Tuesday, March 29, 2016

The Book of The World: Pertunjukan Sirkus Spektakuler di Trans Studio Bandung

Beberapa hari yang lalu, saya diajak Teh Euis untuk main ke Trans Studio Bandung. Mumpung ada suami yang bisa menjaga Jav, ya saya terima dengan senang hati dong ajakan tersebut. Soalnya selama ini saya belum pernah masuk ke Trans Studio Bandung. Malu nih sebagai orang Bandung tapi belum pernah menginjakkan kaki di taman rekreasi indoor terbesar kedua (setelah Trans Studio Makasar) di Indonesia ini.

Bergaya dulu di depan pintu masuk Trans Studio Bandung
Ternyata memang asyik banget main di sana. Alhamdulillah kesampaian juga impian saya untuk bisa menjajal beberapa wahana ekstrim di Trans Studio Bandung. Meskipun sudah berganti status menjadi mahmud abas (mamah muda anak baru satu), rupanya tubuh ini masih sanggup diajak mencoba wahana yang memacu adrenalin. Tapi ya karena sudah lama banget enggak pernah menguji keberanian, jadinya teriak-teriak terus, hihihi....

Teman bersenang-senang di hari itu
Namun kali ini, saya bukan mau menceritakan mengenai wahana-wahana di Trans Studio Bandung. Kalau soal itu sih semua orang pasti sudah tau lah ya, bagaimana serunya menikmati berbagai wahana di sana. Ada alasan spesial loh kenapa Teh Euis memilih mengajak saya ke sana pada hari Jumat, 25 Maret 2016. Karena pada hari tersebut terdapat pertunjukan perdana sirkus internasional "The Book of The World".

Jadi, Indonesia sedang kedatangan tamu istimewa nih. Mereka adalah kelompok akrobatik ekstrim dari Kanada yang bernama Trio Russian Bar. Sesuai dengan namanya, kelompok ini beranggotakan tiga orang pemain akrobat yaitu Yves Gagnon, Marco Dieckman, dan Christine Bedard. Keahlian mereka yaitu menampilkan lompatan-lompatan indah sekaligus menegangkan di atas tiang yang lentur. Ternyata trio ini pernah berpartisipasi di acara America's Got Talent pada tahun 2008 loh. Selain itu, mereka juga sudah berkeliling dunia untuk memamerkan kebolehannya.

Di Indonesia, dalam pertunjukan sirkus "The Book of The World" ini, mereka enggak tampil sendiri, namun berkolaborasi dengan para pemain akrobat dari Trans Studio Bandung. Akang-akang dan teteh-teteh tersebut juga menampilkan aksi akrobatik yang enggak kalah menarik dan menegangkan. Seperti Acrobatic Bike, Fire Juggling, Fire Acrohoop, dan Aerial Couple.

Beruntung ketika menyaksikan pertunjukan perdana ini, saya dan teman-teman mendapatkan tempat duduk terbaik, yaitu yang berada di baris paling depan. Yeay! Mantap banget kan :)

Siap menikmati pertunjukan di bangku paling depan
Pertunjukan sirkus ini menceritakan tentang petualangan seorang anak bernama Shobi yang menuangkan pengalamannya menjelajah empat negara ke dalam sebuah buku yang berjudul "The Book of The World".

Negara pertama yang dikunjungi oleh Shobi adalah Cina. Pertunjukan dimulai dengan penampilan para pemain akrobat yang menunjukkan kebolehannya dalam memainkan tiang bendera. Gagah-gagah deh. Kemudian secara bertahap, muncul lah para pemain akrobat sepeda. Awalnya sih di panggung ada banyak sepeda. Masing-masing sepeda dikendarai oleh satu orang pemain akrobat. Lama-lama hanya tinggal satu sepeda yang melaju di panggung. Dan sepeda tersebut ditumpangi oleh enam bahkan sepuluh orang pemain akrobat. Keren! Pastinya butuh keterampilan yang luar biasa untuk mengatur keseimbangan dalam atraksi Acrobatic Bike ini. Pertunjukkan pembuka yang sangat menarik.

Negara selanjutnya yaitu Persia. Hot banget! Karena atraksinya melibatkan api :D Mulai dari Fire Juggling yang memukau hingga Fire Acrohoop yang mendebarkan.... Ya bagaimana enggak mendebarkan, para pemain akrobat itu main lompat tali namun mengganti talinya dengan lingkaran besi yang dikelilingi api. Bahkan mereka juga melompat melewati lingkaran api tersebut. Awalnya melompat melewati satu lingkaran saja di bawah, kemudian agak tinggi dengan dua lingkaran, hingga puncaknya melompat melewati lingkaran yang diatur setinggi dua orang laki-laki dewasa. Gila kan? Musik pengiring yang membahana, api yang menyala di mana-mana, serta para pemain akrobat yang berani membuat suasana benar-benar menjadi panas.

Kalau di India, suasananya agak santai. Tapi tetap menegangkan sih. Kali ini para pemain akrobat 'bermain-main' dengan kain dan tali. Bukan main sembarang main loh, namun bergelantungan dan menari di atas kain dan tali tersebut. Pertunjukan Aerial Couple ini dibuka dengan penampilan dua pasang pemain akrobat yang menari menggunakan kain. Baru selanjutnya digantikan oleh sepasang pemain akrobat yang menari menggunakan tali. Pasangan tersebut melakukan gerakan-gerakan indah nan harmonis sambil berpegangan pada tali yang bergerak naik-turun. Saya hanya bisa berdecak kagum menyaksikan kekuatan dan kelenturan otot yang mereka miliki. Sambil diiringi musik India yang mengalun merdu pula. Romantis banget....

Negara terakhir yang dikunjungi oleh Shobi adalah Rusia. Atraksi ini dibuka dengan permainan kain yang megah. Selanjutnya Trio Russian Bar muncul di panggung. Dua pemain akrobat yang laki-laki memanggul tiang yang terlihat sangat berat tapi lentur, sedangkan pemain akrobat yang perempuan melakukan berbagai macam lompatan dengan bertumpu di atas tiang tersebut. Anggun sekali. Semakin lama, lompatannya semakin tinggi. Variasi lompatannya pun semakin menakjubkan. Mulai dari lompat lurus, lompat sambil salto, lompat sambil melewati lingkaran, dan kombinasi semuanya. Membuat jantung ini deg-deg ser.... Pandangan pun enggak bisa beralih karena terbius dengan keindahan, ketepatan, kelincahan, dan keseimbangan yang ditampilkan pada aksi akrobatik ini.

Foto bersama para pemain akrobat
Pertunjukan sirkus "The Book of The World" ini memang sangat spektakuler. Pemain akrobatnya hebat, didukung dengan kostum yang keren, tata panggung yang apik, special effect yang memukau, serta musik pengiring yang ditampilkan secara live. Artistik, menegangkan, sekaligus menghibur. Lengkap deh. Bahkan diselingi pula dengan penampilan pantomim yang kocak dan enggak kalah menghibur.

Saya sih puas banget, malah kepingin menonton lagi. Kalau teman-teman, puas enggak membaca pengalaman saya ketika menyaksikan pertunjukan sirkus "The Book of The World"ini? Pastinya enggak dong ya. Kalau mau puas memang harus melihat langsung sih. Datang saja ke Trans Studio Bandung. Sejak tanggal 25 Maret 2016, pertunjukan ini digelar setiap hari (kecuali hari Senin) pada pukul 14.00 WIB di Amphitheater Trans Studio Bandung ;)


19 comments :

  1. Waah..emang seruu banget..
    terutama yang terakhir itu, menegangkan!!
    bikin melongo dan jerit2 ya :v

    jadi pengen nonton lagii...

    ReplyDelete
  2. Asik banget yaa keseluruhan acara ini.. Suka banget deeeh, yang api apalagi ya bikin deg-deg seeer hihi

    ReplyDelete
  3. whoaa.. tampaknya seru sekali kak.. ^^
    Aisyah belum pernah ke Trans Studio Bandung jadi belum pernah lihat sirkusnya, pernahnya lihat sirkus hewan2, hehe..
    Oya, salam kenal kak Lia.. :)

    ReplyDelete
  4. Keren ya pertunjukannya. Masih pengen nonton lagi :D.

    ReplyDelete
  5. Wah senengnya yang jalan-jalan, apalagi jjl nya ama keluarga.

    ReplyDelete
  6. Baca aja udah puas kok mbak,,, apalagi mendatangi secara langsung ya mbak? tambuah puas pastinya,,,, :-)
    Padahal yang ngelakuin kan para akrobatiknya kan mbak? eh malah Mbak Nathali yang deg deg serrr,,,, ceritanya juga tentang petualangan, jadinya menarik untuk di baca, :-)
    salam kenal mbak, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal... makasih udah mampir... smoga betah :)

      Delete
  7. nonton sirkus terakhir waktu SD mbak P anak-anak nih yg belum pernah nonton sirkus

    ReplyDelete
  8. Gak seru ah, gak ada saya soalnya. Bwahahahahahha :D

    ReplyDelete
  9. Wahhhh liat sirkus di bangku depan. Pasti rasanya seneng banget. Aku belum pernah liat sirkus. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkt kecil sih saya sering nonton sirkus di tv... Trus ada jg tuh kan telenovela yg latarnya sirkus, casandra hihihi...

      Delete
  10. pengen bnget kesana mbak... tapi dari dulu blm kesampaian... mngkn thn depan kali ya mbak.. hehe... semoga rencana kesana bisa kesampaian...

    ReplyDelete