya mbak monik... Andalan banget, isinya lengkap :)

      Delete
  25. aku kira Blackmores produk dari mana.. ternyata dari Kalbe ya.. Salit juga nih dengan programnya bagi2 utk bumil dan busui di 3 daerah

    ReplyDelete
  26. AKu juga baca buku Pintar Menyusui tulisan kak FB Monika.
    Bukunya lengkap dan banyak kisah perjuangan beliau selama mengASIhi. Jadi gak merasa sendiri.

    ReplyDelete
  27. Sekarang saya sedang hamil, Alhamdulillah memang lagi minum Blackmore Mbak. Semoga usaha memberi nutrisi yang bagus pada si calon baby berhasil.

    ReplyDelete
  28. Hempaskan saja komentar negatif orang sekitar. Aku berpatokan ke BB dan TB anak. Selama grafiknya naik sesuai standard yaudah lanjut aja menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul banget, kalau tau ilmunya, denger komentar negatif juga cuek aja ya ;)

      Delete
  29. Memang menyusui butuh banget effort yang besar ya Mba..
    Semua itu akan lebih muda ketika ada dukungan keluarga dan juga Blackmores..

    ReplyDelete
  30. Seorang ibu akan berusaha memberikan yang terbaik bagi anak. Termasuk sejak dalam kandungan. Memgkonsumsi Blackmores juga salah satu bentuk cinta ibu untuk anak

    ReplyDelete
  31. dengan BlackMores tak ada lagi drama asupan ASI kurang atau anak rewel karena kurang nutrisi. menjadi penting bagi para busui untuk senantiasa jaga ASI tetap lancar

    ReplyDelete
  32. Senang banget selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil ya mbak. Apalagi saat si kecil masih kecil dibutuhkan nutrisi terbaik seperti ASI. Nah, blackmores ini sangat membantu dalam melancarkan ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya untuk membantu memenuhi nutrisi ibu dan bayi mbak :)

      Delete
  33. Bahagia ya bisa menyusui baby kita apalagi klo sampai tertidur, puas rasanya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus abis tidur pengen nguwel-nguwel, padahal banyak kerjaan yang harus diberesin :D

      Delete
  34. menyusui itu memang masa masa paling hangat dalam kenangan yaaa.. Emang butuh banyak support dan juga vitamin saat menyusui, blackmores ini emang vitamin yang oke banget untuk busui yaaa

    ReplyDelete
  35. Ah senang ya klo bisa lancar ASI nya ya bun..
    Sukses mengASIhinya

    ReplyDelete
  36. ASI berkualitas memang syarat yang wajib buat meyusui anak. Untuk itu, kita jadinya makan makanan yang bergizi. Baik makanan utama, hingga suplemen ya. Beruntung nih zaman sekarang ada Blackmores buat bumil dan busui. ASI berkualitas jadinya bisa didapat dengan mudah.

    ReplyDelete
  37. Punya anak lebih dari satu, pastinya pengalaman menyusui mereka pun berbeda beda ya mba. Alhamdulillah meski payudara kecil tapi bisa lancar menyusui hingga 2 tahun. Moga sehat terus ya mba

    ReplyDelete
  38. Baru tau ada Blackmores untuk booster ASI.. Keren nih, produk Blackmores lengkap banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lengkap, penasaran juga kepingin coba blackmores varian lain :D

      Delete
  39. Vitamin yang bagus untuk tambahan gizi ibu dan anak ya, Mba. Dari makanan saja kadang tidak cukup, perlu tambahan vitamin lainnya.

    ReplyDelete
  40. Produk blackmores memang terkenal bagus banget apa lagi yang buat buSui ini, recomended banget dari dulu.

    ReplyDelete
  41. Menyusui bukti kasih Ibu kepada buah hati.
    Dgn ASI bisa ningkatin bonding juga
    Thats why kita butuh bgt Blackmores ya

    ReplyDelete
  42. ASI bisa menjadi wujud sayangnya ibu kepada anaknya...Tak hanya kuantitas, tapi kualitas juga wajib terjaga..Blackmores bisa mendukung para ibu dalam menjaga kualitas ASI yang diberikan..

    ReplyDelete
  43. Benar banget Mbak, setiap tetas dari ASI sangat berharga. Kalau lah ada cairan yang disebut superfood, saya kira ASI akan keluar sebagai juara utama. Dan cairan ini mengalir dengan kasih sayang kepada penerimanya. Ibu yang dilengkapi informasi tentunya akan membuat ASI mereka tambah berkualitas dengan mengkonsumsi suplement yang tepat ya

    ReplyDelete
  44. Bagi yang menyusui, penting mengonsumsi s Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) karena mengandung 17 nutrisi penting ....

    ReplyDelete
  45. ini suplemen andalanku juga selama menyusui, mbak. sampe sekarang anakku usia 22 bulan lho, aku masih produksi asi dan masih sering kerasa LDR heheh

    ReplyDelete
  46. Kebayang ini kualitas asinya pasti bagus karena minum Blackmores untuk ibu menyusui dan ibu hamil. Aku pun pengguna Blackmores tapi bukan yang ini, untuk vitamin harian.

    ReplyDelete
  47. Menyusui itu pengalaman yang nggak akan terlupakan. Momen dengan kecil itu bikin hepi, merasakan cinta yang besar.
    Baru tau ada produk Blackmores ini. Bagi saya penting juga untuk dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui, karena suplemen ini mengandung banyak vitamin baik utk ibu dan si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, baik banget dikomsumsi oleh ibu hamil dan menyusui...

      Delete
  48. Wah ini nih suplemen dan vitamin buat ibu menyusui agar ASI lancar dan berkualitas ya Mbak. Bermanfaat banget buat yang keluar ASI nya dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal lancar sih dipengaruhi hormon mbak... Kalau Blackmores supaya ASInya bernutrisi :)

      Delete
  49. Jadi kangen menyusui nih... Salah satu fase dalam hidup yang tidak akan terlupakan.

    Wah ternyata ada produk suplemen bagi ibu menyusui gini ya..

    ReplyDelete
  50. Yeayy sehatsehat terus Jay dan Rashya. Kebayang gimana berkualitasnya ASI, jika bunda didukung dengan suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini.

    ReplyDelete
  51. Masya Allah memnag mengASihi perjuangan bener ya. Aku juga sama Mbak, tipe berpayudara kecil tapi saat nyusuin luber-luber ASI-nya. Sehingga Alhamdulillah dua anak lulus ASI semua. Memang suplemen seperti Blackmores ini akan banyak membantu kelancaran ASI sebagai wujud kasih sayang ibu ya

    ReplyDelete
  52. 17 nutrisi esensial dalam 1 kapsul Blackmores Pregnancy & Breast feeding Gold membantu produksi ASI berlimpah dan berkualitas

    ReplyDelete
  53. Aku percaya anak yg sehat terlahir dr ibu yg bahagia. Kalao gak bahgia, asipun juga seret ya.
    Sepakat sih, setiap anak punya jalan cerita masing2 ttg proses menyusuinya. Dan kota bakal kangen masa2 itu ya :)

    ReplyDelete
  54. So happy mommy zaman now..they get support from black mores. I am salute with mommy who want effort to give her baby good nutrition as like ASI since new born

    ReplyDelete
  55. Aku juga pakai ini mbak, blackmores. Berasa banget rasanya ASIku lebih cakep gitu pas pumping. asi memang sangat berharga setiap tetesnya ya mba
    doaaakn aku sukses mengasi sampe 2 taunnn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung kelihatan ya dari hasilnya...
      Insya Allah sukses, semangat :)

      Delete
  56. Relate banget sama komen yg di awal2 itu Mba. Dikira ga mencukupi gitu yah asinya. Aku juga minum blackmores sampe skrg ini karna merasa nutrisnya banyak keserap di asi, biar lbh fit juga :)

    ReplyDelete
  57. wah senangnya ada Blackmores untuk support nutrisi busui ya.. pemenuhan nutrisi untuk busui emang penting banget sih ya.. efeknya jangka panjang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, penting banget untuk masa (golden age) 1000 hari pertama anak

      Delete
  58. Sama banget mbak. Aku juga amunisinya ilmu plus vitamin blackmores ini. LDR juga ditampunt di soft silicone pump hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay *tosss*
      Hihihi, malas mompa, ditampung juga udah cukup buat stok :D

      Delete
  59. Aku jadi inget drama menyusui, asi sempat seret krn harus balik kantor lagi tapi begitu inget anak yg dirumah jadi semangat lagi deh. Apalagi kalau di support sama nutrisi seimbang dan suplemen seperti Blackmores ini, dijamin deressressresss

    ReplyDelete
  60. Aku sejak awal kehamilan hingga menyusui kemarin gak pernah lepas dari minum suplemen ini. Kandungannya lengkap banegt.

    ReplyDelete
  61. Memang hoax kok yang bilang kalau PD keci ASI dikit pdhl cara kerjanya gak gitu ya hehe.
    Aku dulu minum suplemen asi juga tapi blm kenal blackmores, sepupuku yang minum blackmores, alhamdulillah lancar sih menyusuinya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, dimaklum aja yang begitu itu belum diupdate ilmunya :D

      Delete
  62. jadi terlintas masa masa menyusui koko, bikin kangen menyusui
    seneng ya ada produk suplemen alami, bikin menyusui jaddi lebih mudah dan tetep bahagia gak bikin stress ketika asi keluar sedikit

    ReplyDelete
  63. Alhamdulillah. Aku juga diperkenalkan sama Blackmores dan cocok, selama menyusui ini selalu jadi andalan krn bikin asi lancar dan hind milknya banyak

    ReplyDelete
  64. Blackmore ini wmang kualitasnya ga diragukan lagi ya. Bumil dan busui perlu dpt info kek gini nih, biar ga mudah panik pasca melahirkan.

    ReplyDelete
  65. Bacaya aku degdegan mba ehhehehe, aku belum melalui proses hamil dan menysui penuh perjuangan banget ya Mba. Untung ada blackmores pendukung kita ya mba

    ReplyDelete
  66. Menyusui itu memang banyak tantangannya ya Teh. Aku masih menyusui juga nih, beberapa bulan lagi Dede mau 2 tahun, keluarga di kampung nyuruh buru2 sapih aja gara2 liat aku kurus. Heuheu. Jadi pengen coba Blackmores

    ReplyDelete