Tuesday, September 19, 2017

Tips Perawatan AC Rumah Agar Tetap Awet dan Tahan Lama


Saat ini, AC sudah menjadi sarana yang sangat umum di kalangan masyarakat. Bukan hanya orang kaya saja yang dapat menggunakan fasilitas AC di dalam rumahnya. Kini telah banyak pula rumah-rumah sederhana yang telah dipasangi AC. Termasuk rumah saya. Selain memang karena kebutuhan (udara Bandung sudah tidak sedingin dulu lagi, hiks...), murahnya harga pemasangan dan kenyamanan yang ditawarkan inilah yang membuat kebanyakan orang tidak segan memasang AC di dalam rumahnya.

Namun, kendala yang paling sering terjadi adalah kondisi AC yang fungsinya sudah tidak sebaik seperti ketika pertama kali dibeli. Padahal usianya belum satu tahun. Rupanya hal ini sangat wajar, karena AC adalah perangkat elektronik yang membutuhkan perawatan. Makanya, agar AC tetap awet dan tahan lama, berikut tips perawatan AC rumah:

1. Membersihkan Saringan Udara 
Saringan udara adalah salah satu bagian pada AC yang berfungsi menyaring debu dan kotoran agar tidak menyumbat permukaan vaporator. Debu yang terfilter dalam saringan ini akan menghambat lubang-lubang penyaring pada filter yang menyebabkan udara tidak keluar. Dampaknya adalah AC akan bekerja semakin keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga AC pun menjadi panas. Hal ini menjadi salah satu penyebab AC tidak berumur panjang. 

2. Membersihkan Evaporator 
Evaporator merupakan salah satu komponen AC yang berperan penting sebagai media penguapan. Zat cair yang berasal dari pipa kondensor akan masuk ke dalam evaporator dan menghasilkan uap dingin. Uap dingin ini selanjutnya akan terhisap ke dalam kompressor dan dikeluarkan. 

Membersihkan evaporator merupakan salah satu cara perawatan AC rumah yang harus dilakukan. Melihat pentingya fungsi evaporator setidaknya perlu melakukan maintenance atau pembersihan minimal setiap 6 bulan sekali. Cara membersihkan evaporator pun sebenarnya sangat mudah, cukup arahkan vacum cleaner ke arah evaporater secara bolak-balik untuk menghisap debu dan kotoran yang menempel pada celah-celah evaporator.

3.Membersihkan Kipas 
Tak hanya berhenti di evaporator, kebersihan kipas pun perlu diperhatikan. Dengan membersihkan kipas secara berkala, sirkulasi udara pada AC akan semakin membaik dan kerja AC menjadi lebih ringan karena tidak ada debu maupun kotoran yang menghambat pergerakan kipas. 

No comments :

Post a Comment