Tuesday, May 31, 2022

Review Baso Urat Saturnus

review baso urat saturnus

Beberapa hari terakhir ini Bandung lagi dingin. Bawaannya bikin malas mandi mager dan jadi ingin ngemil terus. Paling enak memang ngebakso nih. Akhirnya weekend kemarin ngajak suami ngebakso di Baso Urat Saturnus.

Baso Urat Saturnus yang memiliki tagline 'Jangar jadi Cenghar' ini ngehits banget loh di Bandung. Cabangnya sudah ada beberapa. Tapi kalau kami sih pastinya mengunjungi pusatnya aja di Margahayu Raya, yang terdekat dari rumah.

Sebelumnya kami pernah beberapa kali ke sana pas awal Baso Urat Saturnus ini baru dibuka. Selanjutnya karena pandemi, pesan lewat aplikasi ojek online aja. Tapi tahu kok kalau tempatnya sudah menjadi lebih luas, karena kami sering sekali lewat di depannya.


Yup, jadi awalnya Baso Urat Saturnus ini tempatnya memang sangat terbatas. Namun sekarang jauh lebih luas, memaksimalkan lahan yang ada. Selain lebih luas, kini tempatnya juga menjadi semakin nyaman. Bahkan disediakan high chair juga loh untuk bayi. 

Tapi tetap aja sih, tempat parkirnya mah terbatas. Makanya mumpung waktu itu Jav lagi belajar bareng di rumah temannya, kami bisa pergi ke sana bertiga aja sama suami dan Rashya pakai motor.


Ketika tiba, kami langsung memesan makanan di kasir. Pegawainya kompak dan rapi dengan seragam dan penutup kepala warna hitam. Setelah mendapat nomor pesanan, baru deh mencari tempat duduk. Meski ramai, alhamdulillah masih bisa memilih tempat duduk dengan leluasa.

Enggak menunggu terlalu lama, pesanan kami pun sampai. Mie Baso Kecil untuk Rashya, Mie Baso Urat untuk suami, dan Mie Baso Cincang untuk saya. Ada bihun juga sih, tapi kebetulan hari itu kami semua lagi kepingin mie. Oh iya, enggak lupa kami juga memesan Es Campur untuk dinikmati bersama-sama.

Mie Baso Kecil (Rp 19.000)

Meski cukup sering memesan secara online, rasanya memang beda ya kalau makan langsung di tempatnya. Lebih nikmat.

Mie dan sayurnya sih standar lah ya. Yang spesial memang bakso dan kuahnya. Kuahnya gurihnya pas, enggak lebay. Apalagi ditambah kecap, saus, sambal, sukro, dan kerupuk aci. Habis sampai tetes terakhir, hihihi....

Mie Baso Urat (Rp 23.000)

Baksonya, beuh enak. Lembut banget. Bakso uratnya grenyel-grenyel, tapi tetap empuk. Begitu juga dengan bakso cincangnya, lembut di luar, kenyal di dalam dari daging cincangnya.

Lain kali mau mencoba Bakso Busetnya ah, bakso urat isi daging cincang, pasti double nikmatnya, hehehe.... Tapi sedih banget nih, saya baru ingat pas menulis ini, waktu itu saya lupa enggak pesan cekernya, huhuhu....

Mie Baso Cincang (Rp 23.000)

Kalau dari segi porsi, cukup sih. Enggak kurang dan enggak bikin kekenyangan juga. Tapi untuk balita seperti Rashya ternyata porsinya terlalu besar. Makanya waktu itu suami kebagian menghabiskan mienya, sementara saya menghabiskan baksonya.

Makan bakso memang paling cocok ditemani dengan es campur. Nah, kalau es campurnya, kami baru mencoba pertama kali nih. Dari penampilannya sih cukup menggoda ya. Isinya pun cukup lengkap. Ada kelapa, avokad, pacar cina, kolang-kaling, dan nangka. Awalnya enggak berharap apa-apa. Tapi ternyata rasanya mirip sama es campur yang terkenal itu. Recomended. Selain es campur, minuman lain bisa langsung diambil di kulkas.

Es Campur (Rp 15.000)

Oh iya, sebelum pulang, kami membungkus Cireng Saturnus juga, oleh-oleh buat Jav. Tipe-tipe cireng isi gitu. Perpaduan garing, kenyal, dan gurih. Suami beli yang isi keju dan ayam pedas. Meski ukurannya enggak terlalu besar, tapi dua-duanya enak. Sayang, saya lupa enggak foto cirengnya.

Baso Urat Saturnus
Jl. Saturnus Raya No. 50, Margahayu Raya, Bandung
Lokasi lain, cek IG: @basouratsaturnus

~~~

Tulisan ini dibuat untuk 'Nulis Kompakan Mamah Gajah Ngeblog' Bulan Mei.
Topik: Review Produk

8 comments :

  1. Biasanya saya nggak terlalu suka mie bakso (kalo mie ayam, oke 👌) tapi baca review-nya Teh Nat jadi kabita iiih... Kapan-kapan kayaknya bisa nih kita ngebakso bareng ;)

    ReplyDelete
  2. duuuhhh ... hujan gini meni kepingin makan baso deh Teh Nathalia menggoda pisan fotonya

    kalau di dekat rumahku daerah Condet ada namanya baso H. Soni ... enak juga. tapi liat pelayannya keren yang saturnus he3 ...

    ReplyDelete
  3. Sungguh bikin ngiler. Sesama tinggal di Bandung tapi aku belum pernah nyoba Bakso Saturnus. Hip ternyata. Kayaknya di utara belum ada outletnya. Apa udah ada tapi nggak ngeh aja ya. Haha. Disini yg hip mie gacoan. Kayaknya udag beberapa liat outletnya.

    ReplyDelete
  4. Saya orang Bandung tapi belum pernah nyoba baso saturnus. Ka mana wae yaa.. Ahahaa.. Paling seneng sih kalo ke tempat makan baso yang bersih, apalagi pelayannya sampe pake seragam rapi. karna rasanya masih banyak kan ya tukang baso yang tempatnya kurang bersih. Walaupun enak, tapi kalau tempatnya kotor kan jadi kurang nikmat ya makannya. Heu..

    ReplyDelete
  5. Kami sekeluarga penyuka bakso, maklum orang Solo asli yang tiap belokannya selalu ada tukang bakso hehe. Tapi karena lidah kami terbiasa dengan cita rasa bakso Solo, sulit rasanya mencari warung bakso yang cocok buat kami di Bandung ini. Hanya ada beberapa yang cukup approved, yang lain rasanya kurang lekoh. Baca review Teteh jadi pengen nyicip juga, mudah-mudahan ada waktu mampir ke sana.

    ReplyDelete
  6. Baca ini pas lagi ujan-ujan.. auto kabitaaa apalagi lihat ditambah sambel ama sukro nya 😋

    ReplyDelete
  7. Aku tuh dulu liat bakso.. duh nggak gitu suka, gak gitu selera. Tapi setelah merantau ya ampunnnnnn pengen makan bakso itu sesuatu yang berhargaaaaaaaaaaa bngt!

    Dan liat postingan teteh ini bikin pengen lari pulang huhuhu. Apalagi ada es campurnya. Aduh, Bandungku sayang Bandungku tercinta, semoga bisa segera ke sana, bawa anak-anak makan bakso 'beneran'... Makasih ya teh tulisannya. Jadi tahu surga makanan di Indonesia.

    ReplyDelete
  8. waduh membaca deskripsi dari baksonya an foto-fotonya, aku yang baru makan indomie karena abis kehujanan jadi lapar lagi. Padahal di sini ada juga tuh mie bakso, tapi ga ada yang jual mie bakso plus es campur sekaligus kayak di indonesia.

    ReplyDelete