Tuesday, April 25, 2017

Quality Time Jav dan Ayahnya


Beberapa waktu yang lalu, Jav diharuskan menjalani observasi di calon sekolah barunya. Alhamdulillah, hasilnya baik. Tapi memang menurut psikolognya masih harus dipantau terus, agar kurikulumnya bisa disesuaikan dengan karakter dan potensi yang dimiliki Jav. Selain itu ada satu hal yang menjadi catatan dari psikolog. Dari hasil coretan gambarnya, terlihat bahwa selama ini, saya terlalu mendominasi Jav. Ups, jadi PR di rumah nih, agar saya agak menjaga jarak dari Jav dan ayahnya lebih intensif lagi berinteraksi dengan Jav. 

Padahal suami saya termasuk ayah yang peduli dan selalu turut serta dalam pengasuhan Jav. Tapi ternyata masih kurang. Makanya, sejak mengetahui hasil observasi, ada saat-saat saya sengaja meninggalkan Jav bersama ayahnya. Agar mereka bisa menikmati quality time berdua. Berikut beberapa kegiatan ayah dan anak yang sering mereka lakukan.

Beribadah.
Sebagai ibu yang lebih sering menghabiskan waktu bersama Jav, memberi teladan dalam beribadah menjadi tugas saya. Terutama kalau ayahnya sedang dinas ke luar kota. Namun kalau ada ayahnya, saya selalu membiarkan Jav beribadah bersama ayahnya. Apalagi mereka sama-sama laki-laki. Jav biasa ikut ayahnya salat berjamaah di masjid. Begitu pun dalam belajar mengaji. Selama ini, Jav belajar mengaji di rumah saja. Kalau ada ayahnya, Jav belajar mengaji bersama ayahnya.

Bermain.
Apa permainan terbaik untuk anak? Boneka, mobil-mobilan, lego, atau puzzle? Permainan terbaik bagi seorang anak adalah tubuh ayahnya. Jav biasa bermain mobil-mobilan dengan tubuh ayahnya sebagai jalannya. Kadang tubuh ayah Jav berfungsi juga sebagai wahana taman ria, seperti yang dicontohkan oleh Ayah Oyas saat menjadi narasumber Kajian Pola Asuh di sekolah Jav semester kemarin. Bisa menjadi roller coaster, ontang anting, carousel, dan lain-lain. Seru. Selain hemat, permainan seperti ini sangat baik untuk membangun kelekatan antara ayah dan anak.

Olahraga.
Setiap akhir pekan, Jav dan ayahnya biasa melakukan olahraga bersama. Mulai dari main sepeda keliling komplek hingga berenang di kolam renang favorit. Kadang, apabila ayahnya ada jadwal latihan futsal atau basket bersama teman-temannya, Jav ikut juga. Bagus kan. Selain sehat, Jav juga jadi bergaul dengan para ayah lain. Jangan hanya bergaul dengan ibu-ibu arisan saja, hihihi....

Membaca buku.
Sebenarnya, membaca buku adalah kegiatan quality time favorit saya bersama Jav. Kami sama-sama senang membaca buku. Apabila sedang libur, Jav biasanya meminta saya mengajaknya ke toko buku atau perpustakaan. Membacakan buku untuk Jav selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tetapi kadang Jav ingin dibacakan buku oleh ayahnya. Ya sudah, kalau begitu saya biarkan saja. Saya pun bisa meneruskan membaca novel kesukaan, hohoho.... 

Menonton pertandingan.
Kegiatan 'cowok' lain yang biasa dilakukan oleh Jav bersama yaitu menonton pertandingan bola di televisi. Heboh banget deh kalau mereka berdua sedang menonton pertandingan sepak bola tim kesayangannya. Teriak-teriak kompak. Ayahnya sih enggak keberatan mengajak Jav menonton pertandingan bola di stadion, tapi dia khawatir pada bahasa-bahasa kotor penonton lain. Jadi paling aman ya menonton di rumah saja. Sayang, Jav hanya tertarik menonton pertandingan bola. Pertandingan yang lain, dia enggak suka. Lebih memilih menonton film kartun. Akhirnya ayahnya mengalah, cukup puas mendapatkan info kejuaraan Motogp 2017 Sindonews saja. Lengkap.


Mencari info kejuaraan Motogp 2017 Sindonews dan kegiatan lain menjadi me time bagi ayah Jav . Agar tetap seimbang, tentu saja harus ada family time juga.

18 comments :

  1. Penting juga kebersamaan dengan si anak. Supaya kita bisa membimbing tumbuh kembangnya. Apalagi dengan melakukan hal-hal yang disukai anak.

    ReplyDelete
  2. kalo di aku, si ayah dan anak senangnya nonton moto cross, sampe sore dan lupa waktu kalo udha nonton

    ReplyDelete
  3. Kalau dirumah seringnya Raya sama Abahnya malah mba.. hihihihi, maen sepeda, nonton dll.. jadi kalau wiken pasti milih sama Abah karena sama aku dirumah doang :D Aku pikir bagus jg biar imbang dan suami ikutan berperan serta ngurus raya :D

    ReplyDelete
  4. seru juga ya bs nonton motogp bareng anak

    ReplyDelete
  5. Anak laki-laki memang perlu we time dengan ayahnya biar makin akrab dan tahu laki2 itu me atau we time-nya apa, yah :)

    ReplyDelete
  6. anak-anak sama bapaknya cuma weekend ya hari biasa paling sebentar pagi dan plng kerja, memang harus dijadwalkan ya mereka sama Bapaknya, trus mamanya me time (eh itu mah saya, mamanya kopdar blogger , anak-anak di titip bapaknya hehhehe)

    ReplyDelete
  7. wuih bisa ketahuan ibunya mendominasi dari gambar ajah ya..

    Segi positifnya, ayahnya jav jadi lebih intensif ya bersama jav...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ya gimana ga mendominasi seharian sama saya terus :D

      Delete
  8. Sesama cowok, nontonnya balap ya, haha... Mamanya nggak diajak juga nonton balap? :D

    ReplyDelete