Wednesday, October 31, 2018

Delchi Patisserie, Kue dengan Cita Rasa Jepang yang Manisnya Pas

delchi patisserie

Siapa yang suka makanan manis? Saya sih biasanya lebih mudah tergoda dengan makanan yang gurih dan pedas. Tapi kalau ada makanan manis ya enggak pernah bisa menolak juga, hihihi.... Meski makannya sedikit saja, karena kalau kebanyakan suka giung. 

Seminggu yang lalu, saya baru mencoba makanan manis kekinian dari Delchi Patisserie. Sejak melihat profil dan produknya di Instagram, saya langsung tertarik. Kenapa? Karena toko kue yang berada di Bandung ini menjual kue-kue dengan cita rasa Jepang. Jadi, toko kue yang berdiri sejak bulan April 2016 ini, berawal dari kecintaan ownernya pada Japanese patisserie. Kini salah satu ownernya tinggal di Jepang dan terus melakukan riset mengenai resep Japanese patisserie. 

Memang apa sih yang spesial dari Japanese patisserie? Sebenarnya dari segi bahan, Japanese patisserie memang sama dengan western (American/French) patisseries. Namun takaran gula dan butter-nya berbeda. Begitu pula dengan teknik pembuatannya. Sesuai dengan prinsip orang Jepang yang humble, Japanese patisserie pun rasanya lebih humble. Teksturnya lebih airy dan lembut dengan rasa manis yang lebih alami dan ringan. Makanya cocok banget untuk saya yang enggak terlalu suka manis.

Tetapi, meski produk-produk dari Delchi Patisserie ini menghadirkan cita rasa Jepang yang autentik, bahan-bahannya tetap menggunakan bahan baku lokal Indonesia loh. Karena ternyata bahan baku lokal pilihan Indonesia enggak kalah berkualitas kok. Sehingga lebih terjamin keamanan dan kehalalannya. Bahkan harganya pun bisa lebih terjangkau. Yeay!

Ada dua jenis produk yang kemarin saya coba, yaitu Mille Crepes dan Fluffy Roll Cake. Saat kurir Go-Send datang membawa paketnya ke rumah, saya langsung mengecek isinya, takut hancur, hehehe.... Ternyata masih rapi kok, karena pihak Delchi pasti menginfokan pada driver bahwa isi paket tersebut adalah kue, sehingga tentu dibawa dengan hati-hati.

delchi patisserie

Kemasannya berupa kardus putih dengan logo Delchi Patisserie di pojok kanan bawah dan dilengkapi selembar karton yang melingkar di bagian kiri kardus. Sangat sederhana namun tampak elegan. Saya juga suka dengan tagline yang tercantum di kemasannya, Japanese taste from local ingredients. 

delchi patisserie

Katanya, kue ini lumer apabila didiamkan di suhu ruang selama 1-2 jam. Tapi saat saya pegang kardusnya, terasa bahwa kuenya masih dingin kok. Jadi aman ya. Ketika dibuka, aromanya wangi banget. Yang saya rasakan sih, didominasi aroma vanila. Karena terdiri dari bermacam-macam rasa, masing-masing potongan kuenya dilapisi plastik bening agar enggak saling tercampur. 

delchi patisserie

Penampilannya menggiurkan banget ya. Benar-benar minta dicolek nih kuenya, hihihi.... Namun berhubung sore itu Rashya mulai rewel karena mengantuk, terpaksa saya simpan dulu kue-kuenya di kulkas. Produk dari Delchi Patisserie ini bisa bertahan selama 7 hari apabila disimpan di dalam kulkas. Bisa tahan lebih lama lagi apabila disimpan di freezer, namun tentu akan mengurangi kualitas tekstur dan rasanya.

Mille Crepes

Mille Crepes merupakan produk signature dari Delchi Patisserie. Kue ini dikenal juga dengan sebutan “thousand crêpe cake" karena terdiri dari 20 lapis crepes (kue dadar tipis) yang dilapis dengan krim pastry. Ada 6 varian rasa dan 4 varian rasa edisi spesial. Kemarin saya mencoba 4 varian rasa.

delchi patisserie

Pertama, Vanilla Brule. Yaitu vanilla crepes yang dilapis dengan vanilla cream dan diberi topping karamel di atasnya. Harganya Rp 26.000 per potong. Harumnya enak banget, aroma vanila. Crepes-nya lembut berpadu dengan krim yang halus. Karamel di atasnya manis (soalnya saya sering menemukan karamel yang agak pahit karena gosong). Tapi enggak terlalu manis juga, jadi enggak bikin giung. Pas deh.

Selanjutnya, Darkest Chocolate. Yaitu dark chocolate crepes yang dilapis dengan chocolate cream serta diberi topping dark chocolate ganache dan cincangan biskuit cokelat di atasnya. Harganya Rp 28.000 per potong. Rasa cokelatnya royal banget, apalagi dark chocolate ganache-nya. Hmmm, enaknya bikin terharu. 

Lalu, Matcha (with Adzuki beans). Yaitu matcha crepes yang dilapis dengan vanilla cream dan diisi dengan kacang merah serta diberi taburan matcha powder di atasnya. Harganya Rp 28.000. Aroma matcha powder-nya kuat banget dan rasanya semi pahit. Tapi dipadukan dengan crepes dan cream yang manis, rasanya jadi pas. Makanya, meski biasanya saya enggak terlalu suka matcha, kali ini malah bisa menikmati. Isian kacang merahnya yang manis pun memperkaya tekstur dan rasa kue ini. 

Terakhir, Oreo. Yaitu dark chocolate crepes yang dilapis vanilla cream dan diisi dengan biskuit Oreo serta diberi taburan bubuk Oreo di atasnya. Harganya Rp 28.000. Ini sih rasanya enggak perlu diragukan lagi. Oreo memang asyik dibikin apa saja. Favorit Jav nih, karena cokelatnya lebih ringan, enggak seintens yang Darkest Chococolate. 

delchi patisserie

Fluffy Roll Cake

Fluffy Roll Cake merupakan produk unggulan lain dari Delchi Patisserie. Berupa kue gulung khas Jepang dengan tekstur yang sangat lembut serta lapisan krim tebal di dalamnya. Ada 3 macam varian dan kemarin saya mencoba semuanya. 

delchi patisserie

Pertama, Vanilla Cheese. Yaitu original sponge cake yang digulung bersama vanilla cheese cream. Harganya Rp 18.000 per potong. Ini enak banget. Kuenya super lembut dan krimnya melimpah. Keju dan susunya sangat terasa.

Lalu, Matcha Adzuki Beans. Yaitu matcha sponge cake yang digulung bersama adzuki beans cream. Harganya Rp 20.000 per potong. Ini juga enak. Aroma matcha-nya kuat banget, tapi di lidah rasanya cukup ringan.

Kemudian terakhir, Double Choco. Yaitu chocolate sponge cake yang digulung bersama chocolate cream. Harganya Rp 20.000 per potong. Kuenya nyokelat banget, namun tetap terasa ringan. 

delchi patisserie

Saya suka semuanya, baik Mille Crepes maupun Fluffy Roll Cake dari Delchi Patisserie ini. Mille Crepes lebih padat, sedangkan Fluffy Roll Cake lebih ringan. Tetapi keduanya memberikan sensasi yang sama, karena dilapisi dengan krim yang manis dan meleleh di mulut. Memakannya bikin bahagia jiwa raga, hihihi....

Apalagi rasa manisnya juga ringan, enggak bikin giung. Mau dijadikan kudapan sore boleh, atau sebagai pencuci mulut setelah makan malam juga oke, bahkan asyik juga untuk perayaan hari spesial seperti ulang tahun dan lain-lain. Kalau saya sih makannya setiap saat. Bangun tidur pun langsung ambil kue ini di kulkas, supaya happy dan ada energi buat masak, hohoho.... 

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, produk dari Delchi Patisserie memang memiliki kadar gula yang rendah. Makanya enggak merasa khawatir meski saya dan Jav makan banyak-banyak. Iya, saya dan Jav rebutan makan kue ini, hehehe.... Suami yang biasanya hanya icip-icip pun, kali ini bisa menghabiskan 1 potong sendiri. "Enak, enggak terlalu manis," katanya.

delchi patisserie

Mau lagi? Mau banget. Kapan-kapan kepingin beli 1 loyang Mille Crepes dan 1 gulung Fluffy Roll Cake deh, supaya puas, hohoho.... Saya juga penasaran sama sponge cake dan pie-nya.

Teman-teman tertarik juga untuk mencoba kue dengan cita rasa Jepang ini? Cara mendapatkannya sangat mudah kok, karena kue-kue ini dijual baik secara online maupun offline di Delchi Cafe. Selain itu, teman-teman juga bisa menemukannya di Coffee Toffee, MG & Co Eatery, Eititu Resto & Cafe, dan Cokotetra Dago. Kabar baiknya, bukan hanya teman-teman di Bandung yang bisa menikmati kue ini, karena kue ini bisa juga dikirim ke luar kota (Jakarta, Bekasi, dan Bogor). Yippie!

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Delchi Patisserie, teman-teman bisa langsung cek ke sini saja ya.

Delchi Patisserie
Alamat: Alfa Garden Townhouse, Jl. Cisaranten Indah 12 AJ, Arcamanik Bandung
Instagram: @delchi.id

41 comments :

  1. mauuuu ih teh kegoda banget pengen beli buat dirumah :) ni bisa pake Go-send?atau go-food ga teh?

    ReplyDelete
  2. Matcha crepesnya bikin ngiler, pingin nyobaa.

    ReplyDelete
  3. Ya alloh gusti itu matcha meuni ngabibita, kayaknya rasanya unik dan ga bakal aku temuin di tempat lain, nanti kalo ke mamah aku mau beli ah, tfs bunda

    ReplyDelete
  4. ini enak banget yah teh, mille crepes nya itu lembut, fluffy roll nya juga enak

    ReplyDelete
  5. Wah kuenya berwarna warni gitu, bikin tergiur. Nuhun infonya ya.

    ReplyDelete
  6. Tokonya deket rumahku... bisa sering mampir inih.. btw kmrn ada yg nanyain kue yg ngetrend di bandung, nanti aku kasitau ini deh

    ReplyDelete
  7. Penasaran sama mile crepes-nya, kayaknya enak gitu, dan saya pun nggak suka pattiseri yang terllau manis banget, jatuhnya suka eneg

    ReplyDelete
  8. Aduh Lia, menggoda sekali keunya. Duh... ngiler. Bikin lupa sama diet. :)))

    ReplyDelete
  9. Delchi ya... Sering denger namanya dan kabita sama produknya emang unik sih

    ReplyDelete
  10. Duh menggoda banget penampakannya...pasti enak nih ya teh hehe..

    ReplyDelete
  11. Menggoda pisan ini, cocok ya jadi camilan buat acara kumpul keluarga 😁

    ReplyDelete
  12. Wih, bikin pengen hunting2 makann ini.
    Eh, kenapa ya makanan Jepang tuh apik2 dan serius banget ngebentuk2innya. bikin tergiur.

    ReplyDelete
  13. Mille crepes kue fav aku..soalnya ga bikin enek kyk kue tart biasa.yummy

    ReplyDelete
  14. jadi teringat ketika saya mengirimkan sebuah coklat kepada teman saya dan ditanyakan apakah barang yang terbungkus ini adalah coklat?
    Kujawab saya iya mas, ini coklat

    Rupanya sang pengirim perhatian terhadap barang yang saya kirimkan ke kota yang sama

    Tujuannya biar mereka lebih berhati2.

    oh ini roti asli karya orang Jepun ya
    Teksturnya berlapis-lapis kalau saya lihat gambarnya. Menggambarkan betapa tiap laipsannya berganda rasanya

    Suka yang coklat
    Rasanya lebih pas

    ReplyDelete
  15. saya suka juga makan yang manis...cuma tidak mahu selalu sangat..

    sekali sekala pun ok la.

    ReplyDelete
  16. Huaa... Pengin nyobaaa kue-kuenya. Tampilannya cantik-cantik banget lagi

    ReplyDelete
  17. Bentuknya meuni unyu-unyu pisan Teh, mau makannya jadi sayang deh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijamin kalau udah sekali nyuap malah ga bisa berhenti walau disayang2 jg, hihihi...

      Delete
  18. mm,,, aku kok ngiler ya baca artikel dan lihat foto-foto di post ini.
    Tandai ah, biar besok kalo ke Bandung bisa melipir.

    ReplyDelete
  19. Asalkan jangan kemanisan, saya masih mau makan. Dari fotonya kelihatan lembut ya kuenya

    ReplyDelete
  20. Kayaknya enak banget dan sialnya gua blog walking ditengah nalam, jadi ngiler aja hehe

    ReplyDelete
  21. Masya Allah, ini diliatin aja udah enak yah apalagi dicobain, hehe.. Menggoda pisan atulah, tapi harganya lumayan mihil ya :p *baiklaaah ada harga ada kualitas yes :)

    ReplyDelete
  22. Duuuh aku mau semua rasa kayaknya nih hehehe. 18 ribu per potong ya? Ya lumayan lah kalau rasanya sesuai sih ga masalah, langsung beli banyak aja kali sekotak. Rasa matcha kirim ke rumah deh mbak hehehe :D

    ReplyDelete