Friday, May 27, 2016

#RoadBlogBDG: Bertabur Ilmu dan Informasi


Sabtu 14 Mei 2016, pukul delapan pagi lewat sedikit, saya sudah duduk manis di salah satu ruang meeting Hotel Best Western Premier La Grande Bandung. Enggak tanggung-tanggung, saya di sana seharian loh, bareng teman-teman #BloggerBDG. Ada apakah gerangan? Ada acara Seminar & Workshop Excite Roadblog 10 Cities yang keren banget. Dan Bandung merupakan kota kesembilan yang dikunjungi dalam rangkaian acara tersebut.

Saya, Teh Uwien , dan Teh Ismi

Ketika saya tiba, ternyata sudah banyak peserta yang datang. Rupanya secara bergantian setiap blogger sedang memperkenalkan diri dan blognya masing-masing dipandu oleh Kang Ali. Asyik! Banyak teman baru, salah satunya yaitu Teh Ismi yang duduk satu meja bersama saya dan Teh Uwien.

Kang Raja

Perkenalan sudah selesai, sambil menunggu pukul sembilan tepat, Kang Raja sebagai MC memperkenalkan Duo RRC (Republik Rakyat Cisitu) yang menampilkan sebuah pertunjukan yang sangat menarik. Musikalisasi puisi. Bagi saya yang kurang tertarik dengan puisi, penampilan tersebut tentunya menghibur sekali.

Duo RRC

Acara kemudian dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Bang Aswi, Ketua #BloggerBDG. Beliau berharap bahwa semua yang hadir dapat mengambil manfaat dari acara ini. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Mas Aldy sebagai perwakilan dari Excite Indonesia. Sudah pada kenal Excite belum? Programnya banyak loh. Ada royalty program, point reward, shopping cart, hingga digital marketing. Jadi poin yang sudah terkumpul bisa ditukar dengan gadget, dan lain-lain. Asyik banget. Blogger yang berminat bisa masuk di bagian digital marketing-nya nih.

Bang Aswi dan Mas Aldy

Setelah coffee break, sesi pertama pun dimulai. Narasumber dari Lembaga Sensor Film (LSF), Traveloka, dan Pegadaian memberikan penjelasannya dipandu oleh Mba Alaika.

Pak Doddy, Mas Angga, dan Pak Kasan

Pak Doddy Budiatman dari LSF menjelaskan mengenai sejarah LSF dan tantangan yang dihadapi saat ini. Semua sudah tau dong ya, kalau LSF ini merupakan lembaga yang bertugas untuk menilai film. Namun dengan adanya Undang-Undang No. 33 tahun 2009 tentang Perfilman, maka LSF enggak bisa mengurangi, menghilangkan, ataupun memotong adegan dalam film. Maka, apabila ada adegan yang enggak sesuai dengan norma, film tersebut dikembalikan kepada pembuatnya untuk diperbaiki. Selain itu, LSF juga menyusun klasifikasi film sesuai usianya (semua umur, di atas 13 tahun, di atas 17 tahun, dan di atas 21 tahun). Nah, Pak Doddy berharap agar masyarakat (orang tua dan dan guru) dapat melakukan sensor mandiri terhadap tontonan yang dikonsumsi anak-anaknya. Siap ;)

Selanjutnya, Mas M. Bari Angga dari Traveloka menampilkan tiga cerita tentang perjalanan yang merupakan sejarah pendirian dan keunggulan yang dimiliki Traveloka. Jadi, ide pendirian Traveloka ini muncul ketika pendirinya--Pak Ferry--kesulitan mendapatkan direct flight dari USA menuju Padang. Berawal dari situs yang hanya membandingkan harga, kini Traveloka sudah menjadi travel agent dengan berbagai macam keunggulan. Di antaranya yaitu aplikasi Traveloka (diskon dan promo, proses kurang dari 1 menit, tiket enggak perlu dicetak, aman), travel insurance, no hidden cost, easy reschedule, serta smart combo. Jadi kepingin jalan-jalan nih :D

Kemudian, Pak M. Nur Kasan dari Pegadaian juga memaparkan sejarah dan jenis usaha Pegadaian. Dulu, Pegadaian didirikan dengan tujuan untuk mencegah ijon, meningkatkan kesejahteraan, serta turut mendukung program pemerintah. Seperti yang sudah teman-teman ketahui, apabila sedang membutuhkan uang, kita bisa menggadaikan barang di Pegadaian dan mendapatkan uang. Tapi sekarang, jenis usaha Pegadaian bukan hanya gadai, namun sudah menjadi lebih luas dengan adanya jenis usaha lain seperti tabungan emas. Keren loh. Kita bisa menabung emas mulai Rp 5.000 saja.

Setelah istirahat salat dan makan siang, serta dihibur dengan penampilan sulap oleh Mas Aldy dan musikalisasi puisi dari Duo RRC, acara pun dimulai kembali. Sesi kedua ini diisi oleh narasumber dari Sinarmas dan Genflix.

Pak Sunja dan Mba Ani

Siapa yang mau buka rekening tabungan tapi malas macet di jalan dan malas antri di bank? Tenang, karena Pak Sunja dari Sinarmas menerangkan bahwa untuk membuka rekening tabungan di Sinarmas sudah bisa online. Persyaratannya mudah, cukup mengisi formulir secara online, transfer setoran awal, dan tadaaa... jadi deh. Selain tabungan online, ada deposito online dan secure credit card juga yang proses approval-nya sangat instan. Cocok banget deh untuk orang-orang sibuk yang enggak mau ribet.

Kemudian, presentasi dilanjutkan oleh Mba Ani dari Genflix. Buat teman-teman yang suka nonton, Genflix ini merupakan alternatif menikmati film dengan cara yang lebih oke. Karena kita bisa menonton film di mana pun dan kapan pun melalui ponsel atau laptop. Terus isinya cukup lengkap, mulai dari film Indonesia, film boxoffice, anime, film dokumenter, pertandingan bola, pertandingan tinju, dan lain-lain. Biaya langganannya pun sangat terjangkau.

Pukul tiga sore, otak saya mulai panas karena dicekoki berbagai informasi bermanfaat secara bertubi-tubi dari para narasumber, hehehe.... Untungnya ada istirahat salat dan coffee break lagi. Setelahnya, lanjut sesi tiga yang diisi oleh Bang Aswi dan Kang Argun. Saatnya menyerap ilmu tentang blogging.

Bang Aswi dan Kang Argun

Bang Aswi memberi tips untuk menulis artikel di blog ala Yui--penyanyi perempuan Jepang yang menginspirasinya. Apa saja tipsnya? Pertama, membaca (bukan hanya membaca buku loh, tapi membaca apapun). Kedua, mengatur blog (template, plugin, widget) agar mudah dan ringan ketika diakses. Ketiga, menulis tema sederhana sesuai pengalaman. Keempat, catat setiap proses (bisa di buku, ponsel, kamera, dan lain-lain). Kelima, renungkan (endapkan dan edit). Serta keenam, saatnya untuk narsis (sebarkan tulisan di media sosial agar banyak orang yang membaca).

Nah, kalau tadi sudah dapat ilmu tentang menulis artikel yang menarik, sekarang lanjut dengan ilmu tentang SEO yang disampaikan oleh Kang Argun. SEO tuh apa sih? Sederhananya, SEO merupakan teknik agar tulisan terlihat menarik di Google. Terlihat berarti tampil di halaman pertama (top 10) Google dan menarik berarti judul dan deskripsi membuat pembaca mengklik. Salah satu caranya yaitu dengan menebarkan link melalui blogwalking. Semakin banyak dan semakin berkualitas backlink-nya, maka semakin bagus. Dulu, Kang Argun kalau blogwalking bisa sampai 100 blog per hari loh. Wuih, semangat blogwalking ah ;)


Bagaimana, memang keren kan acaranya? Betul-betul bertabur ilmu dan informasi. Belum lagi bonusnya. Banyak hadiah, kesempatan mengikuti lomba, hingga mendapatkan job review. Mantap. Terima kasih panitia dari #BloggerBDG :)

48 comments :

  1. Iys asyiiik ya acaranya..beruntung bisa ikut... :)

    ReplyDelete
  2. Wah, acaranya benar-benar seru dan penuh ilmu, Mbak...

    ReplyDelete
  3. Enaknya ikut roadblog sambil kopdaran dan dapat ilmu gratis. :D Senangnya andai bisa ikut yang di Jatim. Sayang pas hamil tua.

    ReplyDelete
  4. Aku udah lama banget nggak ikut kegiatan khusus bagi ilmu blog, mbaa. Seru acaranya apalagi bisa dapat teman baru ya, mba. Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah jadi nambah ilmu nih, cara kerja LSF sulit juga ya? saya kira hanya motong film aja...

    ReplyDelete
  6. kalo gitu saya ikut komen juga disini biar dapat backlink berkualitas, aktif sekali ya bu ikut acara ginian

    ReplyDelete
  7. yang belum kesempetan dateng, ada pengobat kecewaaaa ...

    dengan baca tulisan ini serasa ikut hadir.
    terimakasih mba Nathalia, Liputan roadblognya
    menambah ilmu dan informasi.

    ReplyDelete
  8. Setiap baca postingan roadblog Bandung ini bawaannya nyesel aja kenapa kemarin gak tinggal lebih lama di Bandung wkwkwkwkwkk..

    Ya kali tinggal sebulan lagi di Bandung.. nebeng di mana tuh coba~

    ReplyDelete
    Replies
    1. nebeng di saya boleh bgt mba, biar jav ada tmn :D

      Delete
  9. Ahh kitaaa ga foto bareng teeeh hihi
    Btw makasih ya teh foto aku nampang :*

    ReplyDelete
  10. Padat ya acaranya. Waktu di Jogja itu aku nggak ikut, pas ada urusan lain.

    ReplyDelete
  11. Asyik banget acaranya. Pengin datang tapi jauuh. Thanks udah sharing materinya, Mbak :-)

    ReplyDelete
  12. Seru bgt ya teh.. Semoga ke depannya makin sering ada acara kayak gini.. :)

    ReplyDelete
  13. macama...
    makasih juga dah hadir dan berpartisipasi ya Liaa..
    iya, seruu, bertaburan hadiah uy

    ReplyDelete
  14. Seharian dapet anekan informasi & ilmu, asyiikk...

    ReplyDelete
  15. Acara ini sangat menarik dan seru ya, banyak sekali ilmunya.

    ReplyDelete
  16. Wah pinginya kayak kang Argun yang busa blogwalking 100 perhari.. Tapi ya kendalanya siang kerja, malam kecapean he he he. Yah terpaksa telatenin aja sekalupun cuma bisa 10 perhari.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg cmn 10 per hari, tapi ga tiap hari heuheu

      Delete
  17. pengen ikutan tapi bagaimana caranya,,,semoga bisa ikut disuatu hari nanti. menarik kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an nanti ada lg ya...
      udah gabung sama #bloggerBDG?

      Delete
  18. Waah senangnya bisa bergabung di acara Seminar & Workshop Excite Roadblog 10 Cities yang sarat wawasan dan ilmu..

    ReplyDelete