Saturday, August 29, 2015

Batagor Isan, Batagor Legendaris di Bandung


Tentang batagor lagi nih, bakso tahu goreng, hihihi....

Orang Bandung pada tau batagor Isan enggak sih? Karena kalau saya, dari zaman masih kecil, keluarga saya sudah langganan sama batagor Isan yang legendaris ini. Dulu sih belinya ke daerah Kopo. Terus ketika saya sudah agak besaran ada yang lebih dekat di daerah Margacinta. Hingga akhirnya ada yang lebih dekat lagi di depan komplek rumah.

Lumayan banget lah, kalau lagi kepingin batagor, enggak perlu jauh-jauh. Misalnya seperti ketika saya tiba-tiba lapar dan membayangkan ngemil batagor sepulangnya dari menjemput Jav di sekolah beberapa waktu lalu. Sebelum ke rumah, mampir dulu ke batagor Isan.

Waktu itu saya memesan yamin bakso. Lagi kepingin mi, hehehe.... Dari segi porsi sih, enggak terlalu banyak. Tapi menurut saya ya cocok kalau hanya untuk mengganjal perut sambil menunggu waktu makan siang mah. Satu porsi yamin campur terdiri dari semangkuk mi, serta semangkuk kuah bakso berisi satu buah bakso besar, dua buah bakso kecil, dan satu buah batagor.


Minya lembut. Manisnya pas, asal ketika pesan bilangnya manis sedang. Kuahnya gurih, andalan teman makan nasi kalau sedang sakit. Baksonya enak, bukan bakso abal-abal. Dagingnya padat. Batagornya, mantap. Karena direndam kuah bakso, ada sensasi berbeda pada tekstur dan rasa batagornya.


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, porsi yamin baksonya memang enggak terlalu banyak. Makanya, setelah menghabiskan seporsi yamin bakso, saya belum merasa kenyang, heuheuheu.... Lagipula, enggak afdal rasanya apabila datang ke batagor Isan tapi enggak beli batagornya. Batagor kering maksudnya. Akhirnya saya memesan lagi dua buah batagor :D

Batagornya disajikan di dalam mangkok, lengkap dengan saus kacangnya. Apabila cara memakan yamin baksonya menggunakan sendok dan sumpit, batagor kering ini paling asyik dinikmati tanpa menggunakan alat bantu apapun, pakai tangan saja. Kelebihan batagor Isan ini, walaupun harganya jauh lebih terjangkau daripada batagor terkenal lain di Bandung, tapi kualitasnya enggak terlalu jauh berbeda. Dengan harga Rp 2.000 per buah, aroma dan rasa ikannya terasa sekali. Memang sih, kalau dibandingkan dengan waktu dulu, ada sedikit penurunan kualitas dan pengurangan ukuran. Harganya pun meningkat terus. Batagor ini enak banget deh dicocol dengan sambal kacang yang sudah diberi kecap dan jeruk nipis. Apalagi ditambah kerupuk, hmmm nikmat.


Tertarik untuk mencoba? Banyak kok cabangnya di Bandung. Bahkan di Cimahi juga ada. Kalau mau beli banyak untuk oleh-oleh ke luar kota juga bisa, nanti dikasihnya batagor yang setengah matang. Hanya saja kekurangannya, sambal kacangnya cepat basi. Bagus sih, berarti enggak pakai tambahan apa-apa. Tapi berarti kalau untuk dibawa pergi jauh, harus dalam bentuk beku.

68 comments :

  1. Wow.. Jadi ingin makan batagor nih.. Kalau di Jakarta enggak ada cabangnya ya?..

    ReplyDelete
  2. Bandung ini wiskul-nya beragam ya mbak.... Batagor yang aku tahu biasanya digunting-gunting, trus dimakan sama kecap+saus kacang. Jadi pengen...

    ReplyDelete
  3. delivery ke Bekasi bisa gak mbak hehehe

    ReplyDelete
  4. Di Bandung memang terkenal dgn batagornya yg enak2 ya mak.... :)

    ReplyDelete
  5. mbaakkk, aku uda berhasil bikin batagor sendiri, loh.. #bangga heheheh soale nyari jajanan jawa di sampit susah2 gampang, kalo nemu pun mahal

    ReplyDelete
  6. Di Jogja kok nggak ada ya? Di PEkanbaru smp buka 2 cabang. Aku paling suka ya batagor itu, trus minumnya sup buah.

    ReplyDelete
  7. Kalau ke bandung harus coba nih, terutama suamii, doyan banget sama batagor

    ReplyDelete
  8. Hahaha, dasar ya kota Malang, yang jualan batagor nyaris gak ada T__T

    ReplyDelete
  9. Kebetulan saya minggu besok mau kebandung. Pengen juga jadinya nyobain yang namanya batagor isan, setelah membaca artikelnya mbak ini. Terlebih yang paling membuat saya tertarik yaitu. Apalagi kalau bukan harganya yang mbak katakan cukup murah... jadi penasaran.

    ReplyDelete
  10. kaalau aku ish penikmat bakso, he he soale di daerahku sini jarang banget ada batagor

    ReplyDelete
  11. Bandung kota seribu kuliner, banyak makanan yang berasal dari bandung... Cemilan enak dengan harga murah, pasti menjadi dambaan para pemburu cemilan...

    ReplyDelete
  12. Batagornya enak ya, mak. :D Kalau di sini juga ada, kayaknya yang jual orang bandung asli. pas ke bandung malah belum nyicip batagornya hehe

    ReplyDelete
  13. ko batagornya bedah yah dari yang biasa saya beli :3 jadi pengen coba :v

    ReplyDelete
  14. Batagor bandung emang top deh sayang dibekasi jarang yang jualan adanya batagor lainnya

    ReplyDelete
  15. di Bandung kayaknya makanannya enak2 semua deh..itu foto batagor isannya menggiurkan sekali ...

    ReplyDelete
  16. Bisa mengenyangkan nih eung, mudah-mnudahan saya bisa mampir kesna, tapi berharap sih bisa ditemukan juga di Sukabumi sebagai cabangnya. ^.^

    ReplyDelete
  17. arrrghh... kepengen bangettttt... Catet ah buat referensi kl ke Bdg ^_^

    ReplyDelete
  18. tidak seperti batagor yang biasa saya temukan,
    unik juga pake kuah, penasaran kelesatannya

    ReplyDelete
  19. Ternyata batagor isan ini punya 2 arti. Satu, bakso tahu goreng. Dua, batagor beneran. Eaaaak.
    Keknya enak buat ngisi perut saat nggak lagi laper banget tapi mulut ini pengen memamah biak. :D

    ReplyDelete
  20. mauuu.. mauuu.. mauuu...
    duh kebayang makan bakso pake batagor plus nambah batagor lagi pake sambel kacaang.. endeuuusss... #elapiler
    sabar.. 2 minggu lagi pulang bandung ��

    ReplyDelete
  21. Di bandung mau nyari apa aja ada ya mbak. Wiskulnya komplit

    ReplyDelete
  22. Aku taunya kinsley...krn tiap ke bandung aellau direkomendasiin kinsley

    ReplyDelete
  23. Sumpah, ngileeer.
    Kayaknya di Depok ada deh, satu tempat sama Soerabi Enhaii di Margonda.
    Mba, kalo di luar Bdg, batagor knp ya byk yg batagor kering, ga yg kuah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bandung jg jarang jg sih yg kuah...
      sebenernya tinggal ditambah kuah baso aja :D

      Delete
  24. Waah sepertinya enak sekali ya.Sayang sekali adanya di Bandung ya.Jauh banget dari Bekasi

    ReplyDelete
  25. aduh ini batagor bikin ane pengen beli deh :)

    ReplyDelete
  26. Enak euuuuuy ^_^ Tapi jauh di Bandung hehe
    Pertama kali makan batagor pas les bimbel asal Bandung yang buka cabang di Bandar Lampung
    Gerobaknya mangkal di halaman bimbel
    Eh jangan2 itu abang batagornya sengaja ikut ke Lampung jugak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jd slain tempat les, batagornya jg ikut melebarkan sayap ya hihihi...

      Delete
  27. minggu kemarin biz trip ke Bandung, dibawain Batagor Kingsley 2 kotak sama klien.
    enaaaaaaak ternyata.. kalo Batagor Isan malah belum coba ;)

    ReplyDelete
  28. Boleh juga nih dijajal batagor Isan ini. Jaman saya masih ke Bandung dulu tahun 2000-an salah satu batagor yang terkenal karena enak adalah batagor simpang dago. Dulu sering ke daerah dago bobogohan, hehe...

    ReplyDelete