Saturday, March 11, 2017

Menjadi Generasi 4G Ala Mamah Muda


Hari ini saya bangun pagi seperti biasa. Layaknya generasi kekinian yang tidak bisa lepas dari ponsel dan internet (hihihi...) saya mengawali kegiatan dengan membuka dan mengecek ponsel. Sambil mengumpulkan nyawa, saya menunggu waktu shalat Subuh dengan membaca beberapa informasi di grup WhatsApp. 

Salah satunya yaitu berita di grup WhatsApp ibu-ibu komplek tentang Kota Bandung yang hari ini diprediksi akan kacau karena adanya demo besar-besaran ojek online yang balas dendam kepada kubu angkot. Huft! Bau-baunya sih hoax yah. Tapi saya tahan untuk enggak melakukan apa-apa, shalat dulu aja deh. Meskipun sebenarnya menjadi sedikit khawatir juga karena rencananya hari ini saya akan menghadiri acara Community Gathering Generasi 4G yang diadakan oleh Smarfren. 


Setelah shalat dan check and recheck, akhirnya saya mendapatkan kepastian bahwa berita tersebut jelas-jelas sebuah hoax. Waspada memang perlu ya, tapi daripada berita tersebut menimbulkan kepanikan dan menghambat rencana kegiatan ibu-ibu komplek, saya langsung memberitahu mereka bahwa berita tersebut hoax. 


Di era digital seperti sekarang ini, dunia menjadi seakan tanpa batas. Berbagai informasi sangat mudah didapatkan dan disebarkan kembali. Sayangnya hal tersebut tidak diiringi dengan kesadaran untuk menyeleksi informasi terlebih dahulu. 

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan ketika mendapatkan informasi atau berita yang kebenarannya masih diragukan:
  • Membaca secara lengkap
  • Merenungkannya 
  • Mencari informasi dari sumber yang lain
  • Mengendapkannya
  • Menyimpulkan
  • Membagikannya

Sebagai bagian dari Generasi 4G yang cerdas, saya tidak ingin turut serta dalam penyebaran berita yang meresahkan dan belum terjamin kebenarannya. Kondisi yang 'hanya' sebagai ibu rumah tangga, bukan penghalang bagi saya untuk ikut mencerdaskan bangsa.

Masa sih? Bagaimana caranya?

Ya melalui blog. Memang, saya belum bisa seperti duo Teh Eva dan Teh Evi yang selalu menginspirasi kaum muda dengan buku-bukunya. Tapi dengan menggunakan internet secara cerdas, setidaknya saya bisa membantu orang-orang di sekitar untuk mendapatkan informasi yang benar. Dan melalui blog, saya juga berusaha menyebarkan informasi bermanfaat dengan jangkauan yang lebih luas.

Sesuai dengan niche blog saya, motherhood dan woman lifestyle (tentunya diiringi dengan tulisan curhat hohoho) saya biasa menyelipkan sedikit informasi berharga terkait dengan tema tersebut. Sebagai seorang plegmatis yang tidak biasa berbicara di depan umum, menulis dan bercerita melalui blog adalah cara yang paling nyaman bagi saya untuk turut mencerdaskan bangsa. 

Pengalaman sebagai seorang ibu rumah tangga yang pernah saya rasakan, seperti ketika mengalami tagihan PDAM yang tiba-tiba membengkak, setelah mengikuti kelas parenting mengenai calistung untuk anak usia dini, saat merasa puas setelah menonton film anak bernuansa religi, dan hal-hal sederhana lainnya, selalu saya tuliskan di blog.

Apakah hasilnya memang bermanfaat? Entahlah. Tapi setidaknya saya sudah berusaha untuk menginspirasi sesama mamah-mamah muda di sekitar saya. Kenapa? Karena seorang ibu adalah guru pertama bagi anak-anaknya.


Contohnya yaitu ketika para pengguna internet dihebohkan dengan foto dua halaman buku cerita anak dengan gambar yang dianggap vulgar. Saya berusaha menuliskan sesuatu dari sudut pandang yang netral. Menjelaskan tentang maksud baik penulis dan penerbit, serta mengingatkan para orang tua untuk mengecek dan mendampingi anaknya ketika membeli dan membaca buku. 

Sayangnya, kadang mamah muda di lingkungan saya tidak bisa membuka link artikel di blog saya. Ponsel sebagian besar dari mereka hanya bisa membuka Facebook dan WhatsApp. Kadang karena loading-nya lama, kadang karena kuota internetnya terbatas.

Akhirnya saya kasih tahu mereka deh kalau sekarang ini sudah ada internet cepat dari Smartfren 4G yaitu Smartfren 4G LTE. 4G LTE adalah generasi ke-4 dari teknologi komunikasi mobile-internet. Smartfren menghadirkan teknologi Smartfren 4G 100% LTE Advanced dengan jangkauan luas, cepat, dan stabil.

8 comments :

  1. Takcontek ah mahmud mb nath ahhhaa
    Aku juga sihklo ngeliat berita heboh ga lngsung reaktif mau komen apa gitu, yang pasti takcari info paling akurat baru deh bisa menanggapi

    ReplyDelete
  2. Semoga dengan kecanggihan Teknologi di Era 4G ini bisa memberikan manfaat yang besar bukan hanya HOAX yang besar, heeee ....

    ReplyDelete
  3. Wah akupun pakai Smartfren, emang bagus speednyaaaa..

    ReplyDelete
  4. Dengan sinyal yang ontreng, nggak cuma eksis makin ontreng aja ya, Mba. Tapi bisa menyebarkan info yang baik juga :)

    ReplyDelete