Tuesday, July 21, 2015

Cerita Puasa Pertama Jav

Bulan Ramadhan sudah berlalu. Saya dan suami sepakat bahwa bulan Ramadhan tahun ini terasa sangat singkat. Rasanya baru kemarin mulai puasa, tahu-tahu sudah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, tahu-tahu sudah Lebaran. Huaaa....

Selain waktu yang terasa singkat, ada hal lain yang berbeda di tahun ini. Bulan Ramadhan kali ini merupakan kali pertama bagi Jav belajar berpuasa. Yeay! :D

Sejak sebelum memasuki bulan Ramadhan, Jav memang sudah tertarik untuk ikut berpuasa. Awalnya sih karena dia melihat iklan hmmm... apa ya saya lupa, pokoknya ada anak kecil yang sedang berpuasa. Jadilah Jav pun ikutan heboh, "Jav juga mau puasa!"

Berhubung keinginan untuk ikut berpuasanya muncul atas kesadaran sendiri, maka saya hanya tinggal menjelaskan pengertian puasa pada Jav. Dengan bahasa yang sederhana tentunya. Bahwa puasa itu berarti tidak makan, tidak minum, dan tidak marah-marah, hihihi... sejak adzan Shubuh hingga adzan Maghrib. Selain itu, saya pun berjanji akan memberikan hadiah apabila dia ikut berpuasa selama sebulan penuh. Makin semangat deh jadinya.

Saya sih mengajak Jav untuk ikut berpuasa sejak adzan Ashar sampai adzan Maghrib. Alasannya:
  • Jav ini makannya lama sekali. Siang saja makannya bisa sampai sejam, apalagi kalau harus sahur. Ya dianya mengantuk, ditambah mengunyah makanannya lama pula. Pasti bakal repot, heuheu....
  • Waktu puasanya relatif lebih pendek daripada berpuasa sejak adzan Shubuh hingga adzan Dzuhur. Yang penting pengenalan saja dulu.
  • Jav bisa ikut merasakan nikmatnya berbuka puasa ketika adzan Maghrib bersama kami. Coba kalau buka puasanya pas adzan Dzuhur, sendirian dan kurang 'seru', hehehe....

Buka puasa di rumah Nin

Lalu bagaimana praktiknya? Begini nih.
  • Beberapa kali Jav ikut bangun ketika sahur. Kadang mau makan nasi, tapi lebih sering tidak maunya. Untung kalau ngemil roti dan minum susu sih pasti mau. Saya jelaskan pada Jav bahwa dengan makan sahur, kita akan mendapat pahala.
  • Dibandingkan puasa di pagi hari, ternyata puasa di sore hari godaannya lebih besar. Karena sore hari itu waktunya Jav bermain di luar rumah, main sepeda atau main bola bersama temannya. Saya sudah mengingatkan agar mainnya jangan terlalu heboh supaya tidak capek dan haus. Tapi namanya anak-anak, kalau sudah main ya maksimal banget. Akhirnya pas pulang ke rumah langsung cari air minum. Kasihan deh, tapi saya harus tega untuk tidak memberinya minum. Apalagi waktu buka puasanya tinggal beberapa menit lagi. Alhamdulillah, ternyata Jav memang kuat sih.
  • Sayangnya, lingkungan di sekitar kami rupanya kurang mendukung. Pernah nih Jav main ke rumah temannya. Ternyata malah dikasih minuman dan camilan. Pernah juga ketika berkunjung ke rumah saudara, tahu-tahu Jav sudah dikasih minum susu tanpa sepengetahuan saya, huhuhu....
  • Saya sendiri pun sebenarnya belum benar-benar konsisten mengajak Jav belajar puasa. Sebagai blogger, saya pernah beberapa kali memenuhi undangan buka puasa bersama. Kalau tempatnya mendukung, saya ajak Jav berpuasa. Tapi kalau tempatnya kurang mendukung (berlokasi di pusat keramaian di mana Jav akan lebih tertarik untuk bermain daripada duduk manis dan makan), terpaksa sebelum pergi saya mengajaknya makan terlebih dulu.

Ikut sahur
Apabila dihitung, tahun ini Jav hanya sukses berpuasa selama sekitar 2/3 bulan saja. Tapi hadiahnya tetap saya kasih dong. Pertimbangannya, setiap Jav gagal berpuasa, penyebabnya bukan karena faktor dari dalam (Jav yang tidak kuat) tetapi karena faktor dari luar (lingkungan yang kurang mendukung serta saya yang belum konsisten). Hadiahnya apa lagi kalau bukan diecast mobil, sesuai permintaan Jav. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi :)

diecast tomica
1 dari Ayah-Bunda, 2 dari Nin-Yangki

20 comments :

  1. jav pinteer..semoga jadi anak soleh yaa...iya Ramadhan ini berlalu cepat, sedih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin :)
      smoga kita msh ada usia utk ktemu Ramadhan taun depan ya mak...

      Delete
  2. semoga tahun depan bisa puasa full yah :)

    ReplyDelete
  3. Jav hebat, hadiahnya juga keren :)
    Selamat Idul Fitri mak, mohon dimaafkan segala kesalahan ya... :)

    ReplyDelete
  4. Jav pinterrr... semoga taun depan bisa full ya mak :*
    maaf lahir batin mak

    ReplyDelete
  5. Semangat Jav. Tahun depan bisa puasa penuh ya Nak. Btw, Jav sdh gedhe ya. Udah nggak imut2 lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya mba... klo di rmh sendiri sih msh brasa imut2... tp klo udah brg sm adik2 sepupunya, br deh saya nyadar klo ternyata jav udah ga imut2 lg :))

      Delete
  6. Tahun depan minta diecast yang asli nya :) hehehe.. Sama, aku juga setuju kalau Ramadhan tahun ini berjalan dengan sangat cepat.. Hhh... Dunia sudah tua ^_^
    Ikutan giveaway aku yuukk hehheehe

    http://beautyasti1.blogspot.com/2015/07/beautyasti1-first-giveaway.html

    ReplyDelete
  7. Berapa kali nengok jamnya tu? Heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. jav mah ga nengokin jam, cmn bilang 'laper' ato 'pengen minum' :D

      Delete
  8. Jav sama anin sama- sama baru belajar puasa tahun ini, bedanya anin lebih lama waktu puasanya hi hi

    ReplyDelete