Tuesday, July 23, 2013

Lazy Itsy Bitsy Pizza-nya Mak Fitriani Firmansyah

Kalau urusan dapur, saya ini pemalas tingkat tinggi. Saya enggak suka bikin yang ribet. Coba aja liat di sini, resep yang saya posting pasti bahannya simple dan enggak pakai ribet. Kecuali nasi bakar dan masubah yang menurut saya sangat ribet dan membuat saya malas buat nyoba bikin lagi, mending beli aja lah hihihi... 

Waktu liat postingannya Mak Fitriani tentang adonan pizza yang enggak perlu diuleni, saya langsung semangat pengen bikin juga. Dan memang meskipun usaha yang dikeluarkan sangat minimal, tapi hasilnya sangat memuaskan. Saya tulis ulang resepnya ya :) Saya cuman pakai setengah resep, nyoba bikin dikit dulu.

Bahan adonan pizza:
  • 75 ml air hangat
  • 1 sdm minyak zaitun atau minyak sayur biasa (saya pakai minyak sayur biasa)
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam
  • 90 gr tepung terigu serba guna atau protein tinggi (saya pakai tepung terigu protein tinggi)
Cara membuat :
  • Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula.
  • Masukkan semua bahan adonan pizza lainnya, aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah.
  • Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. 
  • Masukkan adonan ke dalam kulkas dan biarkan 1-2 jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diistirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap.
Saus Toping :
  • 3 sdm saos tomat 
  • Lada bubuk sesuai selera
  • 1/2 sdm saos sambal (saya enggak pakai)
  • Gula dan garam secukupnya
  • Oregano secukupnya
  • 1 sdm mayonaise 
Cara membuat :
Semua bahan dicampur dan diaduk rata, sisihkan.

Sekarang, saatnya memanggang. Setelah dikeluarkan dari kulkas, adonan ditata sampai menutupi seluruh dasar loyang. Bener kata Mak Fitri, adonannya lengket. Jadi daripada menggilas, saya tekan- tekan saja menggunakan jari. Pizza itu lazimnya dipanggang menggunakan loyang berbentuk bulat. Karena enggak punya, saya pede aja pakai loyang persegi yang dialasi dengan silpat hehehe... 

Setelah adonan tertutup sempurna dengan ketebalan yang sama, olesi dengan saos toping, lalu diberi taburan keju lembaran (lagi enggak ada keju mozarella), irisan sosis (lagi enggak ada daging asap), jamur kancing, dan bawang bombay. Terakhir siram dengan liquid cheese. Lalu panggang selama 15-20 menit.

Dok. Pribadi
Hasilnya? Bener lagi kata Mak Fitri, kalau masih hangat rotinya ada kriuk-kriuknya. Kalau udah agak dingin, kriuknya hilang tapi lembut kok. Karena masih ada sisa, pas sahur saya angetin lagi pakai wajan teflon, kriuk-kriuk lagi deh. Kalau rasa topingnya, itu sih sesuai selera masing-masing yah. Karena keberhasilannya udah terjamin, lain kali saya mau bikin lagi ah dengan taburan yang lebih mantep.

5 comments :

  1. nyaaamm.. enak bangets keliatannya tuh pizza *sluurrpps*

    ReplyDelete
  2. yummi mbak, aku belum pernah but pizza sendiri

    ReplyDelete
  3. Selain pandai menulis, Mbak Lia juga lihai memasak. Keren :)

    ReplyDelete
  4. pengen buatttttttttt....q seneng pizza soalnya :D

    ReplyDelete
  5. Betulkan yah mak, ini cara ampuh bikin pizza buat yang lagi males2an di dapur ^^ kalau mau lebih kriuk, toppingnya jangan tebel. lanjuuuut bakwan coklat kalo gitu makk ^^

    ReplyDelete