Tuesday, November 29, 2016

#GSAstraDelivery: Solusi untuk Aki Ngadat dari Shop&Drive

GS Astra Delivery

Apakah teman-teman pernah memiliki pengalaman aki mobil yang ngadat? Saya? Jangan tanya berapa kali, sering! Hihihi.... 

Soalnya waktu saya masih kecil, kendaraan yang dimiliki orang tua adalah mobil second. Jadi kami lumayan sering mengalami mobil yang bermasalah, seperti AC yang enggak dingin, kaki-kaki mobil yang rusak, dan lain-lain--termasuk aki yang ngadat. Repot banget deh kalau aki sudah ngadat, di-starter beberapa kali pun, mesin enggak bisa menyala. Ya iyalah, aki kan satu-satunya sumber energi listrik pada mobil. 

Sekarang, setelah menikah dan mempunyai anak, ternyata saya masih akrab juga dengan masalah aki yang ngadat. Begini ceritanya.

Kisah pertama....
Terjadi pada mobil orang tua saya. Kali ini bukan mobil second, bahkan terhitung masih baru. Suatu pagi, tiba-tiba akinya ngadat. Setelah ditelusuri, ternyata lampu kabinnya berada pada posisi 'on', bukan 'door'. Tersangkanya siapa lagi kalau bukan anak saya--Jav, yang sejak usia batita memang hobi banget utak-atik mobil, hihihi.... Mungkin dia lupa mengembalikan ke posisi semula, jadi lampunya menyala semalaman. Ya iyalah akinya jadi soak.

GS Astra Delivery

Agar aki tidak ngadat lagi, harus dipastikan bahwa ketika mesin dimatikan, semua perangkat elektronik dalam mobil seperti lampu, AC, audio, dan lain-lain sudah mati. Alhamdulillah sekarang Jav malah jadi yang paling teliti untuk urusan ini. Sebelum saya atau ayahnya mematikan mesin mobil, dia biasa menjadi asisten. Bukan hanya memastikan jendela sudah tertutup dan posisi persneling sudah netral, tetapi juga sibuk mematikan AC, audio, dan lain-lain. 

Kisah kedua....
Kendaraan roda empat yang kami miliki pertama kali yaitu mobil second produksi tahun 1990-an. Mobil yang sudah tua dan jarang dipakai--karena suami sering pergi ke luar kota dan saya belum terbiasa menyetir lagi--akhirnya sering membuat aki mobil menjadi ngadat. Jangankan enggak dipakai selama satu minggu, enggak dinyalakan selama dua hari saja, aki langsung soak. Makanya, kegiatan men-jumper aki mobil--menggunakan aki mobil orang tua--merupakan pemandangan rutin di garasi rumah kami setiap akhir pekan. 

GS Astra Delivery

Untuk kasus seperti ini, solusinya yaitu mencabut aki apabila mobil tidak akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Ribet sih, tapi daripada bolak-balik jumper.... Syukur kalau mobil orang tua sayanya sedang ada di rumah--yang lokasinya hanya terpisah tiga rumah, lah kalau pergi?

Kisah ketiga....
Mobil second tadi hanya menemani keluarga kami selama dua tahun saja. Pusing juga karena harus sering mengeluarkan biaya perawatan yang enggak ada habisnya. Namun setelah mempunyai mobil baru, bukan berarti kami bisa terbebas dari masalah aki. Memang sih tidak sampai ngadat, tapi ketika dilakukan service rutin, ketahuan kalau akinya sudah lemah. Ya gara-gara jarang dipakai, heuheu.... Untung saat itu akinya masih garansi. 

Sebenarnya kita tidak bisa sembarangan mencabut aki mobil. Soalnya pernah tuh, pas suami tidak ada, aki mobil kami dicabut dan dipinjam untuk men-jumper aki mobil tetangga. Hasilnya, ketika akinya dipasang lagi, alarm mobil kami konslet--bunyi terus. Seharusnya ketika memasang, dahulukan kutub positif. Sedangkan saat melepas, dahulukan kutub negatif. 

Maka solusi paling mudah supaya kondisi aki tetap fit ya mesinnya harus rajin dinyalakan. Akhirnya saya pun membiasakan diri untuk menyetir lagi. Daripada menganggur di garasi, lebih baik mobilnya dimanfaatkan untuk menjemput Jav ke sekolah. Jadi, pagi pakai sepeda, siangnya pakai mobil. Adil kan. Tubuh dan mobil sama-sama sehat, hohoho.... 

GS Astra Delivery

Begitulah kisah aki ngadat yang pernah saya alami beserta solusi untuk mencegahnya agar tidak terjadi lagi. Dari tiga kisah tersebut, dapat disimpulkan bahwa aki yang ngadat sebenarnya diakibatkan oleh kelalaian penggunanya. Ups.... Makanya, ada hal-hal tertentu yang perlu diperhatikan agar aki tidak ngadat sebelum usianya habis.

GS Astra Delivery

Namun bagaimana apabila semua hal di atas sudah dilakukan, tapi tetap saja aki tiba-tiba ngadat? Nah, sekarang waktunya untuk mengingat-ingat kapan terakhir kali akinya diganti. Biasanya kalau lewat dari satu setengah tahun, berarti memang sudah waktunya untuk ganti. Paling enak sih, ketika membeli aki baru, tulis tanggal pembeliannya di badan aki menggunakan spidol yang tidak bisa dihapus. Kalau memang sudah saatnya diganti, solusi pemungkasnya ya membeli aki baru. 

Terlihat sangat simpel ya. Idealnya aki dirawat dengan baik dan menjelang usia satu setengah tahun diganti dengan yang baru. Tapi namanya hidup, saya harus siap dengan berbagai kemungkinan. Termasuk apabila mobil tiba-tiba mogok gara-gara aki yang ngadat dalam kondisi... suami sedang berada di luar kota atau... malam hari atau... berada di lokasi yang jauh dari mana-mana atau... enggak membawa uang tunai atau... kombinasi dari semua kondisi tersebut. Membayangkannya saja saya sudah bergidik ngeri. 

Untungnya selain memberi tahu informasi dasar seputar mobil seperti radiator, tangki bensin, tekanan ban, dan sebagainya, suami saya juga sudah membekali istrinya--yang amatir dalam hal permobilan ini--dengan nomor Call Shop&Drive di 15-000-15. Melalui nomor tersebut, saat aki tiba-tiba ngadat, saya bisa mendapatkan layanan GS Astra Delivery, yaitu layanan antar aki dari Shop&Drive.

Shop&Drive adalah bagian dari PT. Astra Otoparts Tbk yang merupakan grup perusahaan terkemuka di bidang manufaktur dan distribusi komponen otomotif.

GS Astra Delivery

Jadi, ketika aki mobil bermasalah, saya dapat langsung menghubungi nomor Call Shop&Drive untuk layanan GS Astra Delivery. Setelah menerima data yang dibutuhkan (nama, jenis dan merek kendaraan, nomor polisi, tahun pembuatan kendaraan, alamat pengantaran, nomor kontak, serta metode pembayaran), nanti mekanik dari outlet Shop&Drive manapun yang terdekat dengan lokasi saya akan mengantarkan aki yang sesuai dan langsung memasangnya ke mobil saya.

GS Astra Delivery

Berikut beberapa keunggulan layanan GS Astra Delivery dari Shop&Drive:
  1. Aki mobil tiba-tiba ngadat pagi-pagi buta ketika hendak pergi ke bandara untuk mengejar penerbangan pertama atau justru tengah malam ketika menjemput keluarga dari stasiun? Tenang... nomor Call Shop&Drive dapat dihubungi kapan saja. Nonstop 24 jam sehari, 7 hari seminggu. 
  2. Aki tiba-tiba ngadat di tengah jalan yang dikelilingi sawah? Tidak perlu khawatir, nomor Call Shop&Drive dapat melayani di mana saja. Outlet Shop&Drive yang berjumlah 363 outlet (per September 2016) tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di kota saya--Bandung, sudah ada 20 outlet Shop&Drive dan 1 outlet Super Shop&Drive.
  3. Nomor 15-000-15 berfungsi sebagai pusat pemesanan GS Astra Delivery, sehingga dimana pun lokasinya, kualitas pelayanan dan akinya dijamin sama dan bergaransi.
  4. Hemat. Meskipun nomornya terpusat, namun tetap dikenakan tarif lokal.
  5. Enggak membawa uang tunai? Di mobil hanya ada uang receh untuk Pak Ogah? Tidak perlu bingung karena sistem pembayarannya pun fleksibel. Dapat menggunakan uang tunai, kartu debit, maupun kartu kredit tanpa dikenakan charge tambahan.
  6. Harganya sudah pas. Cocok banget untuk orang seperti saya yang enggak jago menawar dalam transaksi jual beli.
  7. Pelayanan gratis. Tidak ada biaya pengantaran dan pemasangan, cukup membayar harga aki saja.

So, tunggu apa lagi? Yuk, segera simpan nomor Call Shop&Drive di ponsel teman-teman. Jadi tidak perlu panik lagi kalau aki tiba-tiba ngadat. Bahkan kalau ingin lebih tenang, teman-teman juga bisa memasang Shop&Drive Mobile App di ponsel masing-masing. Aplikasi tersebut memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung kenyamanan dalam berkendara.

GS Astra Delivery

Selain bisa melihat riwayat servis berkala yang pernah dilakukan di outlet Shop&Drive, mendapatkan reminder servis berkala (juga tanggal jatuh tempo SIM dan STNK), mengetahui informasi dan navigasi menuju outlet Shop&Drive terdekat, menerima informasi dan pengetahuan yang bermanfaat seputar kendaraan bermotor, serta memperoleh berbagai promo menarik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan layanan panggilan darurat. Dalam satu kali sentuhan, saya bisa langsung menghubungi nomor Call Shop&Drive, polisi, ambulans, atau pemadam kebakaran.

GS Astra Delivery

Apakah teman-teman mempunyai pengalaman terkait aki yang ngadat dan layanan GS Astra Delivery dari Shop&Drive? Yuk, ceritakan melalui sebuah tulisan di blog atau video. Info lengkapnya ada di sini ya ;)

~~~

Referensi:
http://aki.gs-astra.com/Tips/apa-saja-yang-kerap-menimpa-aki
http://aki.gs-astra.com/Tips/do-don-t
http://aki.gs-astra.com/Tips/penanganan-aki
http://www.shopanddrive.com/Main/ArtikelDetail.aspx?IDArtikel=1144
http://www.shopanddrive.com/Main/ArtikelDetail.aspx?IDArtikel=1207

51 comments :

  1. mantap....gs memang asli made ini indo
    btw itu corrola 1997 ya mbak..'
    wantek n awet bener tuh boil

    ReplyDelete
  2. Layanan GS Astra Delivery memang oke. Membantu banget dah, apalagi pas mogok di jalan dan tak tau harus gimana untuk memperbaikinya.

    ReplyDelete
  3. kalo saya buka aki mobil yg suka soak, tapi aki motor hehehe...

    ReplyDelete
  4. Mbak, pengalaman dengan aki nya banyak juga ya. Hahahahaha.
    Iya, kadang hal sepele bisa ngabisin aki juga ya >.<

    ReplyDelete
  5. sekarang kalau pergi-pergi bisa tenang ya mbak

    ReplyDelete
  6. kalau ada GSAstra Delivery, emak2 kayak saya enggak takut lagi yah nyetir sendirian terus AKInya ngadat... salah satu problematika enggan nyetir sendiri adalah takut AKI ngadat

    pengalaman sewaktu kecil kalau ikut Om jalan2, karena mobil tua jadi sering banget ngadat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, asal nyimpan nomor call shop&drive atau pasang aplikasinya, jd tenang deh :)

      Delete
  7. Sekarang apa apa gampang yak..nggak kayak jaman2 dulu, aki mati jadi panik..

    ReplyDelete
  8. Iya Mbak..apalagi kalo tiba tiba aki soak pas di perjalanan. Temen pernah tuh ngalamin. Untungnya masih di dalam kota, dan ada shop and drive.

    ReplyDelete
  9. wah rekomendasi bgt nih, mksih infonya bu

    ReplyDelete
  10. Membantu banget ya GS Astra Delivery ini. Aki ngadat kapan aja di mana aja gak perlu takut...

    ReplyDelete
  11. Wow si Jav udah ngerti ngutak-ngatik mobil 😀 hebat... Canggih banget ya GS Astra, jadi ga perlu takut lagi misal mobil ngadat di daerah yg sepi lalu lintas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hobinya mba :D
      Iya mba, jd tenang pergi ke manapun :)

      Delete
  12. Benar-benar memberikan layanan yang prima

    ReplyDelete
  13. Eh ganti aki di shop & drive kan dapat undian hadiah mobil sama motor masih ada ngak tuch ??? kayak nya kapan lalu masih ada

    ReplyDelete
  14. sayangnya aku belum ada mobil, kalau aki ngadat bikin BT, motorku sudah beberapa bulan lalu minta ganti aki mbak, tapi aku langsung bawa ke bengkel karena belum tau ada layanan GA Astra ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti motornya msh bisa jln ya, jd bisa dibawa ke bengkel

      Delete
  15. asyik juga ya layanan dari Gs astra yang bisa delevery order ....

    ReplyDelete
  16. MBak Diah, kamu imut bangeeeet. Kece badai bak shop and drive yang selalu menolong dalam keadaan darurat. Sukses yo lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yg imut, yakin saya, bukan jav? :p
      Shop&drive emang kece ;)
      Makasih mba :)

      Delete
  17. Mbak natha kok bisa ya bikin artikel bagus gini :3 ajarin dong. Edukatif banget

    ReplyDelete
  18. GS astra emang selalu jadi solusi aku kalau ada masalah sama aki.. top pokoknya deh! Semoga menang ya Mba :)

    ReplyDelete
  19. Aku malah pengin sepedanya heheee... Mobil skrg pake aki kering, tanpa cairan, lebih mudah perawatannya asal nggak lupa manasin rutin. Usia aki rata2 2 tahun.

    ReplyDelete
  20. Iya nih, mobil saya kalau udh ga di nyalain selama 10 jam kudu di jamper. ribet banget. wa boleh lah di coba tipsnya ini.. makasih ya

    ReplyDelete
  21. untungnya ada bala bantuan yaa mbak :D

    ReplyDelete