Friday, May 27, 2022

5 Channel Youtube Favorit untuk Olahraga di Rumah


Awal Ramadan kemarin, kelas SHiNE Dance Fitness yang saya pandu terpaksa harus libur beberapa minggu. Soalnya di rumah sedang ada tukang yang bolak-balik keluar masuk rumah. Maklum, belum mempunyai ruang khusus untuk studio. Jadi enggak mungkin saya keukeuh senam di ruang tamu, sementara tukang bolak-balik jalan di belakang saya, hihihi....

Ketika libur itu, ada peserta yang meminta rekomendasi channel olahraga di Youtube. Saya langsung bingung. Padahal dulu saya mempunyai beberapa channel Youtube favorit untuk olahraga di rumah. Tapi karena beberapa bulan terakhir ini fokus sama SHiNE Dance Fitness, yang lain jadi terlupakan.

Nah, sekarang saya mau share ah beberapa channel Youtube favorit saya untuk olahraga di rumah.

Walking Workout

Jalan kaki tapi sambil workout seluruh tubuh? Teman-teman bisa melakukannya bersama Keoni Tamayo asal Filipina melalui channel-nya Reps to the Rhythm. Asyik banget, kita bisa jalan kaki dengan cara yang lebih fun tanpa perlu keluar rumah.


Cocok banget untuk kalau lagi mager. Enggak perlu dandan dan enggak perlu panas-panasan. Bahkan karena enggak memerlukan ruang yang besar, di kamar juga bisa. Plus diiringi musik yang familiar di telinga pula, jadi semakin seru. Gerakannya simpel dan easy to follow. Andalan saya kalau lagi males, jadi mood olahraga. 

Teman-teman bisa memilih video berdasarkan jumlah langkah kaki (misal 1000, 5000, 10000 langkah), durasi waktu (10, 20, 30 menit), jenis musik (pop, retro, latin), dan lain-lain.

Yoga

Saya tuh sudah lama banget tertarik dengan yoga, dari zaman masih gadis. Sudah beberapa kali juga mencoba dan ingin suka, tapi belum pernah bisa benar-benar suka. Padahal badan ini rasanya memang butuh yoga. Namun entah kenapa, belum bisa klik.

Akhir tahun 2021 kemarin, lutut saya bermasalah. Sebelum konsultasi dengan ahlinya, saya sempat stop olahraga. Ya ampun, badan enggak enak banget. Akhirnya saya mencari channel Youtube yoga dan menemukan Yoga with Adriane.


Meski belum bisa benar-benar suka sama yoga, tapi ada beberapa video yang menjadi favorit saya, salah satunya yaitu bed time yoga. Setelahnya, badan menjadi lebih rileks dan siap untuk tidur nyenyak.

Yang lainnya tampak seru juga loh. Teman-teman bisa memilih video berdasarkan durasinya (<10 menit, 10-20 menit, dan lain-lain), atau berdasarkan tema yang berbeda setiap bulannya (Flow-Mei 2022, Refresh-April 2022, dan lain-lain), dan tema-tema lain yang enggak kalah menarik seperti Mental Health, Self Love, Prenatal Safe, dan lain-lain.

Lari

Selain dance fitness, lari adalah olahraga favorit saya. Dulu, sebelum menikah, saya tuh lari ya lari aja, enggak memakai ilmu apa-apa. Nah, hikmah pandemi, saya mulai aktif lari lagi.

Sejak bergabung dengan Mamah Gajah Berlari, saya jadi tahu kalau ternyata lari tuh ada ilmunya. Salah satu referensi yang saya pakai untuk lari yaitu channel-nya Melanie Putria, Fit with Mel.


Lumayan lengkap. Video tips dan trik, postur, warm-up, cool-down, stretching, nutrisi, cedera, heart rate, dan lain-lain semuanya ada. Membantu banget untuk pelari pemula seperti saya.

Resistance Training

Saya tuh sebenarnya enggak suka resistance training, membosankan.... Efek setelahnya enggak sesegar dan se-happy SHiNE Dance Fitness. Tapi karena kebutuhan, ya berusaha untuk terus dijalani. Makanya belum bisa konsisten. Sudah mencoba beberapa channel tapi belum ada yang klik.

Channel yang lumayan bisa bikin saya tetap konsisten ada dua. Akhir tahun 2021 yang lalu sempat mencoba channel Dien and Mey, founder-nya Gak Gendut Lagi. Programnya rapi dan terstruktur, recomended deh. Form-nya pun diterangkan dan dicontohkan terlebih dahulu dengan jelas. Namun selanjutnya geraknya harus mandiri dan menghitung sendiri, yang membuat enggak semangat karena enggak ada teman. Setelah selesai program satu bulan, saya enggak lanjut lagi.


Memang olahraga di rumah tuh tantangan terberatnya yaitu bosan dan malas karena sendiri dan enggak ada yang memberi semangat. Supaya tetap semangat olahraga di rumah, enaknya olahraga itu ikut kelas online, jadi lebih interaktif. 

Kalau sekarang, saya sedang menjajal channel Eh Olahraga Yuk milik Elaine Hanafi. Beberapa minggu terakhir ini saya sudah mencoba beberapa video olahraga bebannya. Lebih nyaman, karena didampingi dari awal sampai akhir.


Ada enggak sih, channel Youtube resistance training yang programnya terstruktur seperti Gak Gendut Lagi, tapi didampingi dari awal sampai akhir seperti Eh Olahraga Yuk? Kalau teman-teman ada rekomendasi, tulis di komentar ya....

No comments :

Post a Comment