Tuesday, November 8, 2022

Yuk Jualan Online di Lazada

yuk jualan online

Hobi: Belanja Online

Siapa nih teman-teman yang suka belanja online? Sama dong kaya saya, hihihi....

Entah kenapa, saya tuh suka mager kalau disuruh belanja. Bukan gara-gara pandemi loh. Dari sejak kecil pun saya tuh sudah merasa kalau belanja bukanlah hal yang terlalu menyenangkan. Ya capek di jalan, di tempat perbelanjaannya ramai, sudah begitu belum tentu barang yang diharapkannya pun ada dan sesuai keinginan. Melelahkan.... Tapi karena butuh, ya dijalani saja lah, hehehe....

Saya tuh pertama kali mulai belanja online sejak tahun 2011, ketika saya baru melahirkan dan resign. Diam di rumah bersama bayi, susah ke mana-mana, jadi belanjanya biasanya akhir pekan pas suami pulang ke Bandung. Nah, sejak saat itu lah saya mulai hobi belanja online. Ya daripada menunggu suami dan belanjanya akhir pekan, mending coba belanja online saja kan.

Waktu itu, saya belanja online melalui media sosial. Jadi, saya lihat dulu foto dan deskripsi produknya di album media sosial. Namun untuk diskusi dan transaksi, dilanjutkan di SMS atau private message. Iya, dulu kan belum ada WA, hihihi....

Apa saja yang dibeli? Mulai dari kebutuhan pribadi seperti buku, kerudung, hingga keperluan anak seperti cloth diaper dan pakaian.


Saya mulai mengenal belanja online di e-commerce sejak tahun 2018. Senang banget, karena belanja online di e-commerce tuh praktis. Semuanya dilakukan di aplikasi, mulai dari memilih produk, diskusi, hingga transaksi. Terjamin aman pula.

Nah, saat pandemi Covid-19 tahun 2020 kan PSBB ya, hobi belanja online saya semakin menggila. Semua dibeli secara online, mulai dari bahan makanan, vitamin dan obat, perlengkapan memasak, bahkan tanaman hias dan peralatan olahraga pun dibeli secara online, hohoho....

belanja online
Tanaman hias hasil belanja online


Sekarang, meski Covid-19 masih ada, kehidupan sudah kembali normal. Namun saya sih masih tetap setia belanja online. Prinsip saya nih, kalau bisa belanja memakai daster sambil rebahan, kenapa mesti capek-capek dandan serta menghabiskan waktu, biaya, dan energi untuk macet-macetan di jalan. Belanjanya pun bisa santai kapan saja, enggak perlu terburu-buru, dan enggak perlu segan pada penjualnya kalau enggak jadi membeli , hehehe....

Tren Belanja Online di Indonesia

Kalau teman-teman mulai mengenal belanja online sejak kapan nih? Tahu enggak sih, dari artikel Tren Belanja Online dari Masa ke Masa yang saya baca, ternyata tren belanja online di Indonesia itu sudah dimulai sejak tahun 1999 loh?

Berawal dari forum jual beli. Di forum jual beli ini, pengguna harus mendaftarkan diri dulu sebelum mulai berjualan, membeli, atau bahkan hanya berkomentar. Selanjutnya, pembeli dapat mencari barang yang diinginkan melalui search bar. Kemudian, penjual akan memberikan nomor telepon, karena diskusi dan transaksi dilakukan melalui SMS. Setelah pembeli melakukan pembayaran, baru deh penjual mengirimkan barangnya. Mudah dan sederhana ya. Namun, belanja online dengan cara seperti ini, rentan terjadi penipuan. Seperti penjual yang enggak mengirim barang, mengirim barang yang rusak atau mengirim barang yang salah.

Pertengahan tahun 2000, mulai hadir media sosial. Media sosial ini rupanya bukan hanya menjadi wadah untuk bertemu teman lama, tetapi juga bisa dijadikan sebagai media jual beli. Caranya sama seperti di forum jual beli. Penjual memamerkan produknya di media sosial. Namun diskusi dan transaksi dilanjutkan melalui SMS atau private message. Setelah pembeli melakukan pembayaran, penjual baru mengirimkan barang. Makanya tingkat keamanannya pun enggak jauh berbeda dengan belanja online di forum jual beli.

Hingga akhirnya muncullah e-commerce. Di luar negeri, e-commerce sudah digunakan sejak lama. Namun di Indonesia, baru banyak digunakan setelah tahun 2010. Sejak hadirnya e-commerce, keamanan transaksi menjadi jauh lebih tinggi. Pada awalnya, e-commerce hanya memiliki website. Dengan semakin canggihnya spesifikasi handphone, e-commerce pun mulai memiliki aplikasi dan dapat dengan mudah diakses melalui handphone.

Seru ya. Ternyata tren belanja online di Indonesia sudah dimulai sejak lebih dari 20 tahun yang lalu, serta terus mengalami peningkatan sesuai dengan perkembangan zaman dan mengikuti kemajuan teknologi. Untuk mengetahui ceritanya dengan lebih lengkap, teman-teman bisa membacanya di artikel Tren Belanja Online dari Masa ke Masa ya.

Yuk Jualan Online di Lazada

Saking merasa terbantu dengan belanja online, beberapa bulan setelah melahirkan dan resign, saya juga membuka toko online loh. Dulu saya menjual cloth diaper, jumper, pakaian muslim, dan buku parenting di media sosial.

tren belanja online
Produk toko online saya di media sosial

Baca juga, Yummy Mommy Shop

Tapi ya begitu deh. Dengan kemampuan pemasaran seadanya, saya hanya melakukan promosi melalui status di media sosial. Alhamdulillah, pengalaman yang manis penuh suka dan duka. Tapi sayang, sudah enggak aktif lagi sejak tahun 2016.

Jualan online memang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Bukan hanya untuk ibu rumah tangga yang mencari penghasilan tambahan saja loh. Banyak juga yang menjadikan jualan online sebagai sumber penghasilan utama. Yuk Jualan Online. Dengan berjualan online, produk yang dijual bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Apalagi kalau Jualan di Lazada, e-commerce ini sangat membantu seller-nya.

Keuntungan Jualan Online di Lazada

Yup, bagi teman-teman yang sudah memiliki bisnis offline maupun online, Lazada merupakan pilihan terbaik untuk menjalankan toko dan memasarkan produk secara online. Kenapa? Berikut beberapa keuntungan jualan online di Lazada.

Daftar Gratis
Membuka toko online di Lazada enggak dipungut biaya sama sekali.

Fitur Bebas Ongkir
Pembeli mana sih yang enggak suka bebas ongkos kirim, hihihi.... Saya sendiri kalau belanja online pasti memilih toko dengan ongkos kirim yang paling murah. Syukur-syukur kalau bisa gratis, hohoho.... Nah, Lazada juga menyediakan fitur bebas ongkos kirim. Dengan membuka toko online di Lazada, teman-teman penjual bisa memberikan subsidi bagi pembeli.

Basis Konsumen Besar
Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Lazada memiliki basis konsumen yang besar. Menurut Executive Director Lazada Indonesia Ferry Kusnowo, pertumbuhan jumlah penjual di Lazada sebesar hampir tiga kali lipat pada Oktober 2021 dibandingkan dengan data pada awal pandemi di Maret 2020.Hal ini menunjukkan bahwa Lazada dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Makanya, enggak perlu khawatir jualan online di Lazada. Apapun produknya, pasti ada pembelinya.

jualan online di Lazada

Program Inkubasi 90 Hari
Teman-teman baru mau membuka toko online di Lazada? Tenang, Lazada memiliki program inkubasi yang dibuat khusus untuk para seller baru. Melalui program ini, tim Lazada akan mengajari seller baru, mulai dari memperkenalkan Lazada hingga mengajari cara penggunaan fitur-fitur yang ada di Lazada.

Gratis Ikut Campaign
Sepanjang tahun, Lazada memiliki berbagai macam campaign. Melalui campaign tersebut, teman-teman seller yang berpartisipasi bisa memasarkan produknya dengan melakukan flash sale. Semua seller boleh bergabung dan enggak dipungut biaya.

jualan di Lazada
Salah satu kampanye di Lazada

Promosi Mingguan
Selain berbagai macam campaign, Lazada juga memiliki fitur promosi mingguan. Prosedurnya, Lazada memilih beberapa seller dan mempromosikan toko seller tersebut. Dengan begitu, seller bisa mendapat pelanggan dan meningkatkan penjualan tokonya.

Cara Jualan Online di Lazada

Banyak banget ya keuntungan Jualan di Lazada. Tertarik? Yuk Jualan Online di Lazada. Caranya gampang banget kok.

1. Masuk ke lazada.co.id atau link lzd.co/menjadiseller
2. Klik tombol Daftar Sekarang dan pilih opsi Penjual Lazada atau Penjual Lazmall
3. Isi data yang diperlukan
  • Lengkapi alamat gudang, toko/kantor, dan alamat pengembalian (retur). Pastikan alamatnya akurat ya, karena akan memengaruhi biaya pengiriman.
  • Unggah dokumen identitas. Yaitu KTP (WNI) / NIC (WNA) / passport. Pastikan foto identitasnya jelas ya (enggak buram) agar proses verifikasi cepat dan lancar. Apabila mendaftar sebagai perusahaan, unggah juga NIB (Nomor Izin Berusaha) dan Izin Usaha dari OSS.
  • Lengkapi data rekening bank. Masukkan nomor rekening, nama bank, dan unggah foto buku tabungan/giro. Rekening ini akan digunakan untuk menerima pembayaran di toko.
  • Unggah minimal 10 produk di toko. Caranya, klik Tambah Produk (Add Products) dari dashboard Seller Center. Usahakan unggah foto yang berkualitas bagus dan memperlihatkan detail produk dengan jelas. Lalu, berikan nama produk yang akurat dan mengandung kata kunci yang mungkin dicari calon pelanggan. Tambahkan juga Informasi dasar terkait produk, seperti berat, dimensi paket, dan harga.
4. Pastikan teman-teman sudah membaca dan mengerti Ketentuan Layanan (Penjual), Perjanjian Jasa Logistik dan Kebijakan Privasi

Setelah lengkap, teman-teman tinggal menikmati keuntungan menjadi seller di Lazada, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

yuk jualan online di Lazada

Kesimpulan

Dukungan Lazada kepada para seller-nya saya rasa sangat lengkap. Salah satunya ada Blog Jualan Online dari Lazada. Kesan pertama yang saya rasakan, halamannya rapi dan clean. Selain itu user friendly juga. Isinya pun menarik. Ada berbagai artikel yang terbagi ke dalam kategori tips dan trik, wawasan bisnis, serta informasi ekonomi digital. Pokoknya lengkap deh, menyajikan berbagai macam pengetahuan bermanfaat seputar jualan online yang tentunya bisa membantu teman-teman untuk menjadi seller yang lebih sukses. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk Jualan Online di Lazada.

54 comments :

  1. Tanaman hiasnya cantik, yang kayak gini walaupun cuma daun tetap dikoleksi karena jarang ditemui dan bisa jadi hiasan di rumah. Bener banget, sekarang memang sudah jamannya jual beli secara online. Namun, kita enggak boleh kalah harus bisa memanfaatkan platform jualan ini dengan berjualan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, adanya platform jual beli online seperti Lazada memang sayang ya kalau enggak dimanfaatkan... Bisa menambah penghasilan...

      Delete
  2. Asyik banget ya jualan di lazada. Udah gratis, banyak fiturnya lagi

    ReplyDelete
  3. Banyak banget keuntungan jualan di Lazada ini ya mbak. Apalagi ada program Program Inkubasi 90 Hari buat seller baru. Jadi kita bisa memaksimalkan usaha kita nih buat dapet cuan.

    ReplyDelete
  4. Lazada ini emang peduli banget loh sama seller nya. Gak salah deh nyoba juala di lazada. Banyak campaign yang bisa diikuti secara GRATIS oleh seller dan juga bisa dibantuin si seller service center.

    ReplyDelete
  5. asik nih ada lapak jualan baru dari Lazada tentunya bisa dilakukan secara online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lazada udah ada sejak lama kok mbak, dari tahun 2012 di Indonesia...

      Delete
  6. Lazada itu platform online aman dan terpercaya, jualan di Lazada pastinya aman banget. Apalagi Lazada pasarnya luas ya, sehingga produk kita mudah sekali dikenali oleh banyak orang di berbagai negara

    ReplyDelete
  7. Aplikasi Lazada pastinya bermanfaat buat para pejuang cuan secara online, selain aplikasinya aman dan terpercaya pastinya sudah luas juga pasarnya, sehingga produk kita akan sangat mudah dikenali oleh banyak orang

    ReplyDelete
  8. Jualan online yang mengasikkan ya kak bareng Lazada.
    Karena fiturnya memudahkan dan membantu buat para seller

    ReplyDelete
  9. Iya, dulu inget banget forum FJB.
    Rasanya ada perasaan takut-takut kalau beli online. Tapi alhamdulillah kalau zaman dulu amanah-amanah aja yaa..

    Sekarang belanja di LAZADA bisa menjadi jalan keluar bagi yang tetap ingin dirumah aja dan selain hobi belanja, ada baiknya memulai toko online juga.. Siapa tau dengan buka toko online bisa semakin produktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, saya juga dulu awalnya karena hobi belanja (clodi, buku, dll), daripada beli terus, mending jualan juga, hihihi...

      Delete
  10. kalau jualan onlinenya di Lazada, selain dapat cuan juga bisa dapat ilmu yakk.. banyak banget lagi promonya buat buyerr jadi bisa nambah keuntungan juga buat seller

    ReplyDelete
  11. aku dulu jualan online tapi belum sempat jualan via lazada..agak nyesel juga sih padahal marketnya lumayan besar yaa :D banyak yang jualan produk fashion juga

    ReplyDelete
  12. Banyak sih teman-temanku yang menjadikan jualan online sebagai sumber penghasilan utama. Karena kalau nemu formulanya. Mereka bisa punya hasil yang menakjubkan sih.
    Apalagi kalau jualannya di Lazada. Pasti banyak sekali marketnya. Maksudku, siapa sih yang nggak kenal Lazada?

    ReplyDelete
  13. Wow, solusi kece di zaman now untuk memiliki penghasilan dari rumah. Yes, berjualan online di Lazada aja! Ternyata mudah juga ya mengikutinya, daftarnya juga gratis. Banyak manfaatnya, fitur2nya menarik, ada gratis ongkir juga mantap deh :)

    ReplyDelete
  14. Lazada itu e-commerce pertama aku beli online, hihihi
    Dulu taunya cuma brand besar yang ada di sini
    Ternyata kita bisa jualan juga di sini ya
    Apa lagi ada program pendampingannya, jadi makin pinter deh jualan online nya

    ReplyDelete
  15. Asikk yaa belanja tanaman bisa online, waktu pandemi saya juga belanja tanah batu2 tanaman online. Ngebantu banget scr kita males juga keluar rumah.

    Lazada olshop yang komplit sukaa diskon juga..

    ReplyDelete
  16. Semoga bisa buka toko online lagi kak, sekarang sudah ada Lazada yg ramah buat seller baru untuk bertumbuh di bisnis

    ReplyDelete
  17. semoga yang ingin berjualan online dimudahkan mendapatkan pelanggan yang tepat dan terus maju dalam bisnisnya

    ReplyDelete
  18. senengnya bisa gabung Lazada dijamin makin cuan ya, nambah ilmu juga, nambah link jg, mantap nih

    ReplyDelete
  19. Jualan online di Lazada ini emang andalan ya mbak
    Peluangnya menjanjikan
    Termasuk marketplace terbesar di Asia juga

    ReplyDelete
  20. Banyak ya keuntungan berjualan online di Lazada. Bisa jadi peluang nih untuk siapa pun yang ingin memulai bisnis

    ReplyDelete
  21. Bagusnya Lazada ini karena customer se Asia Tenggara. Bisa jualan ke luar negeri di lingkun ini. Dropship impor juga kayaknya oke bgt ya.

    ReplyDelete
  22. Fiturnya banyak ya agar seller bisa maksimal jualan, apalagi ada program inkubasi, biar jadi seller yang next level, makin berkembang bisnisnya

    ReplyDelete
  23. Banyak keuntungan jualan online di Lazada yah, sistemnya juga gak ribet dan gratis saat pendaftaran

    ReplyDelete
  24. kehadiran ecommerce memang berhasil membuat belanja online jadi lebih mudah ya. pandemi juga jadi salah satu faktor yang membuat ecommerce ini jadi semakin besar dan banyak konsumennya

    ReplyDelete
  25. Samaaa mbaa. Aku klo diajak mamah gitu nemenin udah pegeeel bgt kaki haha. Lelah. Tapi karena mama minta jadi mau nggak mau deh hihi. Nah pas ada belanja online waduuu happy banget yaa kita 😆 nggak cape kluar. Praktis bgt.
    Wah jadi seller di Lazada banyak kelebihannya nih ya mba kayak ada gratis ongkir gini. Menarik

    ReplyDelete
  26. Uda nyaman banget belanja online ya, kak.
    Dan alhamdulillah, semakin banyak ecommerce means membuka luas pasar untuk membuka usaha online. Bisa dimulai dari LAZADA yang menawarna banya keuntungan bagi new seller untuk sama-sama belajar dan grow up.

    ReplyDelete
  27. Mba, aku suka belanja online. Jadi kalap ama belanja online. Tapi emang menyenangkan belanja online itu. Baru tahu juga kalo mba Nathalia juga pernah berjualan online ya

    ReplyDelete
  28. akuu juga hobinya belanja online, ahaha. dulu masih di FB, bahkan di website toko-nya sendiri sih. seiring munculnya market place dan kekhawatiran ditipu kalau dari website sendiri, akhirnya muncul market place deh, termasuk Lazzada ini, tempat yang lebih aman untuk transaksi.

    Ternyata berjualan di lazada pun gak begitu sulit ya, jadinya siapapun bisa kayanya

    ReplyDelete
  29. Aku masih jadi pembeli aja nih. Tapi kalau ada ide jualan, mau juga daftar di Lazada karena banyak untungnya. Udah dikasih wadah, kudu dimanfaatkan dengan baik

    ReplyDelete
  30. Aku masih jadi pembeli aja nih. Tapi kalau ada ide jualan, mau juga daftar di Lazada karena banyak untungnya. Udah dikasih wadah, kudu dimanfaatkan dengan baik

    ReplyDelete
  31. Waw..itu tanaman hiasnya pas ukuran berapa saat dibeli mbak? Cantik pisan...Zaman dulu, nggak terbayang ya urusan belanja bisa kayak sekarang. Pesan - bayar -terima, nggak perlu harus ke tokonya. Lazada keren nih menjembatani orang2 yang baru mulai mau jualan online. Program pendampingannya ini lho...bagi orang baru, ini sangat penting.

    ReplyDelete
  32. Berbisnis jualan online ini luar biasa juga hasilnya. Apalagi kalau gabung dg marketplace besar kayak Lazada yang punya basic konsumen besar juga. Jadi apapun yg kita jual, pasti ada pembelinya.

    ReplyDelete
  33. Terbaiikkk bgt Lazada ini.
    Memberikan solusi dan dukungn utk para seller.
    Top abiissss😁

    ReplyDelete
  34. Banyak untung ya twrnyata jualan di lazada. Semangat jualan online mak berkah insyaallah ya

    ReplyDelete
  35. Berjualan online di Lazada ini peluang yang menjanjikan ya mbak
    Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika berjualan di Lazada

    ReplyDelete
  36. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau jualan online di Lazada ya.. Seller dibimbing oleh Lazada dalam membangun bisnisnya

    ReplyDelete
  37. Tos Maaak. Saya juga demennya belanja online. Etapi klo bebeliannya kebutuhan dapur, saya bisa betah berlama-lama. Tapi fashion dan sejenisnya. Saya bisa keliyengan mabok semalaman. Jadilah males banget klo diajak ngemall. Mending online walau kadang ada kecewanya. Lazada suamiku klo belanja pasti ke sana.

    ReplyDelete
  38. Wah idem mbak, aku dulu pernah jualan buku2 parenting juga. Tapi belum pernah nyoba platform Lazada nih. Mungkin kapan2 kalau udah mulai nge-OS lagi akan mulai nyoba merambah platform ini. Ternyata mereka juga bantuin seller untuk lebh dikenallagi produk2nya yaa. TFS infonya.

    ReplyDelete
  39. Wah bagus banget nih buat pemula atau yanv baru mau memulai usaha, bisa melirik Lazada karena banyak untungnya kalau buka toko online di e-commerce ini ya Mbak. Apalagi prosesnya juga mudah sekali.

    ReplyDelete
  40. ada banyak jalan ke roma begitu juga dengan berjualan atau bisnis. Dan dengan adanya seller Lazada ini, jadi peluang banget para shopper untuk berjualan dengan mudah, nyaman dan berprospek

    ReplyDelete
  41. Saya blm pernah coba buka toko online di lazada, Mba. Kalau baca artikel mba sepertinya banyak untungnya ya.. Jadi mau coba deh

    ReplyDelete
  42. Saya juga jualan online mbak, tapi belum coba di Lazada. Setelah baca artikel ini saya kok pengen jualan di Lazada juga ya. Keuntungannya sangat menarik dan cara daftarnya juga gak ribet.

    ReplyDelete
  43. Terbaik emang lazada. Aku kemarin belanja 11 11 free ongkir semua disaat market place lain pada adaa aja biaya ongkirnya. Etdah, malah cerita belanja. Baru tau sm sistem jd penjualnya pas baca ini. Jd pengen coba produktif jualan di lazada jg deh

    ReplyDelete
  44. Wah banyak untungnya buka toko online di Lazada jadi pengen nyoba jualan di sana

    ReplyDelete