Wednesday, August 26, 2015

Ketika Jav Ikut Membantu Pekerjaan Rumah


Enggak terasa, ternyata sudah dua tahun lebih saya belum berjodoh lagi dengan asisten rumah tangga yang baru. Apakah hal tersebut membuat saya menjadi semakin mahir menyelesaikan pekerjaan rumah? Sayangnya belum, hehehe.... Saya masih sering keteteran membagi waktu untuk pekerjaan rumah, untuk bermain bersama Jav, untuk pekerjaan sampingan, dan untuk diri sendiri :D

Untungnya, sekarang Jav sudah cukup besar, bukan bayi lagi yang harus ditemani sepanjang waktu. Sehingga ketika harus menyelesaikan pekerjaan rumah, maka...
  • Saya cukup memasang musik yang ceria. Saya menjadi lebih semangat bekerja, dan Jav pun bisa menyalurkan energinya dengan menari-nari di sekitar saya. 
  • Biasanya Jav memilih untuk bermain sendiri. Enggak apa-apa. Lebih baik lagi kalau Jav membawa mainannya ke dekat saya, jadi saya bisa menyelesaikan pekerjaan rumah sambil tetap menemani Jav bermain dan bercerita.
  • Tapi kadang Jav juga semangat membantu saya menyelesaikan pekerjaan rumah. Alhamdulillah, tentu saja enggak pernah saya larang, hihihi....

Waduh, bundanya Jav mempekerjakan anak di bawah umur nih. Ya enggak lah. Saya kan enggak pernah memaksa. Kalau Jav mau membantu ya syukur, kalau enggak juga enggak apa-apa. Tapi seperti yang sudah saya jelaskan tadi, malah Jav yang sering berinisiatif lebih dulu untuk ikut membantu saya. Biar lah, karena dengan ikut terlibat dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, ternyata bagus loh untuk perkembangan anak.
  • Meningkatkan kemampuan lifeskill. Walaupun pekerjaan rumah menurut kebiasaan dan budaya di Indonesia standarnya didominasi oleh kaum perempuan, tapi saya ingin Jav juga terbiasa menyelesaikan pekerjaan rumah. Selain akan membuat Jav lebih mandiri sehingga nanti dia enggak akan kerepotan kalau harus sekolah di luar negeri (aamiin...), harapannya dia juga bisa lebih menghargai perempuan. Lagian laki-laki yang bisa masak tuh keren banget tau, liat tuh Chef Juna ;)
  • Melatih kemampuan motorik dan kognitif. Jangan salah, memeras kain pel bagus loh untuk melatih otot-otot jari anak agar siap untuk belajar menulis. Begitu juga dengan mencuci piring, baik untuk melatih konsentrasi serta koordinasi antara mata dan tangan. Pelajaran berhitung pun bisa dilatih di dapur dengan menghitung jumlah telur atau bawang misalnya.
  • Membentuk karakter. Menyelesaikan pekerjaan rumah juga dapat melatih pembentukan karakter-karakter baik seperti kesabaran, ketelitian, dan lain-lain. Kepercayaan diri pun akan meningkat apabila anak telah berhasil membantu menyelesaikan pekerjaan.

Makanya, walaupun dibantu Jav berarti pekerjaan saya menjadi lebih lama selesainya dan bahkan harus bekerja dua kali (ya maklum lah namanya juga anak-anak, pengerjaannya pelan-pelan atau kadang kurang rapi) saya berusaha untuk tetap sabar dan enggak mengambil alih pekerjaan secara paksa. Meskipun sebenarnya sih gemas... sekali :D

Berikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan Jav setiap membantu saya menyelesaikan pekerjaan rumah (selain menyimpan piring/gelas kotor di kitchen sink, menyimpan pakaian kotor di keranjang, menjemur handuk, mengelap tumpahan air, menyapu remah-remah makanan, dan lain-lain yang merupakan tanggung jawab pribadi).
  • Menyapu. Jav enggak terlalu suka menyapu. Biasanya, dia baru ikut riweuh kalau saya sudah mau merapikan kotorannya ke dalam pengki. Jadi saya yang menyapu, dan Jav yang memegang pengkinya serta membuang kotorannya. 
  • Mengepel. Pekerjaan rumah yang paling melelahkan. Tapi lumayan terhibur setiap Jav menawarkan diri untuk membantu. Biasanya sih hanya ikut di bagian memeras kainnya. Namun akhir-akhir ini kepingin ikut mengepel juga. Saya kasih jatah mengepel tangga saja yang ukuran lantainya kecil-kecil :D
  • Mencuci piring. Biasanya saya yang membersihkannya dengan sabun, kemudian Jav yang membilasnya dengan air. 
  • Mencuci pakaian. Berhubung mencucinya pakai mesin, kalau mau, Jav bisa ikut membantu dalam semua prosesnya. Mulai dari memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin, menuangkan sabun dan pewangi, mengatur setelan mesinnya, mengeluarkan pakaian yang sudah bersih, serta menjemurnya. 
  • Menyetrika. Jav biasanya ikut membantu dalam hal menyortir pakaian dan menyemprot pelicin. Kadang ikut juga membantu menyimpan pakaian yang sudah disetrika ke dalam lemari.
  • Memasak. Banyak yang bisa dilakukan Jav. Misalnya mengambilkan bahan-bahan dari dalam kulkas, mencuci beras, buah, dan sayur, mengulek, serta memasukkan kerupuk mentah ke penggorengan. Di sini memang butuh pengawasan super ketat. Yang pasti sih saya belum mengizinkan Jav untuk memegang pisau. Kalau membuat kue atau puding, Jav biasanya ikut menimbang, mencampurkan bahan-bahan, mengaduk adonan, menyiapkan cetakan, dan tentu saja mencomot keju atau cokelat untuk dimakan sendiri :))


Alhamdulillah.... Pekerjaan selesai, quality time bersama anak dapat, Jav juga bisa belajar banyak. Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan :)

64 comments :

  1. ...hebat mas Jav, nanti dik Ethan setahun lagi nyontek tips-nya bunda Jav yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya ini bukan tips sih, cmn cerita pengalaman aja :D

      Delete
  2. Anak hebat nih diajarkan mandiri, semoga bisa apa aja nantinya, toh dia juga perlu mengetahui tidak selamanya bergantungan pada orangtua.

    ReplyDelete
  3. Aktivitas yang menyenangkan, menyehatkan dan sangat mendidik.

    ReplyDelete
  4. memang mengasyikan ya mbak kerja bareng anak. selalu ada keceriaan ersendiri ketika anak bertanya ini itu :D

    ReplyDelete
  5. Dan saya menyayangkan kalau masih ada keluarga yang anak lelaki diistimewakan, nggak perlu bantu2 kerjaan rumah he he. Karena life skill itu penting. Seperti yang Mbak tulis, kalau someday harus tinggal jauh dari ortu di luar kota apalagi di luar negeri. Bisa kelimpungan kalau nggak pernah kenal kerjaan rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan anak lelaki, berdasar pengalaman sih anak perempuan jg bnyk yg kelimpungan :D

      Delete
  6. Jav emang keren dan pinter, anak memang hrs dilatih utk bisa membantu pekerjaan org tua ya mak...

    ReplyDelete
  7. sama mak, saya jg kadang melibatkan anak dalam pekerjaan yg sekiranya dia bisa, daripada dibiarin nonton

    ReplyDelete
  8. owwww...so sweet ngeliat Jav mau bantu mamanya ^_^

    ReplyDelete
  9. wah heubay..jav heubat euyyyy..anak rajin nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo lg rajin ya rajin, klo lg males ya males hihihi...

      Delete
  10. anak-anak sebetunya senang ya mbak membantu pekerjaan kita, itung2 belajar sejak dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... mereka tuh bangga klo bisa ngerjain pekerjaan org dewasa :)

      Delete
  11. Pinter banget masih kecil udah bisa bantu orang tuanya.. Eruntung yang jadi orang tuanya nih.

    ReplyDelete
  12. ternyata bisa membentuk karakter juga ya :) Jav hebat sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sebenarnya apapun yg anak lakukan, bermain sekalipun pasti ada pelajaran yg dia dapat, asal sambil diarahkan :)

      Delete
  13. Keren jav memang keren dah, kalau mamahnya lagi males kan bisa jav jadi penymangatnya yaa :)
    memng tidak ada salahnya mengajarkan pekerjaan wanita, karena itu bisa melatih dia untuk lebih mandiri kedepannya, dan juga bisa menjadi penyemangat jikalau ibunya kalau lagi malas biar gx ngedul lah tuman :)

    ReplyDelete
  14. Jav....pinternyaaaa... Pratical life ya mbaaa bisa bonding, mandiri dan kitanya terbantu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... kadang terbantu, kadang malah bikin lama hihihi...

      Delete
  15. Hai, Jav. Sini bantuin Tante di rumah yukk, hihihi :D

    ReplyDelete
  16. Kalau diajarkan mandiri dari sejak kecil, besarnya nanti tidak akan menyusahkan orang tua... solusi yang bagus, tidak perlu pakai jasa asisten rumah tangga...

    ReplyDelete
  17. Hihihi, Jav ikut aktivitas mamanya terus, ya. Memang kudu sabar kapau dibantu anak kecil, Mbak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hihihi... kadang klo lg buru2, saya cuci piring diem2 biar ga usah dibantuin jav :))

      Delete
  18. Setuju teh',
    Semakin cepat mandiri akan sangat baik bagi anak. Saya juga punya teman anaknya 4 (3 laki-laki SD,SMP,SMA & 1 perempuan balita). Ga ada ART, tapi rumah selalu bersih dan rapi karena semua berbagi tugas

    ReplyDelete
  19. Jav hebat ......
    Semoga kedepannya Jav bisa terus menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi agama, bangsa dan negara. Amin. Sebab, dalam sebuah hadist yang berarti, manusia yang paling baik itu adalah manusia yang paling banyak memberi manfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  20. Jav rajin yaa. Udah kasep, rajin pula. Mantu idaman *lho :D

    ReplyDelete
  21. Anak memang harus diperkenalkan dengan pekerjaan rumah sejak dini agar terbiasa nantinya. Baru dua tahun mbak tanpa ART....saya sudah 15 tahun tanpa ART :D

    ReplyDelete
  22. hihi alde dan nai mulai ta ajakin nih mba, biar bisa sejak dini dan emaknya kerja lebih ringan #ups hihihi

    ReplyDelete
  23. ya ampun, senangnya melihat anak-anak peduli sama kita.. sejuk banget seperti minum air es segalon

    ReplyDelete
  24. Wow, Jav hebat banget. Moga-moga Rumi dan Bumi bisa ikut kayak Jav ya. selamat ya Mbak Jav bisa bantu-bantu.....

    ReplyDelete
  25. Senengnyaaa punya anak rajin dan suka membantu pekerjaan ortu. Dulu pas masih seumuran Jav aku juga kek gitu. Moga anakku gitu juga yaa. Amin ^^

    ReplyDelete
  26. Mbaaa, bentar lagi aku juga udah ga pake asisten.
    Sama, problemku juga soal waktu blm bisa ngatur dgn baik. Kudu fokus ke kerjaan kali ya.
    Ih, sama, aku juga pakai musik kalo kerja. Semangat Mba :)

    ReplyDelete
  27. Mengajak anak2 mengerjakan pekerjaan rumah adalah hal yg positif ya Mbak.. Setidaknya si anak sdh mengerti tentang tugas2nya.. Ketika beranjak dewasa si anak tidak lagi malas2an dan menjadi anak mandiri, apalagi kalo dia nge-kost bisa mengerjakan semuanya..

    ReplyDelete
  28. Wah Jav pinter deh, kalo anakku kadang-kadang aja suka menawarkan bantuan :D

    ReplyDelete