Wednesday, November 3, 2010

Senam Hamil

Ya ampun. Postingan Lia akhir-akhir ini semuanya berhubungan sama hamil yah hehe. Harap maklum soalnya pengalaman hamil ini yang dirasa paling spesial dalam 7 bulan ini. 

Kesempatan yang hilang buat jalan-jalan ke Papua, Groningen, Bali tergantikan sama perasaan tak terdefinisi setiap ada gerakan-gerakan di dalam perut. Rasanya geli dan seneng, tiap dede bayi ngegerakin entah kepalanya, tangannya, atau kakinya. Jadi terharu ngebayangin ada makhluk mungil yang hidup tak terpisahkan dari Lia. That I'm not alone :).

Senam hamil juga jadi pengalaman spesial akhir-akhir ini. Pertama kali senam hamil nyobain di Klinik Harapan Bunda. Tempatnya deket dari rumah (5 menit kalau pake motor). Disini jenis senam hamilnya namanya yopita (yoga, pilates, taichi), jadi semua sesi senamnya fokus sama pernapasan. Sesi-sesinya yaitu afirmasi positif, senam hamil, relaksasi sempurna, dan tanya jawab seputar hamil dan persalinan. Apa yang terjadi sama Lia waktu sesi afirmasi positif? Lia nangis dong. Nangis terharu ngebayangin dede bayi yang lagi di dalem perut, bilang sama makhluk mungil itu kalau Lia sayang banget sama dia, bilang kalau dia akan lahir lancar, sehat, dan sempurna. Hmm betapa indahnya hubungan ibu dan anak.

Setelah tau kaya gimana senam hamil di Klinik Harapan Bunda, Lia ingin nyoba juga senam hamil di RS Borromeus. Kalau yang ini tempatnya deket dari tempat kerja (10 menit kalau jalan). Beda sama yopita, senam hamil disini lumayan dinamis (jangan bandingin sama senam aerobik high impact loh ya :P). Kebetulan pesertanya ada yang sungsang, jadi diajarin gimana cara nungging yang bener. Bagian ini sih Lia cuman ngeliatin aja, soalnya Alhamdulillah posisi kepala dede bayi udah di bawah. Yak Lia terharu lagi ngeliat gimana ibu-ibu itu berpegel-pegel nungging ria demi sang bayi. Abis senam hamil, kalau yang berminat langsung lanjut dengan breast care. Topless ;)), tapi siapa yang peduli, yang penting produksi ASI lancar :D. Terharu lagi gimana harus rajin dan telatennya para calon ibu ngebersihin dan ngerawat payudara supaya bisa ngasih ASI eksklusif buat bayinya.

Betapa beruntungnya jadi perempuan. Cuma perempuan yang bisa ngerasain itu semua. Kalau dipikir emang agak ribet, tapi indah...

It's so beautiful being pregnant... :)

No comments :

Post a Comment