Wednesday, April 28, 2021

Cara Asyik Mengenal 25 Nabi dan Rasul


Iman Sebelum Quran

Pendidikan iman wajib ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Eits, pendidikan iman itu bukan hanya menghapal rukun iman dan rukun Islam ya, tetapi menumbuhkan keyakinan dan kecintaan anak pada Allah, Rasul, dan Islam.

Menurut Ustaz Hasan Faruqi, ketika saya mengikuti webinar "Fondasi Iman Itu Bernama Cinta", pendidikan iman bisa dilakukan melalui kegiatan berkisah. Yup, termasuk iman kepada Nabi dan Rasul, bisa ditumbuhkan dengan cara berkisah ataupun membacakan buku mengenai Nabi dan Rasul.


Kartu Permainan 25 Kisah Nabi dan Rasul

Nah bulan Ramadan tahun ini, Zizalia bersama After Hijra, menghadirkan media pembelajaran seru untuk mengenalkan 25 Nabi dan Rasul. Media pembelajaran tersebut berupa kartu permainan sehingga anak bisa belajar mengenal 25 Nabi dan Rasul melalui berbagai permainan kartu yang menyenangkan.

kartu permainan 25 kisah nabi dan rasul

Kartu Permainan 25 Kisah Nabi dan Rasul ini terdiri dari 50 lembar kartu bermain, 1 lembar kartu informasi dan 2 lembar kartu cara bermain. Bisa digunakan untuk 4 jenis permainan, yaitu:
  • Memory Game
  • Match-up Game
  • Sorting Game
  • Guessing Game


Dengan ilustrasi faceless dan full color, kartu permainan ini berbahan art carton laminasi glossy dan berukuran A7.

Selain itu, kartu permainan ini juga dilengkapi dengan Peta Jejak Nabi dan Papercraft Bahtera Nabi Nuh pada kemasannya.

Review Kartu Permainan 25 Kisah Nabi dan Rasul

Pertama kali melihat penampakan kartu ini, saya (dan anak-anak) langsung suka. Bukan hanya mewah karena dibuat dari bahan art carton dan laminasi glossy. Ilustrasinya pun menarik dengan warna-warna yang cerah dan cantik. Ukurannya juga pas, sehingga nyaman ketika dipegang dan dimainkan.


Selain ilustrasinya yang eye catchy berwarna-warni, informasi yang tercantum pada kartunya pun lengkap. Jadi, 1 nabi terdiri dari 2 kartu. Kartu pertama berisi informasi mengenai nama Nabi, urutannya, dan kisah singkatnya. Adapun kartu kedua berisi informasi nama Nabi, urutannya, ayat Al-Quran yang sesuai dengan kisah Nabi tersebut, tempat diutusnya, dan umat yang didakwahi.


Semua informasi tersebut merujuk pada referensi yang sahih. Oh iya, kartu Nabi dengan gelar Ulul Azmi diberi tanda bintang.


Memang seru sih memainkannya. Belajar mengenal 25 Nabi dan Rasul terasa lebih menyenangkan karena caranya yang interaktif dan lebih menantang. Jenis dan level permainannya pun bisa disesuaikan dengan usia anak. Meski pada kotak kartunya disebutkan bahwa kartu permainan ini diperuntukkan untuk anak berusia 4 tahun ke atas, tapi Rashya juga sudah bisa ikut memainkan.


Biasanya bersama Rashya (3 tahun) dan Jav (10 tahun), kami memainkan Match-Up Game, Sorting Game, dan Memory Game level rendah. Sedangkan kalau cuma sama Jav, kami bisa bermain Guessing Game dan Memory Game level tinggi, serta beberapa modifikasi permainan lainnya.


Kegiatan yang asyik banget untuk mengisi waktu sambil ngabuburit. Bukan hanya dapat belajar dan meneladani kisah 25 Nabi dan Rasul, tetapi bisa sekaligus melatih kemampuan kognitif juga.

Apalagi dilengkapi dengan bonus peta dan papercraft pula. Belajarnya semakin afdal. Jangankan anak-anak, saya sendiri merasa terbantu banget dengan adanya Peta Jejak Nabi, karena menjadi lebih mudah membayangkan dan mengingat tempat para Nabi diutus.


Begitu pun dengan Papercraft Bahtera Nabi Nuh, bisa mengasah keterampilan anak. Jika butuh tutorial, bisa dilihat channel Youtube Zizalia dan After Hijra Kids.

Selain itu, saya juga mengapresasi sekali tulisan 'Bismillah' yang tercantum pada tutup kemasannya. Membantu mengingatkan anak-anak agar terbiasa memulai segala sesuatu dengan mengucapkan 'Bismillah'.


Teman-teman tertarik? Manfaatnya yang banyak dan desainnya yang menarik membuat Kartu Permainan 25 Kisah Nabi dan Rasul ini cocok dijadikan sebagai hadiah Lebaran untuk anak-anak dan keponakan loh....

~~~

Kartu Permainan 25 Kisah Nabi dan Rasul
Harga: Rp 75.000
Instagram: @zizalia.id dan @afterhijra

18 comments :

  1. Ada peta jejak baginya juga ya, serta bagus juga warna warni kartu nya untuk tiap Nabi, jadi mudah dihapal

    ReplyDelete
  2. Mudah digenggam sama anak yah mba, trus didukung dengan gambar animasi jd ngejelasin anak tuh gak belibet. Noted nih buat list untuk anak

    ReplyDelete
  3. Media belajarnya menarik mbak, jadi tidak sekedar hapal namanya tapi juga cerita dan sejarahnya ya. Permainan yang berfaedah untuk anak-anak di usia seperti itu, tentunya tetap dalam bimbingan orang tua

    ReplyDelete
  4. Keren nih, kartu-kartunya, Mbak. Dengan begini, si kecil akan lebih mudah mengenal 25 Nabi dan Rasul. Dengan ilustrasi memikat dan warna-warna cerah membuat anak-anak semakin antusias.

    ReplyDelete
  5. Wah bagus banget kartunya, Mbak. Jadi naksir. Kebetulan di sekolah anakku lagi belajar tentang Nabi dan dia agak kesulitan memahami. Kalau dibantu dengan kartu permainan seperti ini mungkin bisa lebih mudah mengenali 25 nabi dan rasul ya.

    ReplyDelete
  6. Aku juga masih PR ini untuk ngajatin nama-nama nabi ke anak-anak. Btw beberapa kali coba dengan permainan karti mirip seperti ini. Memang cukup works buat anak2ku.

    Hmm.. Tapi untuk kartu nabi-nabi ini belum punya sih ekekek

    ReplyDelete
  7. waini... jadi lebih menyenangkan lagi belajarnya dengan alat kece yang bisa dibawa kemana mana dan bikin anak seneng dan ngga bosen

    ReplyDelete
  8. Cocok banget buat kado ultah ponakan nih yg berusia 2 tahun. Dia lagi seneng gambar2 spt itu. Jadi bs sekalian dijelasin soal nabi dan cerita2 di belakangnya. Kereeen.

    ReplyDelete
  9. Seru banget ini, belajar sambil bermain. Bakalan sangat mudah untuk dipahami oleh anak-anak.

    ReplyDelete
  10. Dengan begini anak anak lebih cepat menghapal tapi tidak terbebani ya, apalagi warna warnanya menarik anak anak pasti suka memainkannya...

    ReplyDelete
  11. Masya8, belajar Nabi untuk anak jadi lebih menyenangkan ya Mbak dengan cara main games seperti ini. Dengan begini biasanya anak-anak lebih mudah menyerap informasi dan menyimpan dengan baik ya di memorinya.
    Mau juga ih tuk anak-anak.

    ReplyDelete
  12. Pas banget ini Mbak... lagi nyari juga buat ngajarin anak sambil main, mengenalkan 25 rasul melalui kartu-kartu eye catcy yg kece dan banyaak, sampai 50 kartu ya, noted deh tfs Mba

    ReplyDelete
  13. Pas banget ini Mbak... lagi nyari juga buat ngajarin anak sambil main, mengenalkan 25 rasul melalui kartu-kartu eye catcy yg kece dan banyaak, sampai 50 kartu ya, noted deh tfs Mba

    ReplyDelete
  14. Ihhh unik dan lucu dan rapi banget kartunya. Kayanya cocok banget buat hadiah kalo ntar punya anak atau untuk anak-anak pada umumnya yaaa. Warna yang cerah pas banget kayanya untuk psikologi anak. Thx 4 sharing mba Nathalia, keep on blogging <3

    ReplyDelete
  15. Seru nih kartu permainannya! Ketimbang main monopoly mending mainin kartu permainan yang satu ini! Selain bisa puas dan seneng pas mainnya juga bisa sambil kasih edukasi buat si kecil tentang 25 Nabi dan Rasul. Maasyaallah!

    ReplyDelete
  16. wah iya seru ya mbak
    bermain sambil belajar memang selalu membuat anak anak senang ya mbak
    pengen beli buat anakku

    ReplyDelete
  17. Kok seru banget kelihatannya, cocok sekali buat anak zaman sekarang. dari pada main hp terus, sepertinya mainin kartu ini lebih bermanfaat.

    meluncur ke instagram

    ReplyDelete
  18. Masya Allah, peta jejak Rasul itu bikin aku terharu. Bukan cuma anak yang harus paham tentang sirah nabi, emaknya juga harus tahu. Pembelajaran lewat kartu gini bikin anak nyaman dan gak bosan pastinya. Bisa cepat masuk ke pikiran bawah sadarnya karena dilakukan dengan rileks.

    ReplyDelete