Saturday, November 7, 2015

Lasagna Praktis dan Ekonomis


Beberapa hari yang lalu, saya sedang kepingin banget ngemil lasagna. Bisa saja sih beli yang udah jadi, tapi sayang ah uangnya, mahal hehehe.... Bikin sendiri? Dari dulu juga saya mah semangat-semangat aja kalau bikin sendiri. Hanya masalahnya, susah euy dapetin bahan pasta lasagnanya. Di supermarket dekat rumah enggak ada.

Dulu, saya pernah membuat lasagna menggunakan roti tawar. Lumayan sih, kalau dari segi rasa memang mirip. Tapi dari segi tekstur agak berbeda. Pasta lasagna kan tipis, sedangkan roti agak tebal dan kenyal. Jadi, enggak lagi deh membuat lasagna pakai roti tawar.

Nah, saya pernah juga menemukan resep lasagna yang menggunakan kulit pangsit. Perkiraan saya, sepertinya tingkat kemiripannya dengan lasagna asli jauh lebih tinggi daripada kalau menggunakan roti tawar. Kebetulan saya juga baru membeli kulit pangsit di supermarket. Bisa tuh langsung dipraktikkan.

Bahan:
  • Kulit pangsit rebus
  • Saus bolognese
  • Mentega
  • Bawang bombay, cincang
  • Tepung terigu
  • Susu cair tawar
  • Garam, merica, dan lada
  • Keju cheddar, parut
  • Keju mozzarella, iris
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang bombay hingga layu.
  2. Tambahkan tepung terigu, aduk.
  3. Tambahkan susu cair dan keju cheddar, aduk hingga kental.
  4. Tambahkan garam dan merica. Jadi deh ceritanya saus bechamel-nya.
  5. Tata pangsit di dalam wadah tahan panas. Saya menggunakan ramekin dan wadah aluminium foil.
  6. Tuangkan saus bolognese. Ngabisin stok di kulkas, jadi pakai yang instan aja :D
  7. Tuangkan saus bechamel.
  8. Ulangi proses 5 hingga 7 sebanyak 3 sampai 4 kali.
  9. Terakhir, tutup dengan keju mozzarella.
  10. Panggang di dalam oven selama 20-30 menit, tergantung ukuran wadah.
Karena memanfaatkan saus bolognese sisa, hasilnya pun hanya sedikit, 2 ramekin dan 1 wadah aluminium foil. Padahal tadinya mau membuat di wadah besar, karena kulit pangsitnya ada banyak, heuheu.... Jadi, yang menggunakan ramekin untuk camilan saya di rumah. Sedangkan yang menggunakan wadah aluminium foil untuk bekal Jav ke sekolah.


Wanginya, harum.... Padahal kelupaan enggak pakai oregano :p Penampilannya, mirip lah sama lasagna-lasagna buatan restoran. Keju mozzarella-nya itu loh, mulur ketika ditarik. Teksturnya juga lembut.... Rasanya, hmmm coba sendiri deh, yummy.... Kalau enggak melihat cara membuatnya, enggak akan ketahuan loh kalau pasta lasagnanya diganti dengan kulit pangsit, hihihi....

Cocok banget deh apabila saya menyebutkan lasagna praktis dan ekonomis. Praktis karena saus bolognese-nya saya menggunakan yang instan, hehe.... Dan ekonomis karena harga kulit pangsit kan enggak semahal harga pasta lasagna :D

32 comments :

  1. Kreatif, ya. Aku blm pernah buat lasagna. Tapi kayaknya enakan yg ngga mulur2 gitu, deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg pake keju mozarella kan atasnya aja... yg lapisan di dalemnya pake keju cheddar ;)

      Delete
  2. seperti hasil karyakreatif lasagnanya sangat lezat deh ih

    ReplyDelete
  3. Lagsana itu apa sih mbak?seperti bubur ya...?

    ReplyDelete
  4. Hmmm nyummy deh. Kalo beli ya mahal. Bisa dipraktekkin nih.

    ReplyDelete
  5. Nyaaaaam. Jangankan Jav, aku aja mau dikasih bekel lasagna :D

    ReplyDelete
  6. dan,seumur2 belum pernah ngincip lasagna hehehe...penasaran bangett^^

    ReplyDelete
  7. Hmmm bener juga ya, bisa dicoba pakai pangsit :)

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah nyicip lasagna sekalipun. Hihi

    ReplyDelete
  9. wahh hebat eum inovasina, izin comot atuh resepna nya. kali aja teteh saya mau nyoba lasagna ala teh Dian,heu
    sip lah sukses selalu buat teh dian dan Jav :)

    ReplyDelete
  10. wuihh kalo tinggal menikmati mau banget :)

    ReplyDelete
  11. kesukaan pascal nih, Jav minta dong lasagnanya

    ReplyDelete
  12. nikmatnyaaa, saya blm kesampaian punya oven...nunda2 mulu :(

    ReplyDelete
  13. pasti enak banget tuh Tante
    aroma kejunya tercium sampai kesini loh

    ReplyDelete