Sunday, August 23, 2015

Puree Mangga Gedong, Ya Fruits Up Dong

Fruits Up... mungkin teman-teman masih merasa asing dengan merk minuman segar ini. Pemasarannya memang masih terbatas, baru di Bandung dan Bekasi. Tapi sudah mendapatkan Award Winning Anugerah Inovasi Prakarsa Jawa Barat 2014 dan Wirausaha Baru Terbaik Jawa Barat 2015 loh.

Fruits Up adalah puree mangga gedong gincu. Minuman dengan kualitas premium ini merupakan salah satu produk lokal hasil pemberdayaan Forum Kreatif Jatinangor. Timnya terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad yang bekerjasama dengan para petani mangga di Cirebon. Keren ya :)

Sudah lama saya kabita untuk mencoba minuman ini. Bagaimana enggak, banyak kenalan saya yang alumni FTIP memamerkan foto si Fruits Up ini di akun media sosialnya. Tapi ya hanya sebatas ngiler saja, enggak ada tindakan apa-apa :D

Ternyata ada salah satu ibu teman sekolah Jav yang merupakan alumni FTIP dan menjadi distributor Fruits Up. Langsung deh saya pesan.

fruits up mango puree

Terdapat tiga macam varian Fruits Up.
  • Reguler: kekentalannya 40 %, ukurannya 270 ml, dan harganya Rp 12.500
  • Premium: kekentalannya 50 %, ukurannya 400 ml, dan harganya Rp 23.000
  • Slush: kekentalannya 60 %, ukurannya 200 ml, ada tambahan potongan buah kiwi/peach/leci, harganya Rp 16.000

Untuk pengalaman pertama mencicipi Fruits Up ini, saya mencoba memesan yang Reguler dan Slush Kiwi. Ketika melihat secara langsung, ternyata ukurannya imut-imut :p

Walaupun kemasannya masih bisa dibuat lebih keren lagi, namun informasi yang tercantum di atasnya menurut saya sudah cukup lengkap. Seperti:
  • Berat bersih. Ini mah sudah pasti selalu ada lah ya.
  • Nomor P-IRT. Terjamin sehat dan aman.
  • Saran penyimpanan dan saran penyajian. Fruits Up diolah dengan proses sterilisasi dan tanpa menggunakan bahan pengawet tambahan, makanya harus selalu disimpan dalam kondisi dingin (di bawah 4 °C).
  • Tanggal kedaluwarsa. Karena enggak menggunakan pengawet tambahan, maka tanggal kedaluwarsanya pun enggak lama-lama.
  • Informasi nilai gizi. Wuih, kaya akan vitamin C.
  • Komposisi. Wow, low sugar dan ada jelinya juga.
  • Keterangan tambahan. Berupa akun-akun media sosial dan nama perusahaan yang memproduksinya.




Baik yang Reguler maupun yang Slush, ketika segel dan tutupnya dibuka, keduanya mengeluarkan aroma khas buah mangga yang menggoda. Walaupun kekentalannya paling rendah di antara varian lainnya, tapi yang Reguler ini lumayan juga kentalnya. Meskipun begitu, rasanya tetap segar, sehingga cocok banget diminum ketika sedang haus. Manisnya pas. Jelinya pun melimpah. Very recomended deh!



Sedangkan yang Slush Kiwi, jelas, kental banget. Teksturnya lembut. Potongan kiwinya enggak lembek, masih segar dan renyah. Sayang, kurang banyak :p Malah saya juga enggak menemukan jelinya, padahal di komposisinya tertulis ada jeli juga. Rasanya cenderung lebih asam dibandingkan dengan yang Reguler. Kurang cocok kalau untuk menghilangkan dahaga. Pasnya untuk ngemil :D

Kesimpulannya, dua-duanya enak. Tapi favorit saya sih yang Reguler. Jadi penasaran nih sama yang Premium :D Kapan-kapan coba yang Premium ah....

Hanya saja, ada hal yang membuat saya agak bingung nih. Kenapa minuman ini disebut puree ya.... Karena setahu saya, puree itu diolah/dihaluskan tanpa menambahkan apa-apa (seperti air dan gula). Jadi benar-benar murni buah saja. Makanya nutrisinya lebih baik apabila dibandingkan dengan jus yang dalam pengolahannya ditambah dengan air, gula, atau bahan lain. CMIIW :) Ya apapun namanya, yang penting sih segar....

46 comments :

  1. buah mangga yang paling disukai adalah mangga gedong rasanya yang luar biasa manis itu sekarang udah ada fruits up nya dong yah bu?
    beli ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah Mangga gedong nya saja sudah enak dan seger sekarang malah di buat minuman pasti tambah seger ya Mang+Mbak...

      Delete
  2. Aku juga suka banget mangga.. Gak ada rasa bosen dan jenuh menyantapnya.. Apalagi mangga yang manis.. Btw...produk ini aku blm nemu di kotaku Palembang.. Apa aku aja ya yg kurang ngeh ada produk baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama seperti Mbak Tita deh Mbak Nathalia..minuman rasa buah apalagi Buah Mangga saya favorite banget :)

      Delete
    2. memang baru beredar di bandung dan bekasi mba...

      Delete
  3. kebayanglah pas dingin,pasti seger bangettt...baru tahu produk ini saya mbak

    ReplyDelete
  4. bagus tuh kadar gulanya dikit... Sekarang setiap kali beli minuman kemasan yg judulnya jus ini atau jus itu pas cek kadar gulanya...woh...tinggi banget... Serba salah deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo minum jus pabrikan, gulanya emang sering bikin alergi saya kambuh mba, bikin batuk2... yg ini mah aman :)

      Delete
  5. Ditangerang tak ado yang jual macam itu :(

    ReplyDelete
  6. suka banget sama mangga, kemarin ada abang gerobak jualan mangga indramayu. beli 2 kg abis ludes sama anak dan suami :)

    ReplyDelete
  7. Coba dijual di alfamart biar gampang belinya

    ReplyDelete
  8. Pana panas gini enak dan segar ya Mbak minum minuman rasa mangga gedong itu. saya jadi pengen..Mbak Nathalia :)

    ReplyDelete
  9. Ternyata bingungnya sama dengan saya, puree atau bukan saya berhasil ngiler nih :D

    ReplyDelete
  10. Jadi keingetan dulu di halaman depan rumah ortu ada pohon angga gedong yang enak banget...kata si bapak mah asa di surga tiap hari disediain mangga yang jatuh hihi... sayang karena yg menghuni rmh tingal si bapak dan si mamah akhirnya ditebang....cape nyapu daunnya...:)

    ReplyDelete
  11. kayanya enaak ya di supermarket ada ngga tuh ? mau coba yang slush :D

    ReplyDelete
  12. Iya mbak, denger puree aku ngebayanginnya kayak makanan buat MPASI bayi gitu, murni buah dan encer :D

    ReplyDelete
  13. Aku gak terlalu suka jus atau puree. Lebih suka makan buahnya langsung. Tapi, kayaknya ini mesti nyoba. Kali aja jadi suka :D

    ReplyDelete
  14. mendengar mangga gicu saja sudah gleeeer kepingin makan, saya suka mangga gincu mba, itu dimasukkan ke dalam kulkas wuuuadem pisan atuh

    ReplyDelete
  15. Ini belum ada di semua supermarket ya mbak. Pengin coba tp mikir ongkirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan takut rusak di jln jg mba... soalnya hrs slalu dingin krn ga pakai pengawet...

      Delete
  16. Siang siang makan jus mangga seger kali mbak. Sayang ya pemasarannya masih terbatas. Semoga saja minuman ini tersedia terus meskipun gak musim mangga hehe

    ReplyDelete
  17. seger banget mbak, ini bakal nyampe ke jambi nggak?...

    ReplyDelete
  18. Kalau daerah bekasi bisa order dimana y??? ada no contactnya? Kebetulan saya tinggal di bekasi. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  19. Bisa dipesannya dimana ya kalo diluar bandung?

    ReplyDelete