Monday, January 22, 2018

Review SSC Zakkel

SSC Zakkel
Senang deh gabung sama komunitas Bandung Babywearers (BBW). Saya bisa dipertemukan dengan teteh-teteh baik hati yang berkenan meminjamkan gendongannya. Dengan begitu saya bisa mencoba berbagai jenis dan merk gendongan ergonomis tanpa perlu membelinya. Soalnya banyak banget pilihannya, enggak mungkin saya bisa membeli semuanya. Kalau sudah mencicipi dan ternyata cocok di hati, baru deh mempertimbangkan untuk memiliki sendiri.

Teteh-teteh tersebut bukan hanya meminjamkan gendongannya melalui travelling wrap (TW) sebagaimana yang selama ini sudah pernah saya ikuti. Tetapi bisa juga melalui temporary trade (TT). Seperti beberapa waktu yang lalu, di suatu siang saya membaca pesan Teh Wiwin di grup WA BBW yang menawarkan gendongan Zakkel-nya untuk TT.

Berhubung memang penasaran banget sama gendongan jenis soft structured carrier (SSC) dari Zakkel yang konon katanya merupakan gendongan lokal rasa internasional, saya pun langsung menghubungi Teh Wiwin secara pribadi. Bahagianya hati ini karena beliau bersedia menukar secara sementara SSC Zakkel-nya dengan SSC Nana milik saya. Tanpa menunggu lama, keesokan harinya kami langsung bertukar gendongan dengan memanfaatkan jasa Go-Send.

Kesan awalnya, wow tebal ya. Apanya? Semuanya, hehe.... Body panel, shoulder pad, waist belt, semua tebal. Motifnya pun saya suka. Merk SSC asal Bandung ini memang selalu menghadirkan motif-motif yang ciamik dan enggak pasaran. Punya Teh Wiwin yaitu motif Dreamcatchers on Black. Menurut saya, warna-warni dreamcathers pada latar berwarna hitam benar-benar eye catchy. 

Sebelum menggunakan bersama Rashya, saya coba dulu mengutak-atik buckel-nya. Soalnya pernah mendengar bahwa buckle pada waist belt-nya Zakkel ini sulit dilepas. Ternyata enggak susah. Hanya saja memang enggak bisa dibuka menggunakan satu tangan, karena ada tiga titik yang harus ditekan. Mantap ya fitur keamanannya. Merupakan buckle berkualitas merk YKK yang terkenal sangat kuat.

SSC Zakkel
Selain itu, di setiap buckle juga dilengkapi dengan elastic safety strap sebagai pengaman ganda. Dan kalau strap-nya terlalu panjang, ada karet untuk menahan gulungan sisa strap sehingga gendongan tetap tampak rapi.

Dari satu minggu waktu TT yang telah kami sepakati, saya hanya sempat mencoba SSC Zakkel ini empat kali saja. Hari pertama, gendongan ada di kantor suami karena lokasinya lebih dekat ke rumah Teh Wiwin, dan ketika beliau pulang saya udah ngantuk berat. Hari kedua dan ketiga, saya pakai ketika menjemput Jav ke sekolah. Hari keempat, saya kami sibuk mempersiapkan acara syukuran khitan dan ulang tahun Jav, gendong Rashya pakai ring sling aja yang simpel. Hari kelima, acara syukuran khitan dan ulang tahun Jav, Rashya lebih sering digendong Eninnya. Hari keenam dan ketujuh, saya pakai lagi untuk menjemput Jav ke sekolah.

Iya, jadi saya mencoba menggunakan SSC Zakkel ini ketika menjemput Jav. Sebentar aja, cuma dari tempat parkir ke depan gerbang. Tapi yang pasti bikin banyak ibu-ibu lain--yang enggak kenal menoleh, hihihi....

SSC Zakkel ini mudah dipasangnya. Semua strap-nya gampang untuk disesuaikan. Jadi dari rumah, waist belt sudah terpasang di pinggang saya. Sampai di sekolah, tinggal gendong Rashya, tarik shoulder pad, sesuaikan strap-nya, beres deh. Alhamdulillah enggak repot meski tanpa cermin. Ya ada sih intip-intip sedikit ke kaca jendela mobil untuk memastikan apakah posisi M-Shape dan TICKS-nya sudah oke atau belum.

Rasanya? Enak.... Shoulder pad empuk sehingga bahu enggak terasa sakit. Jujur, awalnya saya agak khawatir gendongannya akan terlihat bulky dan terasa berat saat digunakan. Tapi ternyata enggak loh.

Rashya juga selalu nyaman berada di dalam gendongan. Meskipun body panel-nya tebal, tapi lembut dan ringan. Terbuat dari kain katun bersertifikat OEKO-TEX® standar 100. Kebetulan kemarin baru baca tentang sertifikat ini. Standar Oeko-Tex® 100 adalah sistem pengujian dan sertifikasi yang dilakukan oleh lembaga independen berkaitan dengan zat berbahaya untuk bahan baku, produk setengah jadi, dan produk akhir di semua tahapan produksi. Jadi aman juga dari segi kesehatan. Plus dilengkapi pula dengan bantalan di bagian bawah kanan dan kirinya, sehingga paha Rashya enggak sakit ketika digendong.

SSC Zakkel

Rupanya SSC Zakkel ini cocok untuk digunakan oleh bayi usia 6 bulan hingga berat badan 15 kg. Duh, Rashya baru berumur 5 bulan (7,8 kg). Pantas agak sedikit tenggelam di balik body panel berukuran panjang 40 cm dan lebar 35 cm ini. 

Oiya, hoodie-nya bisa dilepas-pasang menggunakan snap. Bagi saya yang senang gendongan ringkas, senang karena hoodie-nya bisa dilepas. Tapi karena enggak ada kantong tempat menyimpan hoodie-nya, dan khawatir dengan cuaca Bandung yang suka berubah tiba-tiba (kadang panas, kadang hujan), jadi dipasang terus deh. 

Terakhir, terdapat kantong kecil pada waist belt bagian depan. Lumayan banget bisa digunakan untuk menyimpan uang dan fotokopi KTP/SIM. Jadi saya enggak perlu repot membawa dompet.

Kesimpulannya? Suka banget.... Semoga suatu saat bisa berjodoh dengan gendongan kece seharga Rp 645.000 ini. Pastinya terima kasih banyak untuk Teh Wiwin yang sudah bersedia menukar sementara Mamang Zakkel-nya sehingga saya bisa mencicipi :)

54 comments :

  1. Harganya kece juga, tapi sebanding dengan kualitas, keamanan dan kenyamanan.

    ReplyDelete
  2. Waw gendongannya unik ya. Saya belun pernah lihat motifnya. Semakin kekinian aja nih gendongan. Oya, apa mba orang Bandung?

    ReplyDelete
  3. Motifnya asyik dan bentuknya jg simpel, plus pastinya krn buckelnya yg easy to use.

    Noted deh buat bekel hunting kado2 lahiran.
    Salam siang dari Lombok. ^^

    ReplyDelete
  4. motifnya lucu dengan back ground gelap, sukaaa :D

    ReplyDelete
  5. Enak dipakainya, nyaman buat anak, tentunya ini yang penting ya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Wow.. harganya bikin ngeri. Tapi nyaman ya.

    ReplyDelete
  7. bagus designnya. sepertinnya bayinya juga nyaman

    ReplyDelete
  8. Waduh mupeng saya hahaha..jaman anak-anak belum banyak pilihan gendongan:)

    ReplyDelete
  9. gendongan sekarang macem-macem dan berfungsi untuk membuat nyaman baby dan ibunya yaaaa.

    ReplyDelete
  10. Enak banget kayanya nih, soalnya menutupi semua bagian tubuh si kecil, nyaman, apalagi hoodienya bisa dilepas. Hmm.. Jadi kangen ngegendong 😁

    ReplyDelete
  11. gendongannya keren, dipakai jalan-jalan juga nyaman ya. Aku dulu masih pake gendongan yg tradisional, apa ya namanya selendang jarik batik :D

    ReplyDelete
  12. Gendongannya bagusss.. harganya bagus juga hiks :')

    ReplyDelete
  13. zaman sudah semakin canggih, gendongan untuk anak saja sdh ada teknologinya. Beda dng zaman dulu yang hanya menggunakan kain panjang saja.

    ReplyDelete
  14. lucu gendongannya :) harganya masih aman hehehe

    ReplyDelete
  15. Kereeeen yaa Mbak Naath.. Nyaman dipakainya yaa? Saya masih kuno, pakainya kain jarik hihii

    ReplyDelete
  16. lucu deh gendongan jaman sekarang hi-tech ya mbak.. gemes deh.
    (cue background suara ala tv champion: WOOOW AKU BELOM PERNAH MELIHAT YANG SEPERTI INI SEBELUMNYA)

    #kabur

    ReplyDelete
  17. anak saya sudah hampir 2 th,, pernah pake tapi bukan yang ini cepet putus dan sobek(produk lain), sayang saya tau baru sekarang

    ReplyDelete
  18. Gendongan sekarang..macem2 banget ya mba modelnya.

    Anakku dulu yang pertama, yang gendongannya agak modis+mahal. Anak kedua..entah knp..nggak mau digendong klo bukan pake gendongan kain/jarit😀

    ReplyDelete
  19. Harganya lumayan juga ya, Teh.
    Tapi saya rasa memang sebanding ya dengan kualitasnya..
    Dan, ini memang terlihat lebih aman dan nyaman ya bayinya..

    ReplyDelete
  20. salah satu kelebihan sebuah komunitas, bisa nambah temen, bisa saling berbagi, tukar pikiran dan pengalaman...dll.

    dulu tanteq awal2 g terlalu bisa gendong bayi. jadix pake gendongan seperti itu..^^

    ReplyDelete
  21. Sekarang makin banyak aja model gendongan :)

    ReplyDelete
  22. Harganya cukup wow ya Mba, tapi pasti sebanding sama kualitasnya. Sekaeang gendongan oun serba canggih hehe

    ReplyDelete
  23. Motif bagua, harga terjangkau apalagi fungsinya sangat berkualitas, pasti banyak ibu2 suka dan beki deh :) Sekarang gendongan bayi bervariasi ya, jadi bingung pilih2nya hehehe buatan Bandung ini bolehkah direkomendasikan :)

    ReplyDelete
  24. Kalo aja anak2ku msh baby, udah kalap kayaknya aku beli gendongan lucu2 ini mba :D. Apalagi hrg gendongan mah udh ga semahal dulu yaaa. . Nyesel pas baru lahiran lbh milih stroller drpd gendongan

    ReplyDelete
  25. Mba, kalau boleh pilih, lbh nyaman nana atau zakkel yah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas nyoba zakkel ini, umur bayinya masih 5 bulan, jd msh agak tenggelam...
      Saya pakai nana tenun, nyaman & ringan :)

      Delete