Sunday, May 29, 2016

Rekening Online Bank Sinarmas, Solusi Praktis Membuka Tabungan

rekening online bank sinarmas

Sebagai seorang ibu dan istri yang menjabat berbagai posisi strategis, termasuk sebagai Menteri Keuangan Rumah Tangga, hehehe... tentu saja saya memegang amanah yang sangat besar untuk memastikan agar roda perekonomian keluarga bisa terus berjalan lancar.

Salah satu caranya yaitu dengan mengatur prioritas pengeluaran. Ketika suami memberikan uang bulanan, saat itu juga saya langsung menghabiskannya. Bukan untuk belanja baju, tas, sepatu, dan sebagainya, hihihi.... Tetapi untuk pos-pos pengeluaran sesuai anggarannya. Mulai dari zakat. Kemudian cicilan hutang maksimal sekitar 30% dari penghasilan. Lalu tabungan/investasi minimal sekitar 10% dari penghasilan. Baru sisanya untuk biaya rutin rumah tangga (belanja harian, belanja mingguan, pulsa listrik, iuran komplek, arisan, SPP, jajan, refreshing, dan lain-lain) maksimal sekitar 60% dari penghasilan.


Namun dalam praktiknya, jujur selama ini saya kesulitan mengatur persentase antara tabungan dan biaya hidup. Memang sih, saya selalu menabung di awal. Tetapi karena tidak memiliki rekening khusus tabungan, ujung-ujungnya uang tersebut sering terpakai untuk keperluan lain juga. Tidak 100% 'aman'. Penyebabnya karena dua rekening tabungan yang saya miliki selama ini mempunyai banyak fungsi. Bukan hanya untuk menyimpan uang tabungan, tetapi juga untuk menerima honor kepenulisan dan belanja online. Ups....


Makanya, sudah sejak lama saya memiliki rencana untuk membuka rekening tabungan baru. Khusus hanya untuk menabung, tidak diboleh diganggu gugat. Tetapi sayangnya sampai sekarang niat terpuji tersebut belum bisa terlaksana.

Pertama, karena faktor internal. Tidak ada waktu. Bukannya sok sibuk, tapi bagaimana lagi. Saya ini ibu rumah tangga tanpa asisten. Ketika jam sekolah anak, saya menggunakan waktu tersebut untuk membantu ayah mengurus perusahaan keluarga. Di luar waktu itu, layaknya ibu rumah tangga lain, tentu saja saya harus mengurus anak dan bermain bersama anak, serta menyelesaikan berbagai keperluan rumah yang tidak pernah ada habisnya. Belanja, memasak, menyapu, menyetrika, mengepel, dan lain-lain. Kalaupun ada waktu luang, tentu saja saya manfaatkan untuk olahraga, membaca buku, dan menulis blog.

Kedua, karena faktor eksternal. Waktu yang terbatas tersebut sayang sekali apabila digunakan untuk macet-macetan di jalan dan mengantre di bank hanya untuk membuka rekening baru. Apalagi kalau sambil membawa anak aktif seperti Jav. Duh, repot.


Saya sempat bertanya-tanya nih. Di zaman yang serba modern ini, pesan makanan, belanja pakaian, membeli tiket, membayar pajak, semua bisa online. Tapi kenapa membuka rekening tabungan harus ke bank? Hmmm, ada tidak ya yang bisa online juga?

Ternyata ada loh! Di Bank Sinarmas.

Rupanya Bank Sinarmas memahami sekali kebutuhan masyarakat perkotaan saat ini. Ketika waktu begitu berharga untuk dibuang di jalan dan proses membuka rekening yang dianggap rumit.

Mungkin hal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keinginan masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan. Yup, ternyata keinginan pasar menggunakan jasa perbankan masih rendah (Dena Firmayuansyah, Direktur Industri dan Jasa Finansial Nielsen). Meskipun jumlah akun rekening pada tahun 2015 meningkat sebesar 32% dari tahun sebelumnya. Namun jumlah kepemilikan rekening di Indonesia hanya sekitar 60 juta orang dari total populasi penduduk di Indonesia.

Dan dalam skala dunia, fakta tersebut ditambah lagi dengan adanya kesenjangan gender dalam kepemilikan rekening. Pada tahun 2014, 65% dari warga laki-laki memiliki rekening. Sedangkan warga perempuan, hanya 58%-nya yang memiliki rekening. Padahal ketika seorang perempuan memiliki rekening dan tempat yang aman di luar rumah untuk menyimpan uang, dia juga memperoleh otoritas yang lebih besar terhadap keuangan dan pendapatan keluarga. Mereka dapat menyisihkan dana untuk keperluan darurat, untuk biaya sekolah, atau untuk memulai bisnis (Sri Mulyani Indrawati, World Bank Managing Director and Chief Operating Officer). 


Dengan adanya layanan pembukaan rekening online di Bank Sinarmas, tentu saja dapat memudahkan saya dan calon nasabah lain untuk dapat mengakses jasa perbankan. Yup, kini membuka rekening dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor cabang Bank Sinarmas. Wow, ini dia yang saya tunggu-tunggu. Membuka tabungan terasa jauh lebih menyenangkan. Syaratnya mudah, prosesnya praktis dan fleksibel, gampang, cepat, serta benefitnya banyak.

Syaratnya mudah
Syarat-syaratnya simpel sekali, yaitu:
  • Usia minimal 17 tahun. 
  • Sudah memiliki kartu identitas.
  • Sudah berpenghasilan.
  • Setoran awal sebesar Rp 50.000.
  • Menanggung biaya materai Rp 6.000.
rekening online bank sinarmas

Prosesnya praktis dan fleksibel
Pembukaan rekening tabungan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bisa di rumah, di kantor, bahkan di jalan atau di mal dan restoran. Asalkan memiliki akses internet, pengisian formulir pendaftaran bisa diselesaikan melalui PC, laptop, atau ponsel. Selanjutnya petugas dari Bank Sinarmas yang akan mendatangi kita.

rekening online bank sinarmas

Gampang
Hanya perlu melakukan 4 langkah sederhana untuk membuka rekening online Bank Sinarmas.


1. Melakukan pendaftaran pembukaan rekening online melalui website Bank Sinarmas di https://www.banksinarmas.com/tabunganonline/eform.

rekening online bank sinarmas

rekening online bank sinarmas

Saya melakukan pendaftaran online di laptop. Tetapi ternyata di ponsel juga bisa karena website Bank Sinarmas sudah mobile friendly. Ada 8 field yang perlu diisi, yaitu nomor handphone, alamat email, nama, tanggal lahir, nomor KTP, kode pos, pilihan program tabungan online (voucher belanja, reguler, secure credit card, atau deposito online), dan kode security. Semuanya mudah dan tidak perlu pakai mikir hehehe.... Untuk program tabungan online, saya memilih yang reguler. Kemudian, hanya dengan 1 kali klik, permohonan pembuatan rekening pun langsung diproses.

Selanjutnya, saya menerima email dari Bank Sinarmas yang berisi keterangan berupa Nomor Virtual Account dan perintah untuk melakukan setoran awal melalui transfer sebesar Rp 50.000.

rekening online bank sinarmas

2. Melakukan setoran awal melalui transfer sebesar Rp 50.000. Setoran awal ini paling lambat dilakukan 10 hari sejak pendaftaran online. Alhamdulillah, untuk setoran awal, saya tidak  perlu membayar sendiri. Ada yang mentraktir, hohoho....

Setelah setoran awal ditransfer, saya menerima email pemberitahuan lagi dari Bank Sinarmas. Selanjutnya petugas Bank Sinarmas melakukan verifikasi singkat dan menghubungi saya melalui telepon, membuat janji untuk bertemu.

rekening online bank sinarmas

3. Bertemu dengan petugas dari Bank Sinarmas untuk mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening serta mendapatkan kartu ATM dan PIN Mailer. Rencananya, saya akan membuat janji bertemu dengan petugas dari Bank Sinarmas pada hari kerja di sore hari. Supaya saya bisa sambil mengawasi Jav yang biasanya setiap sore bermain sepeda di halaman rumah. Namun kebetulan di akhir pekan saya ada keperluan di Best Western Premier La Grande Hotel, ikut acara #RoadBlogBDG. Ya sudah, ketemuannya di sana saja. Fleksibel.

Selanjutnya, saya menerima email lagi yang berisi notifikasi untuk dapat melakukan aktivasi (Rekening Approved) melalui email.

rekening online bank sinarmas

4. Melakukan aktivasi melalui email. Tadaaa... rekening pun sudah aktif dan ATM-nya dapat langsung digunakan.

rekening online bank sinarmas

Cepat
Prosesnya memang benar-benar singkat. Sehingga bisa dilakukan di sela-sela rutinitas harian. 
  • Tebak, berapa lama waktu yang saya perlukan untuk mengisi formulir pendaftaran online? 1 menit saja. Waktu itu saya mengisi formulir online sambil menunggu setrika panas loh. Enak ya, bahkan memasak mi instan saja perlu waktu 3 menit, hihihi.... 
  • Untuk transfer setoran awal melalui mobile banking, biasanya hanya perlu waktu sekitar 3 menit. Kalau saya yang mentransfer, bisa dilakukan sambil menggoreng ikan nih, hohoho.... 
  • Sedangkan untuk mengisi dan menandatangani formulir bersama petugas dari Bank Sinarmas, hanya butuh waktu tidak lebih dari 10 menit. Ketika mengikuti acara #RoadBlogBDG, saya melakukannya di sela-sela istirahat shalat dan makan siang.
  • Apalagi aktivasi rekening melalui email, tinggal klik sekali saja. 
rekening online bank sinarmas

Banyak Keuntungan
Kepuasan yang ditawarkan Bank Sinarmas rupanya tidak hanya sampai di situ. Karena ternyata saya juga mendapatkan banyak keuntungan lain dengan membuka rekening online ini, yaitu:
  • Bebas biaya tarik tunai di jaringan ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO. 
  • Bebas biaya transaksi dengan kartu debit.
  • Biaya administrasi paling murah.
  • Aktivasi internet banking paling mudah.
  • Program promo spesial via email.
rekening online bank sinarmas

Selain itu untuk memudahkan transaksi ke depannya, saya juga bisa memanfaatkan layanan mobile banking dari Bank Sinarmas melalui aplikasi SIMOBI PLUS. Aplikasinya ringan dan bebas biaya SMS token.

rekening online bank sinarmas

Senang deh. Sekarang saya sudah mempunyai rekening baru khusus untuk menabung. Selanjutnya, tinggal praktiknya nih. Semoga bisa menabung secara konsisten. Semangat!

Eh, tapi tunggu dulu. Setelah saya jalan-jalan di website-nya Bank Sinarmas. Selain rekening online, rupanya masih ada lagi dua produk menarik lainnya.

Pertama, deposito online. Sama seperti rekening online, pembukaan deposito online juga dilakukan secara online melalui jalur elektronik (internet banking dan mobile banking) tanpa harus mengunjungi kantor cabang.

Berikut beberapa keuntungan membuka deposito secara online:
  • Bebas antre karena bisa dilakukan melalui internet banking atau mobile banking di mana saja dan kapan saja.
  • E-bilyet dikirim melalui email berbentuk PDF.
  • Penempatan dana ringan (minimal Rp 8.000.000).
  • Mendapatkan special rate 7,25%.
  • Sistem fleksibel (ARO/Non-ARO).
  • Waktu penempatan fleksibel (mulai dari 1 bulan).
  • Bonus tambahan dari digital banking.
  • Pencairan langsung dikreditkan di rekening asal mula pendebetan.
deposito online bank sinarmas

Namun tentu saja, sama seperti membuka deposito di kantor cabang, sebelum membuka deposito online juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya:
  • Sudah terdaftar layanan e-channel dengan memiliki user id, password dan token
  • Membaca syarat dan ketentuan yang belaku, khususnya hal-hal yang mencakup sumber dana pendebetan, jumlah minimum penempatan deposito, tenor/jangka waktu yang tersedia, opsi perpanjangan deposito (ARO dan Non ARO), periode berlaku bunga, ketentuan mengenai pajak deposito, serta proses penutupan deposito termasuk pinaltinya.
Kedua, secure credit card. Selama ini saya belum pernah mempunyai kartu kredit. Padahal, ternyata banyak keuntungannya seperti diskon khusus belanja di banyak merchant, point rewards, cashback, dan lain-lain. Ingin bikin juga sih, tapi kok prosesnya tampak ribet. Apalagi bagi ibu rumah tangga seperti saya yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Untung ada produk secure credit card dari Bank Sinarmas yang bisa didapatkan dengan proses yang cukup mudah. Caranya:
  • Datang ke kantor cabang bank.
  • Mengisi formulir pengajuan kartu kredit.
  • Bersedia dilakukan locking dana tabungan sebagai jaminan. Jadi, dana yang di-lock tersebut sekaligus menjadi limit kartu kredit. 
Manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan secure credit card pun tidak sedikit, antara lain :
  • Proses mudah dan approval lebih cepat
  • Saldo locking ringan (mulai Rp 1.000.000).
  • Limit penggunaan transaksi 100%.
  • Bebas biaya tahunan.
  • Cashback 0,5% untuk seluruh transaksi.
  • Sistem pembayaran auto debit.
  • Terhindar dari hutang dan cicilan
  • Lebih aman (ada jaminani dari LPS)
  • Bunga atas dana yang di-lock.
secure credit card bank sinarmas

Apakah teman-teman tertarik juga untuk memiliki rekening online, deposito online, atau secure credit card dari Bank Sinarmas? Apabila membutuhkan penjelasan lebih detail mengenai produk-produk tersebut, silakan hubungi customer care atau akun media sosialnya ya.

digital banking bank sinarmas

~~~

Referensi:
  • http://bisnis.com/finansial/read/20150620/90/445377/nasabah-perbankan-dari-250-juta-orang-indonesia-hanya-60-juta-miliki-rekening
  • http://ekbis.sindonews.com/read/941038/34/nielsen-pengguna-jasa-perbankan-masih-rendah-1419309988
  • http://worldbank.org/in/news/press-release/2015/04/15/massive-drop-in-number-of-unbanked-says-new-report

51 comments :

  1. Kayanya di daerah saya blum ada bank ini :D

    ReplyDelete
  2. Sinar Mas ada tabungan Syariahnya nggak mbak. Tertarik karena kepraktisannya. Bisa daftar via online

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. heheheh kadang memang susah ya antrinya, heheh

      Delete
    2. Teh Nchie: yup :)

      zhi: iya, orang zaman sekarang sibuk2, waktunya terbatas

      Delete
  4. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    ReplyDelete
  5. Sekarang buka rekening harus pakai NPWP ya?..

    ReplyDelete
  6. Hai mba. Enak ya kalo serba mudab kayak gini. Ga perlu lagi antri. Biasnaya ke bank itu yg bikin males ya antrinya apalagi urusan sama CS.. inovasi bank sinarmas ini tepat guna bgt ya..

    ReplyDelete
  7. hmm penasaran nih sama nih Bank, hehehe

    ReplyDelete
  8. singkat jelas dan padat. makasih banyak mbak. kayaknya menarik nih di coba...

    ReplyDelete
  9. Wah setor awalnya murah banget ya mbak :D

    ReplyDelete
  10. Kayaknya perlu dicoba nih, tapi jangan sampai hanya coba-coba aja. oya kalau boleh tahu, rekening ini resmi mbak? maksudnya kayak bank-bank besar? terus terang bank sinarmas agak asing gitu

    ReplyDelete
  11. Aih baru tahu ada rekening online Sinarmas. Aku pake asuransi Sinarmas, mba :)

    ReplyDelete
  12. Saya juga baru tahu ada rekening online ini. Di seluruh Indonesia sudah ada, ya, Mbak?

    ReplyDelete
  13. Wih kece .... Jadi pingin buka tabungan secara online juga nih :D

    ReplyDelete
  14. Yeay sama-sama punya Rekening Bank Sinarmas nih
    Jadi gampang ya ga pake ribet mau buka rekening bank lagi

    ReplyDelete
  15. Menarik penjelasannya mbak...terimkasih, akan saya pelajari lebih lanjut.

    ReplyDelete
  16. Wah keren, saya udah pernah bikin nih akun bank sinar mas ^^
    good luck ya

    ReplyDelete
  17. Aku dulu mau bikin tapi batal karena nggak paham teknis. Ini ulasannya lengkap sekali.. Next time coba deh

    ReplyDelete
  18. Kalau online begini asyik banget ya, serba praktis dan cepat, ga perlu antri di bank deh.

    ReplyDelete
  19. asik ya kalo daftar tabungan bisa online, ga perlu antri karena biasanay antri di bank luammmaaa, bawa anak biasanya rewel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu... Kalau jav sih jarang rewel, tp pasti pgn lari2 :D

      Delete
  20. waah untungnya aku uda bikin rekening khusus tabungan sebelum nikah mbak, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg dl udah, tp dl kan saya jarang blanja ol hihihi

      Delete
  21. Aku gak berpenghasilan, berarti gak bisa ya buka rekening online di Sinar Mas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg irt, tp pas kmarin daftar, ditulis pekerjaannya sbg blogger ;)

      Delete
  22. Makin simpel ya
    Dan itu petugasnya bisa bertemu di mana saja sesuai janji gitu?
    Jadi nggak usah repot ke kantor banknya ya

    ReplyDelete
  23. iya nih kalau ke bank itu malesnya harus antri lama, belum lagi CS yang bertugas paling cuma 1 atau 2 orang, jadi tambah lama
    kalau secara online jadi lebih cepat ya mbak

    ReplyDelete