Thursday, June 4, 2020

9 Alasan Kenapa Harus Memiliki ASUS ExpertBook B9450


Perempuan itu berjalan keluar dari lift. Suara high heels-nya bergema di sepanjang lorong. Dia berjalan dengan anggun sambil memeluk sebuah laptop di dada.

Adegan tersebut saya bayangkan sesaat sebelum tidur pada malam menjelang sidang ujian tugas akhir. Yup, saya berharap, setelah lulus kuliah bisa bekerja kantoran lengkap dengan segala pernak-perniknya, termasuk high heels dan laptop, hihihi...

Kesampaian? Enggak, hihihi... Selesai sidang bahkan wisuda pun belum, saya langsung ditarik menjadi asisten peneliti di kampus. Setelah resign, saya masih sesekali ikut proyek di konsultan swasta sambil membantu perusahaan keluarga. Tapi enggak ada tuh ceritanya memakai high heels, terlalu keren, hehehe.... Akhirnya punya laptop juga sih, tapi laptop pertama saya itu besar dan berat, enggak kece, hehehe....

Teman-teman pebisnis pastinya menggunakan laptop sebagai senjata utama ya. Kali ini, saya akan menyampaikan informasi mengenai laptop bisnis yang powerful dengan tingkat keamanan luar biasa, namun tetap tipis dan ringan. Memang ada?

Ada dong. Namanya ASUS ExpertBook B9450. Baru rilis tanggal 2 Juni kemarin. Acara launchingnya bisa disaksikan di CNN Indonesia dan Metro TV. Nah, bagi teman-teman yang ketinggalan, boleh menyimak artikel saya ini ya.

Jadi, ada 9 alasan kenapa teman-teman pebisnis harus memiliki laptop bisnis paling canggih dan mewah, ASUS ExpertBook B9450 ini. 

Pertama,
Ringan dan Ringkas

ASUS ExpertBook B9450 merupakan laptop bisnis paling ringan di dunia dengan bobot hanya 870 gram. Wow, enggak sampai 1 kilo… Perjalanan bisnis bakal menjadi menyenangkan nih. Dimensinya pun sangat ringkas dengan bodi lebih kecil dari kertas A4 dan tebal 1,49cm enggak lebih dari baterai AA. Dengan teknologi NanoEdge Display, memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis hanya 32,0x20,3cm dan screen-to-body ratio hingga 94%.


Meski ringan namun tetap kokoh karena menggunakan bahan khusus yaitu magnesium lithium. Lebih ringan dari magnesium aluminium dan alluminium alloy dengan tingkat kepadatan hanya 1,51 gram/cm3. Proses pembuatannya enggak sembarangan. Melalui 21 tahap manufaktur.

ExpertBook B9450 juga menggunakan desain fair-faced concrete yang dibentuk sangat presisi. Sehingga semakin kokoh, premium, dan istimewa. Dibuat menggunakan metode CNC milling serta telah dilengkapi dengan lapisan khusus pencegah korosi menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating sehingga semakin tangguh.

Kedua,
Powerful

ExpertBook B9450 ditenagai oleh prosesor Intel Core 10th Gen terbaru yang hadir dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Ada 2 varian. Varian yang menggunakan Intel Core i5-10210U hadir untuk pengguna dengan kebutuhan standar, sementara pengguna yang membutuhkan performa lebih dapat memilih ExpertBook B9450 yang mengusung prosesor Intel Core i7-10510U. Keduanya menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan sehari-hari.


Didukung oleh memori berkapasitas besar yaitu hingga 16GB yang mendukung fitur dual channel, serta dua buah media penyimpanan menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB.

Selain itu merupakan salah satu laptop yang menjadi bagian dari Project Athena yang digagas oleh Intel. Laptop yang merupakan bagian dari Project Athena harus memenuhi standar kualifikasi khusus dari Intel, mulai dari fitur, performa, responsivitas, hingga daya tahan baterai.

Ketiga,
Kapasitas Baterai Besar

Meski ringan tapi daya tahan baterainya luar biasa. Soalnya ASUS memiliki inovasi dengan memaksimalkan setiap ruang di ExpertBook B9450 agar dapat diisi oleh baterai. ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan 2 varian baterai. Varian yang menggunakan baterai 33Wh dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan, sedangkan varian yang menggunakan baterai 66Wh dapat bertahan hingga 24 jam penggunaan.


Laptop ini juga hadir dengan layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR) yang memungkinkan layar pada ExpertBook B9450 mengkonsumsi daya jauh lebih rendah dari layar standar. Apaan tuh? Dengan teknologi PSR, layarnya dilengkapi dengan memori khusus sehingga setiap tampilan statis (Microsoft Office, dokumen PDF, dll) dapat diproses tanpa melalui chip grafis. Konsumsi daya pun dapat dikurangi hingga ke angka 1 Watt. Begitu…

Keempat,
Sistem Pendingin Cerdas

Agar dapat bekerja dengan nyaman dan tenang, ASUS menghadirkan sistem pendingin yang mumpuni. Sistem pendingin yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah Advanced Thermal Module. Dimensinya 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mempu memberikan performa pendinginan yang mumpuni. Advanced Thermal Module ini memiliki 3 kelebihan.


Kelebihan pertama, menggunakan tilted heatsink design, sehingga dapat mengalirkan udara secara optimal. Kelebihan kedua, struktur sistem pendinginnya (dari heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas) merupakan satu bagian, enggak disambung-sambung. Sehingga dapat meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas. Kelebihan ketiga, setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan alluminium alloy sehingga memiliki bobot yang lebih ringan.

ExpertBook B9450 juga memiliki lapisan anti-panas, yaitu graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard. Fungsi utamanya adalah mencegah panas berlebih. Jadi panasnya dapat disalurkan dengan baik dan tidak menyebar ke bagian keyboard dan sekitarnya. Nyaman terus deh…

Kelima,
Konektivitas Lengkap

Faktor terpenting nih untuk sebuah laptop bisnis. ExpertBook B9450 dilengkapi dengan konektivitas melalui ethernet (LAN) yang dapat dilakukan menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. Serta telah dilengkapi dengan chip mac address permanen sehingga mendukung penggunaan dalam skala enterprise dimana setiap laptop perusahaan harus memiliki physical address agar mudah di-manage dan dikenali.

ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 merupakan port berteknologi terkini yang bukan hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer data tetapi juga sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya. Thunderbolt 3 juga dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat modern. Contohnya nih, teman-teman yang menginginkan performa grafis lebih kencang dapat menghubungkan ExpertBook B9450 dengan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2.


Untuk konektivitas nirkabelnya, paling modern juga nih. Yaitu Wi-Fi 6 (802.11ax) yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi dan lebih stabil. Selain Wi-Fi 6, ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.

Keenam,
Tangguh

Ketangguhannya enggak perlu diragukan lagi karena telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan bersatandar militer AS (MIL-STD 810G). Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9450, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan diu ketinggian serta suhu ekstrem. Semuanya lolos!


Struktur internal ExpertBook B9450 dilengkapi dengan kontruksi pelindung ekstra yang memastikan setiap engsel, port, dan bagian rentan lainnya terlindungi. Komponen sensitif seperti motherboard pun dilengkapi dengan peredam getaran. Struktur dengan desain grid pada rangka juga memperkokoh keseluruhan bodinya.

Keyboardnya memiliki fitur spill-resistant atau tahan terhadap tumpahan cairan. Data bisnis aman, laptop pun tetap masih bisa digunakan.

Ketujuh,
Sistem Keamanan Canggih

Di era informasi seperti saat ini, data merupakan aset paling berharga. Makanya ExpertBook B9450 hadir dengan serangakain fitur keamanan kelas enterprise, yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar. ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga teman-teman enggak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Bisa melalui fingerprint sensor atau facial recognition sensor. 

ExpertBook B9450 juga memiliki fitur yang memungkinkan teman-teman untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Selain itu, ExpertBook B9450 juga memiliki fitur ekstra seperti fitur USB Storage Block sehingga teman-teman enggak bisa menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator. Insya Allah bakal aman dari malware.

Fitur lainnya adalah Secure File Shredder yang memungkinkan teman-teman untuk menghancurkan file digital hingga enggak dapat dipulihkan. Jadi peretas enggak akan bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus. 

Kedelapan,
Nyaman

Desain ErgoLift pada ExpertBook B9450 memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. Bikin nyaman ketika mengetik. Desain ErgoLift juga menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini. Sehingga sistem pendinginan tetap optimal dan membuat speaker yang berada di bawah bodi dapat tampil lebih kencang dan jelas. Layarnya juga dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan ketika berbagi tampilan layar.


Keyboard ExpertBook B9450 dilengkapi backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas. Serta berbagai tombol shortcut untuk mempermudah penggunaan seperti men-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam. 

ExpertBook B9450 juga mendukung fitur Link to MyASUS. Fitur baru ini dapat mengirim file dari dan ke smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, screen mirroring untuk mengontrol smartphone, dan sebaliknya screen extender yang memungkinkan tampilan layar ExpertBook B9450 dapat dihadirkan di smartphone. 

Kesembilan,
Fitur Lengkap

Untuk video conference, ASUS ExpertBook B9450 memiliki IR camera dengan resolusi HD yang sangat mumpuni. Bagi teman-teman yang menginginkan keamanan dan privasi ekstra, ExpertBook B9450 juga telah hadir dengan fitur webcam shield, untuk membuka-menutup kamera secara fisik itu loh.


ASUS ExpertBook B9450 juga pastinya hadir dengan speaker yang telah mendapatkan sertifikasi dari Harman / Kardon. Selain memiliki kualitas suara yang sangat baik, juga telah dilengkapi dengan fitur Smart Amps Chip yang memungkinkan speaker dapat mengontrol frekuensi suara secara cerdas.

Mikrofonnya dirancang khusus untuk kegiatan video conference. ExpertBook B9450 memiliki empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus dan dilengkapi dengan 360-degree far field yang memungkinkannya untuk merekam suara lebih jelas. Mikrofon di ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan fitur noise cancelling yang memungkinkan suara di sekitar dapat diredam. #AsusExpertBookB9

Itu dia sembilan keunggulan ASUS ExpertBook B9450. Bikin mupeng enggak sih? Saya sih mupeng banget…

Bagi teman-teman yang ingin segera memiliki laptop bisnis ini, ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan harga mulai dari Rp27.499.000 dan telah dapat didapatkan melalui channel online berikut ini: 



Berikut spesifikasinya ya.


3 comments :

  1. ini sih senjata andalan buat meraih bisnis million dollars :-D

    ReplyDelete
  2. spek bagus sih.. tapi harga bagus juga hehe

    ReplyDelete
  3. Sebagai pemakai Asus, dari handphone sampai laptop, ga pernah dibikin kecewa. Laptop Asus saya yg sekarang meski udah lecet dan agak kadaluarsa tapi masih bandel. Semoga aja ada yg ngasih duit segepok biar bisa beli ginian.

    ReplyDelete