Wednesday, August 31, 2016

Wisata Keluarga di De'Ranch Lembang

De'Ranch Lembang
De'Ranch merupakan salah satu tempat wisata alam bernuansa peternakan yang cukup terkenal di Bandung. Di lokasi yang berada di Jalan Maribaya, Lembang ini, kita bisa menikmati sensasi berkuda ala koboi.

Sudah cukup lama saya tertarik untuk mengajak Jav main ke De'Ranch yang resmi dibuka sejak tahun 2007. Sebagai orang Bandung, kok rasanya kurang afdal kalau belum mencoba ke sana. Namun akhirnya baru kesampaian bulan Mei kemarin.

Saat itu kami pergi ke sana beramai-ramai. Komplit semua ikut, bersama kakek, nenek, serta om, tante, dan adik sepupu Jav. Berangkat dari rumah sih sudah sangat pagi, buktinya ketika sampai di De'Ranch, wahana-wahananya belum buka. Tapi tetap saja kena macet di daerah The Farmhouse, yang katanya ternyata masih satu grup dengan De'Ranch, heuheu....

Harga tiket masuknya termasuk murah, Rp 10.000 saja per orang. Setelah berada di dalam, kami langsung mengantri di depan tiket penjualan wahana kuda tunggang yang berada di sebelah kanan pintu masuk. Wuih, panjangnya lumayan bikin stres. Apalagi ditambah sinar matahari yang mulai terik dan anak-anak yang sudah pada enggak sabar.

Setengah jam kemudian, akhirnya kami mendapatkan tiket juga, harganya Rp 25.000 per orang. Sebelum naik kuda, pengunjung bisa mengenakan kostum koboi yang sudah disediakan di sana. Ayah, suami, serta adik saya dan suaminya pun langsung berfoto dengan kostum tersebut, lalu satu per satu mendapat kesempatan mengelilingi peternakan sambil menunggangi kuda.

De'Ranch Lembang

Saya dan ibu saya enggak ikutan, karena bergantian menjaga anak-anak. Sebagai gantinya, kami menaiki delman dengan harga Rp 30.000 per tiga orang. Sepertinya rutenya sama dengan rute kuda tunggang. Lumayan seru sih, pemandangannya memanjakan mata, hijau di mana-mana.

De'Ranch Lembang

Selanjutnya kami bergerak ke sebelah kiri pintu masuk. Di sana permainannya lebih banyak lagi. Sayang, Jav yang tadinya semangat mau menunggang kuda poni, tiba-tiba enggak mau karena bau. Ya ampun, ada-ada saja deh. Padahal biasanya juga cuek. Ditawari flying fox juga enggak mau. Padahal sebelumnya waktu outbond di Cantigi, dia enggak puas cuma naik flying fox satu kali.

Jadi, tebak Jav ngapain di sana? Main sepeda dong. Duh, jauh-jauh ke Lembang, mainnya malah sepeda, hihihi.... Harganya Rp 20.000 per hmmm... per berapa menit ya. Lama banget sih. Sementara itu adik sepupunya main pancing ikan, Rp 20.000 juga. 

De'Ranch Lembang

Sedangkan para lelaki, ayah, suami, serta adik ipar main panahan, Rp 20.000 per orang per 10 anak panah. Mereka saling berlomba untuk mendapatkan poin yang paling besar. Sampai berkali-kali tambah beli tiket loh, saking serunya.

De'Ranch Lembang
Kalau saya dan ibu saya, nongkrong saja di pinggir sambil foto-foto dan  jajan es tong tong. Saya lupa berapa harga es tong tongnya. Tapi rasanya kurang mantap, esnya kurang manis, huhu....

De'Ranch Lembang
Setelah semua beres main sepeda, pancing ikan, dan panahan, kami pun beralih ke kolam Indian Totem, ada yang pingin naik perahu. Kalau Jav naik perahu ditemani ayahnya. Soalnya cape sih harus mendayung sendiri, hihihi....

De'Ranch Lembang
Selesai dari sana, kami kembali ke arah pintu masuk, ke tempat permainan anak. Rupanya ada Pony Kidz, Rp 20.000 per anak. Yaitu mainan kuda-kudaan yang membuat anak-anak harus menggenjot agar kudanya bisa berjalan. Lucu.... Ajrut-ajrutan sekalian olahraga.

Rupanya tak terasa hari telah siang. Perut pun sudah lapar dan minta diisi. So, meskipun masih banyak wahana lain yang belum sempat dicoba, kami memutuskan untuk menyudahi kunjungan di De'Ranch ini. Oiya, di sini memang ada food court, tapi kami sedang ingin makan di tempat lain. Jadi sebagai bekal di jalan, kami membeli arumanis dulu di dekat pintu keluar.

Selain itu, tentu saja enggak lupa kami menukar tiket masuk dengan susu murni. Satu tiket bisa ditukar dengan satu gelas susu murni. Ada yoghurt juga, namun per gelasnya harus ditukar dengan dua tiket. Sayang, saya lupa mendokumemtasikan arumanis dan susu murninya.

Secara keseluruhan, kunjungan kami ke De'Ranch ini cukup memuaskan. Semua anggota keluarga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Tips dari saya sih:
  • Pergi sepagi mungkin, untuk menghindari macet.
  • Membawa bekal air putih.
  • Kalau bisa, rencanakan dulu sebelumnya di sana mau main apa saja. Jadi beli tiketnya bisa langsung, enggak bolak-balik kaya saya. Soalnya tempat pembelian tiket wahana permainannya enggak berdekatan dengan tempat permainan.
  • Gunakan sun block. Meskipun udaranya dingin dan sejuk, tetap saja sinar mataharinya sangat terik.
  • Kalau enggak mau warna kulitnya jadi belang, gunakan baju tangan panjang dan topi. Sepulang dari sana, kulit wajah langsung terlihat lebih gelap. Hmmm, harus punya topi lebar semacam topi pantai gitu nih. Beli online saja ah. Supaya mendapatkan topi dengan harga dan kualitas yang bersaing, pilih-pilih dulu di priceza.co.id dong ;)

topi pantai
Topi Pantai

~~~

De'Ranch 
Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Telepon (022)278-5865
Buka pukul 09.00 - 17.00 WIB

30 comments :

  1. kita belum kesini nih...biar ada alasan buat ke BAndung Lembang terus ya....

    ReplyDelete
  2. Waah, saya kepengin naik kuda, hehe...
    Bila ingat Lembang, langsung deh ingat tahu susu.

    ReplyDelete
  3. Mak, lumayan juga ya bentar2 ngeluarin 20rb, total pengeluaran berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mak, tiket masuknya murah tp di dalam musti bayar2 lagi :D

      Delete
  4. Jd makin mupeng pengen ksana. Udh lama nyari t4 berkuda n panahan sekaligus t4 bermain buat anak2.

    Makasi infonya mb, salam kenal ^^

    ReplyDelete
  5. Wis muantappp sekali mbak tempatnya, kalau tempatnya dekatmah bisa lah saya kunjungi ke sana, gk gk gk.

    ReplyDelete
  6. sering baca review ttg wisata De’Ranch , semoga bisa ke sana sambil silaturahim urang Bandung :-)

    ReplyDelete
  7. sepertinya seru berwisata kesana ya mbak.. pengen jg kapan2 kesitu :D

    kunjungi balik ya
    media2give.com

    ReplyDelete
  8. Wah serunya liburan bersama keluarga, saya sempat ke de ranch tapi pas weekend penuhnya ampun foto2 sampe harus gantian

    ReplyDelete
  9. kapan ya saya bisa ke bandung yang kaya akan destinasti wisatanya ini. jdi pengen ke bandung tiba tiba, huuuhehehe,,,

    ReplyDelete
  10. Ini tempat wisata edukasi ya mbak ?? wah seru banget ya :D kalau bawa si buah hati pasti dia bakalan betah, , malah nggak mau diajak pulang. Hahaha

    ReplyDelete
  11. wah seru banget. pengen kesana gada waktu terus. :( lebaran haji semogaa :D

    ReplyDelete
  12. Salah satu tempat main favorit Vito karena ada kudanya hehehe. permainannya juga banyak dan seru-seru di sana. Asyik ya... Jav nanti kita main bareng, yuk. :*

    ReplyDelete
  13. Aiiihh di De Ranch mah emang pemandangannya mantap banget. Cocok banget ini kalau buat anak-anak. Aku dulu pas kesana jajal naik kuda ala coboy eeehhh ternyata lumayan serem karena nggak terbiasa. Kudanya tinggi juga.

    ReplyDelete
  14. Wah saya belum pernah nih ke sini..padahal pituin Bandung :)

    ReplyDelete
  15. Wah keren ya bisa naek kuda juga. Tapi kata temen saya enakan pas hari biasa ya maen kesananya soalnya penuh banget kl pas hari libur katanya. Pokoknya kita coba secepatnya deh :)

    ReplyDelete