Sunday, February 9, 2020

Jajan Cashless di Warung Pinggir Jalan? Bisa...

harga mesin edc

Siang itu hujan turun rintik-rintik. Pulang sekolah, Jav mengajak saya jajan mi ayam dulu sebelum kembali ke rumah. Hmmm, enak juga ya hujan-hujan, dingin, ngemil mi ayam. Cek dompet... duh, uangnya enggak cukup, cuma ada 10 ribu rupiah, huhuhu....

Terbiasa Cashless

Sejak kecil, saya memang enggak biasa membawa uang tunai banyak-banyak. Meski orang tua memberi uang saku mingguan, setiap hari saya selalu membawa uang secukupnya saja. Terus berlanjut hingga saya bekerja dan mempunyai rekening tabungan beserta kartu debitnya. Meminimalkan risiko hilang, jatuh di jalan, dicopet, dan lain-lain.

Apalagi sekarang sudah ada berbagai macam dompet digital, saya semakin irit membawa uang tunai. Pernah tuh kejadian, saya pergi menggunakan GOJEK, jadi ya bayarnya memakai Go-Pay. Setelah kembali ke rumah, baru sadar bahwa ternyata saya berangkat tanpa membawa dompet. Kaget banget. Tapi yang penting sudah aman sampai di rumah, enggak terlantar di jalan, hihihi....

Makanya, kalau cuma pergi mengantar jemput Jav sekolah, saya sudah cukup pede hanya membawa uang 10-20 ribu rupiah, SIM, dan kartu debit. Kecuali jika memang ada keperluan, misalnya mau sekalian ke tukang sayur atau membeli beras, baru saya membawa uang lebih.

Bagi saya, gaya hidup cashless itu banyak manfaatnya. Lebih praktis, karena enggak perlu repot membawa uang tunai banyak-banyak. Lebih aman, meminimalkan risiko hilang dan terhindar dari tindak kejahatan. Lebih hemat, karena jumlah yang dibayarkan sama persis dengan harga yang tertera hingga digit terakhir. Serta lebih rapi dalam pencatatan, sehingga memudahkan penyusunan laporan keuangan. 

Enggak Enaknya Cashless

Meski begitu, saya juga sempat merasa kesulitan gara-gara terbiasa cashless. Waktu itu, setelah mengantar Jav ke sekolah, Mamah tiba-tiba mengajak saya jalan-jalan ke Mutiara Super Kitchen, salah satu tempat belanja perabot rumah tangga di Bandung. Enggak membawa uang banyak sih, tapi karena ada kartu debit, saya pun pede saja memilih-milih barang. Tapi ketika tiba di kasir, mesin EDC-nya eror. Untungnya bareng Mamah, bisa pinjam uang dulu. Kalau sendiri, pilihannya ya cari ATM atau enggak jadi belanja sambil menahan malu, heuheu....

Selain soal mesin EDC yang eror, kesulitan lain yang saya rasakan dari kebiasaan cashless yaitu fasilitas yang masih terbatas. Yup, belum semua merchant menerima sistem pembayaran cashless. Membeli bala-bala, kue cubit, atau seblak basah di pinggir jalan, ya masih harus menggunakan uang tunai, belum bisa gesek memakai kartu debit, hihihi.... 

Makanya, kembali ke soal Jav yang mendadak mengajak jajan mi ayam di awal cerita tadi, saya langsung kebingungan. Mau melipir ke mal, cuma pakai sendal jepit, malu, hihihi.... Tapi jajan mi ayam di pinggir jalan juga, uang tunainya cuma sedikit, enggak cukup. Masa harus ke ATM dulu? 

Untung Ada SPOTS

Bisa beli via Go-Food sih, tapi namanya mi ayam kan paling enak makan di tempat. Rasanya suka berbeda kalau dibungkus. Lalu... ingat Go-Food, saya jadi ingat SPOTS. Kalau enggak salah, saya pernah melihat mesin EDC SPOTS di warung mi ayam langganan kami. Saya dan anak-anak pun langsung meluncur ke sana.

harga mesin edc

Ternyata betul, warung mi ayam langganan kami sudah menggunakan mesin EDC SPOTS. Kami pun bisa ngemil mi ayam dan membayar tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Di sini tuh minya enak. Ayamnya melimpah, daging semua bukan kaleng-kaleng. Apalagi ditambah ceker yang empuk banget. Uh, yummy....

harga mesin edc

Tentang SPOTS

Teman-teman tahu SPOTS enggak? Kira-kira berapa ya harga mesin EDC SPOTS, kok bisa digunakan warung mi ayam langganan kami? 

SPOTS adalah perangkat kasir online dengan sistem Point of Sale (POS) untuk mengelola pesanan. SPOTS merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Produk ini ditujukan bagi UMKM dan pemilik franchise untuk memudahkan proses transaksi. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. 

Selain sebagai perangkat kasir online dengan sistem POS, SPOTS merupakan All in One Device yang bisa digunakan sebagai mesin EDC dan printer. Sebelumnya, mesin EDC SPOTS hanya bisa digunakan untuk pembayaran melalui Go-Pay. Tapi kini sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit loh. Bahkan sebentar lagi bisa menggunakan kartu kredit juga. SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam seperti ini.

harga mesin edc

Bagi saya sebagai pembeli yang memang terbiasa cashless, mesin EDC SPOTS ini benar-benar keren. Bayar menggunakan kartu debit di gerai-gerai di mal sih sudah biasa ya. Tapi kalau bisa bayar menggunakan kartu debit di warung-warung di pinggir jalan juga, wow luar biasa. Memudahkan banget.

Bagi pemilik usaha, dengan harga mesin EDC yang sangat terjangkau, SPOTS ini jelas lebih banyak lagi keuntungannya. 

Multifungsi
Mesin EDC SPOTS terintegrasi dengan GoBiz. Pemilik usaha bisa mengatur menu, menerima pesanan GoFood, mencatat ragam tipe pembayaran, membuat promo diskon, dan mendapatkan laporan harian dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat SPOTS.

Praktis
Perangkat kasir online ini dilengkapi dengan printer yang dapat digunakan untuk mencetak resi penjualan secara instan. Jadi pemilik usaha enggak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.

harga mesin edc

Mudah dan aman
Mesin EDC SPOTS dapat menerima berbagai macam pembayaran non tunai seperti transaksi QRIS, kartu debit, dan lainnya tanpa ribet. Serta kartu kredit juga dalam waktu dekat. Pemilik usaha enggak perlu repot membayar banyak mesin EDC dari berbagai macam bank, cukup membayar satu mesin EDC saja.

Harga Mesin EDC SPOTS

Untuk berbagai fitur lengkap yang integratif dan berkualitas seperti ini, harga mesin EDC SPOTS sangat terjangkau. Untuk pendaftaran, biayanya Rp 490.000. Adapun untuk sewanya, harga mesin EDC SPOTS ini yaitu Rp 4.900 per hari.

Menarik sekali kan. Nah, bagi teman-teman pemilik usaha yang tertarik untuk menggunakan SPOTS juga, bisa mendapatkan informasi dari media sosial SPOTS di https://www.instagram.com/spots.id/ ya.

128 comments :

  1. Betul Nat, aku malah sekarang kalo belanja suka lupa bawa uang cash, karena terbiasa bayar pake M banking - e money - gopay - ovo - DANA dan entah apa lagi.

    Pernah terselamatkan, pergi ke Serang dan.... LUPA BAWA DOMPET! Untuuung tu kartu debet kebawa di saku backpack. Masya Allaaah... dengan ada SPOTS EDC ini aku share ke teman teman UMKM untuk mulai menggunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, terselamatkan sama kartu debit ya...
      Iya mbak, semoga semakin banyak UMKM yang menggunakan SPOTS :)

      Delete
  2. Kalau ada EDC SPOT, andalan banget. Dan skarang ada dimana mana loh ya. Aku nemunya di Makassar mba dan terbantu banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. auto ngiler liat mi ayam. ini kesukaan saya jg. di sini jg ada gerai mi ayam yg bayarnya bs pakai spots tahunya gegara beliau join di merchants gojek gitu

      Delete
    2. Yup, mesin kasir dan EDC dari Gojek ini memang membantu banget :)

      Delete
  3. Asik dah kalo temen2 UKM (terutama kuliner) mulai pakai SPOTS dan mesin EDC-nya ini ngebantu banget bangeeett

    Duh, Mak, aku jadi ngiler ama mie ayamnya iniiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk, jajaaaan dan gabung pake metode cashless society
      Enak dan gampil!

      Delete
  4. Asyik ya kalau resto favorit udah punya spots gini. Jadi lebih praktis kalau mau jajan

    ReplyDelete
  5. Dengan harga sekian, mesin EDC SPOTS menguntungkan bagi penjual ya..operasional usaha jadi makin lancar dan bagi pembeli pun tak harus bayar pakai cash lagi

    ReplyDelete
  6. Wah asyiknya mau jajan di mana aja ngak perlu pusing lagi kalau lupa bawa uang tunai berkat EDC Spots, ngak hanya pakai GoPay ya mbak, pakai kartu debit juga bisa...oke banget layanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah dulu kan tahunya di gerai yg ada di mall ajah. sekarang bs makan di pinggir jalan tanpa ribet. ada cashback pula seringnya, di sidoarjo gitu sih

      Delete
  7. Nah enak nih kalau jajanan di pinggir jalan sudah pada pakai SPOT jadi kalau pas belum ambil uang gak perlu panik. Karena sebagai anak cashless aku kadang mengandalkan debit.

    ReplyDelete
  8. Saya juga termasuk yang tidak suka membawa uang banyak-banyak, alias cashless. Suka merasa khawatir dengan keamanannya. Dengan hadirnya mesin EDC Spots pastinya akan membuat jajan bisa lebih praktis ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat semangkok mie ayamnya jadi pengeen, deh! Kayaknya enak, makan mie ayam panas di saat hujan seperti sekarang

      Delete
    2. Yup, hujan-hujan mau jajan mi ayam enggak perlu repot ambil uang dulu ke ATM ;)

      Delete
  9. Enaknya tuh kalo semua gerobak kaki 5 pake spots yah, ibarat kata sewaktu2 perlu apapun pas gak bawa duit tinggal gesek atau gopay ya

    ReplyDelete
  10. Aku orangnya jarang bawa duit banyak, emang gak punya sih, wahahaha. Paling nyaman pakai chasless emang. Ya itu, biar kalau lagi kemalangan, gak nyesel amat lah kalau duit ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, soalnya saya udah beberapa kali kemalangan, jatuh, dicopet, dll :(

      Delete
  11. Warung soto langgananku sekarang pake spots juga teh seneng deh kalau kurang uang ga perlu dah bolak balik wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kalau cashless macam teteh yang kurang uang di Mutiara Super Kitchen hahaha pilihannya cari ATM atau ga jadi belanja dan ini malu :D

      Delete
  12. Kita hampir samaan, Mbak. Kalau gak ada rencana beli sayur or ke toko kelontong gak pernah bawa cash banyak. Paling 10 aja. Selain itu warung sayu rlanggananku juga udah pakek EDC SPOT. Jadi ya gesek-gesek aja. ATau enggak ya pakek QR code.

    ReplyDelete
  13. Sistem cashless memang memudahkan banget ya. Aku pun suka batasi bawa uang kalo bepergian, takut khilaf jadi beli sesuatu yang gak perlu, ya kan.. :)

    ReplyDelete
  14. emang ya teknologi canggih jaman now mempermudah manusia memenuhi kebutuhannya, hingga buat jualan ataupun beli sesuatu pun tinggal bawa kartu aja trus gesek

    ReplyDelete
  15. Waaah keren ya SPOTS ini sudah merambah ke warung-warung pinggir jalan. Perlahan Indonesia melnagkah menjadi negara dengan pengguna transaksi cashless di dunia.

    ReplyDelete
  16. Mesin SPOTS ini membantu banget ya mbak buat usaha kecil seperti warung mie ayam atau bakso. Selain tercatat laporan keuangannya , yg gak bawa uang tunai juga bisa beli pakai sebut.

    ReplyDelete
  17. Maaf mbak Typo di komen sebelumnya. Yg gak bawa uang tunai tetep bisa beli pakai kartu debit

    ReplyDelete
  18. Mesin kasir pintar spot ini mempermudah bnget yak dh gitu praktis bisa cash, bisa pakai debet dn juga e-digital

    ReplyDelete
  19. Waduh.. Keren. Sampai ke warung pinggir jalan pun cashless. Disini mamak masih main cash. Hihi. Keren ah sejak ada spots ini ya. Mempermudah transaksi penjual n pembeli. Sukaa

    ReplyDelete
  20. Ternyata jajan pinggir jalan jaman sekarang udah beda sama jaman dulu jadi lebih mudah banget ini spots ini aku seneng deh lebih memudahkan

    ReplyDelete
  21. bisa banget sekarang mbak, apalagi kehadiran Spots pasti memudahkan pedagang dan pembeli ya kan

    ReplyDelete
  22. Warung mie ayam kayak gini keren banget. Dengan cashless ini memudahkan banget biki ga ribet nyari kembalian juga.Hehhee

    ReplyDelete
  23. Yuhuu,,kini Jajan di warung gak perlu bawa lembaran2 uang lagi, cukup bawa satu kartu aja,. beres deh, hehehe.. gak kalah sama minimarket.

    ReplyDelete
  24. dompet boleh ketinggalan, tapi hp jangan sampai ya.
    dompet boleh nipis isinya, tapi saldo dompet digital jangan sampai kosong ya

    ReplyDelete
  25. EDC SPOTS ini kece banget ya bikin pembeli dan penjual diuntungkan dalam hal kepraktisan

    ReplyDelete
  26. Makin menyenangkan buat saya yang memang jarang bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Jadi gak kahwatir juga kan kalau ketinggalan dompet. Asalkan jangan ketinggalan hp :D

    ReplyDelete
  27. seneng banget kalo ketemu mesin edc di tempat makan. jadi bisa cashless kaan

    ReplyDelete
  28. Mbak, aku mau juga dijajanin mie ayam! Bayarnya pakai chasless yaaa. Udah gak ada drama nyari kembalian deh

    ReplyDelete
  29. Aihhh pedagang mie ayam pun udah menyediakan mesin EDC ya. Aku pun lebih suka memilih cashless karena males ambil duit di ATM, hahahaa

    ReplyDelete
  30. Wah, jadi ga perlu bawa uang cash ya kalau gini..hihi..pembeli penjual sama2 untung. Penjual tidak perlu bingung pengembalian, pembeli bisa bayar uang pas dan bisa untung kalau pas ada promonya

    ReplyDelete
  31. Sebagai anak cashless aku happy banget sekarang ditempat langganan jajanku juga sudah pakai SPOTS. Jadi kalau belum ambil uang gak perlu khawatir lagi deh.

    ReplyDelete
  32. Eh iya, beberapa Kali lihat mesin EDC SPOTS nangkring di meja kasir saat makan Di waring kecil. Kereen ya sekarang cashless sudah meluas ke usaha pinggir jalan

    ReplyDelete
  33. Saya juga suka banget dengan gaya hidup cashless ini. Terasa aman dan nyaman saat jalan-jalan. Nggak takut ada yang berbuat jahat karena nggak bawa uang cash haha.

    ReplyDelete
  34. Wah sekarang mau Cashless jadi lebih mudah ya mbak. Berharap juga ga usah pake struk jadi hemat kertas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya... Kaya di informa/ace hardware ya, struknya dikirim via email :D

      Delete
  35. Keren ya sekarang mah. Bahkan tukang jajanan pinggir jalan aja udah pake mesin EDC. Emang memudahkan manage segala sesuatunya sih ya.

    ReplyDelete
  36. Bermanfaat banget ya spots ini untuk pengusaha UMKM selain memudahkan pembayaran juga mencatat transaksi tiap hari jadi lebih rapi

    ReplyDelete
  37. Mie ayaaamm...aku suka banget.
    Kalau di Bandung, sukanya Mie Ayam Cipaganti.

    Pakai EDC SPOT sungguh memudahkan para pedagang dalam mengatur keuangan yaa..
    Ini penting buat ngitung laba bersih, dll.

    ReplyDelete
  38. Wah sama ya Teh. Dulu juga waktu masih di Bandung aku suka beli perabotan rumah tangga ke mutia ra kichen juga. Soalnya murah sih 😍. Oh ya ngomong-ngomong ya Teh, sekarang tu nggak bawa cash kita punya pilihan lain. Soalnya banyak tempat yang udah kerja sama dan punya mesin EDC spots. Jadi kita bisa bayar pakai gopay atau kartu kredit enak. Udah gitu untuk penjualnya juga praktis dan pembukuan juga jadi rapih dan cepet. Bener-bener teknologi yang memudahkan menurut aku

    ReplyDelete
  39. Mienya menggoda mbaaakk. Ayamnha banyak gede2 tebel2 eemmm yummy. Btw aku bersyukur ada mesin edc spots ini dan juga ingin memilikinya juga buat operasional di kedai kopiku. Makasih share pengalamannya y mbk. Makin yakin beli mesin edc spots ini

    ReplyDelete
  40. Sekarang warung pinggir jalan udah berinovasi dan modern ya kalau menggunakan mesin EDC Spots, jadi bisa bersaing dengan cafe atau tempat nongrong lain nya,karena anak muda sekarang lebih suka yang praktis dan nggak ribet

    ReplyDelete
  41. Wuihhh, ini mah namanya canggih betulll!

    jajan di pinggir jalan pun bisa cashless, betapa bahagianya hati saya kalau gini :)

    Lebih modern ya, bahkan warungpun mendukung cashless :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, soalnya biayap sewanya murah banget, terjangkau untuk warung-warung...

      Delete
  42. Pernah aku gi outing sm adikku, terus dia minta jajan sosis bakar ga bawa cash cm HP doank untung aku ada gopay, scan terus beres makan deh😊

    ReplyDelete
  43. Ulala makan mie ayam juga bisa cashless yaa sekarang. Aku pun menikmati kemudahan ini, deket rumah pake SPOTS jadi bisa jajan lebih mudah tinggal bawa debit

    ReplyDelete
  44. Dengan perangkat kasir begini pedagang UKM bisa go profesional ya. Praktis dan mudah. Yg belanja online akan dipermudah banget nih...

    ReplyDelete
  45. Kebayang ini sekarang tukang jajanan pinggir jalan pasti ramai sekali ya, karena sekarang sudah dimudahkan untuk pembayaran dengan menggunakan debit.

    ReplyDelete
  46. Aku kira SPOTS ini cuma alat hitung kasir. Eh ternyata ini mengatur semua sistem perkasiran. Bikin praktis para pengusaha ya. Mana harga sewanya terjangkau pula.

    ReplyDelete
  47. Aku pun lebih suka cashless deh. Cuma bawa HP dan kartu debit, cus langsung jalan. Eh tapi...bawa KTP dan SIM juga deng. Semakin praktis kalau mau jajan yah...

    ReplyDelete
  48. Seneng banget ya kita hidup dijaman digital kaya skrang mau kmna2 gk perlu bayar uang cash tapi ttep bisa blanja asal ada mesin edc mah keren deh

    ReplyDelete
  49. Huwaaa mie ayamnya bener2 menggodaku nih hahaha :D
    Iya bener skrng kyknya beberapa tenant bahkan yang jualannya di rombong gtu udah banyak yang pakai mesin edc juga ya mbak, asyik jdnya bisa gampang kalau jajan cashless

    ReplyDelete
  50. aku belum ketemu nih dengan mesin SPOTS di warung jajanan langgananku, padahal pengen banget nyobain mesin pintar ini

    ReplyDelete
  51. Makin bahagia aku tuh sekarang, jajan mi ayam atau baso aja bisa cashless macam ni. Mesin EDC Spot memang kece nih

    ReplyDelete
  52. makan mie ayam udah bisa cashless ya sekarang dan harganya pun terjangkau buat penjual.

    ReplyDelete
  53. Spots cocok banget nih buat yang lagi buka usaha. Pake spots ini infonya bisa mempermudah transaksi dan ngitung pembukuannya juga

    ReplyDelete
  54. Senengnyaa....sekarang gaperlu bawa-bawa uang cash yang banyak di dompet.
    Karena ada alat EDC SPOTS yang membantu sekali.
    Kalau menggunakan SPOTS dikenakan charge gak?

    ReplyDelete
  55. Semoga semakin banyak pedagang yang menggunakan EDC SPOTS ini ya Moms, Jadi kita gak perlu khawatir lagi saat tidak membawa uang tunai saat ingin kulineran di pinggir jalan

    ReplyDelete
  56. kebahagiaan luar biasa di jaman sekarang adalah, kalau lupa bawa dompet, tetap masih bisa terselamatkan dengan berbagai transaksi cashless. Mantap nih bisa jajan mie ayam tanpa pakai uang tunai. Duh kan, saya jadi mendadak kangen makan mie ayam di dekat kantor saya dulu deh.

    ReplyDelete
  57. Duh kebayang, engga bawa cash, mesin EDC error. Musti bawa teuteup yah, untuk jaga-jaga. Kalau ada EDC apalagi SPOTS ya tetep pilih SPOTS aja. Praktis. Semoga makin banyak nih pengusaha kuliner UMKM juga pakai SPOTS.

    ReplyDelete
  58. Wah mesin EDC spots Makin merambah ke UMKM & kios pinggir jalan yah mom. Menurutku emang simple sih bisa pakai cash, debit juga OVO GOPAY juga. Semoga makin memudahkan para pelaku usaha

    ReplyDelete
  59. Lanjutin enggak enaknya cashless... pernah baca di thread di twitter katanya sih bisa bikin makin boros kak. Ya karena secara emosi kita gak keluar duit.

    Tapi.. manfaatnya emang luar biasa sih. Jadi dimudahkan banget deh.

    ReplyDelete
  60. wah kira-kira di kotaku sudah ada belum ya yang pakai SPOTS ini. Lumayan banget jadinya kalau nggak bawa cash bisa gesek

    ReplyDelete