Wednesday, June 17, 2015

Tips Balita Tidur Nyenyak Ala Ayah dan Bunda Jav


Salah satu hal yang dapat membuat pagi saya terasa menyenangkan yaitu sapaan dan pelukan 'selamat pagi' dari Jav :)

Anak yang bangun dengan ceria, berawal dari kualitas dan kuantitas tidurnya. Tidur yang cukup, sangat penting untuk balita karena tidak hanya akan mempengaruhi emosinya, tetapi juga pertumbuhan fisik dan kecerdasannya. Sebaliknya, apabila tidurnya tidak cukup, selain rewel, anak juga akan merasakan dampak buruknya.


Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting untuk memastikan agar anak bisa tidur dengan cukup. Dari segi kuantitas, kebutuhan waktu tidur anak bervariasi sesuai dengan usianya. Sedangkan dari segi kualitas, bisa diperhatikan melalui ciri-cirinya.


Agar kuantitas dan kualitas tidur Jav selalu terjaga, saya dan ayahnya Jav mempunyai tips yang biasa dipraktekkan di rumah.


1. Perut yang kenyang
  • Saya selalu membiasakan Jav untuk makan teratur. Tiga kali makan besar dan di antaranya dua kali makan camilan. Sebelum tidur, Jav harus sudah makan dan minum, maksimal pukul tujuh.
  • Kalau ayahnya Jav, tidak masalah apabila Jav masih ingin makan camilan dan minum susu. Yang penting, sebelum tidur, tidak lupa sikat gigi dan buang air kecil dulu.
2. Badan yang bersih
  • Bagi saya sih, mandi sore saja sudah cukup, toh diam di rumah ini :D
  • Tetapi bagi ayahnya Jav, mandi sore saja belum cukup. Jadi, sebelum tidur, badan Jav biasanya dilap lagi.
3. Tempat tidur yang nyaman
  • Bagi saya tempat paling nyaman untuk tidur itu ya di kasur di dalam kamar. Seprainya dingin, karena tidak dipakai seharian. Favorit Jav banget.
  • Tapi kalau ada ayahnya, Jav lebih senang tidur di ruang keluarga. Setelah pulas, baru deh digotong ke dalam kamar.
4. Antisipasi gangguan
  • Yang saya lakukan misalnya mengatur ponsel dalam mode silent dan meredupkan penerangan.
  • Ayahnya Jav sih simpel. Tidak mau mengobrol dengan saya, apabila sudah waktunya Jav untuk tidur :))
5. Kegiatan yang menenangkan
  • Bersama saya sih kegiatannya beragam. Mulai dari mengobrol, membaca belasan buku cerita, sampai mendengarkan ayat suci Al-Qur'an. 
  • Bersama ayahnya, cukup mengobrol sambil dibelai sebentar, asal dipeluk, langsung deh Javnya tidur pulas. Ajaib.
6. Menahan diri
  • Saya berusaha menahan diri untuk tidak memeluk badan dan menciumi wajah Jav yang menggemaskan ketika dia sedang tidur. Apabila benar-benar tidak tahan, saya akan melakukannya dengan sangat lembut.
  • Kalau ayahnya Jav paling tidak tahan untuk memperbaiki posisi tidur Jav apabila terlihat tidak nyaman. Dia pun melakukannya dengan sangat hati-hati.
7. Mengusir nyamuk
Untuk urusan ini sih, kami kompak. Pokoknya kamar dan rumah harus steril dari nyamuk. Berikut caranya: 
  • Menutup pintu dan jendela. 
  • Menyingkirkan pakaian di balik pintu. 
  • Senjata pamungkas. Jav tidak suka pakai selimut. Apabila dipakaikan selimut, kakinya refleks menendang-nendang selimut itu T_T Pakai obat nyamuk semprot? Biasanya membuat alergi saya kambuh, sesak napas :( Pakai raket nyamuk? Bebas nyamuk, tanpa asap, tapi repot :)) Akhirnya kami selalu mengandalkan Baygon Liquid Elektrik, perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak, tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk. Hasilnya? Tidak ada lagi nyamuk yang berani mengganggu Jav. Yeay! 

Jadi, bagaimanapun tips tidur nyenyaknya, pengusir nyamuknya ya Baygon Liquid Elektrik ;)


~~~

#TUMBaygonBlogCompetition
500 kata

Referensi:

  • http://www.parenting.co.id/article/balita/keuntungan.anak.tidur.berkualitas/001/003/874
  • http://www.parenting.co.id/article/usia.sekolah/ciriciri.anak.kurang.tidur/001/004/956
  • http://www.parenting.co.id/article/usia.sekolah/waktu.tidur.ideal.anak/001/004/213

40 comments :

  1. lebih banyak keaikannya ya mbak, anak-anak harus tidur cukup untuk kesehatan juga

    ReplyDelete
  2. Aku dulu juga pake yg eletrik krn sesak napas kalau pake yg semprot. Sekarang nggak krn rumahku dataran tinggi, nggak ada nyamuk, mungkin nyamuknya capek terbang keatas heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... mba lusi bisa aja :))
      sekarang di rumah saya, nyamuk lg pada ganas2nya :(
      untung ada baygon :D

      Delete
  3. Kalau saya pakai kelambu mba lebih efektif masalahnya dibekasi nyamuknya banyak dan sudah kebal obat jadi efeknya nggak banyak

    ReplyDelete
  4. waaa tipsnya lengkap bangettt mba Nat...

    makasih yaaa sudah berbagii.. :)

    ReplyDelete
  5. Mau dong jadi anaknya mba nathalia, pasti saya jadi sehat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah jd anak saya mas, yg penting pakai baygon aja :))

      Delete
  6. waduh...jika sedemikian mendetail dan ahlinya ibu admin dalam mengurusi dan menyayangi balita sedemikian sehingga membuat sang balita sangat nyaman dan bahagia lahir batin dan bahagia dunia dan akheratnya...insyaallah...aaaamiiiin
    saya juga mau jadi balitanya bu admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... itu doa saya setiap hari, smoga anak saya bisa bahagia dunia akhirat :)

      Delete
  7. saya belum punya baby, tapi mudah2an bisa secepatnya, ini ilmu yang bermanfaat jadi saya tau supaya anak bisa tidur nyenyak ternyata ada aturannya ya mba, oh ya baygon elektrik aman juga ya untuk anak

    ReplyDelete
  8. Sekarang dah mulai musim nih banyak nyamuk... perlu banget racun nyamuk kek gini

    ReplyDelete
  9. nyamuk itu kecil2 ngegemesin yaa. ngegemesin minta dipitesss.. hihi...

    ReplyDelete
  10. sebuah postingan yang bisa dijadikan sebagai referensi menjaga pola tidur anak.

    ReplyDelete
  11. Aku belum jadi ibu-ibu tapi masih calon, do'akan saya iya mba supaya saya bisa cepet nyusul gitu punya suami dan punya anak hidup bahagia dengan keluarga kecilnya hehehe

    ReplyDelete
  12. boleh juga nih tipsnya, terimakasih mba :)

    ReplyDelete
  13. tipsnya bagus nih buat yg punya anak. sayangnya saya belum . nikah aja belum wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Aduuh..ngga suka pakai selimut, ya, Jav? Padahal anget, lho. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal bundanya malah hobi banget pakai selimut, meskipun sedang panas jg :))

      Delete
  15. untuk orang dewasa juga penting kan mbak tidur nyenyak, gak mau kalah sama balita hehe

    ReplyDelete
  16. Wiiiiwww, syelamaaaaat!

    Postingannya keren bingits

    ReplyDelete
  17. iya kalau sudah nyenyak dibenerin posisi tidurnya suka bangun y

    ReplyDelete
  18. Tips nya sangat bermanfaat. semoga menang :)

    ReplyDelete