Friday, February 14, 2020

Mencicipi Es Krim Legendaris, Ragusa Es Italia


Pokoknya, kalau diajak ke Jakarta sama suami, saya harus mampir ke Ragusa Es Italia. Begitu tekad saya ketika dulu mengetahui tentang kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1932 ini. Maklum lah, setiap saya ke Jakarta, pasti untuk urusan kerja atau acara keluarga. Jarang bisa menikmati wisata kuliner di Jakarta.

Nah, akhirnya harapan saya terwujud juga di akhir tahun 2019 kemarin. Suami mengajak kami jalan-jalan ke Jakarta dalam rangka menemani Jav yang ingin main ke Monas. Tentu saja, Ragusa Es Italia saya masukkan ke dalam daftar yang harus kami datangi di perjalanan tersebut.

Jadi waktu itu, setibanya di Jakarta, kami langsung berjalan kaki dari Stasiun Gambir menuju Monas. Baru deh, setelah puas mengunjungi Monas, kami pun berjalan kaki lagi menuju destinasi berikutnya, yup... Ragusa Es Italia. Yeay!

Kebetulan nih, di luar gerbang Monas ada delman yang sedang mangkal. Tapi pas ditanya berapa biaya ke Ragusa Es Italia, ternyata mahal (lupa sih harga tepatnya). Padahal kata suami dekat banget. Ya sudahlah, kami memilih berjalan kaki lagi. Untungnya, cuaca Jakarta hari itu sedang bersahabat, mendung, enggak terik juga enggak hujan. Alhamdulillah....

Ragusa Es Italia ini berada di Jalan Veteran. Jalan Veteran tuh letaknya persis di sebelah Masjid Istiqlal, cuma terpisah sungai. Meski banyak mobil yang parkir, suasana di sepanjang jalan cukup lengang.


Hingga akhirnya kami sampai di Ragusa Es Italia, dan wow... rame banget. Di dalam, semua meja tampak penuh terisi. Tapi antreannya enggak sampai mengular seperti yang pernah saya baca dari cerita orang-orang sih. Mungkin karena sudah sore. Meski begitu, saya perhatikan, pengunjung terus bergantian keluar dan masuk.

Ketika kami tiba, alhamdulillah ada yang sudah selesai, jadi kami bisa mendapatkan tempat duduk. Kami duduk di kursi rotan dengan anyaman bambu yang mengelilingi meja kayu bundar. Nuansanya vintage banget. Dindingnya dihiasi foto-foto jadul. Enggak ada AC, cuma ada kipas angin. Untung kami duduk di dekat pintu.


Setelah mendapatkan tempat duduk, saya baru sadar belum mencari info tentang kehalalan es krim di Ragusa Es Italia ini. Mampus deh. Saya pun langsung menuju ke kasir untuk memesan sambil mencari tahu.

Di meja kasir, saya enggak menemukan sertifikat halal MUI. Waduh.... Akhirnya memberanikan diri bertanya ke encinya. Meski wajahnya judes dan terkenal galak, tapi dijawab baik-baik kalau es krim di sini tuh cuma dibuat dari susu, air, dan gula. Alhamdulillah, saya bersyukur karena enggak perlu keluar lagi, hihihi.... Sekaligus terpukau karena wow... bahan-bahannya tuh es krim rumahan banget.


Di sini terdapat beberapa menu es krim dengan kategori regular, premium, mixed, dan fancy flavoured. Saya tuh penasaran sama Durian Medan, Cassata Siciliana, dan tentu saja Spaghetti Ice Cream yang legendaris itu. Tapi Jav dan ayahnya enggak tertarik jajan es krim, huhuhu.... Gagal deh icip-icip berbagai macam rasa es krim, hiks....

Akhirnya saya memesan satu Spaghetti Ice Cream dan dua Orange Juice untuk Jav dan ayahnya yang kehausan. Setelah membayar, pesanannya harus diambil sendiri, enggak diantar. Saya pun langsung menunggu pesanan disiapkan di belakang kasir. Ada semacam dapur terbuka gitu. 

Sayang sekali, Spaghetti Ice Creamnya disajikan di dalam kotak styrofoam. Begitu juga Orange Juicenya, disajikan di dalam gelas plastik. Mungkin supaya praktis ya, karena saya lihat ada juga pengunjung yang memakan es krimnya di luar restoran, di seberang jalan di bawah pohon rindang, asoy.... Tapi es krimnya jadi kurang cantik buat difoto, huhuhu....

Spaghetti Ice Cream (Rp 35.000)

Seperti namanya, Spaghetti Ice Cream ini merupakan es krim yang dibentuk menyerupai spaghetti, meski punya saya ini enggak terlalu mirip juga sih. Terdiri dari es krim vanila yang diberi taburan kacang dan sukade, serta disiram saus cokelat. Es krimnya tuh lembut banget, rasanya ringan dan manisnya pas. Apalagi dimakan bersama dengan toppingnya, uh... segar kriuk-kriuk. Memang rasanya enggak rich dan wah kaya es krim pabrikan, tapi justru rasa otentiknya ini loh yang saya suka, ringan dan enggak giung. 

Orange Juice (Rp 10.000)

Sambil menikmati es krim dan jus, kami ngemil tahu gejrot dan kue ape yang suami beli di sekitar restoran. Lumayan, mengistirahatkan kaki. Tapi enggak bisa lama-lama juga, karena ramai banget. Kasihan pengunjung yang belum mendapatkan tempat duduk.

Mau ke sini lagi? Pastinya.... Mudah-mudahan ada kesempatan lagi.

~~~

Ragusa Es Italia
Jalan Veteran I No. 10
Jakarta Pusat

24 comments :

  1. Nah itulah mbak yg bikin galau, es krim legendaris di bbrp kota tu suka bikin galau, halal atau gaknya.
    Wah alhamdulillah ya kalau udah dijawab gak mengandung rum gtu mba. Soalnya terus terang saya ragu nih mau makan di Ragusa. Next time baiklah kalau ke KoTu mau sempetin ke sana, krn penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walau tampilannya kurang cantik, tp yg penting rasanya tak terlupakan. sayang yaa kalau diwadah sekali pakai begitu. apa mungkin gak ada tukang cuci piring gelasnya kali?

      Delete
  2. Ya ampun teh mupeng banget.. aku lumayan sering ke Jakarta buat ketemu klien. Terus kadang suka bingung mau ke mana nungguin jadwal kereta. Ternyata nggak jauh dari ST.Gambir yaa es krim ragusa nya. Mau deh nanti mampir ke sini juga.

    ReplyDelete
  3. wah kebetulan aku belum pernah ajak boyz ke monas (tutup muka). bisa sekalian shalat di istiqlal n makan es krim ragusa yaa.
    sayag pake styrofoam. padahal es krimnya jadi lebih cantik kalo pake piring

    ReplyDelete
  4. Aku belom pernah mampir sini, padahal pernah lewat beberapa kali. Btw itu eskrimnya meni menggoda pisan Lia. Eh kalo disini emang ga bisa lama2 yak, kasian yang lain kalo penuh tuh, gantian hihi..

    ReplyDelete
  5. Ternyata kalau dilihat dari segi penampilan B aja ya, dibandingkan dengan ketenarannya. Tapi rasa es krim rumahan justru amat menggugah selera, enggak kebanyakan perasa gitu ya. Pengin juga nih kapan-kapan kalau ke Jakarta mau nyobain Ragusa.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah mampir k sini mau akh klo sekalian k mesjid istiqlal

    ReplyDelete
  7. Kenapa sekarang pakai styrofoam, ya? Padahal dulu, pakai mangkok porcelain atau alumunium. Biar praktis sekali buang kali, ya? Tetapi, memang jadinya kurang cantik dan banyak sampah

    ReplyDelete
  8. OMG .pas bacanya pas udara sedang haaaawwt yaaa jadi ngiler pengen jajan es krim seketika hahahhahah

    ReplyDelete
  9. Hadeeehhh, pas aku main ke Istiqlal lagi puasa Ramadhan mbaaa
    Jadinya engga sempat mampir ke sini deh
    Pan kapan aku mau cuss ke Monas, dan mampir Ragusa ahhh
    *lap iler*

    ReplyDelete
  10. Salah satu eskrim legendaris yang selalu aku cari bersama keluarga kalau pas lagi keliling di Jakarta Pusat.

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke sini, nanti kalau liburan ke Bogor pengen mampir ke warung es krim legendaris ini ah, penampakannya vintage banget ya kayak Toko Oen Semarang

    ReplyDelete
  12. Aku malah belum pernah ke sini..hiks, dari kapan hari ga jadi-jadi..Padahal sekalian ke Istiqlal bisa ya..duh jadi pengin es krim dah

    ReplyDelete
  13. Lah...aku sudah sering ke Jakarta karena tinggal di Tangerang belum tahu ada es krim legendaris ini di dekat Monas, jadi kepingin icip-icip nih soalnya anak-anakku penggemar es krim semua nih.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya, Mbak. Halal. Kalau belum ada sertifikat Halal dari MUI, mau makan rasanya emang ragu-ragu, apalagi kalau produk yang legend begitu. Bisa buat rekomendasi pas liburan ke Jakarta nih, mampir ke Es Krim Legendaris. Penasaran gimana lembutnya es krim tersebut. Dan aku sudah ngebayangin betapa nikmatnya. Hahahha

    ReplyDelete
  15. Astaga aku dulu waktu ke Jakarta berarti sering lewat doang nih, belom pernah mampir 😅. Kayaknya enak banget tuh eskrimnya apalagi legend gini. Besok masuk daftar listku deh kalau ke Jakarta. Terima kasih infonya ya Mbak.

    ReplyDelete
  16. Ya ampun aku ga pernah perhatikan kalau di dekat monas ada eskrim legendaris kayak gini mbak. Besok masuk daftar listku ini hehe

    ReplyDelete
  17. Waduh, Lia ngeduluin aku. Udah lama juga aku bertekad nyicip eskrim ini. Hahaha... sampe sekarang belom kesampaian. Abisnya kalo ke Jakarta pasti aja buru-buru. Nanti mah kudu diniatin ah, biar tahu kayak apa sih rasanya sampe terkenal gitu. :D

    ReplyDelete
  18. Ternyata letak es krim Ragusa Es Italia cukup dekat dengan Monas ya? Kalau ke Jakarta mau ikut nyobain ah, penasaran dengan kelezatannya

    ReplyDelete
  19. Yaaah sayang banget baru tahu sekarang, padahal Bulan Puasa tahun lalu saya ke Monas lalu ke Istiqlal.

    ReplyDelete
  20. Whoaa ngiler nih baca postingan ini. Bawa rombongan anak-anak pasti tambah seru. Susah diajak pulang pasti

    ReplyDelete
  21. Wuahhh spaghetti ice creamnya sukses bikin ngiler, apalagi akhir-akhir ini cuaca di Mataram panas bangetssss. Padahal lagi musim hujan dong, tapi hujannya tydac ada.

    ReplyDelete
  22. iyaa Ragusa tinggal jalan kaki dari Monas. Tapi sayangnya pagar yang dekat arah Ragusa biasanya digembok jadinya lumayan tuh muter jauh.
    Setiap kali ke Ragusa emang rame, mbak. Berhubung tempatnya sempit, jadi ga bisa nongkrong lama. Selesai makan es krim langsung keluar, udah banyak yang cari tempat duduk.
    Oh ya tahun lalu saya ke sana, es krimnya tetap di wadah yang seperti wadah spaghetti itu lho tapi terbuat dari plastik. Kenapa ini pakai styrofoam ya? kan ga ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  23. Ini es krim jadul yang legend banget itu kan?
    Pengen nyobain ah kalau main ke Jakarta. Kalau di Solo ada juga es krim jadul gitu, namanya es krim tentrem.

    ReplyDelete