Tuesday, October 6, 2015

Keripik Mi

Mungkin saya termasuk orang tua yang egois. Sejak kecil, saya selalu membiasakan Jav untuk menyantap makanan yang sehat. Padahal saya sendiri, paling hobi makan makanan yang kurang sehat :p

Egois demi kebaikan anak tentunya. Karena sebelum Jav dewasa dan benar-benar mengerti mana makanan yang berdampak baik dan mana makanan yang berdampak buruk bagi tubuhnya, merupakan tanggung jawab saya untuk selalu menyediakan asupan makanan yang baik. Memang sih, sakit mah enggak bisa dihindari kalau Allah memang sudah berkehendak. Tapi tetap kan ya orang tua harus berusaha untuk memberikan yang terbaik. Karena apapun makanan yang kita berikan saat ini (golden age) akan berpengaruh pada kesehatan anak hingga dia dewasa.

Saya paling suka ngemil mi instan atau ciki-cikian. Enggak setiap hari lah, sekali-kali saja. Kebayang kan zat aditif yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut, bahan pengawet, bahan penyedap, bahan pewarna, dan lain-lain. Dulu, kalau saya sedang ngemil, Jav hanya melihat, enggak ikut meminta. Itu karena sebelumnya saya sudah menjelaskan pada Jav bahwa makanan tersebut enggak sehat, enggak baik untuk anak kecil (dan orang dewasa juga sih sebenarnya, hihihi...). 

Tapi sekarang, saya enggak bisa ngemil lagi dengan aman, karena Jav pasti meminta bagian. Setelah banyak bergaul dengan teman-temannya, dan teman-temannya sering mengkonsumsi yang begituan (bahkan Jav juga dikasih, hiks...), dia jadi doyan. Katanya, si ini makan ini enggak apa-apa, si itu makan itu boleh sama ibunya, huhuhu.... Akhirnya demi Jav, saya jadi lebih mengurangi lagi memakan makanan yang kurang sehat. Daripada dia meminta. Selain bagus untuk Jav, bagus untuk saya juga.

Namun, karena Jav sudah terlanjur tahu bagaimana enaknya makanan-makanan tersebut, kalau sedang belanja di supermarket, kadang Jav meminta dibelikan ciki-cikian, keripik, atau mi kremes. Tentu saja enggak saya kabulkan. Tapi saya berjanji untuk membuatkannya di rumah. Kalau ciki-cikian saya belum bisa membuat tiruannya. Keripik kentang, saya pernah coba buatkan. Yang paling enggak ribet sih membuat mi kremes.

Bahan: 
  • Mi telur
  • Minyak goreng
  • Garam
  • Gula tepung
  • Bawang putih bubuk


Cara Membuat:
  • Rebus mi telur hingga matang, tiriskan.
  • Goreng hingga berwarna cokelat keemasan.
  • Campurkan garam, gula tepung, dan bawang putih bubuk. 
  • Taburkan di atas keripik mi.
  • Aduk hingga merata.
  • Simpan di dalam wadah tertutup.


Untuk ukuran Jav sih lumayan banget lah. Selain kriuk-kriuk, wangi dan gurih juga. Saking doyannya saya enggak boleh minta. Ya sudah, saya mah beli keripik yang sudah jadi sajalah ;)

48 comments :

  1. wah saya juga sama milihin makanan anak yang sehat...biar terbiasa dari kecil..sementara saya sendiri hobi makanan enak yang gak sehat he he he

    ReplyDelete
  2. mbak kok bisa mie-nya gak lembek, yg bikin kriuk-kriuk tu gula tepung ya?

    ReplyDelete
  3. Mbak Lia ini my inspiring young mommy loh. Kreatifitasnya sinkron sama kemauan :D
    Aku pengen bisa jadi kaya Mbak Lia besok. Apa-apa bikin sendiri. Aku soalnya juga suka main dan utak -atik pernak pernik. Jadi penge bisa bikin mainan sendiri.
    Nahh.. masak-masakan juga pengen mandiri begini. Gak jajan di luar yang gak jelas. Padahal ya akunya suka yang uda jadi di luar wkwkw... tapi siapa tau entar jadi berubah pola pikirnya. Jadi ada kemauan all home made. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah masaknya yg simpel2 aja kok :p
      mau dong diajarin bikin pernak pernik :D

      Delete
  4. eh, boleh juga nih dicoba buat cemilan di kost :D nggak ribet bikinnya pula :D

    ReplyDelete
  5. Kreatif banget mbak. mudah dan pake ribet ya. Bisa nih di uji coba di kosaan. Plus buat di jual di kampus. Buhehehe *tetep mau untung* :D

    ReplyDelete
  6. Kreatif ya mbak. Boleh ditiru ini beberapa tahun lagi kalo anak minta jajan chiki :D

    ReplyDelete
  7. betul kita perlu kreatif menyiasati cemilan untuk anak. Dulu aku sering buat es mambo sendiri daripada anak jajan es ammbo diluaran yg belum tentu hygiensi

    ReplyDelete
  8. saya dulu juga suka tuh ngemil mie instan.... ha ha ha :D

    ReplyDelete
  9. mie.. mie.. mie..
    ini sumber kehidupan gue di kost, hehehe
    kayaknya bolehdi coba nih,jadi nambah menu baru lagi

    ReplyDelete
  10. Ditambahin lada bubuk atau cabe merah bubuk kayaknya juga enak hihi

    ReplyDelete
  11. Saya kalau lagi pengen tingal makan mi instan tanpa dimasak.. hahah..
    Kapan-kapan nyoba ini ah^^

    ReplyDelete
  12. Ikutan ah, bikin kripik mie yang kritik kriuk gurih

    ReplyDelete
  13. nyemil buah aja bunda...
    enak, dan penuh enzyme hidup yg bagus untuk tubuh kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rumah saya sih, buah masuk ke daftar menu yg hrs slalu ada setiap hari ;)

      Delete
  14. Enak kali ya blogwalking sambil ngemil mie kripik tersebut :D

    ReplyDelete
  15. yummi pisaaan ey..lebih sehat pula..mauuu...

    ReplyDelete
  16. hmmm jadi pengen nyobain bikin nih, caranya mudah juga ya, tinggal rebus terus goreng

    ReplyDelete
  17. ha klo saya kadang makan mie instan mentah langsung e mbak :D

    ReplyDelete
  18. Daripada beli cemilan dari luar yang tidak tau asal usul bahannya. mending buat sendiri ya mba, walaupun itu hasil ego antara keinginan diri sendiri dan kemauan menyediakan asupan makanan yang baik untuk anak... kok saya jadi pengen gadoin mie instan ya mba, hehe

    ReplyDelete
  19. aaaa pengen cobaaa, mienya bisa diganti jenis yang lain gak ya mbak?

    ReplyDelete
  20. lbh sehat dan aman bikinan mamanya daripada yg udah jadi isinya msg doang :)

    ReplyDelete
  21. iyah. sebagai orang tua lebih baik membuatkan nya makanan yg menyerupai makanan diluar namun berbahan sehat... by the way, mantep tuh mi kremes.. saya coba ah di rumah hihi

    ReplyDelete
  22. waktu kecil sering beli mie yang merknya "Anak Mas" bentuknya sama banget sama mie versi mba :)

    ReplyDelete