Sunday, December 20, 2015

Comfort Food

Beberapa hari yang lalu, saya merasa enggak enak badan. Badan lemas dan pegal, kepala pusing, hidung meler, bernapas pun enggak nyaman. Nafsu makan? Tentu saja menurun. Saya sih mikirnya mungkin karena sedang diserang virus, maka aktivitas tubuh fokus untuk melawan virus. Makanya aktivitas yang lain menjadi terbengkalai. Termasuk keinginan untuk makan.

Untungnya mulut enggak sampai terasa pahit. Pengalaman saya sih, kalau cuma enggak enak badan saja, bukan sakit parah, lidah enggak pernah terasa pahit. Kecuali kalau makan obat. Lidah yang tadinya biasa-biasa saja, malah jadi pahit, jadi makin malas makan. Makanya, sebisa mungkin saya enggak mau minum obat. Kalau hanya terserang virus sih, biar sembuh sendiri saja.

Namun supaya tubuh tetap berenergi dan virusnya berhasil dilawan, walau enggak semangat, saya tetap harus makan dong. Lagi enggak nafsu makan begitu sih biasanya kepinginnya makan mi goreng instan dan ngemil keripik kentang rasa rumput laut, hihihi.... Harumnya yang menggoda itu bisa menggugah selera. Tapi enggak mungkin lah, lagi sakit begitu dikasih bahan pengawet dan bahan penyedap buatan, bisa jadi enggak sembuh-sembuh sakitnya :D

Lagi sakit mah jangan nakal dulu deh, makan yang aman-aman saja. Ini nih comfort food (makanan yang menyenangkan dan membuat nyaman) ketika sakit versi saya.


Bubur Ayam
Gizinya lengkap, teksturnya pun lembut. Dikunyah sedikit saja, bisa langsung ditelan. Sehingga dapat meringankan tugas organ pencernaan. Favorit saya sih bubur ayam yang versi kampung, yang encer dan enggak enek. Lebih sip lagi kalau buburnya ditambah kuah kari. Hmmm... yummy....

Sup Ayam
Katanya, sup ayam dapat menyembuhkan sakit pilek dan demam, karena mengandung berbagai zat yang dapat membantu saluran pernapasan lebih lega, mencegah dehidrasi, mengatasi peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Memang betul sih yang saya rasakan, rasanya nyaman kalau menyantap sup ayam ketika sedang sakit. Hangat dan bumbunya simpel. Isinya pun lengkap, ada sayur dan protein. Paling oke lagi sih kalau supnya berupa chicken cream soup. Sup ceker juga asyik.

Teh Hangat
Minuman pun enaknya yang hangat-hangat, seperti teh hangat. Uapnya dapat melegakan pernapasan. Adapun cairannya  menyamankan tenggorokan, dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu, serta mengandung banyak antioksidan yang dapat menguatkan daya tahan tubuh.

Pepaya
Kalau sedang sakit, buah pun enggak suka yang aneh-aneh. Yang mudah dikunyah dan mudah dicerna saja seperti pepaya. Apalagi buah pepaya juga mengandung vitamin C yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Serta serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh.

Keju dan Pasta
Kalau camilan, pinginnya yang gurih-gurih seperti hmmm... lasagna :D Walaupun gurih, tapi rasanya lebih ringan di lidah dan nyaman di perut. Untuk kesehatan, keju kaya akan nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin, zat besi, dan fosfor. Sedangkan pasta merupakan salah satu sumber karbohidrat komplek yang dapat meningkatkan suasana hati. 

Sayangnya, sesederhana apapun makanan yang saya idamkan ketika sakit, lumayan sulit juga untuk didapatkan. Mau masak, malas. Mau pesan antar, yang bisa hanya fast food dan chinese food. Kalau sedang sehat sih enak makan chinese food, tapi kalau sedang sakit malah jadi enek.

Alhamdulillah, saya tinggal enggak jauh dari rumah orang tua. Jadi kalau saya sedang sakit dan Mamah kebetulan sempat masak (ibu saya ini wanita karir yang super sibuk), kadang saya dapat kiriman makanan. Dan, di antara berbagai jenis makanan, masakan Mamah itu ternyata makanan yang paling enak dimakan ketika sedang sakit.

Jujur, saya baru menyadarinya akhir-akhir ini. Maklum, sejak lahir sampai menikah, saya selalu tinggal bersama orang tua. Enggak pernah ngekos dan enggak pernah merasakan bagaimana rasanya kangen masakan ibu. Sekarang, saya baru sadar bahwa walaupun hanya tumis sayur dan tahu goreng tepung, masakan Mamah itu rasanya nikmat sekali. Apalagi ketika saya sedang sakit. Pasti karena signature of hand and love yang terkandung di dalamnya ;)

Ini cerita tentang comfort food versi saya. Bagaimana dengan teman-teman?

11 comments :

  1. Kalo saya mah olweis buryam, bikin sendiri hehehe (lagi sakit tetep aja masak mak) :D

    ReplyDelete
  2. kalo saya yang penting hangat, berkuah dan pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo lg ky gt, mkn pedas saya sih malah sakit tenggorokan

      Delete
  3. saya mie pedas ... Hmmm.
    Tapi tetep saja masakan ibu yang istimewa, karena membuat dengan rasa cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya klo lg sakit mkn mie pedas malah jd panas dalam :D

      Delete
  4. bubur ayam...biasanya saya makan ini saat badan kurang enak :)tapi suka males bikin sendiri jadi beli aja di dekat rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya mah lg sehat aja males bikin bubur, apalagi klo sakit hihihi... beli aja :D

      Delete
  5. klo gie sakit biasanya makan sup ayam ama minum teh anget, klo bubur gak suka, aneh rasanya makan nasi benyek gtu :D

    ReplyDelete
  6. Kalau pilihan saya pasti bubur ayam hangat plus krupuk,,, Mantap!! kebetulan ada orang jual di samping rumah setiap hari.

    ReplyDelete