Tuesday, May 29, 2018

Butuh Dana untuk Kebutuhan Mendesak? Gadai Emas Aja....

gadai emas

Teman-teman memilih alat apa nih untuk investasi? Emas, saham, atau properti? Kalau saya sih sebenarnya kepingin banget bisa memiliki properti untuk investasi, menggiurkan sekali karena harganya naik terus. Tapi dananya belum ada, hihihi.... Jadi, selama ini investasi melalui logam mulia aja.

Bagi saya, emas (baik dalam bentuk perhiasan, logam mulia, dan/atau koin) merupakan alternatif instrumen investasi yang paling murah, mudah, dan aman. Dibandingkan dengan saham, keuntungan investasi emas memang enggak terlalu tinggi. Tapi cocok banget untuk saya yang enggak berani mengambil risiko. Begitu juga apabila dibandingkan dengan properti, investasi emas bersifat likuid karena lebih mudah untuk dijual. Selain mudah untuk dijual, emas juga bisa digadaikan. Yup, kali ini saya akan membahas mengenai gadai emas.

Saat sedang dalam kondisi terdesak dan memerlukan uang tunai, biasanya apa yang teman-teman lakukan? Mengajukan kredit ke bank? Duh, prosesnya panjang dan rumit. Meminta bantuan ke tetangga atau saudara? Hmmm, enggak enak ah, seandainya enggak bisa mengembalikan, hubungan dengan mereka akan menjadi enggak baik. Meminjam uang ke koperasi simpan pinjam di komplek? Bunganya saja bisa sampai 10%. Menjual emas? Memang mudah banget, tapi konsekuensinya harus kehilangan emas tersebut, enggak bisa dimiliki lagi. Kan sedih ya....

Nah, untuk mendapatkan dana cepat di saat genting, manfaatkan gadai emas aja. Teman-teman bisa mendapatkan uang pinjaman secara instan dengan menggadaikan emas yang dimiliki. Uang pinjaman tersebut dapat segera digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Dan emasnya pun tetap aman sampai teman-teman bisa mendapatkan uang untuk membayarnya. Yeay, enak kan....

Namun ingat ya, gadai emas ini sifatnya utang loh. Apabila enggak dilunasi atau diperpanjang dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka emas tersebut menjadi hak yang memberi pinjaman untuk kemudian dilelang. Hiks, jangan sampai deh. 

Makanya, gadai emas sebaiknya dilakukan untuk hal yang sifatnya bisnis, bukan konsumtif (belanja pakaian, membeli smartphone, membeli kendaraan, dan lain-lain). Contohnya seperti sekarang ini. Kan sedang bulan Ramadan ya, permintaan terhadap makanan dan minuman biasanya meningkat drastis. Jadi cocok banget tuh untuk membuka usaha makanan dan minuman. Apabila enggak ada modalnya, gadai emas aja. Nanti hasil penjualannya bisa digunakan untuk melunasi pinjaman. Emasnya aman dan bisa kembali lagi, keuntungannya pun dapat digunakan untuk belanja baju lebaran anak-anak, hohoho....

Tapi bisa juga sih digunakan untuk belanja yang sifatnya konsumtif, asal pastikan memang akan ada uang untuk melunasi pinjamannya. Misalnya nih, perlu dana untuk membeli tiket mudik. Kalau menunggu THR turun (peraturannya sih diberikan paling lambat H-7), bisa mahal banget harganya. Dengan gadai emas, teman-teman memiliki dana talangan untuk membeli tiket mudik sejak jauh-jauh hari. Nanti kalau THR sudah cair, emasnya bisa ditebus lagi.

Bagi teman-teman yang sedang memerlukan dana dan tertarik untuk menggadaikan emasnya, saran saya sih di Bank BJB Syariah aja. 

gadai emas

Produk Pembiayaan Gadai Emas dari Bank BJB Syariah

Bank BJB Syariah menghadirkan produk pembiayaan yang disebut dengan Mitra Emas iB Maslahah. Mitra Emas iB Maslahah merupakan solusi keuangan terbaik bagi teman-teman yang membutuhkan uang tunai, tanpa harus kehilangan emas sebagai investasi berharganya. 

Prisip yang digunakan adalah qardh dan rahn. Jadi, bank memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah dengan agunan berupa emas. Emas tersebut ditempatkan dalam penguasaan dan pemeliharaan bank. Tentu saja ada biaya pemeliharaannya. Oleh karena itu bank mengenakan biaya sewa atas dasar prinsip ijarah.

Persyaratan Nasabah
Persyaratan bagi nasabah yang ingin mengajukan permohonan pembiayaan gadai emas di Bank BJB Syariah sangat mudah kok. Bisa untuk perorangan (WNI) maupun Badan Usaha Indonesia. Selama mengerti hukum dan mempunyai atau membuka rekening di Bank BJB Syariah, maka teman-teman bisa mengajukan permohonan pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah dengan cara menyerahkan barang jaminan yang dilengkapi dengan:
  • Kartu Identitas Diri (KTP/SIM/Passport) yang masih berlaku
  • NPWP untuk pinjaman yang memiliki nilai plafon tertentu sesuai ketentuan yang berlaku
  • Mengisi Formulir Permohonan Gadai (FPG)
  • Menandatangani akad-akad dan dokumen pendukung lainnya.

Obyek yang dapat diterima sebagai jaminan
Namanya juga Mitra Emas iB Maslahah, jadi yang digadaikan ya emas. Beberapa jenis emas yang dapat diterima sebagai jaminan yaitu:
  • Emas dalam bentuk perhiasan seperti: kalung, gelang, cincin, dan lain-lain.
  • Koin/uang emas seperti: Dinar, Souvereign, Eagle Dolar, dan sebagainya.
  • Emas batangan/lantakan seperti: Logam Mulia, Emas London, Leburan Wahyu, dan sebagainya.
Semuanya berkadar minimal 16 karat ya.

gadai emas

Maksimal pembiayaan (besarnya pinjaman) yang dapat diberikan 
Untuk besarnya jumlah pinjaman, Bank BJB Syariah dapat memberikan 90% dari nilai taksiran Logam Mulia/Emas Batangan dan koin/uang emas. Serta 85% dari nilai taksiran emas perhiasan. Nilai pinjaman mulai dari Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah), dengan pembulatan pinjaman dalam ribuan rupiah keatas.

Jangka Waktu Pembiayaan
Minimal jangka waktu pinjaman dalam Mitra Emas iB Maslahah adalah satu bulan. Satu hari sampai dengan 28, 29, 30 atau 31 hari dihitung sebulan. Tenang, apabila jangka waktu sewa/pinjaman telah berakhir dan nasabah belum melunasi pinjamannya maka diberikan masa tenggang (grace periode) selama 15 hari.

Ketentuan Lainnya
Penyesuaian Harga Standar Emas Pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah (HSE) yaitu Rp. 541.750-/ gram. Adapun besaran biaya pemeliharaan (ujroh) yaitu Rp 5.400 per gram per bulan (untuk emas 24 karat) sampai Rp 6.250 per gram per bulan (untuk emas 16 karat).

Bagaimana, apakah teman-teman tertarik untuk mencoba gadai emas di Bank BJB Syariah? Semoga tulisan ini membantu ya :)

73 comments :

  1. Wah dulu sempet nabung di BJB sekarang yang syariah bisa gadai emas ya Teh😊

    ReplyDelete
  2. Betul sekali Mbak Cadangan Emas bisa kita cairkan dikala ada kebutuhan yang mendesak.

    Tapi masalahnya saya ngk ada Emas untuk digadaikan, yang ada Cuma Mamas bambang..... :)

    ReplyDelete
  3. Saya setuju, gadai emas sebaiknya untuk hal bisnis. Bukan konsumtif, tapi kenyataannya? rata-rata untk konsumtif.

    ReplyDelete
  4. Aku pernah sekali gadaikan emask berbentuk kalung. Cuma dulu ga tau mekanismenya. Abis terima duit..udah aja ga ditebus tuh kalung hahha..Jadi ketawa dan nyesek kalo ingat itu. Thanks infonya bermanfaat sekali nih mbak Lia :D

    ReplyDelete
  5. Emas memang menjadi andalan simpanan terbaik bagi emak-emak karena dalam kondisi apapun apalagi mendesak, emas sangat mampu membantu kebutuhan emak-emak :)

    ReplyDelete
  6. gadai emas sepertinya sudah tradisi masyarakat kita. cuma gadai ke bank mungkin belum jadi kelaziman terutama di kelas bawah. keren ini

    ReplyDelete
  7. itulah hebatnya simpan emas
    begitu kita butuh, jual atau gadai saja emasnya

    ReplyDelete
  8. Belum pernah investasi emas dan gadai juga. Tapi syaratnya mudah ternuata

    ReplyDelete
  9. Belum pernah coba2 gadai emas hihihi, sayang banget kayaknya kalau mau digadein ahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg belum pernah sih, hihi... Asal dan untuk nebusnya jelas, aman lah gadai emas :D

      Delete
  10. wah ngebantu banget ada layanan gadai emas dari BJB Syariah ya Teh, jadi kalo lagi butuh modal mendesak buat usaha gak harus kehilangan investasi juga.

    ReplyDelete
  11. zaman now gadai emas jadi pilihan ya kalau sedang kepepet keuangan

    ReplyDelete
  12. emas investasi paling menjanjikan di zaman sekarang, hihi. Soalnya bisa dijual lagi.

    ReplyDelete
  13. Emas bisa dijual lagi kalau pas butuh uang banget.

    ReplyDelete
  14. wahhh beli emas naiknya lama juga ya.. harga jual dan harga belinya tidak jauhhh jauh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emas emang enggak kaya properti yg naiknya cepet

      Delete
  15. Dulu saya pernah investasi dengan saham, tapi sebenarnya yang lebih menggiurkan lagi investasi properti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya jg kalau punya uang mah pgn investasi properti jg

      Delete
  16. Wah, ini yang sering aku lakuin. Mau dijual suka sayang, jadinya digadai saja deh emasnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, aman terus ya emasnya, ga usah dijual :)

      Delete
  17. Akadnya sudah syariah, semoga dana nya menjadi penuh berkah.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  18. Sudah syariah? Alhamdulillah. Jadi ad alternatif ke mana hendak menggadaikan hati, eh emas XD

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah, mekanismenya sudah syariah. Jadi tenang bagi kita untuk berinvestasi ya...

    ReplyDelete
  20. Baru tahu ada yg syariah. Dulu kepepet ya jualnya ke toko emas krn takut hukum pegadaian biasa jatuhnya riba. Syukurlah kalau ada yg syariah :D

    ReplyDelete
  21. aku belum pernah gadai emas ke bank hehehe emang solusi saat masalah dtg teh lebih cepat

    ReplyDelete
  22. Tidak banyak kaum hawa yg melirik emas sebagai investasi biasanya sering dilirik kaum hawa.. Biasanya dibeli hanya utk properti pribadinya.. Bener nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt ya... Saya termasuk yg jarang beli emas perhiasan buat dipake, lbh seneng beli logam mulia :D

      Delete
  23. Aku belum pernah gadai emas ke Bank. Taoi emang sih, gadai emas lebih membantu banget pas butuh kepepet butuh dana daripada dijual.

    ReplyDelete
  24. Kalau saya gadai emas biasa di pegadaian. Ternyata di bank BJB syariah bisa juga ya.

    ReplyDelete
  25. Pernah ngerasain gadai emas sekali di suatu bank. Kurang lebih sama teknisnya dengan di BJB Syariah. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  26. Haha...gua lebih tertarik ke prilaku konsumtif untuk menggadaikan dan berakhir dengan ngenest, ada baiknya seperti kata mbak digunakan untuk bisnis hehe

    ReplyDelete
  27. Masih jadi opsi terakhir kalau buat gadai emas, ya. Usahakan ga ada yang digadaikan. πŸ˜‚ #prinsipemak

    ReplyDelete
  28. Belum pernah teh gadai emas ke Bank, rasanya sayang aja gitu kalau digadaikan mending disimpen buat investasi hehe

    ReplyDelete
  29. Keren layanan BJB sudah bisa gadai emas juga ternyata, patut dicoba :)

    ReplyDelete
  30. Wah baru tahu kalo BJB bisa gadai emas jugak Teh, selama ini paling cuma ke pegadaian aja.. halah..

    ReplyDelete
  31. Belum pernah gadai emas sih. Alhamdulillah saya selama ini kebutuhannya masih bisa diatasi :)
    Tapi nice share kak. Infonya bermanfaat. :)

    ReplyDelete
  32. Aku ga punya emas Liaa, adanya Mas Dedi 67 kg gede banget tuh kalo digadin, lumayan ya Hihii

    ReplyDelete
  33. saya mula - mula berpikir, jika tidak syariah maka akan sama saja..

    ternyata, masih ada solusi keuangan berbasis syariah.. :)

    ReplyDelete
  34. Semakin mudah dan menentramkan ya dengan adanya gadai emas syariah ini

    ReplyDelete
  35. Makasih infonya teh. Doain aku punya LM yaaa biar bisa nyobain di gadein. *terniaat*. πŸ˜…

    ReplyDelete
  36. Tapi sekarang kebanyakan orang gadai emas lebih ke konsumtif aja sih. Dulu pernah ikutan tapi mandet di tengah jalan

    ReplyDelete