Tuesday, November 8, 2016

Bertransaksi Lebih Nyaman dengan ATM BCA dan Jaringan PRIMA

atm bca jaringan prima
Hai.... Saya mau bertanya nih. Teman-teman kalau pergi belanja biasanya membawa berapa banyak uang di dompet? Pssst, buka rahasia ah bahwa selama ini saya enggak pernah membawa uang banyak-banyak kalau mau pergi belanja. Kecuali ketika ada keperluan khusus, default-nya cukup membawa uang seratus-dua ratus ribu rupiah saja di dalam dompet.

Memangnya cukup? Ya, kalau belanja harian di warung atau pasar kan segitu juga cukup. Kalau belanja di supermarket atau di mal? Belum lagi kalau tiba-tiba ada apa-apa, bagaimana? Tenang.... Kan ada ATM. Tinggal gesek saja. Mau belanja bulanan, baju, buku, furnitur, barang elektronik, bahkan makan di restoran, selama ada kartu ATM di dompet, semua dijamin aman terkendali.

Yup! Saya termasuk orang yang cukup optimal dalam memanfaatkan fasilitas ATM. Makanya karena sudah ada kartu ATM, untuk apa membawa uang banyak-banyak. Jujur, saya merasa kurang nyaman apabila membawa dompet berisi banyak uang ketika bepergian. Pertimbangannya:
  • Membawa kartu ATM terasa lebih aman dibandingkan dengan membawa uang tunai. Sebagai penumpang angkot sejati, saya takut dicopet atau dihipnotis. Apalagi saya memang pernah mengalami kejadian hampir dicopet waktu masih sekolah dulu. Serta pernah juga kehilangan dompet dan ponsel waktu salat di musala kampus. Uang di dompet dan ponsel ya terpaksa diikhlaskan saja. Sedangkan uang simpanan di bank, untungnya masih bisa diselamatkan karena kartu ATM-nya langsung saya blokir. Memang rezeki kan Allah yang mengatur ya. Tapi setidaknya enggak akan menyesal kalau sudah berusaha secara maksimal.
  • Bertransaksi menggunakan kartu ATM terasa lebih hemat dibandingkan dengan membawa uang tunai. Misalnya nih, saya belanja sebanyak seratus dua puluh lima ribu rupiah. Kalau membayar menggunakan uang tunai, uang dua ratus ribu saya tentu ada sisanya. Nah uang kembalian berupa recehan tersebut akan lebih mudah dibelanjakan lagi, biasanya sih untuk jajanan atau barang yang sebenarnya enggak perlu. Berbeda kalau membayar secara debit menggunakan kartu ATM. Uang yang didebit sama persis dengan jumlah uang yang dibelanjakan.

Makanya, meskipun sudah ada e-banking (mobile dan internet banking), peran kartu ATM masih sangat penting dalam kehidupan saya sehari-hari. Terutama ketika sedang bepergian dan enggak ada akses internet.

Tapi... kartu ATM-nya apa dulu nih? Kartu ATM BCA dong. Teman-teman pasti sudah tahu kan kalau ATM BCA ini sangat mudah ditemukan di mana saja. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan saya memilih BCA ketika pertama kali mempunyai gaji dan memutuskan untuk membuka rekening tabungan. Enggak akan khawatir kehabisan uang, meskipun isi dompet kosong. Asal saldo di rekening BCA-nya enggak nihil ya, hihihi....

Nah, teman-teman yang bukan nasabah BCA, enggak perlu sedih. Karena ternyata bukan hanya pemilik kartu ATM BCA yang bisa merasakan kecepatan, kemudahan, dan kenyamanan dalam bertransaksi di ATM BCA. Nasabah bank yang sudah tergabung dalam jaringan PRIMA juga bisa ikut menikmati fasilitas tersebut.

BCA dan Jaringan PRIMA memang telah lama bekerja sama, sudah lebih dari 15 tahun. Makanya, nasabah bank peserta jaringan PRIMA dapat melakukan cek saldo, tarik tunai, hingga transfer di ATM BCA. Begitu juga sebaliknya, nasabah BCA dapat melakukan berbagai transaksi di seluruh ATM berlogo PRIMA.

Jaringan ATM PRIMA merupakan layanan switching ATM yang dikelola oleh PT Rintis Sejahtera dan beroperasi sejak Agustus 2000. Saat ini sudah ada 60 bank yang tergabung dalam jaringan PRIMA, dengan jumlah jaringan  ATM lebih dari 93.000 ATM. 

bank peserta prima

Selain itu, jaringan PRIMA juga menyediakan layanan PRIMA Debit untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berbelanja bagi seluruh nasabah bank peserta PRIMA Debit. Sudah ada lebih dari 380.000 terminal EDC yang tersebar di berbagai merchant berlogo PRIMA Debit/ Debit BCA. Daftar bank peserta PRIMA Debit dapat dilihat di www.jaringanprima.com.

flow transfer atm prima

Berikut beberapa keunggulan bertransaksi melalui jaringan PRIMA:
  • Transfer diproses secara Realtime Online. Artinya, meskipun bank-nya berbeda, dana yang ditransfer oleh nasabah dapat langsung sampai ke rekening tujuan pada saat itu juga.
  • Didukung dengan web-based complaint handling system yang efektif dan efisien.

So, dengan adanya kemudahan dan kenyamanan yang disediakan ATM BCA dan jaringan PRIMA, enggak perlu lagi kan membawa uang banyak-banyak? ;)

BCA

36 comments :

  1. Sama, aku jarang bawa cash
    aku juga punya ATM BCA :)

    ReplyDelete
  2. Membantu banget nih jaringan prima, ribet urusannya kalau harus transaksi di mesin ATM yang sesuai dengan akun bank yang dipunya.^^

    ReplyDelete
  3. Saya juga lebih senang bawa uang sedikit di dombet takutnya ya gitu hilang taruh dimana dan menghindari yang namanya kecopetan cz saya juga terbilang orangnya pelupaan, :D

    ReplyDelete
  4. Aku belum punya nih. Jadi pingin buka rekening di BCA juga

    ReplyDelete
  5. Saya juga termausk yang gak suka bawa cash dalam jumlah banyak. Suka pelupa naro dimana

    ReplyDelete
  6. Cuma pas bawa kartu ATM malesnya pas butuh nggak ada mesin ATM disekitar kita. Hahaha..
    Ngomongin BCA dulu sempet punya, tapi sekarang udah mati gegara ane udah nggak ada aktifitas. Kalau ane senengnya pakai BCA tu karena bisa diabisin saldonya. ( pengalaman terahir ). Hehehe

    ReplyDelete
  7. Dengan adanya jaringan PRIMA itu jadi lebih praktis ya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Aku ada tabungan BCA tapi gak pernah aku isi saldonya :p

    ReplyDelete
  9. sama, kalo ada uang cash tuh suka cepet abis liaa ga berasa yaa

    ReplyDelete
  10. eh aku udah nyobain waktu ikut amazing BCA Prima kemarin, memudahkan nasabah banget mbak, gak repot

    ReplyDelete
  11. Sama Teeeh. Sama nggak bawa uang banyaknya dan sama juga ATM BCAnya. Toss deh :D
    Satu lagi sih kenapa aku lebih seneng gesek pake debit, kalau pakai uang cash pembulatannya kadang bikin keki. Kalau nggesek gini kan kita bayarnya jadi pas! ;)

    ReplyDelete
  12. BCA saya udah hangus krn ga diisi pdhl lumayan ya buat lalu lintas uang karena banyak digunakan :)

    ReplyDelete
  13. saya punya BCA tapi kebanyakan buat lalu lintas transfer hehe...

    ReplyDelete
  14. wih kalau untuk tarik tunai ada tips tips ga nih Mbak ihihihiiihihi

    -MKS.
    http://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/easy-money-jual-barang-preloved-mu-di.html

    ReplyDelete
  15. Aku suka pakai BCA jugaaa.. Banyak diskon dan bisa pakai poin, yeaay.. Eh walaupun an suami si, hihihi.

    ReplyDelete
  16. Aku bangeet, suka cashless kemana2 hihihihi... Pokoknya kalau udah liat logo bank BCA ditoko2 aku merasa aman XD apalagi kalau beli bensin, yang kadang cuman bisa pake debit BCA doang...

    ReplyDelete
  17. Saya pakai ATM BCA itu untuk debit, top up gojek, setor tunai, dan ngambil duit paling 100-200 juga buat ke warung atau bayar angkot 😀 lebih banyak atm dan m-banking juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun udah ada m-banking,,msh tetap perlu kartu ATM ya ;)

      Delete