Wednesday, July 15, 2015

Bekerja dan Menyusui? Siapa Takut!

Sebagian besar sahabat dan teman-teman saya merupakan mama yang bekerja di luar rumah (pegawai kantoran). Ketika mempunyai anak, mereka gagal memberikan ASIX (Air Susu Ibu Eksklusif) pada bayinya. Alasannya beragam. Ada yang masih mencampur asupan ASI dengan susu formula. Tetapi ada juga yang langsung menyerah 100% pada susu formula.

Padahal, sebelumnya saya sudah sering berbagi artikel maupun menceritakan pengalaman saya ketika menyusui. Tentang manfaat ASI, konsep supply demand, cara kerja hormon oksitosin, memanfaatkan LDR (let down reflect) untuk memerah/memompa, dan lain-lain. 

Kalau akhirnya mereka gagal, saya bisa apa? Bukan hak saya untuk menghakimi. Apalagi mengingat status saya sebagai mama yang tidak bekerja di luar rumah. Nanti malah dianggap jago ngomong saja, karena belum pernah merasakan beratnya perjuangan bekerja sambil tetap menyusui. 

Nah, dalam rangka Pekan Air Susu Ibu se-Dunia (World Breastfeeding Week) yang diselenggarakan oleh UNICEF pada minggu pertama bulan Agustus, Indonesia pun turut serta merayakannya dengan mengadakan Bulan ASI Nasional selama bulan Agustus.

The Urban Mama juga turut serta menyukseskan program tersebut dong. Tahun ini, komunitas yang mewadahi para mama kece untuk saling berbagi dan mendukung tugas mulianya sebagai ibu, kembali mengadakan TUM Breastfeeding Month. Selama bulan Agustus, TUM akan mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan menyusui sebagai tema besarnya. 

Adapun kampanye utamanya yaitu Breastfeeding and Work, Let's Make It Work! Wuih, asyik banget ya. Cocok nih untuk para mama yang bekerja tetapi tetap ingin memberikan ASIX sebagai nutrisi terbaik bagi buah hatinya. Makanya, para mama kece yang bekerja, jangan sampai ketinggalan ya. Catat nih detail acaranya.
  • Acara: TUM Breastfeeding Seminar - Breastfeeding and Work, Let's Make It Work! 
  • Waktu: Sabtu, 8 Agustus 2015, pukul 10.00 - selesai
  • Tempat: Landmark Tower No. 1, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta
  • HTM: Rp 100.000 (single) / Rp 150.000 (couple - suami istri).

Nara sumbernya keren-keren, yaitu para #TUMExpert, Anna Surti Ariani dan Fatimah Berliana Monika. Anna Surti Ariani adalah seorang psikolog yang memiliki minat besar terhadap dunia keluarga. Saya sendiri sering mengikuti kultwitnya di @AnnaSurtiNina. Nanti, Mama Nina akan membahas mengenai "Sukses Menyusui dengan Trik-Trik Psikologis". Sedangkan Fatimah Berliana Monika adalah konselor laktasi dan merupakan La Leche League (LLL) Leader of Rochester South NY, US. Hasil karyanya yang berjudul Buku Pintar ASI dan Menyusui sudah pernah saya tulis reviewnya di sini. Pada acara tersebut, Mama Monik akan membahas mengenai "Tips dan Trik Memerah serta Ruang Laktasi".

Pssst, bagi mama yang tidak bekerja pun, enggak ada salahnya loh mengikuti acara ini. Ilmunya bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga seperti mama yang tiba-tiba sakit parah sehingga tidak bisa menyusui secara sementara (seperti kejadian yang menimpa saya ketika Jav baru berumur delapan bulan). Atau agar bisa sekali-kali menikmati indahnya jalan-jalan malam mingguan berdua saja bersama suami :p

Bagi yang berminat, pembelian tiketnya bisa dilakukan di sini ;)

tumbreastfeeding seminar

25 comments :

  1. terimkasih mba info acaranya
    saya kasih tahu sodara yang punya bayi, siapa tahu dateng ke sana :)

    ReplyDelete
  2. Buat wanita karier perlu banget mengikuti agenda ini biar bisa menyusui walaupun bekerja

    ReplyDelete
  3. bisa banget sudah banyak yang berhasil melakukannya ya mbak

    ReplyDelete
  4. seminar yg menarik, yg baru dan akan memiliki anak mesti mengikuti seminar ini..
    gerakan yg sangat bagus dengan bulan ASI Nasional, tinggalkan susu sapi

    ReplyDelete
  5. Kebayang repotnya namun itu sudah jadi kewajiban dan pilihan ya mbak. Jempol 10 untuk ibu bekerja yg sukses ASI.

    ReplyDelete
  6. ya hiyah atuh...masa cumanmau bikinnya doang, ngga mau nyususi...idiih.
    hehe.....
    ngucapin juga dari kami sekeluarga mengucapkan kepada kakak Admin dan segenap kru plus blogger yang lewat kesini blog bagus gudang ilmu
    SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah masih bisa kasih ASI sambil bekerja dan anak sekarang sudah 22mo. Tapi memang ada aja periode di mana ASI seret, huhuhu. Sampai akhirnya karena kekeuh mau tetep kasih ASI, aku minta donor ASI ke teman. Asal bertekad kuat inshaa Allah ada aja jalannya. :D

    ReplyDelete
  8. Betul tu mbak, sesuai dengan judulnya, siapa takut :D

    ReplyDelete
  9. menyusui memang hal yang sangat penting yah, sampai ada seminarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan senangnya banyak komunitas yg peduli pd hal ini :)

      Delete
  10. Aku dulu kuliah, bahkan menjelang ujian thesis aku menyusui noofa

    ReplyDelete
  11. Klo mau ikut lgs beli tiket on the spot atau transfer kemana? Kurang jelas informasinya.

    ReplyDelete
  12. Hehehe iya ya mak, kadang kalo kitanya full time mom bilang pasti bisa, tapi kemudian sayanya sendiri batal, gimana juga gitu rasanya.
    Seminar2 gini emang bagus banget unt mengurangi kegagalan asix :)
    Salam kenal mak.

    Akuratu.com

    ReplyDelete