Friday, September 20, 2013

Galau

Hiks... Saya sedang dibuat galau nih sama Jav. Gimana enggak galau, Jav yang jarang sakit tiba-tiba bangun tidur langsung muntah-muntah. Dulu Jav pernah muntah-muntah juga, kayanya sih gara-gara mainin baby oil terus ketelen heuheu... Tapi abis muntah dua kali, ya udah, seger lagi. Kalau sekarang muntahnya parah banget, minum sedikit keluar lagi, makan apalagi.

Beberapa jam kemudian, ditambah diare juga. Dulu Jav pernah diare, gara-gara dikasih es potong abal-abal sama seseorang yang tidak perlu disebutkan namanya. Pup dua kali, abis itu normal lagi. Tapi sekarang, pupnya tiap jam huhu...

Malamnya, ditambah demam. Kalau demam, Jav lumayan sering. Paling juga semalem, enggak pakai obat, besoknya langsung normal lagi. Tapi sekarang, demamnya beda dan bikin tidur Jav gelisah.

Sedih banget rasanya ngeliat Jav lemes. Yang biasanya semangat niruin gaya Timmy di TV, sekarang cuman nonton aja sambil tidur-tiduran. Yang biasanya langsung nyamperin kalau saya buka kunci lemari (yang bagi Jav penuh dengan harta karun), sekarang cuek aja. Yang biasanya paling semangat naik/turun tangga, sekarang pengennya digendong aja. Yang biasanya enggak mau dipeluk, sekarang pengen dipeluk terus dan enggak mau jauh dari saya.

Lemes, jadinya tidur terus...
Meskipun di rumah cuman berdua sama Jav, saya mencoba untuk tetap tenang dan enggak panik. Selama muntahnya enggak lebih dari 24 jam, demamnya masih di bawah 39 °C dan enggak lebih dari 3 hari, serta tidak menunjukkan gejala dehidrasi, maka saya merasa belum perlu membawa Jav ke dokter.

Seorang ibu, mau galau kaya gimana juga tetap harus berpikir jernih. Jadi, sambil terus memantau perkembangan kesehatan Jav, saya berusaha memastikan agar Jav mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Anak yang sedang demam, kebutuhan gizinya lebih banyak. Karena metabolisme tubuhnya meningkat namun penyerapan zat-zat gizinya menurun. Ditambah lagi nafsu makannya juga biasanya menurun. Adapun muntah dan diare, dapat menyebabkan anak kehilangan banyak air dan elektrolit, sehingga tubuhnya akan kekurangan cairan. Maka pemberian makanan untuk anak yang sedang demam, muntah, dan diare sebaiknya (Melinda Hospital):
  • Berikan makanan lunak yang rendah serat, cukup energi, protein, vitamin dan mineral, dalam porsi kecil tetapi bertahap dan sering untuk memenuhi kebutuhan kalorinya yang meningkat.
  • Berikan air lebih banyak untuk mengganti cairan yang hilang, baik melalui penguapan karena suhu badan yang tinggi, muntah, maupun diare.
  • Suhu makanan dan minuman lebih baik dalam keadaan hangat.

Maka jadilah, saya yang sedang enggak mood ke dapur ini jadi harus kreatif menyiapkan makanan untuk Jav dengan mengandalkan stok bahan makanan yang sedang terbatas *belum sempat belanja*. Akhirnya saya menyiapkan nasi lembek + sop ayam + pepes tahu wortel untuk makanan utamanya serta pisang, pir, bubur sumsum, roti selai kacang, teh manis hangat, dan susu untuk cemilannya. Saya coba berikan terus sedikit-sedikit, meskipun ujung-ujungnya dimuntahin lagi.

Tante dan Om yang baca ini, doain Jav biar cepet sembuh ya.. Makasih :)

4 comments :

  1. Duh, kasihan Jav nya... Emg sedih bgt kalo liat anak kita sakit.. :(

    Semoga cepet sembuh ya...

    ReplyDelete
  2. Semoga lekas sembuh ya, Jav...
    Jangan panik ya mba... saya pun pernah mengalami hal ini. Tips mba diatas pastinya sangat membantu.

    ReplyDelete
  3. semoga cepat sembuh ya jav.. memang paling bingung ya mbak kalo anak sakit,,ga tau apa yg dirasa :(

    ReplyDelete
  4. Semoga Jav cepat sembuh yaaa! Little Bee juga pernah begitu, masuk angin, semua dimuntahin. Terus baru sembuh setelah beli obat masuk angin anak di apotik.

    ReplyDelete